Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Umpan Ikan Gabus

5 min read

Umpan Ikan Gabus

Umpan Ikan Gabus – Umpan adalah salah satu faktor terpenting yang harus kamu ketahui sebelum berangkat memancing ikan. Apalagi saat memancing ikan gabus, penting untuk mengetahui dan memilih umpan yang paling cocok digunakan saat memancing ikan gabus.

Jika umpan mu salah jangan harap kamu bisa menangkap ikan ini. hal ini juga yang menyebabkan ikan gabus menjadi salah satu target mancing yang populer di kalangan para pemancing air tawar. Dengan tingkat kesulitan yang bisa dibilang cukup tinggi akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pemancing air tawar terutama ikan gabus.

Sebagai predator air tawar ikan gabus memiliki karakteristik yang rakus. Mudah untuk memilih umpan mana yang bisa kamu gunakan untuk memancing ikan gabus. Berikut saya sudah siapkan rekomendasi umpan yang paling bagus untuk mancing ikan gabus.

Yuk simak ulasan berikut yang saya bawakan tentang umpan ikan gabus liar terbaik dan terbukti efektif untuk memancing ikan gabus.

Umpan Ikan Gabus Alami Paling Jitu

umpan ikan gabus

Umpan alami merupakan jenis umpan yang paling banyak digunakan untuk memancing ikan gabus. Mengingat ikan gabus adalah salah satu ikan karnivora, maka bisa terlihat jelas kalau hampir semua umpan berikut berupa hewan yang merupakan makanan di habitat aslinya.

Di habitat aslinya, ikan gabus biasanya memakan ikan atau hewan yang lebih kecil darinya. Selain menggunakan ikan untuk umpan kamu juga boleh menggunakan hewan yang biasanya digunakan untuk memancing.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa jenis umpan alami yang sering digunakan untuk memancing ikan gabus berikut ini.

1. Cacing

Sudah menjadi fakta umum jika cacing adalah hewan yang paling banyak digunakan untuk dijadikan sebagai umpan ikan. Umpan cacing bisa kamu gunakan untuk memancing hampir semua ikan air tawar termasuk juga umpan ikan gabus paling ampuh.

Cacing memiliki aroma khas yang dapat menarik perhatian dari ikan untuk memangsanya. Lalu cacing juga tidak langsung mati walau dipotong-potong, hal ini menyebabkan pergerakan cacing saat didalam air yang membuat ikan semakin yakin untuk memangsanya.

Jika kamu memilih cacing hidup untuk umpan kamu, usahakan untuk menyisakan bagian yang bisa bergerak saat mengaitkan umpan pada mata kail. Kamu bisa menggunakan cacing tanah atau juga cacing pohon pisang.

2. Belalang

Belalang juga bisa menjadi salah satu pilihan umpan yang bisa kamu pakai untuk memancing ikan gabus. Di habitat aslinya ikan gabus sangat suka mencari belalang yang berada di permukaan dan tak jarang juga ikan gabus melompat dari air untuk meraih belalang yang ada dalam jangkauan.

Saat menggunakan umpan belalang, sesuaikan ukuran belalang dengan ukuran ikan yang akan kamu pancing. Jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil juga, serta koyak sedikit bagian tubuh dari belalang agar cairan tubuhnya keluar.

3. Jangkrik

Jangkrik juga salah satu serangga yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan umpan gabus. Sama seperti cacing, jangkrik juga memiliki cairan yang memiliki aroma khas yang akan menarik perhatian gabus.

Sebelum mengaitkan umpan jangkrik pada kail kamu harus menghilangkan bagian sayap dan kepala jangkrik tersebut. Lalu, pijat sedikit bagian tubuh jangkrik agar cairan tubuhnya keluar agar aroma dari jangkrik bisa menyebar dengan maksimal.

4. Ikan Kecil

Di habitat aslinya ikan gabus memangsa ikan-ikan kecil yang ia temukan. Bahkan ikan ini bisa menjadi hama dalam suatu perairan karena kerakusannya dalam memangsa ikan lain yang lebih kecil.

Seperti fakta di atas, kamu bisa menjadikan ikan kecil seperti ikan wader, ikan mas (bibit), dan ikan lain yang berukuran kecil. Sebelum menggunakan ikan kecil sebagai umpan, kamu boleh memotongnya dulu disesuaikan dengan mulut ikan atau bisa juga membiarkan ikan tetap utuh.

