Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Umpan Ikan Mas

6 min read

Umpan Ikan Mas

Saat kamu melakukan kegiatan memancing, pemilihan umpan ikan mas yang tepat merupakan salah satu faktor yang penting agar kamu berhasil mendapat ikan mas.

Umpan yang tepat dan terbaik bisa menarik perhatian ikan mas dengan baik. Dalam artikel ini nanti terdapat banyak sekali macam-macam umpan yang bisa digunakan mulai dari bahan-bahan alami dan racikan sendiri.

Kamu nggak usah khawatir tentang harga dari umpan kita tulis di artikel ini nanti, murah kok, bahkan ada yang bisa kamu temukan di kebunmu tanpa membayar sepeserpun.

Dan untuk menjadi seorang pemancing profesional, kamu perlu melakukan berbagai penelitian agar mengetahui jenis umpan apa yang paling disukai oleh ikan mas di daerah kamu.

Nah, silahkan simak artikelnya di bawah ini dan semoga bermanfaat. Check this out.

Umpan Ikan Mas Alami

Salah satu umpan untuk memancing ikan mas yang mudah dicari adalah umpan yang ada di alami.

#1. Cacing Tanah

Umpan Ikan Mas
Cacing tanah, sumber: pixabay.com

Salah satu umpan terbaik untuk ikan mas adalah cacing tanah, karena hewan lunak ini sangat disukai oleh banyak jenis ikan. Selain itu kamu bisa mendapatkan jenis umpan ini dengan mudah, yaitu dengan mencarinya di tanah humus atau lunak yang lembab.

Tetapi, kamu tidak selalu bisa memilih sembarangan cacing tanah ini untuk dijadikan umpan terbaik ikan mas ini. Cacing yang dipilih harus fresh dan masih hidup.

Cacing yang telah mati akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan ikan mas menjadi tidak tertarik malah menjauhinya.

Pemasangan cacing pada mata kail sangatlah gampang, yaitu:

  1. Pegang cacing dengan tangan kiri.
  2. Tusukkan cacing di bagian badannya yang dekat kepala (anggap cacing mempunyai kepala dan ekor) dengan menggunakan tangan kanan.
  3. Ikuti bentuk kail dan keluarkan ujung mata kail pada badan dekat ekornya sehingga tampak seekor cacing menjuntai di kail kamu.

Namun, saat menggunakannya usahakan tidak memotong bagian tubuh cacing, kecuali cacing terlalu panjang sekali.

Selain cacing tanah, nyatanya ada beberapa jenis cacing lainnya, yaitu cacing merah dan cacing sawah. Metode pemasangan kedua cacing tersebut sama dengan cara pemasangan cacing tanah yang telah tertulis di atas.

#2. Ulat Sagu

Umpan Ikan Mas
Ulat Sagu, sumber: pixabay.com

Ulat Sagu selain bisa menjadi makanan manusia ternyata bisa juga dijadikan menjadi umpan untuk memancing ikan mas. Hewan berwarna putih dan gemuk ini biasa hidup di pohon sagu yang sudah tua.

Namun, sekarang kamu dapat membeli umpan ini di toko makanan burung, jadi gak usah cari pohon sagu yang tua. Selain mudah didapatkan, umpan ini lebih gampang saat pemasangannya pada kail daripada umpan alami yang lainnya.

Umpan ini bisa kamu jadikan sebagai sarana untuk memikat ikan mas. Dengan umpan ulat sagu, kamu bisa mendapatkan tangkapan ikan yang lebih banyak.

#3. Lumut

Umpan Ikan Mas
Lumut, sumber: pixabay.com

Lumut merupakan salah satu jenis umpan yang cocok digunakan untuk memancing di rawa atau danau. Jenis makanan alami ini mudah ditemukan di dinding rumah maupun pagar kita dan mudah untuk diolah.

Kamu bisa membuat lumut menjadi kepalan-kepalan mirip bola dengan menggunakan tangan kemudian dipasang pada kail pancingan.

#4. Daging Belut

Umpan Ikan Mas
Belut, sumber: pixabay.com

Daging belut memiliki rasa dan kelezatan tersendiri, karena itulah daging belut sering diberikan sebagai pakan ikan. Jadi tidak aneh jika kadang digunakan sebagai umpan ikan mas..

Bahan tambahan untuk membuat ramuannya adalah keju, susu bubuk, santan, kroto, bondon dan telur 3 buah.

Cara membuat umpan ikan mas menggunakan belut adalah :

  1. Kukus daging belut tanpa tulangnya hingga matang, kemudian haluskan dengan menggunakan blender.
  2. Tambahkan putihannya dari 3 butir telur, keju ½ kotak, susu bubuk, bondon ½ bungkus dan santan ½ bungkus. Blender semua bahan tersebut hingga tercampur merata.
  3. Tuang ke dalam wadah, lalu tambahkan kroto sebanyak 1 ons dan aduk secara manual.
  4. Siapkan plastik dan masukkan adonan ke dalamnya secukupnya, lalu kukus selama kira-kira selama 35 menit.
  5. Setelah selesai, biarkan agak dingin, umpan sudah siap digunakan untuk memancing.

