Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Patin

3 min read

Makanan Ikan Patin – Bentuk tubuh ikan patin hampir sama seperti bentuk hiu namun dalam versi kecilnya. Ikan patin ini juga memiliki rasa yang gurih dengan daging tebal, menjadi alasan banyak masyarakat yang gemar mengkonsumsi ikan patin.

Selain itu, dengan mengkonsumsi ikan patin banyak manfaat bagi kesehatan yang akan kita dapat. Seperti mengoptimalkan pertumbuhan janin pada kandungan, menjaga kinerja jantung dan menurunkan kolesterol.

Dari situ semakin banyak masyarakat yang membudidayakan ikan patin ini. Perlu diketahui jika membudidayakan ikan patin kamu harus paham betul dengan makanan yang bisa membantu pertumbuhan dan tentunya juga menyehatkan.

Nah, pada artikel berikut ini akan kami bahas makanan ikan pating terbaik. Simak selengkapnya di bawah ini.

Makanan Alami Ikan Patin

Makana Alami

Makanan alami adalah makanan yang berasal dari makhluk hidup, seperti larva. Dengan memberikan makanan alami bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, serta sebagai sumber lemak dan protein bagi ikan patin.

Menggunakan pakan alami ini tidak akan mencemari media pemeliharaan benih ataupun lingkungan perairan ikan patin, sehingga perairan tidak jadi keruh.

Apa saja makanan alami yang bisa diberikan untuk ikan patin? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Kutu Air

Kutu Air

Kutu air atau Daphnia sp atau Moina sp, merupakan pakan alami yang bisa dijadikan salah satu pakan anak-anak ikan patin dengan protein yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya.

Memiliki kandungan rendah lemak yaitu 10% dan kaya akan protein yaitu 66%. Untuk mendapatkan pekan ini kamu bisa membelinya di toko aquarium ataupun pasar ikan hias.

2. Cacing Sutra

cacing sutra

Cacing sutra merupakan makanan alami dengan tekstur yang lembut tipis. Dari tekstur tersebut memudahkan ikan patin mengkonsumsi makanan ini. Dan dari tekstur itu, pekan ini kebanyakan dikonsumsi ikan patin dengan usia 7 sampai 15 hari.

selain itu, cacing sutra inni memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi. Diantaranya ada protein 57%, kadar abu sekitar 3,6%, serat kasar sebanyak >2%, kandungan air sebesar 87,7%, dan lemak sekitar 13,3%.

3. Ikan Rucah

Ikan Rucah

Jika kamu tinggal di dekat laut, maka ikan rucah adalah pilihan terbaik yang bisa kamu berikan pada ikan patin sebagai makanan alami.

Pasalnya, ikan rucah ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik yang bisa menunjang perkembangan dan pertumbuhan ikan ikan patin. Kandungan nutrisi ikan rucah meliputi protein 59%, lemak kasar 6,5%, abu 28% dan serat kasar 1,64%.

Kamu tidak bisa langsung memberikan ikan rucah ini pada ikan patin, potong menjadi kecil-kecil terlebih dahulu. Sesuaikan dengan mulut ikan pating  yang kecil.

4. Artemia

Artemia

Artemia atau udang kecil air asin ini memiliki ukuran tubuh kecil yang kaya akan protein sekitar 58%. Baik untuk diberikan kepada anak-anak ikan Patin yang masih berusia sekitar 7 hari.

Dengan memberikan pakan ini akan mampu membantu pertumbuhan anak ikan patin dengan cepat. Selain itu, jenis pakan ini juga Tidak akan mencemari perairan tempat ikan patin hidup.

5. Cacing Tanah

Cacing tanah

Cacing tanah makanan alami ikan patin yang memiliki kandungan nutrisi sangat tinggi. Diantaranya ada kandungan karbohidrat 17%, lemak 4,5%, protein 76% dan abu 1,5%.

Dengan kandungan yang ada tersebut yang membuat cacing tanah sangat baik dikonsumsi ikan patin kecil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan membantu pertumbuhan ikan patin.

Makanan Tambahan Ikan Patin

Makanan tambahan

Selain memberikan makanan alami untuk ikan patin kamu juga bisa memberikan makanan tambahan seperti tepung ikan, ampas tahu, tepung singkong, dan dedak halus.

