Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Morfologi Ikan Cupang

4 min read

Morfologi Ikan Cupang

Morfologi Ikan Cupang – Ikan cupang sudah dikenal menjadi salah satu primadona ikan hias oleh hampir semua masyarakat Indonesia. Dengan keindahan fisik yang ada pada ikan cupang, sudah cukup untuk menarik perhatian banyak orang.

Sudah terlihat jelas kalau ikan cupang memiliki bentuk dan warna tubuh yang sangat menarik. Dan mungkin inilah alasanmu mengunjungi halaman ini sekarang, kamu ingin mengenal lebih dekat tentang ikan ini meliputi klasifikasi, ciri-ciri dan karakteristik dari ikan cupang.

Untuk lebih jelasnya, Yuk simak ulasan tentang morfologi ikan cupang yang sudah saya tuliskan berikut ini.

Morfologi Ikan Cupang

Tapi kenapa malah muncul morfologi? Perlu kamu tahu dalam ilmu biologi, morfologi merupakan ilmu yang membahas tentang ciri dan karakteristik dari dari makhluk atau benda yang ada di bumi. Nah seperti bahasan kita kali ini tentang morfologi dari ikan cupang. Kamu pasti kamu ingin mencari tahu tentang ciri lengkap dari ikan cupang.

Seperti tujuan awal kamu mengunjungi halaman ini, kali ini kita akan mengupas tentang ciri-ciri dan karakteristik dari ikan cupang. kamu akan mengenal lebih dalam tentang ikan cupang, ikan cantik nan menawan namun agresif.

Klasifikasi Ikan Cupang

Morfologi ikan cupang

Di Indonesia ikan yang berasal dari genus Betta ini biasa disebut dengan sebutan ikan cupang, ikan laga dan ikan adu siam. Jenis ikan cupang merupakan ikan yang masih berkerabat dengan ikan dari famili anabantidae sama seperti ikan sepat, ikan gurame, dan ikan betik.

Ikan air tawar satu ini memang agresif, tetapi tidak semua ikan cupang merupakan jenis petarung. Ada juga jenis cupang hias dan cupang liar, untuk ikan cupang petarung memiliki nama latin Betta splendens dan banyak lagi ikan cupang yang dengan jenis yang berbeda.

Berikut ini klasifikasi ilmiah lengkap tentang keluarga besar ikan cupang.

  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Actinopterygii
  • Ordo: Perciformes
  • Famili: Osphronemidae
  • Subfamili: Macropodusinae
  • Genus: Betta

Ciri Ciri Ikan Cupang

Morfologi Ikan Lele

Ikan cupang ini sudah kita kenal dengan keindahan dari bentuk dan warna tubuhnya. Cupang juga memiliki jenis yang berbeda dengan ciri khas yang berbeda pula. Ada ikan cupang yang memiliki ekor panjang, warna yang bervariasi, dan keunikan lainya.

Keberagaman ini terjadi karena pengaruh genetik yang terjadi pada ikan cupang seperti jenis kelamin, kematangan genetik dan faktor geografi. Warna dan bentuk yang indah pada ikan cupang berfungsi untuk menarik perhatian betina pada musim kawin.

Memang banyak jenis ikan cupang yang menyebabkan perbedaan ciri-ciri pada setiap ikan cupang. Akan banyak sekali pembahasan kita saat ini jika membahas satu persatu perbedaan morfologi ikan cupang.

Nah untuk mempermudah anda dalam mengenal lebih dekat ikan cupang. Berikut ciri morfologi dan anatomi ikan cupang yang sudah saya bagi dalam beberapa bagian.

1. Bagian Kepala

Morfologi Ikan Cupang

Terletak pada bagian paling depan dari semua bagian tubuh lain nya dengan bentuk lancip ke depan. Kepala nya terdiri dari beberapa bagian seperti mata, mulut dan insang.Serta sisik yang menutupi bagian kepala.

Pada bagian kepala ada sepasang mata kecil yang terletak pada bagian samping atas dari kepala ikan cupang. Serta mulut kecil dengan bibir tebal dan rahang yang kuat. Rahang juga menjadi salah satu senjata andalan bagi ikan cupang lo.

Ikan cupang juga memiliki insang yang terletak pada bagian belakang kepala. Insang pada ikan cupang berbentuk labirin dengan banyak pembuluh darah yang melapisinya. Insang seperti ini memudahkan ikan untuk bernafas pada berbagai macam kondisi air.

2. Bagian Tubuh

Cupang

Cupang memiliki bentuk tubuh yang ramping dan memanjang, rata-rata ukuran dari ikan cupang memiliki panjang tubuh sekitar 7 cm. Tubuhnya dilengkapi dengan sisik yang bertipe stenoid yang memiliki tekstur yang kasar yang hampir menutupi semua bagian tubuh cupang.

Dan seperti yang kita tahu, warna dari tubuh ikan cupang sangatlah bervariasi bahkan bisa berbeda pada setiap varietas cupang yang ada. Ada ikan cupang yang memiliki warna yang terang dan tak jarang pula ada yang berwarna gelap.

Warna umum yang sering terlihat pada ikan cupang adalah biru, merah, kuning dan warna lainya. Selain warna yang sudah saya sebutkan sebelumnya, ada juga jenis ikan cupang yang memiliki campuran warna campuran yang membentuk motif atau corak yang berbeda.