#5. Umpan Serangga

Umpan alami yang cocok untuk memancing ikan mas selanjutnya yaitu serangga. Umpan serangga cenderung lebih mudah didapatkan dipasaran atau di sawah maupun kebun dan murah harganya jika mau beli di toko.

Beberapa jenis serangga yang dapat memancing perhatian ikan mas adalah kroto dan jangkrik. Serangga yang kamu pakai boleh hidup atau mati ketika dibuat umpan.

Umpan ini sangat cocok digunakan di tambah rawa ataupun sungai.

a. Jangkrik

Umpan Ikan Mas
Jangkrik, sumber: pixabay.com

Jenis serangga yang satu ini memang sering digunakan sebagai umpan ikan karena mudah ditemukan dan disukai oleh banyak jenis ikan termasuk ikan mas.

Jika kamu menggunakan jangkrik sebagai umpan, pastikan untuk tidak membuang bagian bulu serta sayapnya agar tubuhnya terlihat utuh. Hal tersebut dilakukan karena ikan mas menyukai umpan alami yang terlihat masih hidup walaupun nyatanya sudah mati.

b. Kroto

Umpan Ikan Mas
Kroto, sumber: idntimes.com

Umpan Kroto atau anak semut untuk mancing ikan, sebenarnya susah-susah gampang di gunakan, bila tepat dalam penggunaan maka hasil mancing kamu akan sangat memuaskan tapi apabila salah dalam penggunaannya maka ikan akan sulit didapat.

Kroto ini sebenarnya sangat cocok jika digunakan saat memancing di kolam, rawa, waduk ataupun sungai yang arusnya tenang.

Ada 3 cara dalam menggunakan kroto sebagai umpan, yaitu:

  1. Umpan kroto untuk ditabur di dekat kail (Pengumpul ikan)
  2. Kroto untuk campuran umpan racikan.
  3. Langsung menggunakan umpan kroto murni.

Dari beberapa cara diatas, yang paling banyak digunakan adalah untuk umpan tabur dan campuran racikan saat membuat umpan.

Umpan Ikan Mas Alami di Waktu Malam Hari

Kondisi danau, kolam maupun laut di malam hari tentu gelap gulita. Namun malam gelap merupakan waktu yang tepat untuk memancing, karena mayoritas ikan tertarik untuk berkumpul didaerah yang diterangi dengan lampu.

Selain itu nafsu makan ikan cenderung meningkat di malam hari sehingga ikan lebih mudah dipancing. Ayo simak macam-macam umpan yang bisa kamu gunakan untuk memancing ikan mas pada malam hari.

#6. Sarden

Umpan Ikan Mas
Sarden, sumber: stpbali.com

Sarden memiliki aroma yang amis yang kuat dan kandungan protein yang tinggi sehingga dalam sekejap mampu memikat perhatian ikan mas.

Cara membuat umpan dari sarden gampang banget, kamu bisa mencampurkan sekaleng sarden dengan kuning telur. Buatlah bulatan-bulatan dari adonan tersebut dan gantung pada kail dan umpan siap digunakan.

#7. Singkong Rebus

Umpan Ikan Mas
Singkong Rebus, sumber: cookpad.com

Jenis umpan yang satu ini mungkin terlihat nyentrik dan aneh, karena para pemancing jarang memikirkan untuk menggunakan umpan ini. Namun umpan ini sangat cocok buat kamu yang suka memancing ikan mas di kolam atau danau yang airnya gak terlalu bergolak.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menerapkan cara: rebus singkong terlebih dahulu sampai lunak dan empuk, kemudian adonan singkong bentuk menjadi bulatan-bulatan berukuran yang disesuaikan dengan ukuran kail dan pasang umpan ke kail.

#8. Ulat Bambu

Umpan Ikan Mas
Ulat Bambu, sumber: pixabay.com

Sesuai dengan namanya, jenis ulat ini bisa kamu temukan di pohon bambu. Ulat jenis ini memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan daun namun memiliki bentuk yang lebih besar yang gemuk dan berisi.

Ulat bambu cocok untuk kamu jadikan sebagai umpan saat memancing ikan mas di sungai. Untuk mendapatkannya kamu bisa membelinya di toko umpan atau menangkapnya sendiri.

#9. Larva Lebah

Umpan Ikan Mas
Larva Lebah, sumber: sonofmountmalang.com

Anak tawon atau larvanya yang masih didalam sarang, dengan bentuk yang kecil-kecil dan berwarna putih ini biasanya sering digunakan sebagai alternatif umpan alami saat memancing ikan mas. Namun untuk mendapatkannya agak sedikit sulit.

Kamu perlu mencari sarang lebah yang masih memiliki banyak larvanya. Kamu harus berhati-hati saat mengambilnya karena memiliki resiko tersengat lebah-lebah yang menghuni sarang tersebut.

