Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Umpan Ikan Nilem

5 min read

Umpan Ikan Nila – Memancing ikan bisa menjadi hobi yang menyenangkan, ada banyak ikan yang bisa kamu pancing. Salah satunya adalah ikan nilem, ikan yang masih berkerabat dengan ikan mas ini ternyata termasuk ikan yang banyak dijadikan target mancing.

Untuk memancing ikan nilem bisa dibilang agak susah. Kamu harus mengetahui umpan apa saja yang paling tepat untuk memancing ikan nilem, karena semakin baik umpan yang kamu gunakan akan memperbesar peluang mu mendapatkan ikan yang kamu cari.

Oleh karena itu untuk membantu kamu menentukan ikan nilem yang tepat, faunanesia sudah menyediakan beberapa rekomendasi umpan yang paling sering dipakai oleh pemancing berpengalaman. Yuk simak ulasanya berikut ini.

Rekomendasi Umpan Alami Ikan Nilem

Sebelum memancing ikan nilem, penting untuk kamu menentukan jenis umpan apa saja. Salah satunya adalah umpan alami untuk ikan nilem, umpan ini biasanya berupa hewan atau tumbuhan yang biasa digunakan untuk memancing ikan.

Untuk menentukan umpan alami yang bisa kamu gunakan untuk memancing ikan nilem, kamu harus tau apa saja makanan ikan nilem di habitat aslinya. Ikan nilem dikenal sebagai ikan pemakan segala yang hidup diperairan air tawar, ikan ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan ikan air tawar lain.

Agar lebih mudah, saya hanya akan menyebutkan beberapa jenis umpan saja. Tetapi umpan berikut merupakan umpan terbaik dan terbukti efektif saat digunakan untuk memancing berbagai macam jenis ikan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak  beberapa rekomendasi umpan alami yang sudah faunanesia siapkan berikut ini.

1. Cacing

Seperti yang sudah saya pada postingan jumpan sebelumnya, cacing masih menjadi umpan ikan nilem babon yang paling banyak direkomendasikan untuk umpan maupun makanan ikan. Bahkan untuk memancing ikan nilem, banyak pemancing yang sudah membuktikan sendiri keampuhan dari cacing.

cacing memiliki aroma khas pada tubuhnya, inilah yang menarik perhatian dari ikan agar mendekat dan memakan umpan. Jika ingin menggunakan umpan cacing kamu bisa menggunakan cacing jenis apapun seperti cacing darah, cacing tanah, dan cacing sutra. Kamu hanya perlu memotong tubuh cacing menjadi beberapa bagian kecil agar ikan mudah memakan umpan mu. Pastikan gunakan cacing yang masih segar agar aroma yang berasal dari ikan ini ini bisa lebih kuat.

2. Kroto

Kroto juga menjadi salah satu jenis hewan yang paling sering digunakan untuk dijadikan umpan ikan. Jenis makanan ini memang banyak dimanfaatkan untuk banyak hal, tidak hanya dijadikan umpan saja kroto juga bisa dijadikan makanan untuk berbagai hewan peliharaan seperti burung, ikan dan lainya.

Larva semut/kroto sangat cocok untuk dijadikan umpan nilem karena ukuranya yang kecil, ini karena ukuran mulut dari ikan nilem juga tidak terlalu besar. Kroto juga memiliki aroma khas yang cukup kuat untuk menarik perhatian ikan yang ingin kamu pancing.

Untuk kamu yang ingin menggunakan kroto untuk memancing ikan nilem, kamu bisa langsung mengaitkan beberapa kroto pada kail pancing yang kamu gunakan. Atau kamu juga bisa menggunakan kroto sebagai campuran pelet atau sebagainya.

3. Laron

umpan ikan nilem

Saat musim penghujan tiba, pastinya kamu sering melihat kelompok besar laron yang terbang untuk mencari sumber cahaya. Meskipun sangat  mengganggu, tapi kamu bisa memanfaatkan hewan ini untuk dijadikan umpan ikan nilem.

