Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

3 min read

Makanan Ikan Red Devil

Makanan Ikan Red Devil – Beberapa waktu lalu, ikan yang dikenal dengan sebutan ikan iblis merah sempat membuat Indonesia gempar. Jumlah populasi dari ikan ini meningkat pesat, bahkan mengambil habitat asli dari ikan lokal yang ada.

Seperti namanya ikan ini disebut dengan ikan iblis merah, sifatnya sangat rakus. Makanan ikan red devil sendiri hampir meliputi semua makhluk hidup yang bisa ia makan. Bahkan saat ini, ikan red devil menjadi ditetapkan sebagai hama perairan dan keberadaanya dilarang.

Nah, dengan jumlahnya yang pernah meledak. Ikan red devil juga bisa mendatangkan rezeki bagi nelayan setempat. Nah untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan makanan ikan red devil yang sudah saya rangkum berikut ini.

Tentang Makanan Ikan Red Devil

Jika kamu membaca artikel ini, pastinya kamu tertarik dengan ikan red devil atau bisa juga kamu ingin membudidayakannya. Nah sebelum membaca makanan ikan red devil, lebih baik jika kamu mengenal dulu perilaku dan karakteristik ikan yang mempengaruhi pola makan ikan ini.

Perlu kamu ketahui ikan ini merupakan salah satu jenis ikan omnivora atau pemakan segala. Ikan ini memang bisa memakan apa saja karena sifatnya sebagai predator yang rakus. Bahkan ikan ini sampai menjadi hama di perairan Indonesia.

Ikan ini bisa memakan ikan-ikan kecil, udang-udangan, fitoplankton, zooplankton, beberapa tumbuhan air, serangga, dan bahkan detritus (sisa makhluk hidup yang mati). Ikan ini lebih cenderung memakan ikan kecil karena sifatnya sebagai predator.

Selain merupakan predator yang rakus, ikan ini juga merupakan ikan yang invasif. Ikan ini menjadi ancaman bagi ikan lain yang menghuni habitat suatu perairan. Karena itu ikan ini juga sempat dilarang keberadaanya oleh pemerintahan.

Ikan ini memang sempat meresahkan warga, terutama untuk nelayan. Ikan ini mendominasi suatu perairan sampai menyebabkan berkurangnya hasil tangkapan nelayan. Dan bahkan ini terjadi di banyak tempat di Indonesia.

Seperti yang terjadi di yogyakarta, tepatnya di Waduk Sermo, daerah kabupaten Kulon Progo dan beberapa tempat lain. Tak herankan jika ikan ini dianggap sebagai hama dan keberadaanya dilarang oleh negara.

Selain sifat predator dan invasif ikan iblis merah. Ikan satu ini juga memiliki kemampuan untuk bereproduksi dengan cepat. Populasi dari ikan ini bisa berkembang biak dengan cepat. Serta kemampuan bertahan hidupnya yang sangat baik.

Dengan sifatnya yang seperti itu, dan populasi nya yang bisa berkembang dengan cepat. Ikan ini bisa dengan mudah mendominasi suatu perairan. Dan menyingkirkan ikan lokal yang sudah menempati perairan tersebut.

Ikan ini menjadi salah satu ikan yang diperhatikan oleh pemerintah. Karena kehadiranya dapat mengancam ikan asli dari Indonesia. Namun, ikan ini juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi nelayan.

Rekomendasi Makanan Ikan Red Devil Terbaik

Nah untuk kamu yang ingin memelihara ikan red devil ini. Tentunya kamu juga harus menyiapkan makanan yang baik. Ikan yang kamu budidayakan akan sangat membutuhkan nutrisi yang baik, untuk bisa hidup. Apalagi mengingat ikan ini merupakan ikan yang rakus.

Nah karena ikan ini merupakan ikan omnivora seperti yang saya katakan diatas. Tidak terlalu repot untuk kamu menentukan menu makanan yang bisa kamu gunakan. Makanan yang bisa kamu gunakan untuk budidaya ikan ini tidak jauh berbeda dengan ikan budidaya lain.

Yang terpenting adalah pemberian makanan yang teratur. Dan tentunya jangan sampai, ikan yang kamu pelihara kelaparan. Karena ikan ini bersifat predator, ikan ini bisa saja menjadi kanibal dan memangsa sesama jenisnya.

