Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Umpan Ikan Sepat

4 min read

Umpan ikan sepat

Umpan Ikan Sepat – Memancing ikan sepat memang sangat menyenangkan. Walaupun kecil, ikan sepat memiliki tingkat kesulitan yang tinggi saat pancing. Selain memiliki skill memancing yang mumpuni, kamu juga harus memiliki stok kesabaran yang besar sebelum berangkat memancing.

Karena tingkat kesulitan mancing nya tinggi, disinilah peran umpan akan sangat terlihat. Saat memancing ikan ini kamu harus mengetahui tentang apa saja umpan yang baik untuk digunakan untuk memancing ikan sepat.

Nah karena itu, mari simak rekomendasi umpan ikan sepat terbaik yang sudah terbukti ampuh untuk memancing ikan sepat berikut ini.

Rekomendasi Umpan Ikan Sepat yang Paling Ampuh

ikan sepat

Sebelum berangkat memancing ikan sepat, pastinya kamu akan menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk memancing dengan baik kan. Misal seperti Joran, senar, kail pancing, bekal, dan yang paling penting adalah umpan.

Kenapa harus umpan yang terpenting? Karena saat memancing ikan, umpan yang kamu gunakan akan sangat berpengaruh dengan hasil tangkapan yang akan kamu dapatkan. Semakin baik umpan yang kamu gunakan, maka semakin baik pula hasil akan kamu dapatkan.

Begitu juga pada ikan sepat, kamu juga harus tahu umpan apa saja yang bisa dipakai untuk mancing ikan sepat. Saat kamu membaca ini, pastinya kamu berpikir jika ini tentang umpan pasti akan berkaitan dengan makanan ikan sepat.

Yups benar sekali, ikan sepat merupakan salah satu jenis ikan pemakan segala. Di habitat aslinya, ikan sepat memakan hampir semua benda kecil yang bisa ia makan. Nah inilah yang bisa kamu manfaatkan dalam memilih umpan yang cocok untuk mancing ikan sepat.

Untuk lebih mudahnya, simak beberapa umpan berikut yang terbukti efektif untuk memancing ikan sepat.

1. Cacing

umpan cacing

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya tentang umpan ikan, cacing pastinya tetap menjadi umpan yang paling banyak digunakan memancing bahkan untuk hampir semua jenis ikan.

Kamu bisa menggunakan cacing untuk umpan ikan sepat siam babon, tapi kamu harus memotong kecil cacing sebelum mengaitkan umpan cacing pada kail atau bisa juga menggunakan cacing yang berukuran kecil. Kamu tidak bisa memberikan umpan yang terlalu karena ukuran mulut ikan ini berukuran kecil.

2. Laron

Umpan laron

Serangga musiman yang biasa muncul pada musim penghujan dalam jumlah yang sangat banyak ini bisa bermanfaat untuk kamu jadikan umpan. Sebelum menggunakannya kamu harus memisahkan kepala dan sayap dari badan laron.

3. Kroto

Kroto

Kroto juga menjadi salah umpan ikan yang paling banyak digunakan untuk memancing ikan. Larva dari semut ini memang sangat bermanfaat selain bisa kamu gunakan untuk memberi makan burung, umpan ini juga bisa kamu gunakan sebagai umpan ikan tawes.

Malah, menggunakan kroto sebagai umpan ikan sepat paling jitu merupakan salah satu umpan yang paling cocok untuk memancing ikan sepat karena bentuknya yang kecil sesuai dengan mulut ikan sepat.

4. Lumut

Makanan Ikan

Sebagai ikan omnivora, lumut merupakan salah satu makanan alami bagi ikan sepat. dan tentunya kamu juga bisa memanfaatkanya untuk dijadikan umpan ikan. Kamu bisa mendapatkan lumut dengan mudah pada sungai, sawah, dan perairan lain tempat lumut tumbuh.

Untuk menambah cita rasa dari lumut yang akan kamu jadikan umpan kamu bisa mencampur umpan ikan dengan garam atau penyedap rasa. Ini dilakukan untuk menarik perhatian dari ikan sepat.

5. Ulat Bambu

Umpan ikan sepat

Karena teksturnya yang lembut serta memiliki aroma yang cukup menyengat, kamu bisa menjadikan ulat bambu sebagai pilihan umpan yang akan kamu gunakan untuk memancing. Seperti yang terlihat pada nyamannya kamu bisa langsung tahu dimana kamu harus mencari umpan ikan ini. Ulat ini biasa hidup disela-sela ruas bambu.

6. Udang

umpan ikan sepat

 

Udang yang saya maksud disini adalah udang  rebon, udang rebon memiliki tubuh kecil yang ukuranya pas dengan mulut ikan sepat yang akan kamu pancing. Di habitat asli ikan sepat, udang-udang kecil  menjadi salah satu makanan favorit.

Jika kamu ingin menggunakan udang sebagai umpan, pastikan kalau kamu menggunakan udang yang masih segar. Udang segar memiliki warna yang lebih mencolok yang membuat ikan tertarik memakannya.

