Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Umpan Ikan Patin

6 min read

Umpan Ikan Patin

Umpan Ikan Patin – Untuk kamu yang mencintai dunia pancing. Kamu pasti tahu betapa pentingnya fungsi umpan untuk mendukung kesuksesan kamu dalam memancing ikan.

Dengan umpan yang tepat, mendapatkan ikan buruan bukanlah suatu hal yang mustahil lagi. Ikan akan terpancing dan terkait di pancing mu dengan mudah kalau umpan yang kamu berikan itu umpan yang tepat.

Umpan ikan yang tepat yang kumaksud adalah umpan ikan yang benar-benar terbukti berkualitas. Umpan ikan bisa dikatakan memiliki kualitas yang bagus jika umpan tersebut memang terbukti efektif jika digunakan untuk memancing ikan patin .

Biasanya umpan ikan yang terbukti efektif untuk menjadi umpan mancing ikan adalah umpan yang berupa makanan asli ikan yang kamu ingin pancing, atau biasa disebut dengan umpan alami.

Selain umpan alami ada juga umpan yang terbuat dari makanan olahan yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk memancing ikan, contohnya seperti pelet atau bisa juga dengan umpan racikan sendiri. Umpan jenis ini biasa  disebut dengan umpan buatan,

seperti yang saya bilang di atas, hal itu juga berlaku untuk ikan patin. Oleh karena itu pada postingan ini saya akan membahas tentang macam-macam umpan ikan patin galatama yang sudah terbukti efektif untuk digunakan memancing ikan patin.

Yuk simak pembahasan lengkapnya tentang umpan ikan patin yang sudah saya bawakan berikut ini.

Rekomendasi Umpan Ikan Patin Terbaik (Anti Boncos..!)

 

Seperti yang sudah kamu tahu, ikan patin adalah salah satu ikan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ikan ini banyak diminati karena dapat dijadikan bahan makanan yang sangat lezat dan memiliki nutrisi yang tinggi untuk tubuh.

Selain karena digunakan untuk olahan makanan, tahukah kamu kalau ikan patin bisa juga dijadikan pilihan untuk dijadikan target mancing yang seru untuk dicoba?

Ikan yang menjadi salah satu kerabat dekat ikan lele ini (pangasidae) juga merupakan salah satu target mancing terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan.

tapi sebelum mancing ikan ini kamu harus tahu dulu apa saja umpan  yang cocok untuk dijadikan umpan ikan patin liar. sama halnya dengan layaknya ikan lele, ikan patin juga termasuk salah satu ikan omnivora yang cukup rakus.

Karena itu, mudah sekali menentukan macam makanan yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan umpan mancing ikan patin. Berikut ini merupakan jenis umpan ikan patin di sungai yang bisa kamu pilih untuk digunakan mancing ikan patin.

Jenis Umpan Ikan Patin

Umpan Ikan Patin

Kamu tahu jika ikan yang berkerabat dekat dengan ikan lele ini termasuk hewan omnivora. Hal ini memudahkan kita untuk menentukan umpan mana yang cocok untuk dijadikan umpan.

Pada habitat aslinya, ikan patin memakan ikan-ikan kecil, udang, mollusca, cacing, serangga, alga dan biji-bijian. Ikan ini juga bisa memakan pelet ikan yang biasa kita jumpai di toko khusus peternakan.

Pakan umpan yang saya sebutkan tadi digunakan sesuai dengan habitat ikan patin yang akan kita pancing. Seperti yang saya katakan di atas, jenis umpan ikan patin bisa dibagi menjadi 2 yaitu ikan Umpan alami dan buatan.

Berikut beberapa penjelasan dan contoh umpan ikan patin yang bisa kamu gunakan untuk memancing ikan patin.

Umpan Ikan Patin Alami

Umpan ikan patin

Jenis umpan ikan patin alami merupakan jenis pakan ikan patin asli yang biasa ia makan di habitatnya. Umpan ikan ini bisa didapatkan dengan mudah karena sudah tersedia di alam.

Oleh karena itu, jenis umpan patin ikan alami bisa menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan umpan ikan patin di sungai.

Berikut jenis-jenis umpan alami yang biasa digunakan untuk dijadikan umpan ikan patin.

1, Ikan

Karena ikan ini termasuk golongan ikan omnivora tak heran jika ikan ini bisa menjadi pemangsa bagi-bagi ikan kecil. Hal ini bisa kamu manfaatkan, Kamu bisa menjadikan ikan kecil untuk memancing ikan patin.

