Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Morfologi Ikan Hiu

5 min read

Morfologi ikan hiu

Morfologi Ikan Hiu – Ikan hiu merupakan predator di laut yang menempati posisi puncak rantai makanan. Ikan ini bisa menjadi ancaman bagi hampir semua makhluk hidup yang ada di laut.

Di lautan bebas, ikan hiu sering dijadikan bahan penelitian oleh para ilmuwan. Banyak orang yang mempelajari tentang cara hidup, fisik, ragam dan banyak lagi tentang hiu. Kamu pun pastinya ingin tahu, iya kan? Semua yang kamu cari sudah tercatat dalam morfologi ikan hiu.

Morfologi merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang klasifikasi ikan hiu, ciri-ciri, karakteristik, dan habitat dari ikan hiu. Nah untuk lengkapnya, yuk simak ulasan singkat tentang morfologi pada hiu yang sudah saya siapkan berikut ini.

Klasifikasi Ikan Hiu

Morfologi ikan hiu

Ikan hiu merupakan jenis ikan yang termasuk dalam kelas Chondrichthyes (ikan dengan tulang rawan). Sudah tercatat ikan ini memiliki klasifikasi dalam 7 ordo dan 30 famili, Bahkan ikan ini memiliki kurang lebih 500 jenis ikan hiu dalam spesiesnya.

Spesies ikan hiu sangatlah beragam, bahkan dengan jumlah jenis ikan hiu diatas. Ciri pada setiap jenis ikan hiu bisa berbeda antara satu jenis hiu dan jenis lainnya. Tentunya untuk menentukan morfologi pada hiu kita juga harus mengetahui dulu jenis hiu mana yang akan kita pelajari.

Nah kali ini kita akan mempelajari morfologi umum yang mencakup hampir semua hiu. Saya akan mulai dengan sedikit menggambarkan bagaimana struktur pengklasifikasian dari ikan yang saya dapat dari berbagai sumber.

Untuk lebih mudahnya,yuk perhatikan tabel klasifikasi ikan hiu yang sudah saya siapkan berikut ini.

Tabel Klasifikasi Ikan Hiu

Berikut ini tabel klasifikasi dari ikan hiu:

Kingdom Animalia
Filum Vertebrata
Kelas Chondrichthyes
Sub Kelas Elasmobranchii

Pembagian Ordo dan Famili Sesuai Dengan Morfologi Ikan Hiu

Ordo  Family
Hexanchiformes Hexanchidae (Hiu Kucing)
Squaliformes Centrophoridae (Hiu Botol)
Dalatiidae (Hiu Tikus)
Somniosidae (Hiu Tikus)
Etmopteriidae
Somniosidae (Hiu Tikus)
Squalidae (Hiu Botol)
Squantiniformes Squantinidae (Hiu Kodok)
Lamniformes Pseudocarcharinidae (Hiu Buaya)
Mitsukurinidae
Megachasmidae
Lamnidae (Hiu Tengiri)
Alopiidae (Hiu Monyet)
Heterodontiformes Heterodontidae
Orectolobiformes Orectolobidae
Ginglymostomatidae
Hemiscyllidae
Stegostomatidae
Rhincodontidae (Hiu Paus)
Carcharhiniformes Scyliorhinidae (Hiu Tokek)
Pseudotriakidae (Hiu Tahu)
Triakidae (Hiu Karang)
Hemigaleidae (Hiu Kacang)
Carcharhinidae (Hiu Buas)
Sphyrnidae (Hiu Martil)

Ciri Morfologi Ikan Hiu

Dari tabel klasifikasi diatas sudah terlihat beberapa jenis hiu yang bisa jadi berbeda ciri morfologinya. Dan banyak lagi jenis hiu yang belum saya sebutkan, seperti yang sudah saya katakan di atas ikan hiu memiliki lebih dari 7 ordo dan 30 famili.

Bahkan ikan hiu juga sudah tercatat memiliki 500 jenis hiu yang berbeda di dalam spesiesnya. Dengan jumlah itu, tidak heran jika kita menemukan ikan hiu yang berbeda satu sama lain.

