Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Morfologi Ikan Layang

3 min read

Morfologi Ikan Layang

Morfologi Ikan Layang

Morfologi Ikan Layang – Ikan layang merupakan salah satu ikan yang sangat populer untuk dijadikan bahan makanan yang sehat dan enak. Ikan layang adalah ikan pelagis kecil yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Perlu kamu tahu jika ikan  ini merupakan sumber penghasilan bagi para nelayan, ini dikarenakan oleh tingginya permintaan konsumen untuk ikan layang. Ikan layang memiliki bentuk yang hampir sama dengan ikan kembung dan lemuru.

Nah untuk lebih jelasnya mari kita pelajari morfologi umum dari ikan layang, agar kamu tahu bedanya ikan layang dan jenis ikan lain serupa. Yuk baca ulasan yang sudah saya siapkan berikut ini.

Klasifikasi Morfologi Ikan Layang

Morfologi Ikan Layang

Ikan layang termasuk salah satu keluarga besar carangidae atau kelompok ikan yang sebagian spesiesnya terdiri dari ikan predator. Dalam morfologi ikan layang, klasifikasi ikan adalah hal yang harus diketahui terlebih dahulu.

Ini karena, setiap jenis ikan layang bisa saja memiliki morfologi yang berbeda. Ikan ini sudah menyebar ke berbagai macam tempat di dunia. Setidaknya ada 12 jenis ikan layang yang sudah resmi tercatat tersebar di seluruh dunia.

Bahkan di Indonesia sendiri, sudah tercatat beberapa jenis ikan layang. Kita bisa menemukan jenis ikan layang seperti Decapterus lajang, D. russelli, D. macrosoma. D. kurroides dan D. maruadsi.

Nah untuk lebih jelasnya, kamu bisa perhatikan susunan klasifikasi ikan layang pada tabel klasifikasi berikut ini:

Tabel Klasifikasi Pada Morfologi Ikan Layang

Filum Chordata
Subfilum Vertebrata
Kelas Pisces
Subkelas Teleostei
Ordo Percomorphi
Sub ordo Percoidea
Famili Carangidae
Genus Decapterus
Spesies  Decapterus sp.
1. Decapterus akaadsi
2. Decapterus koheru (Koheru)
3. Decapterus kurroides (Layang anggur)
4. Decapterus macarellus (Layang biru)
5. Decapterus macrosoma (Layang deles)
6. Decapterus maruadsi (Layang jepang)
7. Decapterus muroadsi
8. Decapterus punctatus
9. Decapterus russelli (Layang benggol)
10. Decapterus scombrinus (Layang meksiko)
11. Decapterus smithvanizi
12. Decapterus tabl (Layang ekor merah)

Ciri Morfologi Ikan Layang

Dari tabel klasifikasi diatas sudah terlihat beberapa jenis ikan layang. Sejauh ini sudah tercatat ada 12 genus ikan layang yang sudah tersebar di seluruh dunia, dan 5 diantaranya sudah ada di Indonesia.

Dan pastinya ada perbedaan antara setiap jenis ikan layang. Seperti pada bentuk warna, bentuk, penyebaran, karakteristik, dan habitatnya. Dan semua itu bisa dipelajari dari morfologi ikan layang.

Morfologi sendiri merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang klasifikasi, ciri fisik, habitat, dan karakteristik dari sebuah makhluk hidup.

Saya akan mengulas ciri morfologi umum yang ada pada hampir semua jenis ikan layang. Untuk kamu yang masih penasaran tentang ciri fisik ikan layang. Yuk simak ulasan yang sudah saya siapkan berikut ini.

Kepala

Kepala ikan layang dilengkapi dengan mulut, mata, dan sirip. Untuk kepalanya sendiri bentuknya runcing ke depan, untuk ukuran lebarnya hampir sama dengan tubuhnya.

Mulut/rahang dari ikan ini, bentuknya melebar bahkan panjangnya bisa sampai bawah mata. Dengan mulut yang lebar bisa memudahkan ikan ini menangkap mangsa seperti plankton saat berenang.

Ikan layang juga memiliki sepasang mata yang terletak pada bagian tengah atas kepala, dan diatas mulut. Bentuknya sedikit timbul keluar. Mata ini sangat berguna untuk mencari mangsa saat berenang.