Ikan yang kamu pakai boleh kamu biarkan utuh atau kamu juga boleh memotong nya menjadi bagian-bagian kecil disesuaikan dengan mulut ikan patin.

2. Moluska

Jenis umpan alami yang satu ini merupakan jenis hewan yang umum digunakan untuk dijadikan umpan mancing ikan. Cara ini juga cukup efektif jika digunakan untuk memancing ikan patin.

Mollusca yang digunakan umpan ikan salah satunya adalah udang. Seperti yang kamu tahu udang menjadi salah satu makanan favorit bagi hampir semua ikan termasuk ikan patin. Umpan ikan menggunakan udang  bisa menjadi alternatif terbaik untuk memancing ikan patin. Selain udang ada lagi siput salah satu jenis moluska yang bisa kamu gunakan menjadi makanan ikan patin.

3. Cacing

Siapa yang tidak tahu dengan hewan yang biasa hidup didalam tanah ini. Hewan yang bernafas dengan kulit ini adalah salah satu binatang yang bisa kamu jadikan umpan pancing.

Umpan ini cukup populer di kalangan pemancing, cacing adalah umpan mancing ikan yang paling umum dipakai untuk menjadi umpan ikan. Umpan ini efektif digunakan hampir ke semua jenis ikan.

Termasuk ikan patin, Umpan cacing bisa efektif jika kamu gunakan untuk mancing. Cacing memiliki aroma khas yang bisa menarik perhatian ikan. Umpan ini juga mudah didapatkan dan diaplikasikan untuk umpan pada hampir semua spot mancing.

4. Lumut/Alga

Umpan ikan satu ini sering digunakan sebagai alternatif lain untuk memancing ikan di sungai. Di Habitat aslinya lumut menjadi salah satu makanan utama untuk ikan patin. Umpan jenis ini cocok pada spot mancing di yang berarus pelan.

5. Kroto

Kroto juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan umpan ikan patin galatama langsung atau bisa juga sebagai campuran makanan. Larva semut ini juga menjadi favorit umpan atau campuran umpan ikan yang digunakan untuk memancing.

 

Umpan Ikan Patin BuatanUmpan Ikan Patin

Selain umpan ikan alami kita juga bisa menggunakan Umpan buatan. Umpan buatan yang saya maksud adalah umpan yang dibuat oleh pabrik dan dijual seperti biasa dalam bentuk pelet atau semacamnya.

Dan, Kamu bisa juga membuat sendiri umpan ikan buatan yang akan kamu gunakan untuk memancing. Jenis umpan ikan buatan ini sangat cocok dipakai jika kamu adalah orang yang tidak mau ribet mencari umpan alami dan juga ingin menghemat biaya.

Umpan ikan buatan sangat mudah untuk dibuat, kamu hanya perlu mengolah beberapa bahan pilihan untuk dijadikan umpan. Harganya pun murah kamu bisa mendapatkan nya di warung dekat rumahmu atau juga toko penyedia kebun.

Umpan ikan ini penggunaan nya cukup mudah dan bisa dibilang cukup efektif untuk mancing ikan lele. Tapi kamu harus memperhatikan kondisi spot memancing yang akan kamu gunakan untuk memancing ikan.

Berikut ini rekomendasi umpan ikan buatan yang sudah saya pisah kan sesuai dengan kondisi spot mancing yang bisa kamu pilih.

1. Umpan Ikan Patin Buatan Untuk Mancing di Kolam

Sebelum membuat umpan ikan patin di kolam, kamu harus mengenal dulu karakteristik ikan patin yang ada di kolam. Biasanya umpan ikan yang ada di kolam memiliki pola makan yang teratur saat masa pembudidayaan.

Hal ini meningkatkan kesulitan memancing ikan patin yang berada dalam kolam. Ikan ini kebanyakan tidak selera jika diberi umpan pelet biasa.

Saat kamu memancing ikan patin di kolam umpan yang bisa kamu gunakan adalah umpan yang memiliki aroma khusus yang dapat menggugah selera makan dari ikan patin.

Berikut contoh resep umpan yang cocok digunakan untuk umpan mancing ikan patin di kolam.

Resep umpan ikan patin di empang

  • 5 Sendok takar pelet PF 1000 (pelet dengan protein tinggi).
  • 1 Potong terasi udang.
  • 2 roti tawar.
  • 3 sendok makan madu murni.
  • 2 butir kuning telur rebus setengah matang .
  • Air panas secukupnya.

Resep umpan patin di kolam keruh

  • 1/2 kilogram pelet pf 1000 ikan.
  • 1 potong terasi udang bakar.
  • 3 butir telur bebek mentah.
  • 3 buah roti tawar.
  • Air panas secukupnya (disesuaikan dengan jumlah bahan).