Tapi sayangnya, masih banyak pemancing yang kurang mengerti cara pemakaiannya sehingga akan mubazir saat digunakan memancing ikan di air yang berarus deras, umpan anak tawon ini akan cepat habis tergerus aliran air.

Tapi bila digunakan untuk memancing di kolam, rawa atau parit yang berarus tenang menggunakan umpan anak tawon dengan sembarangan pun gak masalah, karena bila umpannya tidak dimakan ikan maka akan tetap utuh.

Namun jika kamu masih ingin menggunakan larva lebah sebagai umpan di tempat yang arusnya deras, maka larva jangan langsung dijadikan umpan tapi jadikan sebagai campuran racikan umpan.

Umpan Ikan Mas Racikan Sendiri

Umpan racikan, sumber: nirwana-nusantara.blogspot.com

Selain memanfaatkan umpan alami yang ada di toko maupun disekitar kita, kamu juga bisa meracik umpan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana.

Bahan-bahan racikan umpan ikan mas ini mudah didapatkan kok, sehingga kamu gak usah khawatir dengan harganya.

Malah, umpan racikan bisa menghemat pengeluaran sehari-hari, karena kadang sisa-sisa olahan rumah tangga yang dijadikan sebagai bahan-bahannya.

Berikut adalah resep umpan racikan racikan sendiri yang bisa kamu buat di rumah!

★. Resep Umpan Ikan Mas Dengan Campuran Tepung Beras

Resep ini memakai bahan-bahan yang mudah didapat di warung-warung atau toko kelontong maupun di pasar  terdekat. Untuk takaran bahan-bahannya adalah:

  • Tepung beras ketan 2 sdm.
  • Tepung beras biasa 2 sdm.
  • Santan perasan sendiri ataupun santan bermerek.
  • Keju 1 potong kecil.
  • Susu dancow putih 1 sachet.
  • Kroto 1 ons.

Cara meraciknya:

  1. Campurkan seluruh bahan kecuali santan di sebuah wadah dan aduk.
  2. Kemudian tambahkan santan sampai tekstur yang diinginkan, jangan terlalu encer.
  3. Masukkan adonan dalam plastik setelah itu kukus dekat 20 menit. Tiriskan sampai dingin, adonan telah dapat dibentuk sesuai selera dan ukuran sesuai kailnya serta umpan siap digunakan.

★. Resep Umpan Racikan Sendiri Dengan Campuran Pelet Safir

Bahan yang perlu disiapkan:

  • 1 sunbel.
  • 1 buah telur.
  • 1 pcs santan instan.
  • 8 sendok pelet safir yang wangi.

Cara meracik resepnya adalah:

  1. Rebus sunbel, telur dan santan instan selama kurang lebih 20 menit sampai racikan berubah warna.
  2. Aduk secara perlahan dan angkat.
  3. Campurkan dengan pelet safir sampai merata.
  4. Umpan siap dipakai untuk memancing.

★. Resep Umpan Racikan Rumah Campur Pelet Putih

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 liter air.
  • 1 kg belut.
  • 2 ubi.
  • Santan.
  • Daun pandan.

Cara meracik umpannya:

  1. Rebus belut sampai air berkurang dan pisahkan daging dari tulangnya.
  2. Campurkan daging dengan ubi, tekan terus sampai berubah menjadi adonan yang kalis.
  3. Pastikan tidak membuang air sisa rebusan belut tadi, karena bisa digunakan untuk membasahi bandul pancingan.
  4. Umpan ini cocok untuk memancing ikan mas di sungai.

★. Resep Umpan Campur Telur Asin

Bahan-bahannya:

  • Kroto dalam jumlah secukupnya.
  • Telur asin 2 buah.
  • Amisan laut ranjau 765.

Cara membuat racikannya:

  1. Pertama-tama haluskan telur asin yang sudah direbus. Lalu campurkan dengan amisan ditambah air panas ½ gelas saja.
  2. Kemudian aduk terus semua campuran sampai menjadi encer. Setelah itu tambahkan serbuk dari amisan ranjau lagi dan krotonya.
  3. Tunggu adonan kering, kemudian bentuk adonannya sesuai selera tapi dengan ukuran yang bisa dimakan ikan mas.
  4. Umpan racikan dengan bahan telur asin, sudah siap digunakan.

Umpan Ikan Mas Terlarang di Perlombaan

Di sebuah perlombaan mancing pasti ada umpan yang dilarang atau tidak boleh dipakai saat lomba memancing, berikut beberapa umpan yang sering dilarang penggunaannya:

  1. Umpan Ikan Racikan Tembleg Susu.
  2. Umpan Bom.
  3. Umpan Racikan Mie Instan.
  4. Umpan Dari Nasi dan Umbi-Umbian.
  5. Umpan Hidup.
  6. Umpan Ikan Yang Bisa Mengambang.
  7. Getah Karet.
  8. Pelet Babi.

Nah itulah artikel mengenai beberapa umpan alami dan umpan racikan yang tepat untuk memancing ikan mas. Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang mau mencoba untuk membuatnya sendiri. Terima kasih dan semoga sukses.

Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.