Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Morfologi Ikan Arwana

3 min read

Morfologi Ikan Arwana – Untuk kamu pecinta hewan yang gemar mengoleksi ikan hias, pastinya kamu ingin sekali memasukan jenis ikan arwana dalam koleksimu. Tapi sebelum memelihara ikan arwana, tentunya kamu harus mengetahui semua hal tentang ikan arwana dan itu termasuk morfologinya.

Dengan mengetahui morfologinya, kamu bisa mengenal lebih dekat apa itu ikan arwana, ciri-ciri dan karakteristik dari ikan arwana. Tentunya hal ini akan sangat menarik untuk dibahas, dengan mengenal morfologi dari ikan arwana kamu akan lebih mudah untuk merawatnya.

Tapi apa sih itu morfologi, apa saja morfologi dari ikan arwana? Tenang semua sudah saya siapkan disini. Yuk simak, morfologi dari ikan arwana yang sudah saya siapkan berikut ini.

Klasifikasi Ikan Arwana

morfologi ikan arwana

Ikan arwana merupakan ikan yang berasal dari famili Osteoglossidae, ikan arwana menjadi salah satu ikan yang termasuk dalam golongan hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Dan terdaftar menjadi salah satu spesies ikan yang langka yang populasinya semakin menurun karena diperjual belikan.

Di Indonesia ikan arwana memiliki banyak nama sebutan seperti ikan naga, ikan siluk merah, ikan kayangan, ikan selasa dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat tabel taksonomi berikut ini.

Taksonomi

Tabel Taksonomi
Kingdom Animalia
filum Chordata
Subfilum Vertebrata
Kelas Pisces
Sub Kelas Teleostei
Ordo Malacopterygii
Family Osteoglossidae

Jenis Ikan Arwana

Berikut ini pembagian genus pada ikan arwana (Osteoglossidae)

1. Arapaima

  • Arapaima gigas (giant arwana)

2. Osteoglossum

  • Bicirrhosum
  • Ferreirai

3. Clupisudis

  • Clupisudis nilot

4. Scleropages

  • Formosus
  • Guntheri
  • Leichardti
  • Jardini

Ciri Morfologi Ikan Arwana

Arwana memiliki beberapa genus yang pastinya memiliki ciri yang berbeda pada setiap jenis nya. Perbedaan nya meliputi warna pada tubuh, ukuran, habitat tempat tinggal, dan lain-lain. Nah ini lah fungsi morfologi pada ikan arwana, kamu bisa mengetahui perbedaan morfologi pada setiap jenis ikan arwana dengan mudah.

Tapi pada kali ini kita tidak membahas sedalam itu, saya hanya akan membahas tentang ciri umum yang terdapat pada ikan arwana yang perlu kamu ketahui. Setidak nya kamu bisa tahu apa saja hal yang membedakan ikan arwana dan ikan jenis lainnya.

Mari simak kutipan tentang ciri ciri yang ada pada ikan arwana yang sudah saya rangkum berikut ini.

1.  Kepala Ikan Arwana

Ikan arwana memiliki bentuk kepala yang besar dan padat, bagian atas kepala ini datar dan sejajar dengan punggung. Kepalanya tidak tertutup dengan sisik, pada bagian kepala ikan arwana terdapat insang yang dilengkapi dengan operculum.

Bagian kepala ikan arwana memiliki mulut yang terletak pada ujung kepala ikan arwana. Mulutnya menghadap keatas dan dilengkapi dengan sepasang sungut, ikan arwana juga memiliki pelat tulang yang berbentuk lidah dan terletak di bagian bawah mulut.

Hal ini menyebabkan jenis ikan arwana disebut juga sebagai ikan bertulang lidah (Bonytongue fish). Kepalanya disertai gigi canine yang berjumlah sekitar 15 buah, ukuran mulutnya lebar bisa digunakan untuk mengerami anaknya. Dan kepalanya dilengkapi juga dengan sepasang mata yang terletak pada belakang mulutnya.

2. Tubuh Ikan Arwana

morfologi ikan

Tubuh ikan arwana berbentuk pipih dari samping dan memanjang kebelakang. Bagian atas nya datar dan sejajar dari kepala sampai punggung bagian belakang. Ikan arwana dewasa biasanya memiliki panjang tubuh sekitar 30-80 cm tergantung jenisnya.

