Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Umpan Ikan Belanak

5 min read

Umpan Ikan Belanak

Sebenarnya saat kita mau mancing ikan belanak pasti harus memilih umpan ikan belanak yang tepat kan! Karena umpan yang tepat bisa lebih memikat ikan belanak agar mendekati dan memakan umpan yang kita masukkan.

Sebenarnya apa itu ikan belanak sih? Banyak orang belum familiar dengan nama ini kan. Karena ikan belanak merupakan jenis ikan yang mirip dengan ikan bandeng. Jenis ikan air payau ini hidup pada habitat dengan iklim tropis dan subtropis.

Rasanya lezat dan memiliki nutrisi yang banyak, menjadikan ikan ini salah satu menu favorit di berbagai bisnis makanan di Indonesia. Karena itu, sekarang banyak orang memburu ikan belanak karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi sebagai komoditas pangan.

Yuk, simak artikel tentang umpan ikan belanak berikut agar sukses dalam memancingnya.

Umpan Ikan Belanak Sederhana

Umpan ikan belanak sederhana adalah umpan yang terbuat dari bahan alami maupun olahan bisa kita dapatakna disekitar kita dengang mudah. Adapun beberapa umpan sederhana, sebagai berikut:

#1. Roti

Umpan Ikan Belanak
Roti, sumber: kompas.com

Siapa sangka, ternyata memancing belanak bisa menggunakan umpan ikan belanak dengan roti tawar. Roti menjadi salah satu rahasia umpan belanak, yang telah banyak dipakai oleh para pemancing. Selain sebagai makanan, ternyata roti memiliki fungsi penting lainnya.

Karena roti menjadi lembek saat terkena air, carilah roti yang berstruktur keras dan tebal, supaya mudah dipasang dan bisa menempel kuat pada mata kail.

#2. Laron

Umpan Ikan Belanak
Laron, sumber: pixabay.com

Laron biasanya menjadi sebuah makan yang di sukai oleh kebanyakan ikan, termasuk ikan belanak. Jadi laron ini bisa kamu pakai sebagai umpan untuk memancing ikan belanak di laut.

Laron merupakan umpan yang terbilang gratis dan adanya hanya di waktu-waktu tertentu saja. Karena keluarnya laron di awal musim penghujan saja. Serangga ini sangat suka berkumpul di dekat cahaya.

Untuk cara menggunakan laron sebagai umpan, masukan antara beberapa ekor laron ke mata kail secara berurutan sampai kailnya penuh, usahakan memasukkannya melalui bagian kepala terlebih dahulu hingga tembus ke bagian tubuh yang bawah.

Tujuan teknik memasang mata kail dari kepala terlebih dahulu adalah supaya umpan laron tidak mudah hancur saat disambar oleh ikan belanak.

#3. Kroto

Umpan Ikan Belanak
Kroto, sumber: idntimes.com

Kalian gak nyangka kan kalau kroto atau anak semut yang kecil itu bisa dijadikan sebagai umpan saat memancing ikan belanak. Kroto bisa dijadikan umpan sebab anak semut ini memiliki kandungan protein yang lumayan tinggi, yang dapat memikat ikan belanak.

Sedangkan untuk cara penggunaan kroto sebagai umpan itu gampang-gampang susah. Kenapa? Karena bila kamu tepat dalam cara menggunakannya, maka hasil mancing kamu akan sangat memuaskan, begitupun sebaliknya.

Ada 3 cara dalam menggunakan kroto sebagai umpan, yaitu:

  1. Umpan kroto untuk ditabur di dekat kail (Sebagai pengumpul ikan).
  2. Kroto untuk campuran umpan racikan.
  3. Langsung menggunakan umpan kroto murni.

Dari beberapa metode diatas, yang paling banyak dipakai saat mancing ikan belanak adalah kroto sebagai campuran racikan saat membuat umpan.

#4. Pelet

Umpan Ikan Belanak
Pelet, sumber: dayaternak.com

Umpan ikan belanak paling jitu berikutnya yaitu pelet. Karena pelet merupakan salah satu umpan yang instan dan simple cara menggunakannya ketika kamu hendak memancing ikan belanak di sungai, muara maupun laut.

