Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Morfologi Ikan Pari

1 min read

Morfologi ikan pari

Morfologi Ikan Pari  – Ikan pari termasuk dalam golongan  ikan yang bertulang rawan atau disebut juga sebagai ikan batoid, dan memiliki banyak ragam dimana golongan pari dapat dijumpai dalam 13 Famili dan 560 jenis.

Ikan pari ini memiliki bentuk yang sangat unik dengan berbagai variasi warna. Nah jika kamu belum mengenal bagian dari tubuh ikan pari, atau bingung membedakan bagian-bagian tubuh ikan pari.

Pada artikel kali ini akan kamu ulas mengenai bagian tubuh dari ikan pari, beserta penjelasan, klasifikasi ilmiah, habitat dan perbedaan jenis kelamin. Check this out.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Pari

Klasifikasi ilmiah dari ikan pari adalah sebagai berikut.

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Sub filum Vertebrata
Kelas Pisces
Sub kelas Elasmobranchii
Ordo Batoidei
Famili Trygonidei
Genus Dasyatis
Spesies Dasyatis sp.

 

Ciri Morfologi Ikan Pari

Berikut ini penjelasan lebih lengkap dari bagian-bagian tubuh ikan pari, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Kepala

Terdapat mata pada samping kepala ikan pari, dan mulutnya berada dibagian bawah kepala. Ikan pari bernapas melalui celah insang (gill openings atau gill slits) yang berjumlah 5-6 pasang. Letaknya berada di dekat mulut bagian bawah (ventral).

2. Bentuk Tubuh

Ikan pari mempunyai bentuk tubuh pipih dan lebar. Dengan ukurang yang bervariasi mulai dari 10 cm dengan lebar 5 cm, hingga yang terbesar dengan panjang tubuh mencapai 7 meter dan lebarnya 6 meter serta beratnya 1 sampai 3 ton.

3. Sirip

Ikan pari mempunyai 3 bagian sirip, yaitu ada sepasang sirip dada, sirip perut, dan sirip ekor. Berikut ini penjelasan tiap bagian-bagian sirip pada ikan pari.

Sirip Dada: Terdapat satu pasang sirip dada yang melebar serta menyatu dengan sisi kanan-kiri kepalanya, sehingga terlihat oval dari bawah maupun dari atas.

Sirip Perut: Sirip perut ikan pari berada di pangkal ekor dekat dengan alat kelamin.

Sirip Ekor: Sirip ekor Ini hanya ada disebagian ekor, tidak penuh dari pangkal hingga ujung ekor.

4. Alat Kelamin

Alat Ikan kelamin ikan pari jantan dilengkapi dengan sepasang kelami yang disebut dengan clasper terletak pada bagian pangkal ekor. Sedangkan ikan pari betina memijah secara ovovivipar atau bertelur. Umumnya ikan pari betina akan melahirkan sekitar 5 sampai 6 anak sekali bertelur.

5. Ekor

Ikan pari mempunyai ekor yang panjang mirip seperti cambuk atau cemeti. Dan pada bagian ekor beberapa jenis ikan pari terdapat duri penyengat yang mengandung kelenjar racun dibawahnya.

Habitat Ikan Pari

Habitat ikan Pari

Habitat ikan pari bervariasi dengan pola sebaran luas yang menarik, meliputi perairan pantai hingga masuk kedalam area pasang surut. Dan banyak juga dijumpai pada kawasan perairan pantai, tanah keras, lumpur berpasir, perairan berlumpur, hingga dasar berbatu.

Perbedaan Ikan Pari Jantan dan Betina

perbedaan jenis kelamin

Pada ikan pari jantan terdapat sepasang alat kelamin yang letaknya berada di pangkal ekor dinamakan clasper, dengan panjang yang melebihi sirip perut pada ikan pari dewasa. Sedangkan pada ikan pari betina tidak terdapat clasper akan tetapi mempunyai alat kelamin berupa lubang yang dapat terlihat.


Demikian artikel mengenai ciri morfologi ikan pari ini, semoga dengan informasi ini bisa menambah pengetahuan pembaca. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Faunanesia.

Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.