Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Umpan Ikan Tombro

7 min read

Umpan Ikan Tombro

Sebenarnya saat kita mau mancing ikan tombro pasti harus memilih umpan ikan tombro yang tepat kan! Karena umpan yang tepat bisa lebih memikat ikan tombro agar berkumpul di sekitar kail kita dan memakan umpan yang kita masukkan.

Sebenarnya apa itu ikan tombro sih? Banyak orang gak familiar dengan nama ini kan. Hal ini disebabkan ikan tombro dikenal dengan nama ikan mas dengan nama latin Cyprinus Carpio. Ikan tombro juga termasuk dalam ikan air tawar yang populer di seluruh Indonesia.

Rasa dagingnya lezat dan tebal, menjadikan ikan ini salah satu menu favorit di berbagai bisnis makanan di Indonesia.

Selain itu, harga ikan tombro juga berada di tingkat yang lebih tinggi dibanding ikan air tawar lainnya. Sehingga, tidak heran akan banyak orang yang memburu ikan ini.

Yuk, simak artikel tentang umpan ikan tombro berikut agar sukses dalam memancingnya.

Umpan Ikan Tombro Alami

Umpan untuk memancing ikan bisa kamu temukan dari alam yang sering disebut sebagai umpan alami. Adapun macam-macam umpan alami yang bisa kamu gunakan untuk memancing ikan tombro ada di ulasan berikut ini:

#1. Alang-alang

Umpan Tombro
Alang-alang, sumber: pixabay

Alang-alang adalah tumbuhan yang sering dianggap orang sebagai gulma yang merepotkan. Padahal khasiat tumbuhan ini banyak lho, seperti sebagai pengobatan dan umpan ikan.

Kenapa alang-alang bisa dijadikan umpan, karena tumbuhan ini disukai oleh beberapa jenis ikan air tawar. Meski begitu, alang-alang tidak boleh diberikan kepada ikan dengan jumlah yang banyak, karena rumput ini agak susah dicerna oleh ikan bila kebanyakan.

#2. Ulat Daun Pisang

Umpan Alami Ikan Tombro
Ulat daun pisang, sumber: burungnya.com

Ulat daun pisang merupakan umpan alami yang juga kerap kali digunakan untuk memancing, termasuk untuk memancing ikan tombro. Umpannya bisa menggunakan ulat ini sebagai alternatif serta penghematan dana.

Ulat daun ini sering ditemukan di dalam daun pohon pisang yang menggulung atau melinting. Dan kamu bisa juga menemukan ulat ini di sekitar pohon pisang atau batangnya yang sudah membusuk, biasanya ada banyak ulat jenis ini.

#3. Jangkrik

Umpan Ikan Tombro
Jangkrik, sumber: pixabay.com

Jangkrik merupakan salah satu hewan berjenis serangga yang cocok dijadikan sebagai umpan, karena mudah ditemukan dan disukai oleh banyak jenis ikan. Dan di tempat tertentu jangkrik terkadang jadi umpan yang cukup ampuh untuk mancing ikan tombro.

Gunakan jangkrik sebagai umpan dalam keadaan hidup dan kondisi tubuh utuh tanpa memutilasi beberapa bagian tubuh nya. Hal ini dilakukan agar jangkrik hidup, sebab jangkrik hidup bisa bergerak-gerak saat di dalam air yang dapat menarik perhatian sang ikan lele.

Kamu juga dapat menambahkan sedikit tetesan essen untuk menambahkan aroma bau jangkrik agar lebih menarik penciuman lele.

#4. Jagung

Jagung Umpan Tombro
Jagung, sumber: pixabay.com

Ikan Tombro juga bisa dipikat dengan jagung. Karena jagung termasuk salah satu jenis umpan ikan yang bagus, hal ini disebabkan jagung mengandung karbohidrat dan protein serta serat.

Warna kuning pada jagung yang mencolok membuat ikan tombro yang akan kalian pancing datang dan berkerumunan di sekitar umpan jagung ini.

#5. Kroto

Umpan Tombro
Kroto, sumber: idntimes.com

Kalian gak nyangka kan kalau kroto atau anak semut yang kecil itu bisa dijadikan sebagai umpan saat memancing ikan tombro. Kroto bisa dijadikan umpan sebab anak semut ini memiliki kandungan protein yang lumayan tinggi.

