Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Umpan Ikan Tawes

5 min read

Umpan ikan tawes

Umpan Ikan Tawes – Umpan memang lah salah satu faktor terpenting dalam memancing. Begitu pula untuk mancing ikan tawes, untuk memancing ikan tawes kamu harus mengetahui dulu umpan apa saja yang wajib kamu gunakan.

Jika umpan yang kamu pilih tepat, memancing ikan tawes akan menjadi kegiatan yang mudah dan pastinya akan sangat menyenangkan sekali. Karena hasil tangkapan mu saat memancing akan sangat ditentukan oleh persiapan umpan yang kamu bawa.

Dan sebaliknya jika kamu memancing ikan tanpa ada persiapan dan tidak tahu sama sekali umpan yang tepat untuk mancing ikan tawes. Maka jangan harap kamu akan mendapatkan ikan yang ingin kamu pancing dengan mudah.

Jangan khawatir, yuk simak postingan saya kali ini tentang umpan ikan tawes paling ampuh berikut ini dan sudah terbukti efektif digunakan memancing. Berikut ini merupakan kumpulan umpan yang paling banyak digunakan oleh para pemancing handal.

Rekomendasi Umpan Ikan Tawes Terbaik

Umpan Tawes

Ikan ini populer di kalangan pecinta makanan ikan di Indonesia, dan menjadi salah satu jenis ikan yang penting bagi perkembangan akuakultur dalam bidang ikan konsumsi. Selain untuk konsumsi, ikan tawes juga memiliki manfaat lain seperti menjadi pengendali gulma dalam air.

Seperti yang kita tahu kalau ikan tawes (putihan) adalah salah satu ikan yang memakan hampir segala jenis makanan atau biasa disebut dengan istilah omnivora. Ikan ini bisa kamu jumpai pada perairan air tawar seperti sungai, danau, dan semacamnya.

Ikan yang hidup di perairan air tawar ini hampir memakan semua benda atau makhluk yang ia anggap sebagai makanan. Hingga ikan tawes dianggap sebagai ikan yang rakus, dan hal ini lah yang menjadi jalan yang bisa kamu manfaatkan untuk memancing ikan tawes

Ada dua opsi umpan yang bisa kamu gunakan untuk memancing ikan ini. Yaitu umpan ikan tawes alami dan umpan buatan untuk ikan tawes. Keduanya bisa kamu dapatkan dengan mudah dan tentunya sangat murah.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan tentang jenis umpan terbaik yang wajib kamu coba dan buktikan sendiri kebenaranya.

Umpan Ikan Tawes Alami

Umpan ikan Tawes

Seperti judul barusan, kamu bisa menggunakan umpan ikan dari bahan-bahan yang biasa ditemukan di alam. Sudah terlihat jelas kalau ikan tawes bisa dan tertarik dengan umpan alami yang kamu berikan.

Di habitatnya aslinya, ikan tawes memakan suka memakan tumbuhan air dan berbagai macam serangga yang jatuh dalam air. Sebagai omnivora ikan ini juga bisa memakan berbagai makanan seperti ikan kecil, udang, beberapa macam tumbuhan dan lain-lain.

Kamu bisa menjadikan umpan ikan jenis ini untuk alternatif yang tepat untuk mancing ikan praktis dan dengan biaya yang murah. Banyak pemancing yang menggunakan jenis umpan ini karena sudah terbukti efektif untuk memancing ikan tawes.

Berikut ini merupakan rekomendasi umpan untuk ikan tawes yang paling banyak digunakan oleh para pemancing handal yang bisa kamu coba.

1. Cacing

Cacing

Seperti yang kita bahas biasanya, cacing masih menjadi umpan yang paling banyak digunakan untuk memancing hampir seluruh jenis ikan. Hampir sama dengan lainya, kamu bisa menggunakan cacing sebagai umpan tawes.

Kamu bisa menggunakan beberapa jenis cacing seperti cacing sawah, cacing susu, dan cacing merah. Tapi jika menggunakan umpan cacing, kemungkinan besar kamu juga akan mendapat ikan lain selain tawes. Artinya kamu harus terus bersabar ya hehe.

2. Jangkrik

Jangkrik

Jangkrik memiliki aroma khas yang menyengat, tentunya aroma khas jangkrik bisa menyebar di dalam air sehingga menarik perhatian dari ikan tawes. Hal ini lah yang menjadikan jangkrik menjadi salah satu hewan yang paling banyak digunakan untuk memancing ikan.  Jangkrik sangat cocok untuk dijadikan umpan ikan tawes malam hari malam hari.

