Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Morfologi Ikan Mas

4 min read

Morfologi ikan mas

Morfologi Ikan Mas -Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah ikan air tawar yang menjadi salah satu jenis ikan dengan spesies terbanyak di dunia. Jenis ikan mas dapat dibedakan dengan mengetahui morfologis pada setiap jenis ikan mas yang bisa berbeda satu sama lain.

Tapi apa sih itu morfologi, mungkin kamu mengetik kata ciri-ciri ikan atau semacamnya tapi yang muncul malah halaman ini. yaps morfologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang membahas tentang karakteristik, ciri-ciri, dan jenis suatu benda/makhluk hidup.

Karena kali ini saya membahas tentang morfologi umum yang ada pada ikan mas, saya akan mengupas lengkap dari klasifikasi, ciri-ciri sampai karakter dari ikan mas. Kamu akan tahu dan mengenal lebih dekat tentang ikan mas setelah membaca ini.

Karena itu, yuk baca ulasan tentang morfologi dari ikan mas yang saya bawakan berikut ini.

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Mas

 

Biasanya kita mengenal ikan mas sebagai ikan yang sering dipelihara untuk dijadikan ikan hias atau bisa juga dibudidayakan untuk dijadikan bahan olahan masakan. Tapi kenyataan nya Ikan ini sudah dikenal dan dipelihara sejak 475 tahun sebelum masehi.

Untuk di Indonesia sendiri ikan ini sudah dikenal dan dipelihara sejak tahun 1920. Dan sampai sekarang sudah ada 10 jenis ikan mas yang sudah dicatat dan diidentifikasikan berdasarkan karakteristik dan ciri umumnya.

Di Indonesia ikan ini memiliki banyak sebutan seperti kancra, tikeu, tombro, raja, rayo, dan ameh. Atau biasa disebut juga carp (dalam bahasa inggris), nama nya bisa berbeda sesuai dengan jenis, ciri fisik dan daerah penyebaranya.

Ikan ini berasal dari daerah luar seperti Jepang, China, Taiwan, dan jerman. Karena banyaknya ras ikan mas yang berkumpul di perairan Indonesia, sudah diragukan tentang kemurnian suatu jenis/ras ikan mas karena persilangan yang menyebabkan terbentuknya ras-ras baru.

Baca juga “Morfologi Ikan Nila

Klasifikasi Ikan Mas

ikan nila

Ikan yang memiliki nama latin Cyprinus carpio ini merupakan yang hidup di perairan air tawar. Ikan ini berasal dari famili Cyprinidae atau juga biasa disebut juga dengan sebutan keluarga besar ikan mas.

Dan ikan ini juga menjadi salah satu keluarga hewan terbesar di dunia dengan sekitar 2.400 spesies yang sekarang sudah menyebar di hampir semua perairan air tawar di bumi. Ikan mas atau dalam cakupan ikan ini disebut dengan sebutan ikan karper.

Ikan ini memiliki banyak sekali Strain (ras) dengan perbedaan karakteristik yang berbeda-beda. perbedaan karakteristik morfologisnya ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti interaksi antar jenis ikan mas yang berbeda dan kondisi lingkungan.

Klasifikasi Ilmiah

Sesuai dengan data yang sudah tercatat, ikan mas sudah diklasifikasikan seperti berikut.

Filum : Chordata

Subfilum : Vertebrata

Kelas : Osteichthyes

Subkelas : Actinopterygii

Ordo : Cypriniformes

Subordo : Cyprinoidea

Famili : Cyprinidae

Sub Famili : Cyprinidae

Genus : Cyprinus

Spesies : Cyprinus carpio

Ciri-ciri Ikan Mas (morfologi)

Ciri-ciri ikan nila

Ciri morfologi ikan mas umum kita ketahui dari ikan mas/karper ini adalah ikan ini merupakan ikan yang memiliki warna emas atau lebih tepatnya seperti warna oren kemerahan. Tapi nyatanya ikan mas tidak sepenuh nya seperti itu.

Ada banyak sekali jenis ikan hias yang juga memiliki berbagai macam ciri khas. Untuk beberapa jenis ikan mas memiliki warna yang beragam atau bisa juga dari bentuknya. Akan sangat banyak ya kalau saya sebutkan satu satu.

Karena itu, kita akan membahas ciri umum yang biasa terdapat pada ikan mas seperti yang saya sebutkan berikut ini.

Baca juga “Morfologi Ikan Koi

1. Kepala

morfologi ikan nila

Ikan mas memiliki kepala yang berbentuk seperti segitiga dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran tubuhnya. Kepalanya dilengkapi dengan sepasang mata bulat dengan pola pupil yang membentuk cincin.

Ikan ini juga memiliki mulut yang berada bagian paling depan dari kepalanya. Mulutnya bisa menjulur ke depan (menyembul) untuk menghisap makanan dari air (protaktil) dan juga memiliki gigi yang berbentuk seperti kerongkongan yang terdiri dari barisan gigi yang berjumlah 3 baris (pharyngeal).

