Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Umpan Ikan Gurame

5 min read

Umpan Ikan Gurame

Umpan Ikan Gurame – Kamu ingin memancing gurame? Sebelum itu penting untuk diketahui umpan apa saja yang paling efektif untuk memancing ikan gurame. Dalam memancing umpan memanglah faktor terpenting yang harus kamu perhatikan penggunaanya.

Tanpa adanya umpan yang tepat, jangan harap ikan gurame akan mendekat ke umpan yang kamu pasang. Meskipun ikan gurame merupakan jenis ikan omnivora, bukan berarti memancing ikan ini akan menjadi sangat mudah. Kamu juga harus memiliki skill yang cukup untuk bekal kamu memancing.

Nah karena itu saya disini akan membantu kamu dengan memberikan rekomendasi umpan mancing ikan gurame yang pastinya sudah terbukti paling jitu. Dan umpan ini terbukti paling sering digunakan oleh para pemancing profesional.

Yuk simak ulasan berikut tentang umpan ikan gurame yang paling jitu, banyak digunakan dan terbukti efektif untuk mancing ikan gurame.

Umpan Alami Ikan Gurame

Umpan Ikan Gurame

 

Ikan gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang memakan hampir semua yang ia anggap makanan atau biasa kita sebut Omnivora. Di habitat nya ikan gurame suka memangsa makhluk kecil seperti ikan kecil, plankton, beberapa jenis serangga dan banyak lagi.

Gurame lebih cenderung menyukai makanan yang berupa dedaunan, lumut dan lain semacamnya. Untuk mendapatkan nya pun mudah, seperti namanya jenis umpan alami bisa kamu dapatkan di alam. Kamu bisa mencarinya atau boleh juga beli langsung jika malas mencari nya keluar.

Berikut ini contoh umpan alami untuk ikan gurame yang sangat direkomendasikan untuk memancing ikan gurame.

1. Cacing Tanah

cacing

Seperti biasanya, cacing menjadi umpan yang paling banyak dipakai untuk memancing ikan. Bahkan hampir semua kalangan dari pemancing pemula sampai yang sudah berpengalaman pun memilih cacing saat memakai umpan alami.

Cacing digunakan untuk memancing hampir semua ikan air tawar, dan itu juga termasuk ikan gurame. Cacing memiliki aroma khas yang bisa menarik perhatian ikan dan ikan pun akan tergoda untuk memakan umpan mu.

Kamu bisa mendapatkan cacing di tanah yang basah di sekitar rumahmu. Dan kamu hanya perlu mengaitkan cacing pada kail pancing mu.

2. Lumut Sawah/Sungai

Umpan lumut

Karena karakteristik ikan ini yang cenderung herbivora ikan ini juga mau memakan beberapa umpan dari tanaman. contohnya seperti lumut dan beberapa tumbuhan lainya. Kamu bisa menggunakan lumut hampir disemua tempat dan kondisi.

Bentuknya yang fleksibel akan sangat mempermudah mu dalam memancing. Umpan ini bisa kamu dapat pada tepian sungai berbatu yang arus airnya tenang atau bisa juga kamu cari di sawah.

3. Daun Kangkung/Singkong

Umpan Ikan Gurame

Selain lumut kamu bisa menggunakan dedaunan seperti daun bayam, daun singkong dan kangkung. Kamu bisa mencoba alternatif umpan alami yang berupa daun daun tersebut. Umpan dedaunan ini sangat cocok untuk memancing gurame di sungai.

Karena seperti kebanyakan ikan omnivora lain yang rakus dalam hal makan memakan. Ikan gurame juga bisa saja menyambar umpan yang kamu berikan karena terkecoh menganggap umpan mu adalah makanan biasanya di sungai.

4. Kroto

Umpan Tombro

Larva ini merupakan jenis makanan hewan yang serbaguna. Seperti yang kita tahu kalau kroto banyak digunakan untuk dijadikan makanan burung ternyata bisa digunakan untuk memancing ikan gurame.

Kroto biasanya digunakan untuk bahan campuran umpan saja, untuk membuat umpan racikan. Kamu bisa mendapatkannya langsung dari sarang semut atau bisa juga beli di toko penyedia perlengkapan peternakan di daerah mu.