Hampir semua bagian tubuh ikan arwana ditutupi dengan sisik dari belakang kepala sampai pangkal ekor. Ikan ini dilengkapi dengan sisik yang lebar dan berbentuk bulat. Biasanya sisik ini dibagi menjadi 6 baris sisik.

Baris pertama dihitung dari sisik yang menutupi bagian bawah sampai punggung atas ikan arwana. Selain barisan sisik tadi, ada juga sisik mutiara yang terletak pada pangkal sirip ikan arwana. Ikan ini juga memiliki garis sisi yang terletak ada pada bagian tengah tubuh, garis ini membentang dari belakang kepala sampai pakar sirip ekor.

Untuk warna sendiri sangat beragam ada coklat, merah, emas, dan lainya tergantung dari jenisnya. Sudah menjadi pengetahuan umum jika arwana menjadi ikan hias yang memiliki warna yang indah serta bentuk tubuh yang unik.

3. Sirip Ikan Arwana

Terdapat 5 sirip yang ada pada tubuh ikan arwana yaitu sirip dada, sirip perut, sirip anal, sirip ekor, dan sirip punggung. Sirip dada dan sirip perut terletak pada bagian bawah tubuh ikan. Sirip anal bentuknya seperti kipas yang berada pada bagian bawah pangkal ekor.

Bentuk sirip ekor dari ikan arwana menyerupai ikan kipas, Sirip ekor nya yang seperti kipas sangat membantu ikan ini untuk bergerak dengan cepat dan meloncat dari permukaan air ke udara.

Sirip punggung ikan arwana terletak berdekatan dengan sirip ekor yang berada pada bagian atas tubuh ikan arwana. Untuk warna dari sirip ikan arwana bisa mengikuti warna tubuh, tapi ada juga jenis ikan arwana yang memiliki warna sirip yang berbeda dengan tubuhnya seperti jenis arwana red tail golden.

4. Perbedaan Antara Ikan Arwana Jantan dan Betina

Morfologi ikan arwana

Sangat terlihat jelas perbedaan fisik antara ikan arwana betina dan ikan arwana jantan. Untuk tubuhnya ikan ini arwana jantan lebih ramping dan memanjang ke belakang, sedangkan untuk arwana betina lebih pendek dan terlihat lebih gemuk dibanding yang jantan.

Kepala arwana jantan lebih besar dari betina, hanya saja lebih runcing kepala arwana betina. Mulut si jantan juga besar dan lebar berfungsi untuk mengerami telur ikan, sedangkan yang betina memiliki mulut kecil dan lebih runcing.

Habitat dan Karakteristik

Ikan arwana merupakan salah satu ikan yang hidup pada perairan air tawar, ikan ini endemik asal Indonesia dengan habitat asli perairan air tawar di kalimantan dan papua. Ikan ini suka berada tepi sungai yang banyak pepohonan sebagai tempat berlindung dan berkembang biak.

Habitat ikan arwana adalah perairan dangkal dengan arus yang tidak terlalu kencang. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan karnivora, ikan ini berburu mangsa yang ada dipermukaan air bahkan tak jarang sampai ada ikan arwana yang melompat dari permukaan air untuk menyambar makanannya.

Ikan arwana berkembang biak dengan cara berpijah, arwana biasa melakukan pemijahan pada musim kemarau. Pemijahan terjadi saat ikan arwana betina mengeluarkan telur lalu akan dibuahi dengan sperma jantan. Ikan jantan akan mengerami telur yang sudah dibuahi sampai menetas dan bertahan hidup sendiri.

Penutup

Seperti yang sudah tergambar dengan jelas diatas, morfologi adalah ilmu dalam bidang biologi yang mempelajari tentang ciri dan karakteristik dari suatu jenis hewan. Sebagai ikan hias yang populer di kalangan pecinta ikan , pastinya ikan arwana memiliki nilai lebih yang membuatnya memiliki harga yang sangat mahal.

Dengan mengetahui morfologi nya juga bisa memudahkan untuk memelihara ikan arwana, kamu bisa menyesuaikan akuarium tempat memelihara ikan arwana dengan habitat aslinya.

Dan semua informasi tersebut sudah saya rangkum dalam tulisan saya diatas. jika ada salah dalam postingan ini saya minta maaf, kamu juga boleh memberikan kritik dan saran untuk membantu saya menjadi lebih baik.

Semoga postingan bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin mengenal lebih dekat ikan arwana. Terima kasih sudah mengunjungi dan membaca halaman ini, sekian yang bisa saya sampaikan dan semoga sukses.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.