Dengan memberikan makanan tambahan kamu akan memperoleh beberapa keuntungan. Keuntungan dari makanan tambahan, diantaranya:

  1. Makanan tambahan ini lebih awet dan tidak mudah rusak seperti pakan alami.
  2. Harga lebih terjangkau dibandingkan dengan pakan alami ataupun pakan pelet.
  3. Lebih mudah disimpan jika dibandingkan dengan pakan alami yang membutuhkan perawatan dan tempat khusus.
  4. Mudah didapatkan, karena setiap daerah memiliki potensi yang berbeda-beda untuk digunakan sebagai pakan alternatif ikan patin.

1. Tepung Ikan

Tepung Ikan

Tepung ikan bisa dijadikan makanan tambahan untuk ikan patin. Karena memiliki kandungan nutrisi yang terdapat didalam tepung ikan, antara lain ada kadar air 12%, lemak 1,5%, dan protein 67% yang baik untuk pertumbuhan ikan patin.

2. Ampas Tahu

Ampas Tahu

Kamu juga bisa menggunakan ampas tahu sebagai pakan tambahan untuk ikan patin. Ampas tahu umum dipilih sebagai makanan ikan patin karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Ada protein sebesar 26%, lemak 18%, karbohidrat 40%, serat 29% dan abu 5%.

3. Dedak halus

Dedak

Banyak yang menggunakan dedak halus untuk makanan ikan patin dewasa. Terdapat kandungan protein sebesar 12,9%, lemak 13% dan serat kasar 11,4%. Dedak halus bisa dipilih sebagai makanan ikan patin selain pelet.

Dedak halus direkomendasikan karena memiliki kandungan nutrisi baik, yang mampu untuk membantu  pertumbuhan dan perkembangan ikan patin.

4. Tepung singkong

Tepung Singkong

Tepung singkong yang kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat 41%, abu 5%, lemak 18%, serat 30%, dan protein sebesar 26%. Dengan itu tepung singkong ini juga bisa  dijadikan sebagai makanan tambahan ikan patin. Harganya pun sangat terjangkau.

Makanan Buatan Ikan Patin

Selain makanan alami dan makanan tambahan, kamu juga bisa membuat racikan makan asendiri loh. Cara membuatnya tidaklah sulit dan bahan-bahan yang digunakan juga mudah dicari.

Apa saja bahan-bahan yang digunakan? dan bagaimana cara membuatnya? Mari simak penjelasan dibawah ini.

  • Bahan-bahan
  • Tepung tapioka 10 kg
  • Tepung ikan 41 kg
  • Dedak padi 38 kg
  • Molase 1 kg
  • Probiotik Ikan GDM

Cara pembuatannya:

  • Pertama-tama siapkan mesin pembuat pakan.
  • Masukkan semua bahan kedalam alat penggiling.
  • Setelah itu, bahan yang dimasukkan dan sudah digiling tadi akan berubah menjadi butiran pakan pellet.
  • Perlu diingat, jika akan membuat pakan ini sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi yang akan dikonsumsi ikan patin.
  • Pastikan komposisi nutrisi yang sesuai dan cukup.

Nah terus apa pentingnya penggunaan probiotik/suplemen atau vitamin untuk kualitas pakan ikan patin?

Karena dengan menambahkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  • Meningkatkan kualitas pakan.
  • Memperbaiki dan menjaga kualitas air pada kolam ataupun tambak.
  • Membantu menguraikan bahan organik dari sisa pakan ataupun kotoran ikan.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh ikan patin (sistem imun).
  • Meningkatkan nafsu makan ikan patin.
  • Mencegah stress ikan patin.
  • Mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ikan patin, sehingga lebih cepat panen.
  • Menekan jumlah kematian ikan patin.

Nah itu tadi rekomendasi makan ikan patin sebagai penambah kebutuhan nutrisi ikan patin, supaya ikan patin peliharaanmu tumbuh dengan cepat dan sehat. Semoga bisa menanbah wawasan bagi pembaca. Terimakasih telah berkunjung di website kami.

Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.