Ikan ini juga memiliki 1 pasang sungut dan juga sepasang insang pada bagian kepala dari ikan mas. Insang ini terdiri dari 3 bagian seperti tapis insang, tulang lengkung dan serta lembaran daun insang.

2. Tubuh

Ikan mas memiliki tubuh dengan bentuk memanjang dan pipih ke samping. Dan hampir seluruh bagian nya ditutupi dengan sisik sikloid atau yang biasa disebut dengan sisik lingkaran yang beraturan.

Dan, Ikan mas juga memiliki garis rusuk (linea lateralis) yang berada pada bagian tengah tubuh ikan dengan posisi melintang dari tutup insang sampai ke ujung pangkal ekor ikan mas.

Warna ikan mas juga beragam, tidak hanya kuning saja seperti yang kamu lihat di abang kang ikan sekolah. Tapi ada juga ikan mas yang berwarna hijau, biru, merah, kuning atau bisa juga kombinasi dari beberapa warna.

Untuk warna dan corak dari ikan mas bisa tergantung dari jenis nya, ada jenis ikan mas yang memiliki warna polos dan yang campuran seperti ikan mas koki, koi dan lain-lain. Untuk ukuran nya ikan mas bisa tumbuh hingga memiliki panjang tubuh sampai 120 cm.

3. Sirip

Ikan mas dilengkapi dengan 5 sirip yang terletak pada dada, punggung, perut, anus, dan ekornya. Untuk sirip punggung (dorsal) berbentuk memanjang kebelakang yang terletak pada bagian atas ikan mas.

Berbeda dengan sirip lainya, sirip punggung ikan mas berupa sirip berjari keras serta bergerigi pada bagian belakang. Dan ikan mas juga memiliki sirip ekor yang bercabang 2 dan sejajar atau biasa disebut dengan homoserkal.

4. Perbedaan Ikan Mas Betina dan Jantan

Morfologi ikan mas

Ada beberapa perbedaan yang terdapat pada morfologi ikan mas jantan dan betina yang harus kamu  ketahui juga. Ikan mas betina memiliki tubuh yang lebih besar daripada ikan mas jantan. Anus dari ikan mas betina juga terlihat lebih menonjol.

Perbedaan nya akan sangat terlihat saat musim kawin, selain tubuh dan perut yang lebih besar ikan mas betina juga memiliki benjolan pada tubuhnya yang merupakan tempat terbentuknya telur yang akan dipijahkan.

Sementara itu, ikan mas jantan cenderung memiliki tubuh yang ramping serta pergerakanya yang cepat dan agresif. Serta jika dipijat pada bagian kelamin ikan mas jantan akan mengeluarkan cairan berwarna putih yang merupakan sperma dari ikan tersebut.

Baca juga “Morfologi Ikan Kakap

Karakteristik dan Habitat Ikan Mas

Ikan mas berkembang biak dengan dengan cara pemijahan. Saat musim kawin biasanya mereka mencari perairan dengan arus air yang cukup tenang untuk melakukan pemijahan. Ikan jantan akan lebih agresif pada masa ini.

Kebalikan dari ikan mas jantan yang semakin agresif saat musim kawin, Ikan mas betina malah menjadi lebih lambat. Hal ini disebabkan oleh perubahan bentuk tubuh yang terjadi pada musim kawin seperti tubuh yang semakin membulat dan perut yang membesar karena sedang memproduksi telur.

Untuk makanannya, ikan mas termasuk ikan omnivora yang artinya ikan ini bisa memakan hampir semua benda yang ia anggap makanan. Makanan favoritnya adalah tanaman air, ikan mas juga bisa memakan makhluk yang lebih kecil dari dirinya.

Ikan mas merupakan jenis ikan yang hidup perairan air tawar, ikan ini biasa hidup di kedalaman 1 m dengan arus air yang tenang. Ikan mas bisa kita temukan di sungai, rawa, danau, bahkan ikan mas juga bisa beradaptasi dengan perairan air asin dengan tingkat salinitas yang tidak terlalu tinggi.

Penutup

Banyak sekali jenis ikan mas yang sudah tersebar di dunia ini, bahkan sudah tercatat lebih dari 2400 spesies ikan lele yang ada. Hal ini sangat berpengaruh kepada morfologi ikan mas.

ikan mas mampu beradaptasi dengan cepat hampir di setiap perairan asal terdapat sumber makanan yang melimpah. Perkembang biakan nya juga cukup cepat, selain itu ikan ini sering melakukan perkembang biakan silang yang menyebabkan munculnya ikan mas jenis ikan mas baru.

Untuk kali sepertinya hanya ini saja yang bisa saya sampaikan. Kamu boleh memberikan masukan berupa saran atau kritik pada tulisan saya pada kolom komentar.

Untuk kesalahan ejaan atau materi yang kurang saya mohon maaf sebesar-besarnya. Serta Terima kasih karena sudah mengunjungi dan membaca di faunanesia.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.