Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan ikan Sapu Sapu

3 min read

Makanan Ikan Sapu Sapu – Ikan sapu-sapu merupakan ikan pemakan segala jenis makanan atau omnivora. Ikan sapu-sapu bisa memakan bisa memakan sejenis invertebrata, crustacea, beberapa jenis tumbuhan air dan makanan yang paling favorit adalah alga.

Sebagai ikan omnivora, ikan sapu-sapu memiliki bentuk mulut unik yang berbeda dari kebanyakan jenis ikan lainya. Mulutnya yang terlihat seperti corong membantu ikan ini untuk mendapatkan makanan dengan cara dihisap.

Untuk mengetahui lebih lengkap makanan apa saja yang bisa dimakan oleh ikan sapu-sapu. Yuk simak ulasan tentang kumpulan makanan untuk ikan sapu-sapu yang sudah faunanesia siapkan berikut ini.

Rekomendasi Makanan Sapu Sapu

Sebagai ikan omnivora, ikan sapu-sapu memang tidak pilih-pilih masalah makanan. Tapi ini juga bisa menjadi masalah tersendiri bagi ikan ini, karena kebiasaanya memakan/menghisap apapun yang bisa masuk ke dalam mulutnya.

Ikan ini bisa menghisap apa saja termasuk polutan yang mengendap di dasar air, ini bisa jadi berbahaya untuk kesehatan dari ikan. Oleh karena itu, yuk simak makanan apa saja yang baik untuk ikan sapu sapu yang harus kamu ketahui berikut ini.

1. Alga

Makanan Ikan Sapu Sapu

Alga merupakan sekumpulan organisme yang tidak memiliki organ tubuh layaknya organisme lain, bahkan belum bisa disebut salah satu jenis tumbuhan karena organisme satu ini dianggap tidak memiliki organ seperti akar, batang atau daun layaknya tumbuhan biasanya.

Meskipun seperti itu, alga tetap menjadi pakan favorit bagi ikan sapu sapu. Organisme iniĀ  tetap memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan makanan lain, bahkan alga menjadi salah satu produsen terpenting dalam rantai makanan.

Alga biasa terdapat pada permukaan dinding atau menempel pada batu atau kerikil yang ada pada dasar kolam. Ikan sapu sapu akan menghisap alga dengan mulutnya yang berfungsi sebagai alat penghisap. Karena cara makan nya seperti itu, menyebabkan ikan sapu sering dijuluki sebagai ikan pembersih kaca.

2. Tumbuhan

Makanan Ikan alami

Selain alga, ternyata tumbuhan asli juga bisa dijadikan untuk pakan ikan sapu-sapu. Ikan sapu sapu bisa memakan beberapa macam tumbuhan seperti lumut, fitoplankton (plankton yang berupa tumbuhan), atau bahkan ikan ini bisa memakan beberapa jenis sayuran dan buah-buahan.

Mungkin jika makanan seperti lumut dan tumbuhan air lainnya bisa ia makan dengan mudah karena memang makanan alami di habitat aslinya. Tapi bagaimana jika ingin memberi makan sayur atau buah untuk ikan ini?

Mudah saja, kamu bisa menggunakan beberapa tumbuhan seperti brokoli, seledri, timun, melon dan pepaya. Sebelum memberikan makan ikan dengan tumbuhan pastikan dulu tumbuhan yang akan kamu berikan itu bisa tenggelam di air.

Jika sudah menentukan jenis makanan yang akan kamu pakai. Bersihkan dulu sayur atau buah yang sudah kamu pilih sampai bersih, lalu potong hingga menjadi beberapa bagian sayur berukuran kecil.

3. Udang

Udang sudah dikenal baik oleh banyak pembudidaya ikan sebagai makanan yang baik untuk ikan. Hewan air satu ini memiliki kandungan protein yang baik untuk membantu tumbuh kembang ikan, serta ikan ini juga memiliki kandungan lemak baik dan semacam pigmen yang dapat mempercantik ikan hias (warnanya).