Untuk menemukannya, kamu bisa membelinya langsung di toko perlengkapan memancing ikan yang ada disekitarmu.

#5. Lumut Hijau

Umpan Ikan Belanak
Lumut, sumber: pixabay.com

Selain ikan mas, bawal ataupun ikan nila, lumut hijau juga menjadi salah satu makanan ikan belanak terfavorit. Carilah lumut hijau yang lembut, muda dan baru, karena kondisi lumut yang dipakai sebagai umpan cukup berpengaruh terhadap peluang mendapatkan belanak.

Untuk menemukannya, kamu bisa mencarinya di dinding rumah maupun pagar, sawah, rawa, tempat becek, bebatuan di sungai.

Cara menggunakannya mudah kok, kamu tinggal membuat lumut menjadi kepalan-kepalan mirip bola dengan menggunakan tangan kemudian dipasang pada kail pancingan dan mulailah beraksi.

#6. Cacing Tanah

Umpan Belanak
Cacing tanah (Nightcrawlers), sumber: pixabay.com

Hampir keseluruhan ikan yang bisa hidup di air tawar, sangat menyukai cacing tanah. Hewan yang satu ini sudah menjadi umpan mancing sejak dahulu dan tetap dipakai sampai sekarang.

Untuk mendapatkan cacing, kamu bisa mencarinya di tanah lunak yang lembab, seperti sawah dan di dekat daerah spot mancing itu sendiri.

Tetapi, kamu tidak selalu bisa memilih sembarangan cacing tanah ini untuk dijadikan umpan untuk mancing ikan belanak. Cacing yang dipilih harus fresh dan masih hidup.

Karena cacing yang telah mati akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan ikan belanak menjadi tidak tertarik bahkan malah menjauhinya.

Cara pemasangan cacing sebagai umpan sangat mudah, yakni:

  1. Pegang cacing dengan tangan kiri.
  2. Tusukkan cacing di bagian badannya yang dekat kepala (anggap cacing mempunyai kepala dan ekor) dengan menggunakan tangan kanan.
  3. Ikuti bentuk kail dan keluarkan ujung mata kail pada badan dekat ekornya sehingga tampak seekor cacing menjuntai di kail kamu.

Namun, saat menggunakannya, jangan memotong tubuh cacing, kecuali cacing terlalu panjang sekali.

Selain cacing tanah, nyatanya ada beberapa jenis cacing lainnya, yaitu cacing merah dan cacing sawah. Metode pemasangan kedua cacing tersebut sama cara dengan pemasangan cacing tanah yang telah tertulis di atas.

#7. Maggot

Umpan Ikan Belanak
Maggot, sumber: pixabay.com

Meskipun ikan belanak dikenal karena kecenderungan vegetarian mereka, mereka minat minat pada serangga dan berbagai jenis larva. Jadi, belatung juga bisa digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan belanak.

#8. Daging Ikan Makarel

Umpan Belanak
Ikan makarel, sumber: pixabay.com

Mullet memiliki kebiasaan makan yang tidak biasa dibandingkan dengan ikan laut lainnya, tetapi mereka berbagi satu kesamaan: aroma daging makarel.

Faktor penting menggunakan makarel sebagai umpan untuk belanak adalah pastikan daging makarel tidak memiliki kulit di atasnya.

Meskipun daging ikan makarel banyak digunakan sebagai umpan untuk menangkap banyak jenis ikan, yang terbaik untuk menangkap ikan belanak adalah menggunakan daging ikan makarel dalam bentuk potongan maupun irisan/fillet kecil.

#9. Alga atau Ganggang

Umpan Belanak
Alga, sumber: pixabay.com

Ikan belanak pada dasarnya dianggap sebagai ikan vegetarian, karena itu mereka tertarik pada tanaman dari semua jenis dan ganggang adalah satu makanan paling umum.

Karena hal itu, mikroorganisme yang ada di lumpur dan gulma maupun ganggang yang dijadikan sebagai umpan pasti memikat ikan belanak mendekat.