Sedangkan untuk cara penggunaan kroto sebagai umpan itu gampang-gampang susah. Kenapa? Karena bila kamu tepat dalam cara menggunakannya, maka hasil mancing kamu akan sangat memuaskan, begitupun sebaliknya.

Ada 3 cara dalam menggunakan kroto sebagai umpan, yaitu:

  1. Umpan kroto untuk ditabur di dekat kail (sebagai pengumpul ikan).
  2. Kroto untuk campuran umpan racikan.
  3. Langsung menggunakan umpan kroto murni.

Dari beberapa cara diatas, yang paling populer di dunia mancing ikan tombro adalah kroto untuk umpan tabur dan umpan campuran racikan saat membuat umpan.

#6. Larva Lebah

Umpan Ikan Mas
Larva Lebah, sumber: sonofmountmalang.com

Anak tawon atau larva yang belum menjadi tawon biasanya sering digunakan sebagai alternatif umpan alami saat memancing ikan mas. Namun untuk mendapatkannya agak sedikit sulit.

Karena kamu perlu mencari sarang tawon yang ada larva di dalam nya. Kamu harus berhati-hati saat mengambil sarang tersebut, karena memiliki resiko tersengat oleh lebah-lebah yang menghuni sarang itu.

Walaupun larva lebah telah banyak digunakan sebagai umpan dalam memancing, tapi masih banyak pemancing yang kurang mengerti cara pemakaiannya.

Misalnya, saat mancing di sungai atau tempat yang aliran airnya deras tapi menggunakan larva sebagai umpannya, maka hal ini merupakan tindakan yang mubazir, karena umpan anak tawon ini akan cepat habis tergerus aliran air.

Tapi bila digunakan untuk memancing di kolam, rawa atau parit yang berarus tenang menggunakan umpan anak tawon secara sembarangan pun gak ada masalah, karena bila umpannya tidak dimakan ikan maka akan tetap utuh sampai berjam-jam lamanya.

Namun jika kamu masih ingin nekat menggunakan larva lebah sebagai umpan di tempat yang arus airnya deras, maka larva tersebut jangan langsung dijadikan umpan tapi jadikan sebagai campuran dalam racikan umpan.

#7. Nightcrawlers atau Cacing Tanah

Umpan Tombro
Cacing tanah (Nightcrawlers), sumber: pixabay.com

Sering dikenal sebagai cacing tanah, nightcrawlers merupakan umpan populer di seluruh dunia memancing. Bukan hanya karena mudah ditemukan, namun banyak spesies ikan menyukai nightcrawlers atau cacing tanah ini.

Hewan lunak yang menggeliat ini disukai oleh banyak spesies ikan seperti ikan mas dan terutama oleh ikan tombro. Untuk menemukan hewan ini, kamu bisa mencarinya di tanah humus atau tanah lunak yang lembab.

Tetapi, kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih cacing tanah yang akan dijadikan sebagai umpan ikan. Cacing yang dipilih harus segar dan masih hidup. Sebab cacing yang telah mati akan berbau busuk dan ikan tombro jadi tidak tertarik malah menjauhinya.

Pemasangan cacing pada mata kail sangatlah gampang, yaitu:

  1. Pegang cacing dengan tangan kiri.
  2. Tusukkan kail ke cacing dari bagian tubuh yang dekat kepala dengan menggunakan tangan kanan.
  3. Tusukan mengikuti bentuk kail dan keluarkan ujung mata kail pada tubuh cacing dekat ekornya, jangan di ekornya ya!  Sehingga tampak seekor cacing hidup yang menjuntai di kailmu.
  4. Namun, saat menggunakannya usahakan tidak memotong bagian tubuh cacing, kecuali cacing terlalu panjang sekali.

Cacing yang bisa digunakan untuk umpan mancing bukan hanya cacing tanah, nyatanya ada jenis cacing lainnya, yaitu cacing merah dan cacing sawah.

Sedangkan untuk metode pemasangan ke kail untuk kedua cacing tersebut sama dengan cara pemasangan kail ke cacing tanah yang telah tertulis di atas.

