Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Umpan Ikan Kakap

4 min read

Pemilihan umpan ikan kakap yang tepat merupakan faktor penting dalam keberhasilan atau kegagalan penangkapan ikan kakap.

Apa itu ikan kakap? Bagi kalian yang memiliki hobi memancing khususnya di laut lepas pasti sudah tidak asing dengan ikan yang satu ini, ikan yang hidup berkelompok di dasar laut.

Ikan kakap atau Lutjanidae yang hidup di dasar karang atau terumbu karang. Ikan yang memiliki ciri khas berbentuk bulat pipih dan sirip memanjang sepanjang punggungnya.

Ikan ini banyak diburu karena dagingnya enak sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi sebagai bahan konsumsi.

Nah, apa saja umpan ikan kakap yang bisa memikat perhatian ikan kakap? Silahkan simak ulasan berikut ini:

Umpan Ikan Kakap Paling Jitu Untuk Segala Jenis Kakap

Nah, apa saja yang bisa dipakai sebagai umpan jitu saat memancing segala jenis ikan kakap, seperti ikan kakap merah, kakap putih? Silahkan baca ulasan dibawah ini:

#1. Ikan Kecil

Umpan Ikan Kakap
Ikan kecil, sumber: www.inspired2write.com

Rantai makanan yang merupakan jalur makan atau dimakan di dalam air adalah hal biasa.

Begitu juga dengan ikan kakap yang juga sangat suka memangsa hewan lain yang ukurannya lebih kecil, seperti ikan wader, belanak, cere dan lain-lain.

Jadi kamu bisa memilih jenis ikan ini untuk dijadikan umpan saat anda ingin memancing ikan kakap.

Namun saat memilihnya, carilah ikan yang berukuran sekitar 5-10 cm saja. Untuk cara pemakaiannya yaitu dengan cara mengaitkan mata kail di bagian punggung atau sirip umpan.

Selain bagian punggungnya, kamu juga bisa memasang kail di area mulut, asalkan tidak masuk ke matanya, sehingga umpan bisa hidup lebih lama.

Karena umpan hidup dapat menarik perhatian ikan kakap untuk segera memangsanya dengan gerakan-gerakan yang dihasilkannya saat berada di dalam air.

#2. Udang Segar

Umpan Ikan Kakap
Udang kecil, sumber: pixabay.com

Pilihan umpan mancing ikan kakap selanjutnya adalah dengan menggunakan udang kecil dan besar.

Namun udang yang dipilih harus segar dan segar, tidak tua dan layu. Karena udang segar lebih menarik bagi ikan kakap untuk memakannya.

Cara menggunakan udang sebagai umpan cukup mudah, cukup tusukkan kail pada ekor udang hingga menembus ke perut bawah atau bisa dimasukkan dari kepala udang hingga menembus bagian belakang punggungnya.

Biasanya jenis umpan ini digunakan untuk mancing ikan kakap pada malam hari, karena udang merupakan makanan yang paling disukai oleh ikan kakap pada malam hari.

Tapi kamu juga bisa menggunakan udang untuk memancing ikan kakap di siang hari, meski tidak seefisien di malam hari.

#3. Cumi-cumi

Umpan Ikan Kakap
Cumi, sumber: arengaindonesia.com

Rekomendasi lainnya untuk umpan ikan kakap jitu adalah cumi-cumi. Cumi ini bisa dipakai sebagai umpan untuk mancing ikan kakap karena memiliki aroma amis yang kuat, sehingga mampu memikat ikan kakap.

Kamu juga bisa memilih antara cumi-cumi yang sudah mati maupun yang masih hidup sebagai umpan.

Saat memasang umpan cumi ini kamu harus hati-hati, karena lumayan sulit untuk dipasang ke kail karena cumi itu hewan yang lembek dan licin.

Adapun cara memasangnya, masukkan ujung kail pada bagian ekor yang terlihat berlubang sampai kail menembus.

Namun beda lagi kalau kamu menggunakan sotong atau cumi berukuran besar, kamu harus menggunakan dua kail sekaligus dengan satu kail lainnya berada di luar sotong agar tidak mudah lepas.

#4. Cacing

Umpan Ikan Kakap
Cacing tanah, sumber: pixabay.com

Hampir semua jenis ikan, sangat menyukai cacing tanah. Hewan ini sudah lama menjadi umpan mancing sejak dulu dan masih digunakan sampai sekarang.

Kita sering menggunakan cacing sebagai umpan karena hewan ini mudah ditemukan lingkungan sekitar kita.

Namun, jangan sembarangan dalam memilih cacing tanah untuk dijadikan umpan mancing ikan kakap. Karena cacing yang dipilih harus segar dan masih hidup.

Hal itu disebabkan oleh cacing yang sudah mati akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan ikan kakap akan menjauhinya.

Setelah memilih cacing, pasang cacing pada mata kail dari kepalanya sehingga seluruh bagian tubuh cacing tertusuk oleh kail dan biarkan sebagian kecil ekornya agar bergerak saat berada di dalam air.