Resep umpan mancing ikan patin di kolam lomba

  • 3 Kg pelet PF 1000.
  • 1 bungkus essence ikan.
  • 1 bungkus terasi udang.
  • 2 butir kuning telur ayam atau bebek rebus.
  • 2 butir telur bebek

 

Umpan Ikan Patin Untuk Mancing di Sungai, Danau, dan Sebagainya

Jika memilih spot ikan patin di sungai atau sebagainya kamu harus membutuhkan keahlian dan kesabaran lebih. Untuk umpan ikan patin di sungai atau semacamnya kamu harus menggunakan umpan yang memiliki aroma yang kuat.

Kamu juga harus memilih komposisi bahan yang sesuai dengan ikan yang akan dipancing. Komposisi bahan dan aroma yang menyengat ini sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian ikan patin yang akan kita pancing.

kondisi air untuk spot mancing juga sangat berpengaruh terhadap umpan yang kita buat. Kita tidak bisa menggunakan umpan ikan yang mudah larut pada sungai yang memiliki arus deras. Dan tentu saja saat kondisi ini aroma dari pakan buatan mu akan mudah hilang.

Berikut ini rekomendasi umpan ikan patin yang cocok untuk kamu gunakan memancing ikan di alam.

Resep umpan ikan patin di sungai/danau

  • 5 Sendok takar pelet PF 1000 (pelet dengan protein tinggi).
  • 1 Potong terasi udang.
  • 2 susu putih full cream .
  • 3 sendok makan madu murni.
  • 2 butir kuning telur rebus setengah matang.
  • 1/4 kg tepung terigu
  • Air panas secukupnya.

Resep umpan patin di rawa

  • 1/2 kilogram pelet pf 1000 ikan.
  • 2 potong terasi udang bakar.
  • 3 butir telur bebek mentah.
  • 1/2 tepung terigu campur tepung beras.
  • – Air panas secukupnya (disesuaikan dengan jumlah bahan).

Resep umpan mancing ikan patin di sungai deras

  • 3 sendok takar pelet PF 1000.
  • 1 bungkus essence ikan.
  • 1 bungkus terasi udang.
  • 1/4 kg daging ikan giling.
  • 2 butir telur bebek.
  • Dan Tepung terigu.

Cara Olah Resep Pancing

Setelah mengetahui dan menentukan resep mana yang akan kamu gunakan. Mari lanjut ke cara mengolah umpan ikan yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Telur bisa berfungsi sebagai perekat pada umpan agar tidak mudah larut. Sedangkan essen, terasi dan daging bisa kamu gunakan untuk menambah aroma dari umpan agar bisa menarik nafsu makan dari ikan.

Kamu juga boleh mengganti pelet dan roti menjadi tempe agar citarasa nya bertambah.

Untuk membuat umpan pastikan bahan-bahan dan semua alat pendukung sudah siap. Alat yang perlu disiapkan seperti panci (untuk merebus bahan), Baskom sebagai wadah, Blender atau cobek untuk menghaluskan bahan.

Setelah alat sudah kamu kumpulkan, kamu bisa lanjut ke proses pembuatan. Untuk membuatnya cukup mudah, Kamu hanya perlu mencampur semua bahan makanan pada baskom. Beri air hangat pada adonan agar adonan umpan menjadi kalis.

Setelah adonan sudah tercampur rata, kamu boleh membentuk umpan nya menjadi umpan. Bentuk umpan ikan harus kamu sesuaikan dengan mulut ikan yang akan kamu pancing.

Dan setelah dibentuk simpan dulu umpan pada wadah tertutup sampai aroma nya keluar dan umpan ikan patin siap untuk digunakan.

 Penutupan

Ikan patin yang termasuk ikan omnivora bisa di pancing dengan mudah jika kita mengetahui ilmu dan keahlian dalam memancing nya. Kita bisa mengerti jika faktor terbesar kesuksesan memancing adalah dari umpan dan kondisi tempat kita memancing.

Kamu juga bisa membaca tentang karakteristik ikan patin untuk mengenal lebih dekat ikan ini. Hal ini akan sangat berguna dalam memancing ikan patin.

Sekian dari saya jika ada salah ketik saya mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya. Kamu juga boleh memberi masukan ke tulisan ini di kolom komentar atau juga bisa langsung dengan mengirim surel ke akun google official kami.

Semoga postingan kali ini bisa menjadi referensi terbaik untuk kamu yang akan memancing ikan patin.

Terima kasih karena sudah berkunjung dan selamat membaca.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.