Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Sepat

3 min read

Makanan Ikan Sepat – Ikan sepat memiliki nama latin Trichopodus trichopterus, Ikan ini termasuk kedalam ikan hias besar yang bisa tumbuh mencapai ukuran terbesar yaitu 20 cm. Umur ikan sepat ini bisa mencapai sekitar 6 tahun.

Ikan sepat memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi, bukan itu saja ikan ini juga mempunyai corak dan bentuk tubuh yang bagus. Hal tersebut membuat ikan sempat mudah jika dipelihara sebagai ikan hias.

Nah, bagi yang berencana memelihara ikan sepat, pastikan mengetahui daftar makanan terbaik yang akan diberikan. Dan juga memilih produk makanan khusus dengan kualitasnya bagus, agar tidak menimbulkan infeksi, serta tidak membuat akuarium jadi cepat kotor.

Berikut ini pembahasan beberapa rekomendasi jenis makanan terbaik ikan sepat yang bisa kamu berikan untuk ikan sepat kesayanganmu, Yuk simak selengkapnya.

Makanan Alami Ikan Sepat

Makanan alami ikan sepat yaitu makanan dari alam yang bisa ditemukan dengan mudah, seperti makanan yang dimakan ikan sepat di habitatnya alam bebas.

Makanan alami juga memiliki kandungan gizi yang baik ketika dikonsumsi ikan sepat. Dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ikan sepat.

Apa saja makanan alami ikan sepat? Simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Kutu Air

Kutu Air
Gambar kutu air, sumber: bulalapak.com

Kutu air merupakan pakan alami yang biasa ikan sepat makan ketika di alam bebas habitat aslinya. Akan tetapi, untuk mendapatkan kutu air ini cukup terbilang sulit. Walaupun pada dasarnya bisa dikembangbiakkan, tetapi masih jarang yang mengembangbiakkan kutu air ini. Jika berminta kamu bisa mengembangbikakan kutu air.

2. Cacing

Cacing
Gambar cacing, sumber: shopee.co.id

Cacing juga termasuk makanan alami yang bisa diberikan pada ikan sepat. Karen cacing adalah makanan yang biasa dimakan ikan sepat ke kita di alam bebas.

Namun, sebelum memberi makan ini perlu kamu perhatikan ukurang yang sesuai dengan usia ikan sepat, supaya mudah ditelan ikan sepat.

Berikan cacing dengan ukuran lebih besar untuk ikan sepat yang memiliki ukuran tubuh besar, begitu pula berikan cacing berukuran kecil untuk ikan sepat yang memiliki ukuran tubuh kecil.

Ingat jangan sampai memberikan cacing dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran tubuh ikan sepat. Hal itu bisa membahayakan ikan sepat kesayanganmu.

3. Jentik Nyamuk

Jentik Nyamuk
Gambar jentik nyamuk, sumber: www.faunadanflora.com

Jentik nyamuk merupakan salah satu makanan alami yang bisa dikonsumsi ikan sepat. Jentik nyamuk bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ikan sepat.

Untuk mendapatkan jentik nyamuk sangatlah mudah tanpa mengeluarkan biaya. Kamu bisa menemukan jentik nyamuk pada selokan yang terdapat genangan airnya.

Untuk mengambil jentik nyamuk Gunakan sebuah alat seperti saringan khusu, agar banyak jentik nyamuk yang kamu dapatkan.

4. Kroto

Kroto
Gambar kroto, sumber: rajakicau.com

Telur semut rangrang atau yang biasa disebut dengan kroto merupakan makanan yang paling disukai ikan sepat. Didalam tubuh kroto atau telur semut rangrang terdapat kandungan nutrisi yang cukut tinggi.

Sehingga sudah pasti akan sangat bagi untuk kesehatan dan perkembangan ikan sepat. Namun sayangnya untuk mendapatkan telur semut rangrang initidaklah mudah.

Sebenarny ada beberapa toko yang menjual telur semut. Tetapi hanganya terbilang sangat malah.

Makanan Alternatif Ikan Sepat

Makanan alternatif  diberikan sebagai makana tambahan untuk ikna sepat. Yang diberikan kepada ikan sepat untuk membantu menabah kebutuhan nutrisi ikan sepat. Selian itu, juga bertujuan agar lebih bervariasi sehingga tidak membuat ikan sepat menjadi bosan.

Apa saja makanan alternatof yang bisa diberikan untuk ikan sepat? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

1. Tepung ikan

Tepung Ikan
Gambar tepung ikan, sumber: tokopedia.com

Makanan alternatif yang bisa berikan untuk ikan sepat yaitu tepung ikan. Makanan ini mempunyai bentuk seperti tepung sehingga akan sangat cocok sekali jika diberikan untuk ikan peliharaan.

Hal tersebut karena bentuknya yang sama dengan serbuk, memudahkan ikan sepat untuk memakan tepung ikan yang telah  diberikan.

2. Roti

Roti
Gambar roti, sumber: medkomtek.com

Roti juga bisa digunakan sebagai makanan alternatif. Untuk mendapatkan roti pun sangatlah mudah, kamu bisa membeli di toko-toko. Sekarang sudah banyak toko yang menyediakan roti.

Dengan memberikan makanan berupa roti untuk ikan sepat bertujuan untuk memudakan ketika dikonsumsi. Hal ini karena roti memiliki tekstur yang sangat lembut dan empuk.

Namun ingat jangan memberikan makanan berupa roti secara berlebihan. Karena dengan pemberian makanan berupa roti yang berlebohan biasanya akan mencemari air dalam akuariuam.

3. Veor Burung

Veor Burung
Gambar veor burung, sumber: burungnya.com

Veor pada makanan burung juga bisa dijadikan makanan untuk ikan sepat. Banyak kandungan nutrisi yang ada pada veor, sehingga membuat ikan wader terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Namun, untuk memberikan makanan ini tidak bisa secara langsung. Kamu harus menghaluskan nya terlebih dahulu atau bisa juga dengan memecahnya menjadi butiran kecil-kecil. Hal itu bertujuan untuk memudahkan ikan sepat saat memakan veor.

4. Pelet

Pelet
Gambar pelet, sumber: www.rumahmesin.com

Untuk menemukan makanan pengganti ikan sepat maka anda bisa menggunakan pakan buatan. Pakan buatan adalah salah satu jenis pakan yang bisa anda buat sendiri di rumah. Namun anda juga bisa membeli pakan buatan di beberapa toko ikan hias terdekat. Salah satu pakan buatan yang sangat direkomendasikan adalah pelet.

Sebagai pakan alternatif, pelet ini bisa anda jadikan sebagai pakan yang cocok untuk diberikan pada ikan sepat peliharaan. Terlebih pakan buatan ini juga mudah untuk ditemukan di pasaran. Harganya pun terbilang sangat murah dan ekonomis.


Nah itu tadi, beberapa rekomendasi makanan ikan sepat yang bisa kamu coba. Jangan sampai salah memilih makanan yang akan kamu berikan untuk ikan sepat peliharaanmu ya.  Agar ikan sepat peliharaanmu tubuh cepat dengan sehat.

Terimakasih sudah berkunjung ke website kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Faunanesia.

Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.