Lalu bagian terakhir dari kepala ikan ini ada insangnya yang terletak di bagian belakang kepala ikan. Sama seperti jenis ikan yang Percomorphi lainya, insang ikan ini berbentuk labirin dengan operculum sebagai tutup insangnya. Sirip ini lah yang menjadi bagian pembatas antara tubuh dan kepala dari ikan layang.

Tubuh

Bentuk keseluruhan dari tubuh ikan layang pipih dari samping dan memanjang. Bentuknya yang ramping sangat berguna untuk berenang dengan cepat dan bermanuver di antara terumbu karang.

Panjang rata-rata dari tubuh ikan layang dewasa kurang lebih 20-25 cm. Terdapat gurat sisik yang berada di sepanjang tubuh ikan ini, dari belakang sisik sampai pangkal sirip ekor. Tubuh ikan ini cenderung cenderung berwarna cerah.

Sebagian besar tubuhnya berwarna perak mengkilat, tak jarang juga yang warnanya merah muda. Serta warna kehijauan di punggungnya dan kekuningan di siripnya.

Sirip

Untuk siripnya, ikan ini dilengkapi dengan 5 jenis sirip yang ada pada tubuhnya. Ikan ini memiliki 2 sirip punggung yang berada di atas tubuhnya dan belakang tubuhnya.

Lalu ada sepasang sirip dada dan Sirip perut yang berada di belakang kepala dan bawah tubuh ikan layang.

Ada Pula sirip dubur yang bentuk nya memanjang dari anus sampai ke pangkal sirip ekor. Untuk sirip ekor ikan layang sendiri berbentuk “v” dengan ukuranya dan bentuk yang sama antara bagian atas dan bawah.

Seperti jenis ikan yang tergolong ikan perchimorfes lainya, sirip ikan layang terdiri dari serangkaian jari-jari lunak dan keras. Dengan sirip yang seperti ini sangat membantu ikan layang untuk berenang dengan cepat bahkan bisa melompat ke permukaan.

Habitat & Karakteristik Morfologi Ikan Layang

Ikan layang merupakan jenis ikan yang hidup di dekat permukaan laut (pelagis), ikan ini berasal dari perairan yang jernih dengan salinitas tinggi. Jangkauan dari sebaran ikan layang sangat lah luas, ikan ini bisa hidup di perairan tropis dan subtropis.

Ikan ini menyebar ke seluruh perairan di penjuru dunia. Ikan ini sering melakukan migrasi untuk mencari sumber makanan dan berkembang biak.Selain itu, migrasi ikan layang berhubungan dengan pergerakan massa air laut.

Dan karena inilah di Indonesia menjadi salah satu jalur migrasi ikan layang dari musim ke musim. Inilah yang membuat ikan ini sangat berlimpah di perairan indonesia. perlu kamu tahu ikan ini juga melakukan migrasi harian, ini berhubungan dengan karakteristik dari ikan layang.

Ikan layang merupakan salah satu ikan karnivora di laut, ikan ini memakan zooplankton, ikan kecil, udang dan semacamnya. Ikan ini sering berpindah tempat untuk mencari tempat dengan sumber makanan yang melimpah.

Selain itu, ikan ini juga melakukan migrasi harian karena menghindari intensitas cahaya yang yang terlalu tinggi. Dia pindah dari tempat yang lebih panas ke tempat yang lebih teduh. Ikan ini juga lebih sering beraktifitas saat pagi dan sore hari saat ikan ini panas matahari sudah mulai mereda.

Penutup

Ikan layang menjadi salah satu ikan yang paling banyak diminati di Indonesia. Dengan rasanya yang enak dan tekstur dagingnya yang lembut. Selain itu, ikan layang juga memiliki manfaat untuk kesehatan pada tubuh manusia.

Ikan ini sangat memiliki manfaat seperti Meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah maag, mencegah osteoporosis, membantu memenuhi angka kebutuhan protein hewani, dan masih banyak lagi manfaat dari ikan layang. Dengan ini tak heran jika ikan ini memiliki nilai ekonomis yang baik.

Sekian dari yang bisa saya sampaikan, jika ada salah dalam bentuk apapun saya minta maaf. Kamu bisa memberikan saran berupa kritik dan saran di kolom komentar. semoga postingan ini bermanfaat. Terima kasih sudah mengunjungi dan membaca di faunanesia.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.