Kamu bisa mendapatkan jangkrik dengan mudah harganya juga terjangkau. Sebelum menggunakan jangkrik kamu perlu memisahkan badan jangkrik dengan dengan bagian kepala dan sayapnya agar jangkrik tidak berusaha melepaskan diri saat berada di dalam air.

3. Laron

Umpan Alami Ikan

Saat musim penghujan tiba, pastinya kamu sering melihat kelompok besar laron yang berterbangan di lingkungan rumahmu atau bahkan di rumahmu sendiri. Meskipun sangat  mengganggu, tahukah kamu jika laron juga bisa kamu manfaatkan untuk memancing ikan tawes.

Jika kamu belum tahu, berarti kamu wajib mencoba umpan ikan menggunakan laron. Kamu bisa kumpulkan beberapa laron yang kamu jumpai, usahakan menggunakan laron yang masih hidup. Sebelum mengkaitkan umpan ke pancing, pisahkan dulu sayap dari badan laron agar keluar cairan dari tubuh laron.

4. Udang

Udang merupakan umpan ikan tawes yang susah makan, hewan ini menjadi salah satu umpan terbaik karena merupakan salah satu makanan alami dari ikan tawes. Kamu membutuhkan budget lebih untuk membeli udang utuh yang digunakan untuk memancing ikan.

Meski seperti itu, menggunakan umpan udang masih menjadi pilihan terbaik untuk memancing ikan tawes. Udang adalah salah satu makanan favorit ikan tawes, dan hal ini lah yang bisa kamu manfaatkan.

5. Jeroan

usus

Kamu bisa juga menjadikan jeroan seperti usus untuk kamu jadikan alternatif umpan ikan tawes. Biasanya jeroan memiliki aroma menyengat yang berasal dari lemak dan cairan yang ada di dalamnya.

Kamu bisa menggunakan umpan usus dengan langsung mengaitkannya dengan kail pancing. atau bisa juga kamu jadikan campuran dalam umpan buatan.

6. Kroto

Umpan Tombro

Siapa yang tahu jika ternyata kroto yang merupakan larva dari semut pun bisa dijadikan umpan untuk ikan tawes. Kroto bisa kamu gunakan jadi bahan campuran untuk membuat umpan buatan misal seperti pelet. Kamu juga bisa langsung mengaitkan kroto langsung kroto pada kail pancing mu.

7. Belalang

Jika disekitar rumahmu terdapat banyak sekali belalang, kamu bisa memanfaatkan nya untuk dijadikan umpan ikan. umpan belalang bisa menjadi alternatif saat kamu lagi tidak memegang uang. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang, kamu hanya tinggal mencarinya saja.

Cara pemakaian nya cukup mudah kamu hanya perlu membuang sayap dan memijat tubuh belalang agar keluar isi perutnya sedikit, dan kamu bisa mengaitkannya dengan kail pancing mu. Umpan belalang cocok digunakan untuk mancing ikan tawes babon.

8. Daun sawi

Makanan Ikan alami

Daun sawi bisa kamu gunakan untuk dijadikan umpan ikan tawes, sawi sangat cocok untuk kamu gunakan memancing ikan tawes di perairan yang keruh. Sebelum menggunakan sawi untuk umpan kamu harus memotong kecil-kecil daun sawi yang akan kamu gunakan untuk memancing (sesuai dengan mulut ikan)

9. Pisang

pisang

Buah-buahan juga bisa kamu gunakan untuk dijadikan umpan ikan, kamu bisa mencoba nya sendiri. pisang bisa menjadi salah satu buah-buahan yang bisa digunakan untuk memancing ikan tawes karena memiliki aroma yang khas yang dapat menarik perhatian dari ikan tawes.

10. Lumut

Umpan lumut

Sebagai makanan alami ikan tawes, lumut bisa kamu jadikan salah satu umpan andalan yang bisa kamu gunakan untuk memancing ikan tawes. Pilih lumut yang masih segar, kamu juga bisa menambahkan garam untuk menambah cita rasa lumut.

Rekomendasi Umpan Tawes Buatan

umpan buatan

Selain umpan dari bahan-bahan yang bisa kamu cari di alam, kamu juga bisa membuat sendiri atau membeli umpan buatan untuk memancing ikan tawes. Biasanya, umpan buatan ini terdiri dari beberapa bahan yang dicampur menjadi adonan yang akan di jadikan umpan.