Contoh ikan cupang yang memiliki warna yang indah ada pada jenis cupang Betta cambodian. Sebaliknya ada juga ikan cupang yang berwarna merah pada seluruh tubuhnya, ikan ini biasa disebut dengan sebutan Hellboy.

3. Bagian Sirip

Sirip ikan cupang

Selain warna yang indah, ikan cupang juga memiliki sirip yang menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Ikan cupang memiliki beberapa macam sirip diantaranya adalah sirip perut, sirip dada, sirip anus, dan sirip punggung.

Ikan ini memiliki bentuk sirip yang bervariasi, bahkan bisa berbeda pada setiap jenis ikan cupang nya. Ada beberapa tipe sirip pada ikan ikan cupang yang bisa kamu ketahui, Contohnya ikan dengan sirip tipe halfmoon, sirip tipe ini memiliki bentuk sirip dengan ukuran simetris yang membentuk setengah bulan. Lalu ada juga crowntail yang berbentuk seperti mahkota/serit. Dan Double tail yang bentuk siripnya simetris pada bagian atas dan bawah.

Selain bentuk pada sirip ikan cupang yang unik, sirip nya juga dilengkapi dengan warna yang indah. Untuk warna dari sirip ikan cupang sendiri biasanya tergantung dari warna tubuh tapi ada juga jenis ikan cupang yang warna sirip nya membentuk motif tersendiri bagi ikan cupang tersebut.

4. Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Ikan cupang jantan dan betina

Sangat mudah untuk menentukan mana ikan cupang jantan dan mana ikan cupang yang betina. Perbedaan morfologi ikan cupang jantan dan betina bisa kamu lihat pada bentuk tubuh dan warna dari ikan cupang tersebut.

Untuk ikan cupang jantan memiliki bentuk tubuh lebih ramping, serta memiliki warna tubuh yang lebih bervariasi dari ikan cupang betina. Ikan jantan juga cenderung lebih agresif dari ikan cupang betina.

Sedangkan ikan cupang betina hanya memiliki warna yang cenderung pucat, biasanya berwarna coklat polos atau kuning polos. Ukuran tubuhnya lebih kecil dari ikan jantan, perutnya buncit dan sirip yang pendek seperti ikan lain pada umumnya.

Karakteristik Ikan Cupang

Karakteristik ikan

Ikan cupang sering ditemukan pada perairan air tawar yang dangkal yang memiliki arus air yang tenang. Tempat tinggal cupang bisa kamu tandai dengan banyak busa dan kerak air pada perairan dangkal dan tenang pada sungai, danau dan semacam itu.

Di Habitat aslinya ikan cupang biasa memakan makhluk kecil seperti kutu air, jentik nyamuk, sejenis paramecium dan semacamnya. Saat dipelihara ikan ini juga bisa memakan pelet ikan layaknya ikan pada umumnya.

Ikan cupang merupakan jenis ikan yang sangat agresif (hanya untuk ikan cupang jantan), ikan ini sangat protektif di daerah teritorialnya dan menjadi lebih agresif lagi saat musim kawin tiba.

Saat musim kawin tiba, ikan jantan terlihat sering kejar kejaran dengan si betina.Sebelum proses pemijahan terjadi betina yang membawa telur akan selalu ditempeli dengan pejantan sampai proses pemijahan selesai.

Dan ikan jantan bertugas untuk mengerami dan menjaga telur yang sudah dibuahi sampai menetas. Untuk caranya ada yang membuat sarang berupa busa pada permukaan air atau di erami langsung pada mulutnya (mouth breeder). Hal ini bertujuan untuk melindungi benih dari ikan cupang betina yang bisa menjadi kanibal setelah proses pemijahan.

Penutupan

Dengan bentuk dan warna nya yang indah ikan cupang menjadi salah satu ikan yang bernilai ekonomi cukup tinggi. Ikan ini memiliki karakter agresif yang juga merupakan ciri khas tersendiri pada ikan cupang, sampai ikan ini dimanfaatkan sebagai ikan aduan.

Saat memeliharanya kamu disarankan untuk memisahkan ikan cupang jantan satu dengan yang lainya, karena pasti mereka akan bertarung sampai salah satu diantara mereka mati. Sayang sekali jika itu terjadi pada ikan cupang kesayanganmu.

Dan saat setelah proses pemijahan selesai dan telur sudah dibuahi, jangan lupa untuk memisahkan si induk dengan telur-telurnya. Hal ini penting dilakukan karena si induk bisa saja memakan telurnya sendiri setelah proses pemijahan selesai.

Demikian yang sudah saya sampaikan tentang ikan yang cantik nan menawan ini, meski agresif tapi tidak menghapus fakta jika ikan ini merupakan ikan yang indah.

Jika ada kesalahan dalam bentuk apapun pada tulisan saya kali ini kamu boleh menulisnya pada kolom komentar, entah dalam bentuk komentar dan ataupun kritik. Hal ini akan sangat membantu saya dalam mengembangkan situs ini.

Untuk kesalahan yang ada saya memohon sebesarnya besarnya, semoga postingan kali ini bisa berguna untuk anda yang ingin mengenal lebih dekat ikan cupang. Dan terima kasih karena telah mengunjungi faunanesia.

 

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.