Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Piranha

4 min read

Makanan Ikan Piranha

Makanan Ikan Piranha – Seperti yang kita kenal, ikan piranha merupakan salah satu predator menakutkan di air tawar. Tetapi apakah ikan piranha selalu memakan daging, seperti halnya predator yang kita ketahui selama ini?

Tentu saja jawabanya tidak, perlu kamu tahu ikan piranha bisa memakan apa saja yang ada di dekatnya. Ikan ini masuk dalam jenis ikan omnivora atau ikan pemakan segala. Dan banyak lagi yang perlu kamu ketahui tentang makanan ikan piranha.

Nah jika kamu ingin tahu apa saja makanan dari ikan pemangsa air tawar satu ini. Kamu jangan kemana-mana, saya akan membahas apa saja makanan ikan piranha alami dan ikan piranha yang kamu pelihara. Untuk lebih jelasnya,yuk simak ulasan berikut ini.

Makanan Ikan Piranha Alami

Makanan Ikan Piranha

Ikan piranha merupakan salah satu jenis ikan omnivora yang bisa memakan apa saja. Di habitat aslinya ikan piranha memang cenderung memangsa ikan lain. Dan dengan karakteristik nya yang agresif tak heran jika ikan ini menjadi salah satu predator yang ada di air tawar.

Meskipun pada umumnya ikan ini sudah dikenal menjadi ikan predator yang mengerikan. Ikan piranha tetaplah ikan omnivora, atau ikan pemakan segala. Sebagai ikan omnivora, ikan piranha tidak hanya memakan ikan saja.

Di habitat aslinya sering ditemukan kalau ikan piranha juga memakan makhluk selain ikan. Ikan piranha bisa memakan hewan jenis vertebrata lain seperti mamalia, burung, reptil, serangga, tumbuhan, dan sisa jasad renik yang mengendap dalam air.

Hal ini membuktikan selain memakan hewan hidup, ikan piranha juga bisa memakan tumbuhan. Tetapi tetap saja, ikan piranha masih cenderung memakan apa saja yang ia temukan. Bahkan ikan ini juga dikenal sebagai ikan yang rakus.

Ikan piranha dilengkapi dengan serangkaian gigi tajam yang bisa memotong daging dengan mudah. Gigi-gigi ini sangat berbahaya, apalagi ikan piranha juga dikenal dengan ikan yang hidup dan berburu secara bergerombol.

Dan hal ini dapat membuat ikan piranha menghabiskan mangsanya dengan cepat. Bahkan ikan ini juga bisa menjadi ancaman bagi hewan besar seperti mamalia. Ikan piranha bisa memakan hewan besar dengan sangat cepat, tak perlu waktu lama menghabisi mangsanya dengan gigi tajam yang dimilikinya.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang menjadi favorit ikan piranha. Yuk simak makanan ikan piranha alami berikut ini.

Ikan

Di habitat aslinya ikan piranha menjadikan ikan sebagai makanan utamanya. Ini karena keberadaannya yang mudah untuk ditemukan dan jumlahnya melimpah pada habitat aslinya.

Dengan gigi tajam dan gerakanya yang cepat, ikan piranha bisa dengan mudah memakan ikan-ikan yang tidak berhati-hati. Seberapapun ukuran ikan itu, akan dengan mudah dihabisi dengan segerombolan ikan piranha lapar.

Udang

Makanan Ikan piranha

Di habitat aslinya, ikan piranha juga sering dijumpai memakan hewan kecil seperti udang-udangan. Ikan ini bisa langsung memakan udang dalam sekali telan dengan mudah. Udang juga salah satu makanan utama piranha di habitat aslinya.

Serangga

Serangga juga menjadi salah satu makanan yang sering dimakan oleh ikan piranha. Apalagi serangga memiliki aroma khas yang bisa menarik perhatian ikan pemangsa seperti ikan piranha.

Ikan piranha sering dijumpai memakan serangga yang jatuh ke air, ikan ini bisa dengan mudah menelan serangga karena ukurannya. Kamu juga bisa, menjadikan serangga sebagai umpan untuk mancing.

Daging

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, ikan piranha bisa memakan hewan vertebrata lain. Ikan piranha memiliki serangkaian gigi tajam yang sangat mematikan bahkan untuk hewan berukuran besar sekalipun.

Apalagi ikan ini memiliki karakter untuk hidup secara berkelompok, jika ada hewan yang masuk dalam area berburunya. Maka dengan cepat ia akan diserang dengan puluhan gigitan sekaligus dan itu terjadi sampai mangsanya habis.