7. Daging

Umpan Ikan

Kamu bisa membuat olahan daging cincang/halus yang sudah dicampur dengan bahan lain. Dan olahan daging tadi bisa kamu bentuk sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Untuk bahan yang digunakan bisa menyesuaikan dengan ikan yang akan dipancing dan budget yang ada.

Biasanya pemancing handal menggunakan daging ayam atau bisa juga dengan daging ikan yang sudah dihaluskan. Untuk bahan tambahan bisa berupa pelet, telur, aroma buatan, dan lain semacamnya.

8. Jeroan

Umpan Ikan

Sama halnya dengan umpan daging yang sudah saya sebutkan sebelumnya, jeroan dari hewan seperti usus dan hati ayam juga bisa kamu manfaatkan untuk umpan. Jeroan memiliki aroma amis yang sangat menyengat, bahkan tidak hanya ikan sepat saja yang akan menghampiri umpan mu tapi ikan lain juga akan mendekat karena tertarik dengan baunya.

Untuk cara penggunaannya, umpan bisa kamu berikan dengan langsung mengaitkannya dengan kail pancing mu atau bisa juga kamu gunakan sebagai bahan campuran pelet buatan.

9. Roti

Makanan rumahan satu ini memang multifungsi, roti bisa dipakai untuk berbagai macam keperluan rumah bahkan sampai dijadikan umpan untuk mancing. Tekstur roti yang tidak terlalu keras bisa kamu manfaatkan untuk umpan ikan.

Kamu bisa menggunakannya dengan tanpa mengolahnya terlebih dulu, kaitkan umpan roti di kail pancing mu perhatikan umpan usahakan kamu mengganti dengan umpan yang baru saat umpan pertama larut dengan air.

10. Ulat Kandang

Ulat kandang

Ulat kandang juga salah satu hewan yang bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menjadi umpan ikan. Seperti namanya, ulat ini banyak dijumpai pada kandang ayam yang baru saja dipanen. Ulat ini bisa kamu dapatkan dengan mudah kamu bisa mendapatkannya gratis dengan minta langsung pada pemilik kandang atau dengan membelinya.

11. Maggot

umpan ikan

Sama halnya seperti ulat kandang, belatung lalat hitam atau lebih dikenal dengan maggot juga bisa kamu jadikan umpan untuk memancing. Untuk mendapatkan kan maggot dengan membelinya di toko perlengkapan peternakan.

Atau, jika kamu ingin melakukan pembiakan sendiri malah lebih bagus. Kamu hanya perlu menyiapkan media untuk tempat bertelurnya lalat dan beberapa makanan yang akan busuk lalu kamu diamkan. Hasilnya akan terlihat dalam beberapa hari kemudian.

12. Mie Instan

jadi laper mwehehe

Mie instan yang biasa kamu jadikan bekal saat memancing juga bisa lo jadi umpan/bahan untuk umpan ikan. Banyak orang sudah membuktikan kalau memancing dengan umpan mie ternyata terbukti sangat efektif.

Kamu bisa mencampur mie dengan beberapa bahan tambahan seperti telur, susu kental manis, dan beberapa bahan lain. Umpan ini sangat mudah didapatkan dan tentunya tidak banyak memakan isi kantong yang kamu punya hehe.

13. Nasi

Sebagai salah satu anak bangsa indonesia yang dikenal memiliki makanan pokok nasi, pastinya kita bisa memanfaatkan nasi diluar kegunaan nya sebagai makanan pokok. Seperti dijadikan lem misalnya hehe.

Tapi asal kamu tahu saja kalau nasi ternyata bisa menjadi salah satu pilihan umpan ikan sepat. Kamu bisa langsung menggunakan nya atau boleh juga dengan menjadikan nya bahan campuran untuk umpan buatan.

Wajib Kamu Ketahui Saat Memancing Ikan Sepat

Saat memancing ikan sepat, kamu harus menyesuaikan umpan yang akan kamu pakai dengan kondisi air spot kamu mancing. Semisal saat kamu ingin memancing pada musim penghujan, kamu bisa memilih umpan yang memiliki aroma kuat seperti cacing, jangkrik, maggot, daging dan semacamnya.

Perlu diingat juga ikan ini memiliki mulut yang berukuran kecil, jadi umpan yang kamu berikan harus berukuran kecil untuk menyesuaikan dengan ukuran ikan. Selain ukuran umpan ukuran kail mu juga sama kecilnya agar ikan sepat bisa terjerat sempurna oleh kail.

Dan yang paling penting adalah kamu harus memiliki stok kesabaran yang sangat besar saat memancing. Bukan hanya saat memancing ikan sepat saja tapi ini juga berlaku untuk saat memancing ikan lainya.

Penutup

Umpan memiliki pengaruh besar dalam memancing, dengan umpan yang tepat tentunya akan memperbesar peluang kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat memancing. Inilah alasan kenapa kamu harus mengetahui tentang umpan apa saja yang harus kamu ketahui saat akan memancing ikan satu ini.

Nah demikian yang bisa sampaikan untuk kesalahan dalam bentuk apapun saya minta maaf sebesar besarnya. Kamu boleh memberikan feedback berupa saran atau kritik pada kolom komentar.

Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu, terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca di faunanesia. Dan selamat memancing.√

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.