Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Morfologi Ikan Louhan

4 min read

Morfologi Ikan Louhan

Morfologi Ikan Louhan – Ikan louhan merupakan salah satu ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Ikan ini menjadi salah satu ikan hias yang paling banyak peminatnya tidak hanya di Indonesia saja, bahkan peminatnya sudah sampai mancanegara.

Banyak pecinta ikan hias yang tertarik dengan keindahan dan ciri khas yang dimiliki oleh ikan louhan. Dan karena ciri khas tersebutlah yang menjadikan ikan louhan menjadi salah satu ikan dengan harga yang mahal.

Untuk lebih mengenal keindahan dari ikan louhan, kamu juga harus mengenal terlebih dulu ikan ini lebih dekat. Nah daripada penasaran terlalu lama, yuk simak morfologi ikan louhan yang sudah saya siapkan berikut ini.

Sejarah & Klasifikasi Ikan Louhan

Morfologi Ikan Louhan

Pertama apa sih itu morfologi? Morfologi merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang struktur klasifikasi, ciri morfologi, habitat dan karakteristik untuk makhluk hidup.

Nah seperti yang akan saya bahas saat ini, morfologi pada ikan louhan. Bagi kamu yang ingin mengenal ikan louhan lebih dekat, tentunya postingan kali ini akan sangat menarik.

Sebelum mengenal lebih dekat ciri pada ikan louhan, kamu harus mengetahui dulu jenis-jenis ikan louhan yang ada di dunia ini. Ada banyak sekali jenis ikan louhan yang bisa kamu ketahui.

Dan setiap jenis ikan louhan pastinya memiliki beberapa perbedaan signifikan antara ikan louhan satu dan ikan louhan lainnya. Ikan louhan sudah banyak dijadikan bahan percobaan dengan menyilangkan satu jenis louhan dan jenis lainya.

Persilangan pada ikan louhan bertujuan untuk menciptakan bibit yang lebih unggul dan lebih sempurna daripada generasi sebelumnya. Dan lihat hasilnya sekarang, ada banyak sekali jenis ikan louhan dengan ciri khas yang berbeda satu sama lain.

Dengan banyaknya jenis ikan louhan baru yang berasal dari persilangan, jenis ikan louhan menjadi sulit untuk diidentifikasi keasliannya. Hal ini dikarenakan banyaknya praktek persilangan dalam perkembangbiakan ikan louhan.

Tentu saja hal ini menimbulkan banyak kritik dari berbagai macam pihak, selain karena sulitnya mengidentifikasi ikan louhan karena perbedaan yang ada. Persilangan membuat ragam ikan louhan terjadi bukan karena proses alami, namun karena bantuan manusia.

Tabel Klasifikasi Pada Morfologi Ikan Louhan

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Perciformes
Famili Cichlidae
Genus Amphilophus
Spesies Amphilophus trimaculatus

Memang banyak sekali kontroversi dalam perkembangbiakan ikan louhan. Ikan yang termasuk dalam keluarga besar cichlidae ini memiliki klasifikasi yang sederhana.

Ikan ini masuk dalam spesies Amphilophus trimaculatus, dalam bahasa inggris ikan ini dikenal dengan flowerhorn fish. Di Indonesia sendiri sudah dikenal beberapa jenis ikan louhan yang berbeda, dan sudah dijadikan ikan hias sejak lama.

Nah untuk memudahkan kamu untuk mengenal ikan louhan berdasarkan klasifikasinya. Simak tabel klasifikasi pada ikan louhan yang sudah saya siapkan berikut ini.

Ciri Morfologi Ikan Louhan

Nah seperti yang sudah saya bahas diatas ada banyak sekali jenis ikan louhan dengan ciri yang berbeda. Akan sulit untuk kita mengidentifikasi satu persatu ikan louhan jika dilihat dari ciri-cirinya.

Nah karena itu, pada postingan kali ini saya hanya akan menjelaskan beberapa ciri morfologi umum pada ikan louhan. Meskipun mungkin berbeda satu sama lain, tetapi tetap saja memiliki persamaan yang menjadi ciri umum bagi ikan louhan.

Nah daripada penasaran, yuk simak apa saja ciri umum yang ada pada ikan louhan berikut ini.

Kepala

Pada kepala ikan louhan terdapat sebuah benjolan yang membesar seiring dengan bertambahnya usia ikan. Benjolan ini merupakan ciri khas yang menjadi daya tarik tersendiri dari ikan louhan.

Benjolan ini berada tepat diatas kepalanya. Untuk ukurannya sendiri akan sesuai dengan usia ikan dan asupan yang diberikan. Bahkan ukuran dari jenong di kepalanya bisa lebih besar dari kepalanya sendiri.