#5. Ikan Bandeng Kecil

Umpan Ikan Kakap
Ikan bandeng kecil, sumber: arengaindonesia.com

Masyarakat yang tinggal di sekitar pantai pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan yang dijadikan umpan ikan kakap yaitu bandeng.

Karena di daerah pesisir, bandeng merupakan hasil budidaya di tambak atau perikanan lainnya.

Selain sebagai makanan karena rasanya yang enak, bandeng juga digunakan sebagai umpan untuk menangkap ikan kakap.

Jika ingin menggunakan ikan bandeng sebagai umpan untuk menangkap ikan kakap, carilah ikan bandeng yang berukuran kecil.

Karena, bila kamu memilih bandeng yang kecil, kamu tinggal mengaitkan bagian punggungnya di mata pancing dan melempar umpan ke air yang akan segera menarik perhatian ikan kakap.

Tapi, bila kamu memilih bandeng yang berukuran besar kamu harus memotong ikan tersebut menjadi potongan kecil-kecil, kemudian pasang potongan-potongan itu ke kail dan umpan siap untuk digunakan.

#6. Ikan Kembung

Umpan Ikan Kakap
Ikan kembung, sumber: food.detik.com

Ikan yang masih sekerabat dengan ikan tenggiri, tuna dan tongkol,yaitu ikan kembung juga dapat digunakan sebagai salah satu jenis umpan, khususnya ikan kakap.

Untuk membuat umpan ikan kakap dari ikan kembung, kamu harus memilih ikan kembung yang berukuran kecil agar bisa masuk ke mulut ikan kakap dan harus dalam kondisi segar.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memasukkan kail di mulut ikan kembung. Kemudian umpan siap digunakan.

#7. Katak Kecil

Umpan Ikan Kakap
Katak kecil, sumber: pixabay.com

Katak yang terlihat menjijikan ini sebenarnya bisa dijadikan umpan saat memancing ikan kakap di hutan mangrove/bakau lho.

Namun saat menggunakannya, kamu harus memilih katak kecil yang masih hidup. Karena katak yang masih hidup dapat bergerak ketika dimasukkan ke dalam air, sehingga dapat menarik ikan kakap.

Cara pemasangannya adalah dengan mengaitkan mata kail di punggung katak kecil, jangan terlalu dalam agar katak masih hidup saat dimasukkan ke dalam air dan umpan siap digunakan.

Namun, hati-hati saat memasang umpan yang satu ini. Karena air seni kodok dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh yang terkena.

#8. Undur-undur

Umpan Ikan Kakap
Undur-undur, sumber: jateng.tribunnews.com

Serangga kecil yang bisa dijadikan umpan saat memancing ikan kakap di hutan mangrove/bakau adalah undur-undur.

Undur-undur merupakan serangga yang mudah ditemukan di tanah berpasir yang kering dan bersuhu hangat di sekitar pekarangan rumah.

Untuk menggunakannya, kamu harus melepas sayapnya terlebih dahulu. Kemudian masukkan kail ke dalam badan hingga kail tertutup sepenuhnya.

#9. Ikan Kuwe

Umpan Ikan Kakap
Ikan kuwe, sumber: pasarnegeri.com

Ikan kuwe yang hampir mirip dengan ikan bawal ini bisa kamu jadikan sebagai umpan spesial ikan kakap. Caranya kaitkan mata pancing di bagian mulut, lalu masukkan umpan ikan ke air.

#10. Anakan Ikan Mas

Umpan Ikan Kakap
Anak ikan mas, sumber: umpanikan123.blogspot.com

Ikan yang hidup di air tawar dan biasanya menjadi hewan ternak karena memiliki ekonomis menengah ke atas sebagai ikan hias dan konsumsi, ternyata bisa dipakai sebagai umpan.

Anakan ikan mas memiliki aroma amis dan kandungan protein yang tinggi sehingga bisa untuk dijadikan sebagai umpan saat memancing ikan kakap.

Untuk menggunakan ikan mas sebagai umpan jitu untuk ikan kakap, kamu harus memilih ikan mas yang masih kecil, agar bisa masuk kedalam mulut ikan kakap.

#11. Anakan Ikan Tawes

Umpan Ikan Kakap
Anakan ikan tawes, sumber: syaharafish.com

Jenis ikan tawar yang merupakan anggota suku Cyprinidae merupakan salah satu jenis ikan yang populer karena memiliki daya ekonomis yang tinggi sebagai makanan konsumsi.

Selain dikonsumsi manusia ternyata ikan ini juga bisa menjadi salah satu umpan saat memancing ikan kakap di daerah hutan mangrove/bakau.


Nah,itulah beberapa rekomendasi umpan ikan kakap lengkap yang jitu dan tepat. Terimakasih telah membacanya sampai akhir, semoga bermanfaat. Silahkan bagikan ke teman-temanmu jika artikel ini menarik dan bagus menurutmu. Terima Kasih.

Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.