Resep Racikan Umpan Ikan Belanak

Selain umpan langsung yang tertera diatas, setiap pemancing biasanya memiliki resep racikan umpan ikan belanak buatan sendiri untuk memancing ikan belanak. Berikut beberapa contoh resep dan cara pembuatannya:

#1. Racikan Dengan Tambahan Susu

Umpan jenis ini membutuhkan bahan seperti:

  • 1 bungkus susu bubuk sachet.
  • 1 kg terigu.
  • 1 sdm garam.
  • Mentega secukupnya.
  • 2 sdm gula pasir.
  • 2 gelas air putih.

Cara pembuatannya yaitu campurkan semua bahan kedalam wadah panci sembari dipanaskan/direbus sampai campurannya mengental. Karena ada tambahan susu, campuran bahan lebih mudah mengental, karena susu bermanfaat sebagai pengemulsi.

#2. Racikan Umpan Dengan Bahan Dasar Tepung Terigu

Resep:

  • Tepung terigu sebanyak 1 kg.
  • Air sebanyak 400 ml atau secukupnya saja.
  • Minyak goreng sebanyak 250 ml.
  • garam sebanyak 10 sdm.
  • margarin sebanyak 4 sdm.
  • essen rasa mangga atau nanas sebanyak 1 botol.

Cara pembuatan:

  1. Campur semua bahan selain air dan essen perasa ke dalam satu wadah yang sama. Lalu aduk-aduk sampai seluruh bahan tercampur secara sempurna.
  2. Selanjutnya masukkan air ke dalam wadahnya dan aduk lagi.
  3. Kemudian masukkan bahan terakhir yakni essen perasa dan aduk hingga mengental menjadi adonan.
  4. Berikutnya masukkan adonan ke dalam kantong plastik yang lumayan tebal dan kukus adonan tersebut.
  5. Tunggu sekitar 45 menit agar kukusan adonan matang.
  6. Kemudian, angkat adonan dan tumbuk-tumbuk selagi masih panas.
  7. Selanjutnya bentuk adonan menjadi bulatan kecil dengan ukuran yang sesuai dengan mulut ikan belanak.
  8. Selesai, umpan siap dipakai untuk memancing.

#3. Racikan Umpan Dengan Campuran Lumut

Berikut bahan untuk membuat umpan pancing belanak.

  • Lumut segar.
  • Essen perasa.
  • Garam.
  • Tepung te.

Cara membuatnya:

  1. Cuci lumut hingga bersih, lalu letakkan di wadah yang berisi air.
  2. Kemudian, tambahkan garam dan aduk hingga lumutnya menjadi lunak dan layu.
  3. Kemudian buang airnya sedikit dan tambahkan perisa/essen, tepung dan sari.
  4. Selanjutnya, aduk dan tekan hingga semuanya tercampur dan terbentuk adonan yang cukup kenyal.
  5. Jadi, umpan sudah siap dan hanya perlu dipasang di kail.

#4. Racikan Umpan Dengan Tambahan Telur

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat umpan:

  • Air secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Essen perasa.
  • 2 butir telur ayam.
  • Mentega secukupnya.
  • Garam sebanyak 10 sendok makan.
  • Tepung terigu sebanyak 500 gram.

Cara membuatnya:

  1. Siapkan wadah untuk mencampur bahan-bahannya.
  2. Selanjutnya, lelehkan margarin.
  3. Kemudian, masukkan semua bahan satu per satu dan aduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan air dan tambahkan perlahan hingga mencapai ketebalan tertentu.
  5. Kukus campuran umpan tersebut selama kurang lebih 20 menit agar mengeras.
  6. Setelah matang, angkat kukusan dan biarkan dingin.
  7. Setelah dingin, adonan dipotong kecil-kecil sesuai ukuran mulut ikan belanak dan umpan siap digunakan.

Umpan Racikan ini biasa dipakai untuk memancing ikan belanak di muara


Demikian sedikit artikel tentang umpan ikan belanak. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kegiatan memancing selanjutnya dengan hasil yang lebih memuaskan. Semoga sukses. Salam dari faunanesia.com

Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.