Selain jenongnya ikan ini juga memiliki Sepasang mata besar pada kepalanya. Mata dari ikan louhan juga terlihat timbul keluar.  Mata louhan biasanya berwarna merah, mungkin ini menyesuaikan dengan warna tubuhnya.

Setelah mata, ikan louhan juga memiliki mulut besar dengan bibir yang lebar. Dengan bentuk mulut seperti ini akan sangat memudahkan ikan louhan untuk memangsa ikan lain.

Pada kepalanya juga ada insang yang berupa labirin yang ditutupi dengan operculum. Insang ini bisa digunakan untuk bernafas di berbagai macam kondisi air.

Badan

Ikan louhan memiliki tubuh ramping dan ukuranya lebar. Tinggi punggung ikan louhan sama dengan tinggi jenong/benjolan yang dimiliki oleh ikan louhan.

Untuk secara keseluruhan, seluruh tubuh ikan ini dilapisi dengan sisik yang memiliki beragam warna seperti merah, kuning, dan beberapa warna cerah lainnya. Selain itu, pada tubuh ikan louhan juga terdapat garis tengah yang berwarna gelap.

Biasanya berupa titik-titik yang menyebar dari belakang insang sampai pangkal ekor. Pada seluruh bagian tubuhnya, ikan louhan memiliki motif atau corak tersendiri pada setiap jenisnya.

Corak pada tubuh louhan terdiri dari perpaduan beberapa warna, biasanya terdiri dari titik kecil dan garis yang menyebar di seluruh tubuh ikan ini.

Dengan keindahan corak ini lah yang menjadikan ikan louhan menjadi salah satu ikan hias yang paling banyak digemari.

Sirip

Ikan louhan

Seperti jenis ikan yang bermarga percimorpes lainnya, sirip pada ikan louhan terdiri dari jari-jari keras dan lunak. Ikan louhan memiliki  5 jenis sirip yang terdapat pada tubuhnya. Seperti sirip dada, perut, sirip punggung, anus, dan sirip ekor.

Sirip pada punggung ikan louhan bentuknya memanjang dari punggung sampai dengan pangkal sirip ekor. lalu, Sirip dada berada di belakang insang, dan sepasang sirip perut berada di bawahnya.

Sirip anus ikan louhan memiliki bentuk yang hampir sama dengan sirip punggung. Ikan louhan juga memiliki sirip ekor lebar yang berbentuk seperti kipas.

Penyebaran & Karakteristik Morfologi Ikan Louhan

Morfologi Ikan Louhan

Ikan louhan pertama kali ditemukan di perairan malaysia pada tahun 1993. Dan sekarang menjadi salah satu ikan hias yang populer hampir di semua kalangan, dan bahkan sudah menyebar ke berbagai macam tempat di dunia ini.

Ikan ini sudah dikembangbiakan sejak lama dan sekarang karena banyak nya praktek persilangan pada ikan louhan. Menyebabkan banyaknya jenis ikan louhan yang berbeda dari segi motif, warna, dan semacamnya.

Walaupun menciptakan jenis ikan louhan yang beragam, tetapi ini menjadi masalah karena sulitnya identifikasi pada setiap jenis baru ikan louhan. Ikan louhan merupakan salah karnivora di perairan air tawar.

Makanan Ikan louhan sendiri biasanya terdiri dari ikan-ikan kecil, udang, dan beberapa serangga. Ikan ini cukup mudah untuk dibudidayakan, dengan kemampuan adaptasinya yang sangat baik. Ikan ini bisa bertahan di berbagai macam kondisi air.

Di Habitat aslinya ikan ini memiliki karakteristik yang cukup agresif, sifatnya juga sangat teritorial. Ikan ini menjadi salah satu predator yang sangat invasif. Malahan di habitatnya ikan ini menjadi hama bagi ikan ikan asli di suatu perairan.

Penutup

Sebagai salah satu ikan hias yang populer di kalangan pecinta ikan hias, ikan louhan memiliki ciri khas pada tubuhnya yang menjadi daya tarik tersendiri. Dengan motif pada tubuhnya yang indah, serta jenong khas yang hanya ada pada ikan louhan.

Ikan ini juga memiliki nilai ekonomi sangat tinggi, bahkan bisa sampai berharga jutaan tergantung dengan apa yang dimiliki oleh ikan tersebut. Selain karena motif pada tubuhnya ikan louhan juga dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya.

Sekian dari saya, mohon maaf untuk kesalahan dalam bentuk apapun pada postingan kali ini. Kamu bisa memberi masukan berupa kritik dan saran pada kolom komentar.  Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.