Laron memiliki isi perut berupa cairan yang memiliki aroma yang kuat, hal ini lah yang menyebabkan ikan tertarik dengan umpan yang kamu berikan.Kamu bisa kumpulkan beberapa laron yang kamu jumpai.

Usahakan menggunakan laron yang masih hidup karena aroma nya lebih segar. Pisahkan dulu sayap dan kepala laron sebelum mengaitkannya ke kail pancing, ini bertujuan agar aroma cairan perut laron bisa menyebar secara maksimal di air.

4. Udang

umpan ikan nilem

Di habitat aslinya udang adalah salah satu makanan alami favorit hampir semua ikan di manapun, udang bisa tumbuh dimanapun kondisi perairannya. Udang sering dimanfaatkan sebagai makanan ikan karena kandungan nutrisi nya yang berlimpah.

Selain jadi makanan ikan, udang juga bisa lo dijadikan umpan mancing. Udang memiliki warna terang yang mencolok dan ditambah aroma khas dari udang pastinya dapat membuat ikan tertarik untuk memakannya.

Untuk menggunakan umpan udang kamu harus memilih udang yang masih segar dan warna yang masih mencolok, kamu juga perlu memisahkan tubuh udang dengan kepala dan kaki agar aroma dalam tubuh udang bisa keluar.

5. Jangkrik

Makanan umpan nilem

Sama halnya dengan umpan yang sudah saya bahas diatas, jangkrik juga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan umpan ikan nilem air keruh. Jangkrik sering digunakan oleh para pemancing ikan yang sudah berpengalaman karena sudah terbukti efektif saat digunakan untuk memancing.

Karena itu juga, jangkrik bisa disebut juga sebagai umpan ikan alami terbaik yang bisa kamu gunakan untuk memancing.  Jika kamu ingin menggunakan jangkrik untuk umpan, pastikan jangkrik yang kamu gunakan masih dalam keadaan hidup.

Gunakan jangkrik muda yang ukuranya masih berukuran kecil ini, Tujuanya adalah menyesuaikan ukuran jangkrik dengan mulut dari ikan. Sebelum mengaitkan umpan pada kail pancing, pastikan kamu sudah memisah sayap dan kaki dari tubuh jangkrik agar umpan tidak lepas saat dilempar ke air.

Umpan Racikan Terbaik Untuk Ikan Nilem

Selain umpan ikan alami, kamu juga bisa membuat variasi umpan sendiri. Ini merupakan jenis umpan buatan, umpan ini biasanya berbentuk pelet atau semacamnya. Pelet ini biasanya terdiri dari beberapa bahan pilihan yang kamu racik sendiri agar bisa kamu gunakan untuk umpan pancing jitu.

Umpan ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk memancing ikan nilem, bahan-bahan untuk membuat umpan mudah didapatkan dan pastinya harga yang dibutuhkan juga lebih murah. Untuk membuatnya pun juga mudah, yang terpenting adalah komposisi dari umpan yang akan kamu buat.

Kamu harus menentukan bahan bahan apa saja yang bisa kamu gunakan untuk memancing ikan, Jangan sampai kamu salah pilih bahan karena kemungkinan ikan malah tidak akan mendekat karena tidak tertarik dengan umpan yang kamu berikan.

1. Racikan Umpan Ikan Nilem di Air Sungai

Racikan umpan ikan nilem jitu ini dikhususkan untuk memancing ikan di perairan dengan air yang keruh. Hal ini dikarenakan umpan ini terdiri dari bahan bahan yang memiliki aroma yang kuat untuk menarik perhatian ikan nilem walau di air keruh.