5. Belalang

Umpan Ikan

Pijat keluar isi perut belalang lalu kaitkan belalang pada kail pancing mu.Cairan yang dikeluarkan belalang memiliki aroma yang menyengat dan berguna untuk menarik perhatian ikan gurame.

Belalang biasa hidup pada daerah seperti padang rumput dan pepohonan, tak jarang juga belalang terlihat di sekitar sungai. Kamu bisa mendapatkan nya disekitar tempat yang kusebutkan barusan.

6. Jangkrik

Umpan Jangkrik

Sama halnya dengan belalang, jangkrik juga bisa kamu gunakan untuk memancing ikan gurame. Sebelum mengaitkan jangkrik kamu bisa membuang bagian sayap dan kepala dari jangkrik agar cairan jeroan jangkrik keluar dan mengeluarkan aroma khas dari jangkrik tersebut.

Karena aroma khas yang menyengat dari jangkrik begitu kuat dan dapat menyebar di berbagai kondisi perairan. Kamu bisa menggunakannya  untuk memancing ikan gurame di sungai yang memiliki arus yang cukup deras.

7. Ulat Daun Pisang

ulat

Ulat yang biasa dianggap hama pada pohon pisang ini ternyata bisa dijadikan umpan untuk ikan gurame. Teksturnya yang empuk dan tubuhnya yang mengandung cairan organ yang beraroma sangat menyengat akan membuat ikan gurame akan menyambar umpan satu ini dengan cepat.

8. Nangka Matang

Eits, jangan berpikir ini berbohong. Ternyata buah nangka juga bisa kamu gunakan untuk memancing. Kalau tidak percaya kamu boleh coba langsung memancing ikan gurame menggunakan  nangka.

Kamu hanya perlu memotong kecil nangka menjadi seukuran kail dan nangka pun siap dijadikan umpan ikan. Untuk mendapatkan nya pun mudah jika kamu punya pohonnya kamu tidak perlu bingung umpan lagi. atau jika tidak punya kamu bisa membelinya cukup sepotong saja.

9. Laron

Umpan Alami Ikan

Ternyata serangga yang biasa mengganggu kita saat awal musim penghujan ini bisa juga lo dimanfaatkan sebagai umpan ikan. Sangat sayang sekali jika limpahan laron langsung dibuang begitu saja. Mending digunakan jadi umpan ikan.

Toh ikan juga sangat suka menyambar laron karena memang laron salah satu makanan untuk ikan. Apalagi ikan gurame pastinya makin suka.

10. Ulat Bambu

Tipe makanan yang sangat disukai ikan gurame adalah makanan yang bisa yang bertekstur lengket dan memiliki aroma yang kuat. Biasanya makanan-makanan tersebut merupakan makanan yang mengandung protein tinggi.

Salah satunya adalah ulat bambu, sama seperti ulat lain dan cacing ulat bambu juga bisa dijadikan umpan jitu untuk memancing ikan gurame. Seperti namanya kamu bisa menemukan ulat ini di dalam batang bambu.

11. Udang

Udang juga menjadi salah satu umpan favorit untuk ikan gurame. Seperti yang kita tahu di habitat aslinya udang menjadi salah satu makanan favorit untuk jenis ikan seperti ikan gurame.

Kamu wajib mencoba jenis umpan ikan gurame liar satu ini dan membuktikan sendiri kemanjuran umpan satu ini. Banyak yang sudah membuktikan kalau umpan udang merupakan umpan yang efektif untuk memancing ikan.

Umpan Racikan Ikan Gurame

Umpan racikan

Umpan racikan bisa kamu gunakan untuk menjadi pengganti dari umpan alami. Untuk mendapatkan umpan alami, biasanya kamu harus mencarinya secara manual dan itu akan sangat menguras tenaga dan waktu kamu.

Kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan saat menggunakan umpan racikan. Selain bahannya mudah didapatkan dan diolah. Kamu juga akan melihat perbedaan biaya penggunaan antara umpan alami dan umpan racikan.

Selain itu kamu juga bisa menentukan sendiri kamu ingin membuat umpan seperti apa. Kamu bisa menyesuaikan umpan dengan ikan yang akan kamu pancing dan seperti apa spot mancing yang akan kamu pilih.

Nah daripada berlama-lama sebaiknya kamu coba sendiri saja. Saya sudah menyiapkan beberapa resep umpan ikan gurame kolam yang susah makan yang sering dipakai oleh para pemancing berpengalaman yang sudah saya kutip berikut ini.

