Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Morfologi Ikan Kerapu

3 min read

Morfologi ikan kerapu

Morfologi Ikan Kerapu – Ada banyak varietas ikan kerapu yang bisa kamu ketahui, dan semuanya memiliki ciri-ciri yang berbeda antara satu jenis kerapu dengan jenis kerapu lainya. Dan untuk membedakanya, kamu harus mempelajari morfologi dari ikan kerapu.

Tapi apa itu morfologi? Nah ini salah satu cabang ilmu biologi yang penting untuk diketahui, apalagi untuk kamu yang ingin mengenal lebih dekat ikan kerapu. Morfologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang berbagai ciri-ciri, Karakteristik dan semua tentang kebiasaan hidup tumbuhan maupun hewan.

Nah untuk ikan kerapu sendiri saya sudah siapkan ulasan tentang morfologi ikan kerapu mencakup klasifikasi, ciri morfologi, dan karakteristik dari ikan kerapu yang perlu kamu ketahui. Yuk simak ulasan lengkap tentang morfologi ikan kerapu yang sudah saya siapkan berikut ini.

Klasifikasi Ikan Kerapu

Morfologi ikan kerapu

Ikan kerapu berasal dari famili serranidae dan bisa dibagi menjadi beberapa genus seperti Plectropomus dan Epinephelus. Serta dari beberapa genus tersebut, ikan kerapu masih bisa dibagi menjadi beberapa spesies yang berbeda.

Sekarang sudah tercatat jumlah varietas ikan kerapu terdiri atas 7 genus dan 46 spesies. Ikan kerapu juga termasuk menjadi hewan yang cukup langka, ini disebabkan oleh eksploitasi berlebihan kepada ikan kerapu untuk dimanfaatkan menjadi ikan konsumsi.

Ikan ini memang dikenal dengan dagingnya yang lembut serta kandungan gizi yang tinggi, dan tentunya ini juga berbanding lurus dengan harganya yang tinggi.Kerapu sudah dikenal di beberapa tempat di asia, Seperti saat di Singapura ikan ini disebut dengan marble grouper serta banyak lagi.

Untuk lebih jelas nya tentang klasifikasi ikan kerapu, kamu harus simak tabel taksonomi berikut ini.

Tabel Taksonomi

Filum

Chordata
Subfilum

Vertebrata

Kelas

Pisces

Ordo

Perciformes

Famili

Serranidae

Pembagian Spesies Menurut Jenisnya

Secara ilmiah jenis ikan kerapu masih bisa di bagi menjadi beberapa genus dan spesies, bisa kamu perhatikan jenis-jenis ikan kerapu dari beberapa contoh genus dan spesies ikan kerapu yang bisa kamu ketahui diantaranya seperti berikut ini.

Placetropoma

  • maculatus
  • leopardus
  • Poligacanthus

Epinephelus

  • suillu
  • malabaricus
  • fuscoguttatus
  • merra
  • maculatus

Variola

  • albimarginata

Ciri Morfologi Ikan Kerapu

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, morfologi pada ikan kerapu mencakup semua yang berhubungan dengan ciri-ciri, habitat, dan karakteristik dari ikan kerapu. Untuk kamu yang mungkin ingin memelihara atau bahkan membudidayakan ikan kerapu, hal ini sangat penting untuk kamu ketahui.

Ini karena keberagaman jenis ikan kerapu menyebabkan perbedaan fisik dan pola perilaku yang ada pada ikan kerapu. Dan dengan mengenal ciri morfologi pada ikan ini harapannya adalah kamu bisa mengenal lebih dekat, serta mempermudah kamu yang ingin memelihara ikan kerapu.

Untuk lebih jelasnya yuk simak ciri morfologi umum yang ada pada ikan kerapu yang wajib kamu ketahui berikut ini.

Kepala

Morfologi Ikan Kerapu

Ikan kerapu memiliki ukuran kepala yang besar yang berada pada bagian paling depan tubuhnya, bentuknya meruncing yang disertai dengan mulut besar yang ada pada ujung kepala dari ikan kerapu.

Didalam mulutnya yang besar ikan kerapu memiliki barisan gigi tajam yang digunakan untuk mencari mangsa. Selain itu, ikan kerapu juga dilengkapi dengan sepasang mata besar yang ada pada bagian atas kepalanya. Serta pada bagian belakang kepalanya terdapat insang dengan operkulum (tutup insang).