Berikut ini bahan bahan nya:

  • Satu bungkus kinoy cristal
  • 2-3 tetes essen nangka
  • Satu bungkus pelet ikan jenis apapun
  • Satu kaleng deho ukuran kecil
  • Air panas secukupnya
  • 2. Racikan

2. Umpan Ikan Nilem di Air Sungai Deras

Untuk memancing di sungai dengan arus yang deras kamu harus memerlukan  umpan dengan aroma yang kuat, jika tidak aroma dari umpan mu akan terhapus begitu saja pada aliran air deras. Karena itu ikan tidak akan tertarik dengan umpan yang kamu pakai, atau bahkan malah tidak tahu keberadaan umpan mu.

Dan itulah sebabnya kamu membutuhkan umpan dengan bahan-bahan yang kuat aromanya. Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah berikut ini:

Tepung terigu

  • 2 butir telur bebek
  • 1 bungkus biskuit marie kelapa
  • 3 helai daun pandan
  • Keju kraft 1/4 batang
  • Essen ikan

3. Racikan Umpan Nilem Menggunakan Tempe

Ini merupakan racikan sederhana yang menggunakan tempe sebagai bahan dasarnya, umpan ini mudah didapat bahkan mungkin sekarang di dapurmu sudah ada bahan-bahanya. Ini merupakan racikan umpan yang paling cocok untuk kamu pakai sebagai umpan mancing sehari-hari.

  • 1 balok tempe (5000an)
  • 3 sampai 4 biji bawang merah dan putih
  • udang rebon secukupnya
  • 1 bungkus terasi udang
  • mentega secukupnya

Tips Pembuatan Umpan Racikan

Sebelum meracik umpan ikan, kamu harus menyiapkan beberapa alat yang diperlukan untuk membuat umpan racikan nilem. Alat-alat yang perlu kamu siapkan adalah wadah untuk mencampur seperti baskom, mangkok, dan lain sebagainya.

Lalu kamu juga membutuhkan cobek/blender untuk menghaluskan bahan yang perlu dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, tempe, biskuit, dan lain sebagainya. Serta kamu juga bisa menyiapkan sendok, alat takar dan boleh alat lain yang mungkin kamu butuhkan untuk membuat umpan racikan.

Untuk cara membuatnya mudah, tentukan dulu tipe umpan mana yang akan kamu gunakan untuk kamu gunakan untuk memancing. Setelah menentukan umpan yang akan kamu gunakan, kamu harus mengumpulkan bahan yang sudah tertera di atas.

Setelah semua bahan terkumpul, kamu bisa mencampurkan semua bahan tadi dalam satu wadah yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Tapi Sebelum itu, kamu harus perhatikan apakah bahan yang akan kamu gunakan sudah halus. Jika belum, haluskan dulu bahan yang perlu dihaluskan baru dicampur dengan bahan yang tadi.

Aduk semua bahan sampai semua bahan menyatu dengan sempurna, pastikan adonan racikan umpan ikan yang kamu buat memiliki tekstur yang tidak terlalu encer dan tidak terlalu keras juga. Tekstur nya harus pas agar bisa bertahan lebih lama di dalam air.

Setelah umpan racikan sudah jadi kamu bisa membentuk umpan dengan bentuk sesuai selera, tapi untuk ukuranya dari umpan nya kamu harus menyesuaikan dengan ukuran dari mulut ikan. setelah semua umpan sudah dibentuk, kamu simpan umpan jadi tadi dalam wadah tertutup dan umpan pun siap kamu gunakan.

Penutup

Untuk umpan yang sudah saya rekomendasikan diatas adalah kumpulan umpan ikan nilem yang sudah terbukti efektif saat digunakan memancing ikan. Kamu bisa mencobanya sendiri dirumah, tentukan dulu tipe umpan mana yang akan kamu gunakan dan usahakan membawa lebih dari satu umpan. untuk antisipasi berbagai macam kondisi yang ada.

Dan jika kamu memiliki jenis umpan yang kamu rasa efektif, entah itu umpan alami atau umpan racikan kamu boleh membagikannya kepada kami. Mungkin sekarang hanya ini yang bisa saya sampaikan tentang umpan ikan nilem. Terima kasih sudah berkunjung serta membaca halaman ini dan selamat mencoba.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.