5. Orong-orong

Hewan yang sekilas mirip dengan jangkrik ini bisa kamu jadikan sebagai pilihan umpan yang akan kamu gunakan untuk mancing ikan gabus. Sama seperti jangkrik kamu perlu memijatnya hewan ini dulu sebelum menjadikannya umpan ikan gabus.

6. Laron

Umpan Alami Ikan

Saat musim penghujan tiba, kamu pastinya sering menjumpai laron dengan jumlah yang sangat banyak dirumahmu. Hewan terbang ini bisa sangat mengganggu kenyamanan rumahmu saat malam tiba.

Meskipun mengganggu kamu juga bisa memanfaatkan laron untuk dijadikan sebagai umpan ikan gabus babon. Untuk dijadikan umpan, kumpulkan laron dalam satu wadah dan saat akan dijadikan umpan lepas dulu sayap dari laron (jangan sampai putus) dan kaitkan ke kail pancing.

7. Kecoa

Sebagian orang pasti menganggap serangga ini adalah hama yang menjijikan, bahkan sampai ketakutan dan menghindarinya saat bertemu. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata kecoa bisa dijadikan umpan untuk mancing ikan.

Kecoa memiliki aroma tubuh yang sangat menyengat, aroma ini bisa menarik perhatian ikan terutama ikan gabus untuk mendekat dan memakan umpan yang kita berikan. Kamu bisa menggunakannya untuk memancing asal kamu tidak phobia ya hehe.

8. Kroto

Umpan Tombro

Untuk para pecinta hewan terutama burung pasti sudah tidak asing lagi dengan kroto. Kroto/larva semut yang biasa kamu gunakan/jumpai untuk makanan semut ini ternyata bisa juga kamu manfaatkan untuk umpan gabus.

Tapi kamu harus  mengolah nya dulu sebelum kamu gunakan untuk umpan ikan gabus. Kamu harus meraciknya bersama dengan beberapa bahan tertentu agar bisa kamu gunakan untuk umpan.

9. Udang

Umpan Ikan

Sama dengan ikan kecil, udang juga merupakan salah satu makanan favorit bagi ikan gabus. Bukan hanya gabus, kamu bisa menggunakan umpan udang untuk memancing hampir semua ikan. Karena ini  banyak pemancing yang selalu membawa udang untuk dijadikan umpan wajib yang harus yang harus dibawa.

10. Cicak

Seperti yang sudah saya katakan di atas kalau ikan gabus adalah ikan yang sangat rakus. Sehingga bukan hal yang mustahil lagi kalau hewan seperti cicak bisa kamu jadikan umpan ikan.

Sebelum menggunakan umpan cicak, lebih baik kamu bakar dulu cicak yang akan kamu gunakan agar aroma daging nya keluar. Aroma yang keluar tadi akan berguna untuk menarik perhatian dari ikan gabus.

11. Keong/Bekicot

makanan ikan gabus

Keong memiliki lendir yang memiliki bau amis yang menyengat, bentuk nya yang bulat dan ukuran nya yang tidak terlalu besar menjadikan hewan satu ini sangat cocok untuk dijadikan umpan.

Penggunaan umpan ini sangat mudah, kamu hanya perlu mengeluarkan isi keong yang sudah kamu dapatkan dari cangkang lalu mengaitkan nya pada kail pancing. Untuk mendapatkannya juga sangat mudah, kamu bisa menemukan keong/bekicot di sekitar rumahmu terutama saat musim hujan datang.

Umpan Ikan Gabus Buatan Terbaik

Selain umpan alami kamu juga bisa menggunakan umpan buatan untuk memancing ikan gabus. Umpan buatan yang ini bisa berupa ikan buatan yang berbentuk ikan dan terbuat dari karet khusus. Dan umpan buatan tangan sendiri Atau yang biasa disebut dengan racikan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca jenis umpan buatan yang cocok dan terbukti efektif untuk ikan gabus berikut ini.