Sirip

Pada tubuh ikan kerapu dilengkapi dengan 5 sirip yang berada pada bagian tubuh berbeda. Ada sirip dada, sirip perut, sirip dubur, sirip ekor, dan sirip punggung.

Hampir sama dengan ikan yang termasuk perciformes lainnya, ikan kerapu juga memiliki sirip punggung berupa jari jari keras pada bagian depan serta jari lunak pada sirip bagian belakang.

Ekornya biasanya berbentuk bulat atau lebih tepat nya setengah bulat hampir menyerupai kipas. Lalu ada juga sirip perut yang terletak pada bagian bawah sirip dada ikan kerapu. Lalu ada pula sirip dubur yang ada pada bagian bawah belakang dekat dengan pangkal sirip ekor ikan kerapu.

Bentuk dari sirip ikan kerapu satu memang tidak jauh berbeda dengan jenis ikan kerapu lainya, untuk warnanya bisa menyesuaikan dan bisa jadi berbeda pada setiap jenis ikan kerapu.

Badan

Ikan kerapu memiliki tubuh yang ramping, pipih dari samping dan memanjang kebelakang. Ikan ini termasuk dalam ikan yang memiliki tulang belakang sejati yang keras yang ditandai dengan adanya sirip punggung yang berupa jari jari keras.

Hampir semua bagian tubuh dari ikan kerapu di balut dengan serangkaian stenoid. Sisik ctenoid bisa dibedakan dari bentuk yang agak persegi dan saling bertumpang tindih antara satu sisik dan sisik lainya.

Untuk warnanya pun juga bisa beragam sesuai dengan jenis ikan yang ada. Seperti yang sudah umum terlihat adalah warna oren, coklat, kuning kehijauan. Ikan ini juga memiliki corak yang indah berupa bintik-bintik dan garis yang membentuk pola tersendiri yang cantik untuk dilihat.

Perbedaan Ikan kerapu Jantan dan Betina

Tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara ikan kerapu jantan dan kerapu betina. Tapi masih bisa dibedakan dengan perbandingan ukuran pada tubuh ikan betina yang lebih besar terutama pada perutnya karena sedang memproduksi telur. Sedangkan pada musim kawin ikan kerapu jantan akan menjadi lebih agresif.

Ikan kerapu jantan yang sudah dewasa biasanya bisa dilihat dari gonadnya, yang jika dipijat akan mengeluarkan cairan berwarna putih seperti susu. Dan jika ikan kerapu betina akan mengeluarkan cairan yang warna nya bening kecoklatan.

Habitat & Karakteristik Ikan Kerapu

Ikan kerapu biasa hidup pada perairan air asin, ikan kerapu biasa dijumpai pada daerah pesisir dengan perairan dangkal yang dipenuhi dengan terumbu karang. Kerapu ini juga tidak jarang ditemui pada perairan dalam.

Ikan ini berasal dari afrika dan menyebar hampir ke seluruh tempat, termasuk asia dan australia. DI indonesia sendiri ikan kerapu banyak ditemukan pada perairan Sumatera, Jawa, Sulawesi, Papua, dan banyak lagi daerah penyebaran ikan ini.

Ikan kerapu dikenal sebagai salah satu predator pada ekosistem terumbu karang, dengan mulutnya yang lebar ikan karnivora ini bisa memakan ikan ikan kecil dan lain sebagainya. Jenis ikan kerapu juga biasanya beraktivitas pada malam hari atau disebut dengan makhluk nokturnal.

Ikan ini juga ikan yang dikenal agresif, ia lebih suka sendiri dalam melakukan aktivitas seperti mencari makan dan sebagainya. Kerapu juga cukup agresif saat masa kawin tiba terutama ikan kerapu jantan.

Penutup

Ikan kerapu memiliki rasa daging yang enak serta memiliki tekstur lembut, selain itu juga ikan kerapu juga memiliki kandungan nutrisi yang baik. Kerapu juga memiliki ciri khas pada warna dan coraknya yang indah.

Morfologinya memang unik, banyak jenis ikan kerapu dengan ciri morfologi yang berbeda juga. Inilah kenapa penting untuk kamu yang ingin mengenal lebih dekat ikan yang langka dengan harga yang tinggi ini. Dengan membaca tulisan ini harapannya kamu bisa lebih tahu tentang ikan kerapu serta memudahkanmu untuk memeliharanya.

Demikian yang bisa saya sampaikan, jika ada salah dalam bentuk apapun pada tulisan ini saya minta maaf. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat, dan terima kasih untuk kamu yang sudah berkunjung dan membaca di faunanesia.

 

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.