Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Morfologi Ikan Gabus

3 min read

Morfologi Ikan Gabus – Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling digemari di pasaran sebagai ikan konsumsi. Karena pada ikan gabus terdapat kandungan gizi yang baik, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Di beberapa daerah seperti jawa ikan gabus dikenal dengan nama kutuk, kocolan di Betawi, rajong di sunda, bace di Aceh, bayong, licingan di Banyumas,  spunkat di Palembang dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang belum mengenal ikan gabus, kamu bisa mempelajari tentang ciri morfologi dari ikan gabus. Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas morfologi ikan gabus, habitat, penyebaran, dan perbedaan jenis kelamin.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Gabus

Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dari ikan gabus yaitu:

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Perciformes
  • Familia : Channidae
  • Genus : Channa
  • Spesies : Channa striata
  • Sinonim : Ophiocephalus wrahl (Lacepede. 1801: 552)
    • Ophiocephalus wrahl (Hamilton. 1822: 60; 367)
    • Ophiocephalus chena (Hamilton. 1822: 62; 367)
    • Ophiocephalus planiceps (Cuvier. 1831: 424)
    • Ophiocephalus sowarah (Bleeker. 1845)
    • Ophiocephalus vagus (Peters. 1868: 260)
    • Ophiocephalus philippinus (Peters. 1868: 262)

Ciri Morfologi Ikan Gabus

Morfologi Ikan Gabus

Dengan mempelajari ciri morfologi kita bisa mengenali spesies tersebut. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri morfologi setiap bagian dari ikan gabus.

1. Kepala

Ikan gabus memiliki bagian kepala yang berbentuk pipih dan terdapat sisik-sisik besar di kepalanya sehingga hampir menyerupai kepala ular, karna ini ikan gabus dijuluki head snake.

2. Mulut

Mulut ikan gabus lebar dengan gigi kanis yang terletak pada bagian rahang bawah sejumlah 4-7 buah. Dan juga terdapat gigi viliform yang melebar hingga 6 baris pada bagian belakang rahang, berada tepat di bagian belakang gigi kanis. Gigi-gigi yang tajam dan besar ini berguna untuk mencabik mangsa dan mengunyah makanan.

3. Tubuh

Tubuh ikan gabus berbentuk bulat memanjang dengan panjang sekitar 0,5 meter sampai 1 meter bahkan lebih, dan berat rata-rata sekitar 2-5 kg. Warna tubuh ikan gabus coklat kehitaman, pada bagian perut bawahnya berwarna coklat pucat keputihan. Dan di bagian samping tubuh terdapat motif garis abstrak yang lumayan tebal.

4. Sisik

Ikan gabus mempunyai sisik yang kasar dan besar pada bagian kepala, perut, punggung, dan bagian ekornya. Sisik pada bagian kepala atas dengan ukuran besar, yang melingkar, berhimpitan, dan sisik di bagian depan kepala ikan gabus sebagai pusatnya.

Terdapat 9 baris sisik diantara bagian preoperculum dan batas posterior dari lingkaran yang terdiri dari 18-20 sisik predorsal. 50-57 sisik di bagian lateral yang biasa disebut sebagai sisik orbit.

5. Warna

Pada Sisi atas tubuh ikan gabus dari kepala hingga ekor pada umumnya berwarna gelap, hitam kecoklatan atau kehijauan. Dan bagian bawah tubuh ikan gabus mulai dari bawah mulut sampai ekor berwarna putih.

Sedangkan untuk bagian samping tubuh ikan gabus terdapat coret tebal (striata, bercoret-coret) agak kabur, dengan warna yang seringkali menyerupai lingkungan sekitarnya.

6. Sirip

Ikan gabus memiliki 5 sirip diantaranya ada sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip dubur dan sirip ekor. Pada masing-masing bagian sirip ini mempunyai susunan duri dengan jumlah yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

  • Sirip Dada: Sirip dada setengah dari panjang kelapa dan terdiri dari 15-17 duri.
  • Sirip Perut: Sirip perut terdiri dari 6 duri.
  • Sirip Punggung: Sirip punggung ikan gabus memanjang serta terdiri dari 37-46 duri.
  • Sirip Dubur: Sirip dubur yang panjangnya setengah dari tubuhnya yang terdiri dari 23-29 duri.
  • Sirip Ekor: sirip ekor membulat dі bagian ujungnya.

Perbedaan Ciri Ikan Gabus Jantan dan Ikan Gabus Betina

Perbedaan Ikan Gabus Jantan dan Ikan Gabus Betina

Untuk kamu yang masih bingung membedakan jenis kelamin ikan gabus. Tenang pada artikel kali ini kami akan mengulas apa saja bagian-bagian fisik ikan gabus yang menjadi perbedaan antara jantan dan betina.

Dilansir dari situs sipintar.net berikut bagian-bagian fisik ikan gabus yang bisa dijadikan sebagai pembeda dari ikan gabus jantan dan ikan gabus betina.

1. Bentuk Kepala

Ikan gabus jantan memiliki bentuk kepala yang cenderung oval sedangkan bentuk ikan gabus betina lebih bulat. Bentuk kepala ikan gabus jika dilihat sekilas memang sulit dibedakan. Tetapi jika kamu masih kesulitan membedakan jenis kelamin dari bentuk kepala, tenang kamu masih bisa melihat dari perbedaan yang lainnya.

2. Warna Tubuh

Warna tubuh ikan gabus jantan cenderung lebih gelap, sedangkan warna tubuh ikan gabus betina lebih terang. Nah untuk melihat perbedaan melalui warna tubuh ini kamu memerlukan pencahayaan yang sama serta merata pada kedua ikan gabus.

3. Ada atau Tidaknya Telur

Yang dapat mengeluarkan telur ialah pada ikan gabus betina, sedangkan ikan gabus jantan menunjukkan kondisi yang sebaliknya yaitu tidak bisa mengeluarkan telur.

4. Perut Ikan

Pada ikan gabus betina kondisi perutnya akan terlihat lebih besar dan juga sedikit lembek, yang berfungsi sebagai tempat menampung telur. Sementara pada ikan gabus jantan perutnya agak keras dan lebih ramping.

Habitat Ikan Gabus

Habitat Ikan Gabus

Ikan gabus hidup pada perairan yang dangkal, seperti rawa dengan kedalaman 40 cm dan juga pada sungai. Selain itu ikan gabus juga menyukai temapt yang berumur, gelap, dengan arus yang tenang, dan juga wilayah bebaturan sebagai persembunyian.

Ikan gabus sering dijumpai pada wilayah perairan danau, sawah ataupun pada saluran air. Sementara itu, pada daerah perairan yang banyak tanaman air ataupun rerumputan serta belukar yang terendam air seringkali ditemukan benih benih ikan gabus dengan jumlah yang banyak

Penyebaran Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang menyebar luas di perairan Asia hingga Afrika, mulai dari Pakistan di barat, Nepal bagian selatan, kebanyakan wilayah di India, Bangladesh, Tiongkok bagian selatan, Sri Lanka, dan sebagian besar wilayah Asia Tenggara Indonesia termasuk salah satunya.


Nah itu tadi, penjelasan dari ciri morfologi , klasifikasi, habitat, penyebaran, dan perbedaan jenis kelamin dari ikan gabus. Semoga dengan artikel ini bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi untuk mengenal ikan gabus lebih jauh.

Terimakasih sudah berkunjung di website kami, sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Salam Faunanesia.

Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.