Untuk ikan sapu sapu sendiri kamu bisa menjadikan udang sebagai makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan, Cukup berikan 2-3 kali dalam seminggu. Kamu harus memotong kecil udang sebelum memasukkannya ke kolam/akuarium tempat ikan berada.

4. Cacing

Seperti yang sudah banyak kita bahas cacing merupakan salah satu makanan favorit untuk hampir semua jenis ikan. Cacing mengandung nutrisi yang baik seperti protein yang baik untuk pertumbuhan ikan. Selain itu cacing juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh ikan agar terhindar dari penyakit.

Kamu bisa menggunakan beberapa jenis cacing seperti cacing tanah, cacing darah, dan cacing sutra. Sebelum memberikan cacing untuk ikan sapu-sapu, pastikan kamu sudah memotong kecil cacing yang akan kamu gunakan agar muat saat dihisap mulutnya.

5. Ikan Kecil

Makanan Ikan Sapu Sapu

Di Habitat aslinya, ikan sapu-sapu sering memakan sisa tubuh ikan mati yang ada pada dasar sungai atau danau. Ikan yang sudah mati bisa menjadi sumber makanan yang ideal untuk ikan sapu-sapu.

Begitu pula dengan ikan sapu-sapu yang ada pada akuarium atau yang biasa kamu pelihara di kolam. Tentunya kamu bisa memberikan ikan kecil yang sudah mati untuk dijadikan makanan ikan sapu-sapu. Tetapi sebelum itu potong dulu ikan menjadi potongan ikan kecil.

6. Pelet Alga

Makanan Ikan Sapu

Selain alga yang biasa tumbuh dan menempel pada dinding dan dasar kolam, ternyata ada juga lo alga yang sudah disediakan dalam bentuk kemasan berupa pelet alga. Kamu bisa menggunakan pelet alga atau yang biasa disebut juga dengan wafer alga.

Kamu bisa menggunakan algae wafer dari brand hikari salah satunya. Pelet ini terdiri dari alga dan beberapa sayuran yang tentunya aman untuk ikan pemakan alga seperti ikan sapu-sapu.

Wafer alga ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan tentu saja sangat baik untuk kesehatan ikan. Kamu bisa membelinya di toko ikan hias atau bisa juga di marketplace yang biasanya kamu pakai.

Tips Pemberian Makanan Ikan Sapu Sapu

Ikan sapu-sapu adalah tipe ikan yang hidup dan mencari makan di dasar sungai (bottom surface). Karena ini sangat penting untuk kamu untuk memilih makanan yang tenggelam, jika makanan yang kamu berikan merupakan pakan apung bisa jadi ikan tidak menyentuh makanan yang kamu berikan.

Kamu harus menjaga dan memperhatikan makanan yang kamu berikan kepada ikan sapu sapu. Hal ini karena sebagai ikan omnivora, ikan yang satu ini akan benar benar memakan apapun yang bisa ia masukan ke mulutnya seperti kotoran manusia atau bisa juga polutan yang mengendap di dasar kolam.

Ikan ini juga tidak susah makan nya, kamu bisa menggunakan pelet yang sudah saya sebutkan diatas untuk makanan harian ikan. Serta untuk macam daging dan sayuran bisa kamu berikan untuk makanan tambahan yang berfungsi sebagai penyuplai nutrisi yang baik untuk ikan sapu sapu.

Penutup

Yang terpenting saat memberikan makanan untuk ikan ini adalah jenis makanan yang kamu berikan. Jika makanan yang kamu berikan baik, ikan yang kamu pelihara juga bisa tumbuh dengan baik pula.

Tapi jika makanan yang dimakan buruk memang tidak masalah karena akan tetap dimakan oleh ikan ini. Tapi perlu kamu tahu, hal ini bisa menjadi berbahaya untuk kesehatan ikan. Dan bahkan sampai menyebabkan ikan sapu sapu menjadi beracun dan berbahaya jika dimakan.

Sekian yang bisa sampaikan untuk sekarang, untuk kesalahan dalam bentuk apapun saya minta maaf. Semoga ulasan kali ini bisa membantu kamu untuk memilih makanan ikan sapu sapu yang baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

 

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.