1. Resep Racikan Untuk Mancing Ikan Gurame di Danau

  • Pelet jenis PF-1000
  • Essen ikan tenggiri
  • Telur rebus, ambil kuningnya saja
  • Sendok teh cairan madu asli
  • Air dalam jumlah secukupnya

2. Resep Racikan Untuk Mancing Gurame

  • Pelet jenis 781-2 SP
  • Telur bebek
  • Madu asli
  • Susu kental manis
  • Tahu
  • Air secukupnya

3. Resep Racikan Untuk Mancing Ikan Gurame di Empang

  • Terasi
  • Rebusan kuning telur
  • Pakan pelet
  • Bawang putih
  • Usus ayam
  • Essen ikan

4. Resep Racikan Untuk Mancing Ikan Gurame di Sungai

  • Terasi udang
  • Telur bagian kuning nya saja
  • Pelet PF 1000
  • Bawang putih
  • Madu asli
  • Air secukupnya

Tips meracik Umpan Ikan Gurame

Untuk cara meracik resep di atas kamu hanya perlu menghaluskan barang yang sekiranya harus dihaluskan seperti bawang, roti, tempe dan semacamnya. Setelah dihaluskan kamu siapkan wadah untuk tempat, ukuran wadah kamu sesuaikan.

Jika wadah dan alat pendukung lain sudah disiapkan, campur semua bahan dalam wadah yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Pastikan semua adonan tercampur rata sampai membentuk adonan.

Perhatikan tekstur adonan yang kamu buat, tekstur adonan harus pas jangan membuat adonan yang terlalu padat dan jangan juga terlalu cair. Tekstur yang pas akan membuat adonan lebih baik dan bisa bertahan lama. Bentuk adonan tidak mudah larut dalam air.

Setelah memastikan adonan umpan sudah benar benar jadi. Selanjutnya kamu harus membentuk adonan mu menjadi bentuk kotak atau bulat terserah. Yang terpenting adalah ukuran dari umpan yang kamu bentuk adalah ukuran dari umpan yang kamu buat, harus sesuai dengan ukuran mulut dari ikan yang kamu ingin pancing.

Setelah adonan sudah terbentuk, simpan umpan jadi di wadah tertutup agar terjaga kualitasnya. Dan umpan pun siap untuk digunakan.

Penting untuk diketahui, takaran yang kamu gunakan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan mu. Jika kamu ingin stock umpan kamu bisa membuat adonan yang banyak sekalian. Penting takaran bahan yang kamu buat harus pas dan tepat.

Seperti pada penggunaan telur yang berfungsi menjadi perekat antar bahan agar memiliki bentuk yang tetap. Jika telur kurang maka adonan umpan yang kamu buat tidak akan bisa melekat dengan baik. Dan yang lebih penting dari pembuatan umpan racikan adalah umpan yang kamu beli harus sesuai dengan budget yang kamu punya.

Penutup

Memancing ikan gurame bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi para pemancing. Meskipun tidak terlalu sulit, tapi sensasi yang didapat bukan lah hal yang luar biasa. Hal ini lah yang menjadikan ikan gurame menjadi target mancing favorit bagi banyak orang.

Tapi sebelum berangkat memancing ikan gurame, kamu harus mengetahui dulu umpan yang tepat untuk mancing ikan. Karena tanpa adanya umpan yang benar, usahamu memancing dan harapanmu mendapatkan ikan adalah sia-sia.

Seperti yang sudah saya bahas di atas, umpan adalah faktor terpenting yang wajib kamu perhatikan sebelum memancing ikan. Tidak ikan gurame saja, ini berlaku untuk semua ikan yang akan kamu pancing.

Semakin baik umpan yang kamu gunakan untuk memancing, maka kesempatanmu mendapatkan tangkapan ikan yang kamu inginkan akan semakin besar. Jadi tunggu apalagi, segera cari umpan nya dan ayo memancing.

Sekian yang bisa saya sampaikan, kamu boleh memberikan masukan terhadap artikel ini dengan memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Jika ada kesalahan dalam bentuk apapun dalam artikel kali ini saya memohon maaf sebesar-besarnya.

Terima kasih telah membaca postingan saya kali ini, semoga bermanfaat. Dan selamat memancing.

 

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.