Tak heran jika kita akan menemukan perbedaan ciri morfologi pada setiap jenis ikan hiu. Ada ikan hiu yang berukuran kecil, ada juga yang berukuran sangat besar. Ada ikan hiu yang memangsa hewan lain, dan ada juga hiu yang hanya memakan plankton.

Dan jika digali lebih dalam lagi, kamu bisa menemukan perbedaan yang lebih signifikan lain. Entah dari ciri morfologi, habitat, serta karakteristik dari setiap ikan hiu. Dan semua itu, bisa kamu pelajari pada morfologi ikan hiu.

Nah tapi kali ini saya tidak akan membahas morfologi pada setiap jenis ikan hiu terlalu dalam. Saya hanya akan membahas morfologi ikan ikan hiu yang umum dikenal oleh banyak orang.

Nah morfologi ikan hiu sangat menarik, tubuh ikan hiu terdiri dari tulang-tulang rawan rawan yang membuat ikan hiu bisa bergerak dengan mudah di dalam air. Selain itu masih banyak lagi yang bisa bahasan menarik dari ikan hiu.

Nah untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan pada kutipan berikut yaitu ciri morfologi pada setiap anggota tubuh hiu. Yuk baca kutipan tentang ciri-ciri ikan hiu umum yang bisa harus kamu ketahui berikut ini.

Ciri Morfologi Pada Kepala Hiu

Ikan hiu memiliki kepala yang berbentuk runcing ke depan, bentuk kepalanya yang seperti ini sangat membantu ikan ini untuk berenang dengan cepat. Dengan bentuk kepalanya seperti peluru bisa menekan jumlah tekanan air yang menghambat ikan hiu untuk berenang.

Kepala ikan ini dilengkapi mulut, hidung, mata, serta insang yang terletak di belakang kepalanya. pada mulut ikan hiu dilengkapi dengan beberapa baris gigi tajam yang sangat mematikan, gigi ini bisa dengan mudah mengoyak daging ikan lain.

Selain itu ada fakta mengatakan bahwa ikan hiu juga tidak bisa ompong. Jika ada gigi yang rusak atau copot pada ikan hiu, maka gigi tersebut akan segera tergantikan dengan gigi baru. Dengan ini ikan hiu tidak perlu merisaukan masalah sakit gigi atau semacamnya hh.

Setelah mulut dan gigi ikan hiu, lanjut saya akan membahas hidung pada ikan hiu. Hidung ikan ini memiliki fungsi yang paling penting untuk ikan hiu. Ikan hiu memiliki hidung yang sangat tajam, bahkan dengan hidungnya ikan hiu bisa mencium bau dari jarak yang cukup jauh.

Hidung pada ikan hiu berguna untuk mendeteksi mangsa yang ada di dekatnya, ini memudahkan ikan hiu dalam berburu mangsa. Ikan hiu juga memiliki mata yang sangat tajam yang membantunya berenang, bahkan mata ini bisa melihat di dalam perairan yang minim dengan pencahayaan.

Dan terakhir insang pada ikan hiu yang bentuknya berupa lipatan insang atau celah insang. Insang ikan hiu terletak pada bagian belakang kepala ikan hiu. Ikan hiu bernapas dengan membuka mulutnya, dan membiarkan air laut masuk kedalamnya.

Air yang masuk kedalam mulut hiu, akan masuk ke faring untuk diambil oksigennya. Dan setelah itu air akan keluar lagi melalui celah insang. Ikan hiu memiliki kurang lebih 7 celah insang pada tubuhnya.

Ciri Morfologi Pada Badan Hiu

Ikan hiu merupakan salah satu ikan yang memiliki tulang belakang (vertebrata). tubuh ikan ini terdiri dari tulang rawan yang terpisah. Ikan ini bahkan tidak memiliki tulang rusuk seperti ikan lain dengan bentuk yang hampir sama.

Selain tulang rawan, ikan hiu juga memiliki bentuk tubuh layaknya torpedo (tampak keseluruhan). Dengan susunan tulang dan bentuk tubuh yang seperti itu akan sangat membantu ikan hiu dalam berenang. Ikan hiu bisa berenang dengan cepat dan bermanuver di antara karang untuk berburu mangsa.

Perlu kamu tahu juga, jika tubuh ikan hiu ditutupi dengan kulit yang terdiri dari serat kolagen yang sangat fleksibel. Kulit ini berfungsi untuk pelapis otot dan rangka tubuh lainnya.

