Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Morfologi Ikan Gurame

3 min read

Morfologi Ikan Gurame – Ikan gurame memiliki nama latin Osphronemus gouramy. Gurame hidup di perairan yang tenang, ikan ini sudah dibudidayakan masyarakat sejak zaman dahulu dan sekarang sudah menyebar di berbagai wilayah Indonesia.

Jenis ikan gurame sangat banyak, untuk membedakan jenis-jenis gurame bisa dilihat dari bentuk dan warna tubuhnya.

Gurame termasuk jenis ikan yang dimanfaatkan sebagai konsumsi namun juga bisa dijadikan sebagai ikan hias karen keunikan bentuk fisiknya. Cita rasa daging yang dimiliki gurame sangat lezat, ini yang membuat nilai ekonomis gumare sangat tinggi.

Untuk mengenal ikan gurame lebih jelas, yuk simak morfologi berikut ini.

Klasifikasi Ilmiah Morfologi Ikan Gurame

Berikut ini merupakan klasifikasi ikan Gurami menurut Saanin pada tahun (1974), adalah sebagai berikut:

Filum              : Chordata

Subfilum         : Vertebrata

Kelas               : Pisces

Subkelas          : Teleostei

Ordo                : Labyrinthici

Subordo          : Anabantoidei

Famili              : Anabantidae

Genus              : Osphronemus

Spesies            : Osphronemus goramy Lacepeda

Baca juga “Morfologi Ikan Lele

Morfologi Ikan Gurame

Morfologi ikan gurame, sumber: infoakuakultur.com

Adapun morfologi dari ikan gurame beserta penjelasannya. Simak pada artikel berikut ini:

1. Tubuh

Bentuk tubuh ikan gurame agak bulat pipih, tinggi dan panjang mencapai 65 cm. Berwarna kecoklatan hingga kehitaman serta terdapat bintik-bintik warna hitam. Dan bintik berwarna putih yang terletak pada sirip dada.

Gurame mempunyai garis tegak berwarna hitam sebanyak 8-10 buah. Dan mempunyai garis lateral yang tidak terputus, akan terlihat seperti jalur jalur jika dilihat dari samping.

2. Kepala

Gurame mempunyai kelapa yang berbentuk lonjong menyerupai kerucut. Dan terdapat dua jenggot dengan panjang sampai ekor yang membuat ikan gurame banyak disukai semua orang.

3. Sisik

Sisik gurame tebal dan berbentuk bulat yang termasuk tipe sisik ctenoid yang membentuk pola bagaikan jaring jala. Apabila sisiknya disentuh akan terasa kasar dan licin.

4. Sirip

Ikan gurame mempunyai 5 sirip, yaitu sirip dada, sirip perut, sirip punggung, sirip dubur, serta sirip ekor. Sirip dada gurame letaknya di belakang tutup insang dengan ukuran yang lebih kecil, dan pada dasar sirip dada ada bintik-bintik berwarna hitam.

Sirip perut ikan gurame juga berukuran kecil yang letaknya tepat di bawah sirip dada. Kamu dapat menjumpai dua buah benang panjang pada perut gurame atau biasanya disebut jenggot. Fungsi dua buah benang ini yaitu sebagai alat peraba.

Ukuran sirip punggung gurame pendek yang terletak mendekati bagian belakang tubuh. Sirip ekor gurame berbentuk bulat letaknya di tubuh bagian belakang. Ukuran sirip yang paling panjang adalah sirip dubur. Sirip dubur terletak di belakang sirip perut hingga bagian bawah pangkal sirip ekor.

5. Mulut

Mulut gurame berukuran kecil, pada bibir sebelah bawah lebih menonjol dibanding bibir atasnya. Rahang atas dan rahang bawah bentuknya tidak rata, sehingga mulutnya sedikit miring. Mulutnya juga dapat dimunculkan sehingga akan tampak monyong.

Gigi gurame berbentuk kerucut kecil yang terletak pada rahang bawah. Deretan gigi bagian dalam lebih kecil jika dibandingkan gigi sebelah luar.

6. Ekor

Ekornya berbentuk bulat dengan bintik-bintik hitam yang dijumpai pada pangkal ekor gurame.