#8. Tomat Ceri

Umpan Tombro
Tomat ceri, sumber: pixabay.com

Tomat ceri memiliki kandungan air yang banyak dan warna mencolok membuat buah ini disukai oleh beberapa jenis ikan air tawar, termasuk ikan tombro. Tapi kamu jangan terpaku harus menggunakan tomat ceri.

Walaupun tomat ceri merupakan pilihan utama untuk dijadikan umpan mancing, kamu bisa gunakan tomat biasa yang dipotong kecil-kecil, saat tidak menemukan tomat ceri.

Santai saja, ikan tombro tertarik pada tomat ceri bukan karena kekhasannya saja, tapi juga karena aroma dan warnanya. Jadi selama aroma dan warnanya menarik, tomat jenis apapun bisa dipakai untuk umpan mancing ikan tombro.

Cara memakainya cukup potong tomat menjadi ukuran yang bisa masuk ke mulut ikan tombro. Kemudian pasang di kail pancing dan lemparkan kail ke dalam air.

#9. Singkong Rebus

Umpan Ikan Tombro
Singkong rebus, sumber: cookpad.com

Siapa sih, yang nggak tahu dengan singkong rebus? Makanan sederhana yang enak ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai umpan untuk beberapa jenis ikan air tawar, termasuk ikan tombro.

Namun singkong rebus ini merupakan umpan yang cocok untuk memancing ikan tombro di sungai, rawa maupun danau, terutama Ikan Tombro Jaruh.

Cara penerapannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu merebus singkong sampai lunak dan empuk. Setelah itu, bentuk singkong menjadi bulatan-bulatan sesuai ukuran kail yang akan dipakai memancing.

Singkong tersebut gak perlu campuran bahan lainnya sudah bisa digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan tombro di sungai, rawa dan danau.

#10. Laron

Umpan Alami Ikan Tombro
Laron, sumber: pixabay.com

Laron biasanya menjadi sebuah makan yang di sukukai oleh kebanyakan ikan, termasuk ikan tombro. Jadi laron ini bisa kamu pakai sebagai umpan untuk memancing ikan tombro di sungai, rawa danau dan kolam.

Laron merupakan umpan yang terbilang gratis dan adanya hanya di waktu-waktu tertentu saja. Selain itu, sulit  untuk mendapatkan laron bila tidak pada musimnya. Karena keluarnya laron di awal musim penghujan saja.

Untuk cara menggunakan laron sebagai umpan, masukan antara 3 – 4 ekor laron ke mata kail secara berurutan, usahakan memasukkannya melalui bagian kepala terlebih dahulu hingga tembus ke bagian tubuh yang bawah.

Tujuan teknik memasang mata kail dari kepala terlebih dahulu adalah supaya umpan laron tidak mudah hancur saat disambar oleh ikan tombro.

#11. Udang Kecil

Umpan Tombro
Udang kecil, sumber: pixabay.com

Hewan ini merupakan salah satu makanan favorit ikan dan mudah didapat. Saat memilih udang, jangan lupa memastikan bahwa udangnya dalam kondisi segar serta masih hidup.

Memilih udang yang masih hidup menyebabkan ikan lele tertarik untuk memangsanya. Udang yang masih hidup bergerak–gerak di dalam air menyebabkan lele melihatnya sebagai mangsa, bukan umpan.

Untuk cara pemasangannya, kamu dapat mengaitkan kepala udang ke kail sampai tembus ke punggung udang bagian belakang. Dengan cara ini, udang tampak bergerak di air dan tidak mirip umpan.

Umpan Ikan Tombro Hasil Olahan Pabrik

Selain umpan alami yang ditemukan di alam, kamu juga bisa menggunakan bahan hasil olahan pabrik untuk umpan memancing ikan tombro. Adapan macam-macam umpannya adalah:

#1. Sarden

Umpan Ikan Tombero
Sarden, sumber: stpbali.com

Sarden merupakan makanan hasil olahan pabrik yang memiliki aroma amis yang kuat dan kandungan protein yang tinggi sehingga dalam sekejap mampu memikat perhatian ikan tombro jika digunakan sebagai umpan.

Cara membuat umpan dari sarden mudah:

  1. kamu tinggal mencampurkan sekaleng sarden dengan kuning telur saja.
  2. Kemudian aduk dan tekan-tekan campuran tersebut sampai menjadi adonan yang kalis.
  3. Buatlah bulatan-bulatan dari adonan tersebut dan gantung pada kail dan umpan siap digunakan.