Tumbuhan

Meskipun dikenal sebagai predator yang berbahaya di habitat aslinya. Ikan piranha juga memakan beberapa jenis tumbuhan dari daun hingga bijinya bisa ia makan. Walaupun ikan ini tetaplah ikan omnivora walau memang cenderung memakan ikan.

Ikan piranha yang masih kecil sering dijumpai memakan sejenis tumbuhan air seperti zucchini dan tumbuhan semacamnya. Ikan ini juga tidak terlalu sulit untuk makan tumbuhan, malah dengan mudah ikan piranha memotong dan menelan tumbuhan yang akan ia makan.

Rekomendasi Makanan Ikan Piranha di Aquarium

Makanan Ikan Piranha

Tidak jauh berbeda dengan makanan alaminya, makanan ikan piranha di aquarium juga berupa makhluk hidup atau hewan lain. Bedanya hanya pada pola makan dan asupan yang harus diperhatikan saat memberikan makan ikan piranha yang dipelihara.

Jika kamu ingin memelihara ikan piranha, banyak sekali yang harus kamu perhatikan. Seperti halnya ikan hias biasanya, ikan piranha juga membutuhkan makanan dengan nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh dan kembang pada dirinya.

Tidak seperti alam habitatnya yang memiliki jumlah makanan yang berlimpah. Kamu perlu cermat dalam menentukan makanan yang akan kamu berikan pada ikan peliharaanmu. Berikan makanan sesuai yang dibutuhkan oleh ikan piranha yang kamu pelihara.

Meskipun seperti itu, sebenarnya tidak terlalu repot untuk memberi makan ikan piranha. Apalagi jika dilihat dari karakteristik nya sebagai ikan omnivora. Kamu bisa memberikan makanan yang bervariasi agar ikan tidak mudah bosan.

Dan perlu kamu perhatikan juga keamanan mu saat memberi makan ikan piranha. Jangan sekali-kali kamu memasukan tangan kedalam kolam saat memberi makan. Ini sangat berbahaya, tanganmu bisa dianggap makanan dan akan diserang oleh gerombolan piranha.

Dan tentunya itu akan menyakitkan, kamu pasti tidak ingin itu terjadi padamu kan. Kamu harus berhati hati dalam memberi makan. Dan sekali lagi berikan makanan yang baik untuk ikan piranha yang kamu pelihara.

Untuk mempermudah kamu menentukan makanan yang baik, saya sudah siapkan beberapa rekomendasi makanan ikan piranha terbaik yang bisa kamu berikan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak kutipan berikut ini.

Ikan

Umpan Ikan Piranha
sumber: umpanikan123.blogspot.com

Untuk ikan piranha yang kamu pelihara, kamu bisa memberikan ikan-ikan kecil seperti jenis cichlid dan sebagainya. Usahakan ikan yang kamu gunakan masih hidup, hal ini bertujuan untuk menjaga insting alami ikan piranha dan menambah nafsu makan.

Udang

makanan ikan

Udang menjadi makanan favorit untuk ikan piranha, udang juga baik untuk dikonsumsi sebagai makanan tambahan. Perlu kamu tahu udang juga merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi ikan piranha.

Daging

Makanan Ikan botia

Selain ikan dan udang kamu juga bisa memberikan daging untuk makanan tambahan ikan piranha, Kamu bisa menggunakan daging yang sudah digiling ataupun semacamnya. Karena aromanya yang menyengat pastinya ikan piranha akan tertarik memakan daging yang kamu berikan.

Pelet

Kamu juga bisa menggunakan pelet untuk dijadikan pakan harian untuk ikan piranha. Seperti yang kita ketahui, pelet mengandung nutrisi yang lebih seimbang dan harganya murah. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan pelet dengan mudah.

Cacing

makanan ikan

Nah terakhir cacing, cacing menjadi salah satu makanan favorit bagi hampir semua jenis ikan peliharaan termasuk ikan piranha. Apalagi cacing memiliki kurang lebih 70% protein yang ada dalam tubuhnya, serta dipercaya bisa menambah kekebalan tubuh ikan dari penyakit.

Penutup

Meskipun ikan piranha merupakan salah satu jenis ikan omnivora yang bisa memakan hampir semua jenis makanan. Kamu tetap perlu mengetahui makanan apa saja yang baik untuk ikan satu ini.

Ikan yang dipelihara juga membutuhkan nutrisi yang baik untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat. Semakin baik makanan yang kamu berikan, semakin baik pula dampak yang didapatkan oleh ikan.

Demikian yang bisa saya sampaikan kali ini tentang makanan ikan piranha. Jika ada salah dalam bentuk apapun saya dari faunanesia memohon maaf. Terima kasih sudah mengunjungi dan membaca di faunanesia.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Lemon

Haqe chalid
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.