7. Warna

Memiliki warna yang gelap pada gurame betina, sedangkan gurame jatan warna yang lebih terang.

8. Alat Pernapasan

Ikan gurame mempunyai alat pernapasan tambahan yang disebut labirin. Labirin adalah lipatan-lipatan epitelium pada organ pernapasan yang termasuk turunan lembar pertama insang.

Fungsi labirin sudah pasti untuk membantu ikan mengambil oksigen dari udara secara langsung yang didukung dengan adanya struktur pembuluh kapiler.

9. Gurame Muda

Ikan gurame muda memiliki warna yang lebih menarik dari gurame dewasa serta memiliki garis tegak sebanyak 8-10 buah. Dapat dijumpai bintik hitam pada dasar sirip dada, serta bintik-bintik gelap dengan pinggiran kuning atau perak yang terletak diatas sirip dubur.

10. Gurame Dewasa

Bentuk kepala gurame dewasa tumpul serta dahinya agak menonjol. ikan gurame betina mempunyai tubuh yang lebar sekitar 3/4 dari panjang tubuhnya atau 2 kali panjang kepalanya.

Dagu gurame dewasa akan memanjang serta duri yang terdapat di sirip dubur dan sirip punggung ukurannya akan bertambah besar.

Sirip punggung ikan gurame dewasa tajam dan keras, dan terdapat tulang rusuk yang menyilang letaknya di bawah sirip punggung.

Baca juga “Morfologi Ikan Bandeng

Perbedaan Morfologi Ikan Gurame Jantan dan Gurame Betina

Perbedaaan gurame jatan dan gurame betina, sumber: gdmorganic.com

Bagi kamu yang masih bingung membedakan mana ikan bawal yang jantan dan betina, tenang berikut ini penjelasan mengenai perbedaan yang pada gurame, simak artikel dibawah ini.

Perbedaan Gurame Jantan Gurame Betina
Bentuk Tubuh Lebih ramping Lebih bulat dan tebal
Pergerakan Lebih lincah dan gesit Pergerakannya lambat
Bentuk Kepala dan Dahi Lebih menonjol Tidak memiliki tonjolan pada kepala dan dahi
Warna Tubuh Warna kemerahan sedang Warna kemerahan lebih cerah
Susunan Sisik Susunan sisik normal Susunan sisik terbuka
Perut Lebih runcing Bulat
Warna Sirip Hitam terang Putih atau krem

 

  • Terdapat benjolan pada kepala tepatnya berada di antara mata dan bibir atas ikan gurame jantan yang sudah dewasa, sedangkan pada ikan gurame betina tidak mempunyai benjolan ini.
  • Dasar sirip dada gurame jantan memiliki warna putih, sedangkan dasar sirip dada gurame betina warnanya hitam.
  • Operkulum gurame jantan berwarna kekuning-kuningan, sedangkan pada gurame betina berwarna putih kecoklatan.
  • Perut gurame betina akan sedikit membesar bundar serta lunak jika dipegang, itu menandakan bahwa sudah matang sel telurnya.
  • Ikan gurame jantan memiliki ujung sirip ekor yang relatif rata, sedangkan pada gurame betina sirip ekornya berbentuk melengkung.
  • Dahi ikan gurame jantan lebih menonjol dibanding ikan gurame betina.

Baca juga “Morfologi Ikan Guppy

Habitat dan Karakter Ikan Gurame

Habitat asli Ikan gurame ialah pada air tawar, pada umum tinggal di perairan yang agak tergenang, seperti rawa, dan danau.

Namun, ada juga beberapa jenis ikan gurame yang dapat hidup di perairan air payau. Tidak hanya itu saja, ikan gurame juga hidup di habitat air tergenang yang keruh serta tidak bisa ditinggali oleh ikan mas ataupun ikan tawes.

Pada air yang keruh Ikan gurame bisa bertelur dan berkembang biak. Namun, sebenarnya ikan gurame lebih menyukai keadaan air yang jernih serta tenang seperti, rawa, waduk, kolam dan danau.


Demikian artikel tentang morfologi ikan gurame beserta penjelasan, habitat, serta klasifikasi yang semoga bisa membantu kamu untuk mengenal ikan gurame lebih dalam. Termakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjtnya. Salam Faunanesia.

Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.