Selain itu, tekstur kulit ikan hiu yang kasar sangat membantu untuk mengurangi hambatan dari air saat berenang. Hal ini tentunya sangat berguna untuk berburu, membuatnya lebih mudah untuk bergerak dalam air dan menghemat energi dari ikan hiu sendiri.

Ciri Morfologi Pada Sirip Hiu

Morfologi Ikan Hiu

 

Ikan hiu memiliki 5 jenis sirip yang ada pada tubuhnya. Ikan ini dilengkapi dengan 1 pasang sirip punggung (depan-belakang), Sepasang sirip dada, sepasang sirip perut, sebuah sirip anal dan sirip ekor.

Setiap ikan hiu hampir memiliki sirip yang sama, terutama pada bentuk sirip ekornya yang berbentuk huruf “v” yang memanjang keatas. Sirip-sirip ini juga yang menjadi keunikan tersendiri bagi ikan hiu.

Bentuk sirip ikan hiu seperti dirancang untuk mendorong pergerakan dari ikan hiu untuk lebih cepat. Dengan sirip seperti ini bisa membuat ikan hiu bergerak dalam air dengan sangat cepat. Dengan bantuan sirip ini juga ikan hiu menjadi salah satu perenang tercepat yang ada di lautan.

Selain itu, dengan adanya gigi tajam, tubuhnya yang seperti torpedo serta siripnya. Lengkap sudah alat untuk ikan hiu menempati puncak rantai makanan sebagai predator utama untuk ikan di lautan.

Habitat & Karakteristik Morfologi Ikan Hiu

Morfol;ogi Ikan Hiu

Ikan hiu sudah dikenal hampir di seluruh dunia, ini karena ikan ini memang sudah ada hampir di seluruh perairan di penjuru dunia. Ikan ini bisa hidup di hampir semua bagian lautan seperti terumbu karang dangkal, hingga perairan laut dalam.

Dari perairan hangat di daerah beriklim tropis, sampai perairan dingin. Ikan ini merupakan ikan berdarah dingin, inilah yang membuat ikan hiu mudah untuk beradaptasi pada setiap habitat baru yang berbeda.

Meski seperti itu, ikan hiu juga masih membutuhkan perairan hangat untuk berkembang biak. Ikan ini lebih suka berada di terumbu karang dan perairan hangat lainnya. Ini karena di perairan ini makanannya melimpah.

Ikan hiu dikenal karena keganasanya di lautan, ikan ini sangat mematikan bagi setiap makhluk hidup yang akan menjadi mangsanya. Tapi meski seperti itu, jarang sekali ada kasus ikan hiu yang sengaja menyerang manusia.

Ikan ini menjadi tidak akan menyerang manusia jika tidak merasa terancam atau pun manusia tadi tidak terlalu dekat dengan hiu. Dan tidak semua hiu yang bisa menyerang manusia beberapa kasus hanya hiu putih dan hiu macan.

Ikan hiu sudah ada di lautan sejak jutaan tahun lalu. Bahkan ikan ini menjadi salah satu ikan yang mampu melewati 5 peristiwa kepunahan massal. Serta entah sudah berapa kali ia berevolusi dari waktu ke waktu untuk bisa hidup sampai saat ini.

Penutup

Menurut saya, pembahasan morfologi ikan hiu kali ini sangat menarik untuk dibahas. Ikan hiu menjadi salah satu predator lautan yang berada di puncak rantai makanan. Selain itu, tubuh ikan hiu berupa tulang rawan (lunak) bahkan berpisah satu sama lain yang berbeda dengan orang lain.

Namun sekarang ikan ini sedang terancam keberadaanya karena penangkapan ilegal dan semacamnya. Bahkan beberapa tahun terakhir jumlah ikan hiu menurun drastis di hampir setiap tempat di lautan. Saya berharap kondisi mengenaskan ini segera mereda.

Sekian yang bisa saya sampaikan, untuk kesalahan dalam bentuk apapun saya minta maaf. Kamu juga bisa memberikan feedback berupa kritik dan saran di kolom komentar. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu, terima kasih karena sudah mengunjungi dan membaca di faunanesia.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.