Dan jangan menempatkan ikan lain dalam kolam penuh ikan red devil. Karena percuma saja, jika kamu meletakan ikan jenis lain. Ikan itu hanya akan menjadi makanan dari ikan red devil.

Nah daripada lebih lama lagi, sampai kamu penasaran. Yuk simak kutipan tentang makanan ikan red devil terbaik yang wajib kamu coba berikut ini.

Pelet

Makanan Ikan Red Devil

Untuk makanan sehari-hari yang bisa kamu gunakan untuk membudidayakan ikan ini, kamu bisa menggunakan pelet. Pelet terdiri dari bahan-bahan dengan komposisi yang sudah diperhitungkan jumlah dan nutrisinya.

Pelet biasanya terbuat dari dedak, jagung, ikan, dan bahan lainya, pelet memiliki kandungan nutrisi yang seimbang. Kamu bisa menemukan protein, lemak, karbohidrat, serta vitamin yang semuanya dibutuhkan untuk ikan red devil.

Kamu juga bisa mendapatkan pakan pelet dengan mudah, sudah banyak toko yang menyediakan berbagai macam pelet yang bisa kamu gunakan. Untuk harganya sendiri juga beragam, sesuai dengan kualitas dari pakan yang dibutuhkan.

Potongan Ikan

Ikan red devil merupakan salah satu predator yang ada di perairan air tawar. Dan sempat meresahkan nelayan karena menghabisi ikan lokal asli. Ini membuktikan jika makanan utama dari ikan iblis merah ini adalah ikan.

Kamu bisa memanfaatkan ikan untuk dijadikan makanan tambahan ikan red devil. Kamu bisa menggunakan berbagai macam ikan, hidup atau sudah dalam bentuk potongan/makanan beku.

Udang

makanan ikan

Sama halnya seperti ikan, udang yang memang sebagian besar menghuni perairan air tawar juga menjadi makanan alami sehari hari dari ikan ini. Ikan ini sangat rakus hingga mengancam keberadaan ikan lain.

Udang sangat baik untuk kamu jadikan makanan ikan, bahkan hampir semua ikan tidak hanya ikan iblis saja. Udang mengandung protein yang cukup berlimpah sangat baik untuk mempercepat proses tumbuh kembang dari ikan.

Serangga

Kamu bisa menggunakan serangga seperti jangkrik, belalang, laron, dan beberapa jenis serangga lain. Serangga juga merupakan sumber protein yang baik untuk ikan red devil. Selain itu, serangga juga bisa menambah nafsu makan dari ikan.

Larva Serangga

Makanan Ikan Red Devil

Selain serangga, kamu juga bisa memanfaatkan larvanya juga. Kamu bisa menggunakan maggot, jentik- jentik, kroto, dan sebagainya. Kandungan protein dari larva serangga juga tak kalah dari serangga itu sendiri, sangat baik untuk dijadikan makanan tambahan.

Cacing

Cacing sudah menjadi salah satu makanan favorit yang sering digunakan oleh pembudidaya ikan. Sudah terbukti jika cacing sangat bermanfaat jika dijadikan makanan tambahan untuk ikan budidaya seperti ikan red devil.

Dengan kandungan 70% protein yang ada dalam tubuhnya, menjadikan cacing sangat baik untuk ikan yang masih dalam masa pertumbuhan. Untuk cacing yang bisa kamu gunakan beragam, kamu bisa menggunakan cacing tanah, cacing darah, dan cacing tubifex/sutra.

Penutup

Ikan red devil memang menjadi hama di dalam suatu perairan. Ikan ini merupakan predator dengan sifatnya yang agresif dan invasif. Selain itu, ikan ini juga menjadi salah satu ikan yang memiliki kemampuan reproduksi yang cepat, sehingga dapat mendominasi suatu wilayah dengan mudah

Namun, karena ikan ini memiliki jumlah populasi yang melimpah. Dan merugikan karena mengurangi jumlah ikan lokal. Ikan ini juga bisa menambah pemasukan dari nelayan karena banyak konsumen yang mencarinya.

Sekian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf atas kesalahan dalam bentuk apapun dalam artikel ini. Terima kasih karena sudah mengunjungi dan membaca di faunanesia.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Makanan Ikan Lemon

Haqe chalid
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.