Umpan jenis ini dinilai lebih efektif saat digunakan memancing ikan tawes. Kamu pun bisa mendapatkan nya dengan mudah, harga yang dibutuhkan pun lebih murah. Untuk umpan yang ingin kamu buat, bisa kamu menyesuaikan sendiri bagaimana umpan yang akan kamu buat sesuai dengan ikan yang ingin kamu tangkap.

Kamu bisa mencoba sendiri membuat umpan dengan bahan bahan yang sekiranya cocok untuk dijadikan umpan ikan tawes. Seperti ikan lainya ikan tawes pastinya tertarik dengan umpan yang memiliki daya tarik tersendiri seperti dari aroma yang diciptakan atau semacamnya.

Untuk lebih jelasnya, kamu perhatikan baik-baik resep racikan umpan ikan yang sudah saya siapkan. Resep berikut merupakan umpan buatan yang sudah terbukti efektif untuk memancing tawes.

1.Resep untuk memancing ikan tawes dengan tempe

  • 1 balok tempe (yang 5000an)
  • 3 sampai 4 biji bawang merah dan putih
  • 1 bungkus tempe
  • udang rebon
  • 1 bungkus terasi udang
  • mentega secukupnya

2. Resep umpan ikan tawes

  • Pelet Ikan
  • 4 buah jagung matang
  • 4 butir telur bebek matang
  • 1 bungkus susu sachet
  • 5 ekor ikan tongkol kukus
  • ubi yang telah dikukus (sesuaikan dengan kebutuhan)

3. Resep Umpan Tawes dengan Mie

  • 4 bungkus mie
  • 3 butir telur bebek
  • Pelet ikan (secukupnya)
  • 1 genggam kroto
  • Essen ikan tenggiri

4. Resep umpan tawes sederhana

  • Pelet jenis apa pun
  • Essen dari ikan
  • Kuning telur bebek 1 butir
  • Tempe (secukupnya)
  • Air panas secukupnya

5. Resep umpan tawes aroma super

  • Pelet ikan secukupnya
  • Telur bebek
  • Susu full cream
  • Daging/usus giling
  • Essen ikan

Kumpulan resep di atas merupakan resep yang sudah terbukti efektif untuk dijadikan umpan ikan. Untuk mengolahnya pun sangat mudah kamu hanya perlu menentukan dulu tipe racikan mana yang ingin kamu gunakan.

Setelah memilih, kamu bisa mengumpulkan bahan yang sudah tertera di atas beserta alat berupa wadah untuk membuat adonan, cobek/blender, dan sendok. Setelah terkumpul semua bahan dan alatnya, kamu bisa menghaluskan bahan yang padat dan tidak bisa dilarutkan oleh air, seperti tempe, biskuit, daging dan semacamnya.

Jika sudah halus semua, kamu bisa mencampur bahan yang sudah dihaluskan sebelumnya. Aduk sampai rata dan sampai tekstur dari adonan pas. Jika terlalu kasar dan dirasa belum bisa dibentuk tambahkan air agar adonan menjadi kalis. adonan umpan juga jangan sampai menjadi terlalu encer.

Setelah adonan tercampur rata, kamu bisa membentuk adonan tadi menjadi berbentuk bulat. Sesuaikan ukuran umpan dengan ukuran mulut dari ikan. Untuk jumlah yang dihasilkan itu bisa kamu sesuaikan sendiri dengan kebutuhan mu.

Penutup

Demikian beberapa rekomendasi umpan ikan tawes yang sudah saya sampaikan. Umpan memang penentu hasil tangkapan yang akan kamu dapatkan. Semakin baik umpan yang kamu dapatkan, maka akan semakin besar pula kesempatan mu untuk mendapatkan ikan.

Untuk menyempurnakan, kamu bisa mencari tahu kapan dan bagaimana kondisi terbaik untuk memancing ikan tawes.

Selain umpan yang saya sebutkan kamu juga boleh memilih umpan atau membuat resep campuran sendiri dengan bebas. Kuncinya adalah sekiranya resep yang kamu buat memiliki daya tarik seperti aroma yang kuat dan semacamnya. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian dari tawes untuk memakan umpan yang sudah kamu buat.

Selesai sudah pembahasan saya tentang umpan ikan tawes, umpan ikan yang sudah saya sebutkan diatas adalah umpan yang paling banyak digunakan oleh pemancing dan dari berbagai sumber yang ada.

Jika kamu memiliki saran umpan yang lebih baik, kamu boleh membagikannya dengan saya melalui kolom komentar. Kamu juga boleh memberi masukan berupa saran dan kritik pada tulisan kali ini.

Terima kasih sudah mengunjungi halaman website saya ini. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat, dan selamat memancing.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.