#2. Biskuit Keju

Biskuit keju atau crackers merupakan makanan ringan hasil olahan pabrik yang bisa dijadikan sebagai umpan untuk memancing ikan tombro di sawah, sungai dan danau.

Cara menggunakannya:

  1. Haluskan biskuit keju dengan air dan aduk rata.
  2. Tunggu beberapa saat agar adonan crackers tersebut kering.
  3. Adonan yang telah mengering dibentuk menjadi bulatan kecil dan masukkan ke kail.
  4. Umpan siap dipakai.

#3. Pelet Khusus

Dulu biasanya pelet dicampur dengan kroto agar bisa dijadikan umpan, namun sekarang jika kamu ingin memancing ikan tombro, hal tersebut tidak perlu dilakukan. Karena, saat ini di toko-toko telah tersedia pelet khusus untuk memancing ikan tombro. Beli dan cobalah.

Umpan Ikan Tombro Racikan Sendiri

★1. Racikan Pelet, Telur Bebek, Ubi dan Mie Instan

Berikut merupakan umpan racikan dengan perpaduan pelet, telur bebek, ubi dan mie instan.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 100 gram pelet.
  • 50 gram ubi jalar.
  • 4 kuning telur bebek.
  • 1 bungkus mie instan.
  • Air secukupnya.

Cara Meracik:

  1. Masukkan pelet, mie instan dan sedikit air panas ke dalam wadah untuk membuat mie dan pelet menjadi lembek dan lembut.
  2. Tambahkan 4 kuning telur bebek dan aduk sampai tercampur rata.
  3. Kukus semua bahan tersebut selama kurang lebih 15 menit.
  4. Jika sudah selesai dinginkan beberapa saat dan bentuk umpan sesuai dengan ukuran mata kail pancing yang digunakan.

★2. Racikan Tepung Ketan, Telur Ayam dan Pandan

Bahan yang dibutuhkan:

  • 5 butir telur ayam.
  • 500 gram tepung ketan.
  • Daun pandan.
  • Pelet secukupnya.

Cara membuat:

  1. Masukkan semua telur ke dalam wadah kemudian kocok hingga berbusa.
  2. Tambahkan tepung ketan ke dalam telur yang sudah dikocok dan aduk sampai rata.
  3. Kukus adonan yang sudah jadi dengan daun pandan hingga matang.
  4. Setelah matang, dinginkan adonan beberapa saat.
  5. Kemudian bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dengan ukuran yang sesuai dengan mata kail yang akan digunakan.
  6. Umpan siap digunakan.

★3. Racikan Kroto, Telur Ayam dan Terigu

Bahan yang perlu disiapkan:

  • Kroto 1 ons.
  • Kuningnya telur ayam 2 butir.
  • 1 ons tepung terigu.
  • Satu sachet susu bubuk.
  • Satu sachet vanili atau penyedap rasa.
  • 1 sdm margarin.

Cara Membuat :

  1. Masukkan semua bahan menjadi satu kedalam wadah lalu tambahkan sedikit air dan aduk hingga rata.
  2. Kukus adonan selama kurang lebih 30 menit dan warnanya berubah menjadi kecoklatan.
  3. Angkat adonan dan dinginkan.
  4. Umpan siap untuk digunakan.

★4. Racikan dari Madu dan Ikan Asin

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 ikan asin berukuran sedang.
  • 3 sendok madu.
  • 1 ons terigu.
  • 2 kuning telur.
  • 1 ons pelet 48.
  • 1 ons kroto.

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan menjadi satu dengan tambahan air hangat secukupnya lalu aduk hingga semuanya tercampur rata.
  2. Setelah semua bahan tercampur rata, rebus selama 15 menit sampai keluar bau dan warna berubah menjadi coklat.
  3. Angkat bahan dan dinginkan.
  4. Umpan pun siap digunakan.

Demikian sedikit artikel tentang umpan ikan tombro alami, hasil pabrik dan racikan sendiri. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kegiatan memancing selanjutnya dengan hasil yang lebih memuaskan. Semoga sukses. Salam dari faunanesia.com.

Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.