1. Umpan Casting/Tiruan Untuk Mancing Ikan Gabus

Umpan casting/tiruan merupakan umpan yang didesain dan dibentuk sedemikian rupa agar menjadi tiruan dari hewan yang biasa dijadikan umpan. Biasanya umpan jenis ini dibuat dari bahan karet dan diwarnai dengan warna-warna yang mencolok.

Ada trik yang harus kamu lakukan saat menggunakan umpan casting. Misalnya seperti saat saat kamu melempar umpan kamu tarik sedikit demi sedikit agar umpan terlihat bergerak layaknya ikan hidup lainya.

Adapun umpan casting yang cocok untuk kamu gunakan untuk memancing ikan gabus adalah umpan tipe popper, pencil, torpedo, katak karet, dan minnow. Sesuaikan dulu dengan tipe perairan tempat kamu memancing.

2. Umpan Buatan Sendiri (Racikan)

Makanan Ikan

Kamu bisa juga bisa membuat umpan sendiri dari beberapa bahan yang mudah untuk didapatkan. Umpan ini juga lebih menguntungkan daripada umpan di atas, karena murahnya biaya pembuatan dan banyak nya jumlah umpan yang didapat akan sangat menghemat biaya.

Sebelum membuat racikan umpan, kamu tentukan dulu bahan bahan yang sekiranya cocok untuk kamu jadikan sebagai umpan. penting untuk kamu ingat sebelum membuat umpan racikan adalah umpan racikan harus memiliki aroma yang kuat untuk menarik perhatian dari ikan yang akan kamu pancing.

Kamu juga harus memperhatikan tekstur umpan yang kamu buat jangan terlalu encer dan juga jangan terlalu keras agar bisa digunakan untuk mancing. Berikut ini beberapa resep umpan racikan yang paling sering dipakai oleh para pemancing handal dan terbukti efektif untuk dijadikan umpan ikan gabus.

#1. Resep racikan 1

  • Susu kental manis
  • Daging ayam cincang
  • Udang
  • Pelet
  • Telur ayam
  • Essen tenggiri

#2.  Resep racikan 2

  • Susu dancow bubuk
  • Daging ikan cincang
  • Terasi udang
  • Tepung ikan
  • Telur bebek
  • Essen ikan

#3.  Resep racikan 3

  • Telur bebek/ayam
  • Daging ayam cincang
  • Tepung cacing
  • Tempe/tahu
  • Telur ayam
  • Essen tenggiri
  • Kroto

Untuk meraciknya kamu hanya perlu menghaluskan semua bahan diatas dan mencampurnya dalam satu wadah. Setelah menjadi adonan umpan, bentuk umpan menjadi bulat dengan ukuran yang menyesuaikan dengan mulut ikan.

Untuk bahan seperti terasi bisa kamu bakar dulu agar aroma yang dikeluarkan lebih kuat. Untuk takaranya bisa kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhanmu, jika kamu ingin membuat stok umpan kamu bisa membuat adonan yang agak banyak sekalian.

Dan tetap ingat Tekstur umpan jadi jangan terlalu encer dan terlalu keras agar bisa digunakan untuk umpan mancing ikan gabus. Dan makin menyengat baunya, makin besar pula kesempatan umpan mu disambar oleh ikan.

Kamu boleh mencoba membuat resep buatan mu sendiri. Atau jika kamu memiliki resep umpan yang lebih manjur, kamu boleh membagikanya pada kolom komentar.

Penutup

Ya sepertinya cukup sampai disini saja yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini. Yang terpenting dalam memancing ikan gabus adalah kesabaran, pilih waktu dan umpan yang tepat sebelum memancing ikan.

Waktu terbaik untuk memancing ikan ini adalah saat malam hari, karena ikan gabus cenderung beraktifitas pada waktu itu. Umpan yang kamu gunakan harus lah umpan yang baik, dengan umpan yang baik kamu akan memperbesar peluangmu untuk mendapatkan ikan yang kamu inginkan.

Kamu boleh memberikan masukan kepada tulisan saya kali ini berupa saran atau kritik. Bantuan mu akan sangat berguna untuk mengembangkan faunanesia. Dan bantu kamu juga untuk menyebarkan konten bermanfaat ini ketemanmu sesama hobi mancing.

Untuk kesalahan yang ada di postingan kali ini saya meminta maaf sebesar-besarnya. Dan semoga postingan kali ini bisa bermanfaat.√

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.