Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Pari

3 min read

Makanan Ikan Pari – Kali ini kita akan membahas tentang apa saja makanan ikan pari saat di habitat aslinya dan saat di pelihara. Nah postingan kali ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengenal lebih dekat ikan pari terutama pada makanannya.

Ikan pari merupakan salah satu jenis ikan terbesar yang ada di dunia. Dengan bentuk tubuhnya yang pipih dan lebar akan sangat menarik untuk dibahas. Terutama bagi para pecinta panorama bawah laut, melihat ikan ini bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga.

Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang ikan pari saja, tapi kita akan lebih fokus ke apa saja makanan ikan pari yang bisa kamu ketahui. Nah untuk itu, yuk simak ulasan yang sudah saya siapkan berikut ini.

Makanan Ikan Pari Alami di Alam Bebas

Makanan Ikan Pari

Di Habitat aslinya, ikan pari bisa di bagi menjadi 2 jenis jika dilihat dari makanan alaminya. Ada ikan jenis ikan pari yang pemakan plankton (filter feeder) seperti jenis ikan pari manta. Lalu selain pemakan plankton sebagian ikan pari juga merupakan ikan karnivora.

Pakan ikan pari sendiri tergantung dari setiap jenis ikan yang berbeda, makanannya bisa ditentukan dari karakteristik, habitat, dan bentuk morfologi dari ikan pari itu sendiri.

Misalnya ikan pari manta, ikan ini dianggap sebagai ikan pari yang berburu secara pasif. Ia berenang sambil menyaring plankton yang menjadi makanannya. Dalam berburu plankton ikan pari ini dibantu dengan sepasang sirip yang berupa tanduk di kepalanya.

Tanduk ini membantu memasukan air kedalam mulut ikan pari. Ikan pari manta berburu dengan membuka mulutnya, lalu dengan dibantu dengan tanduknya air yang mengandung plankton akan disaring di mulutnya.

Lalu ada juga ikan pari pemakan ikan lain seperti ikan pari elang tutul dan burung tutul. Kebanyakan ikan pari karnivora adalah ikan yang yang berburu mangsa di dasar perairan (bottom feeder).

Dan karena habitat nya kebanyakan di dasar perairan dangkal berpasir dan karang. Ikan pari jenis ini cenderung memakan ikan ikan kecil, udang, kerang, cumi, dan hewan lain yang biasa hidup di dasar laut.

Makanan ikan ini memang beragam, sebagai ikan predator tentunya ikan ini bisa memakan apa saja yang bisa ia makan. Apalagi dengan bantuan giginya yang bisa menggali pasir, yang memudahkannya untuk memangsa hewan yang ada di pasir seperti kepiting dan lain-lain.

Makanan ikan pari ini memang beragam sesuai dengan jenis ikan dan karakteristik dari ikan tersebut. Nah untuk memudahkan mencari makanan apa saja yang biasa dimakan oleh ikan pari. Yuk simak kutipan yang sudah saya siapkan berikut ini.

Ikan

Makanan Ikan

Di habitat aslinya, ikan pari menjadi salah satu predator bagi ikan-ikan kecil yang ada di laut. Dengan ukurannya yang besar, mudah sekali mulut ikan pari untuk menyaring ikan-ikan kecil yang ada di hadapannya.

Kerang

Makanan Ikan Buntal

Beberapa jenis ikan pari memiliki memiliki serangkaian gigi yang bisa menggali di pasir laut. Gigi-gigi ini berfungsi untuk menang makhluk hidup seperti kerang, kepiting, siput dan hewan sejenis lainnya.

Dengan gigi yang dimiliki, ikan pari bisa dengan mudah menghancurkan dan memakan hewan-hewan yang memiliki cangkang keras seperti yang saya sebutkan diatas.

Cumi-cumi/Sotong

Umpan Ikan Kakap

Selain ikan yang menjadi makanan utama dari ikan pari karnivora, ternyata banyak juga dijumpai ikan pari juga memakan cumi-cumi, sotong, gurita dan sebagainya. Tidak heran jika ikan memakan jenis hewan tersebut, karena ikan ini memang predator besar yang ada di lautan.

Udang

makanan ikan

Sesuai dengan habitat asli dari ikan pari yang berada di perairan dangkal berpasir dan karang. Ikan pari pastinya memakan udang-udang yang memang memiliki habitat yang sama.

Udang juga bisa menjadi makanan utama yang baik untuk ikan pari di habitat aslinya. Bahkan udang juga menjadi salah satu makanan utama bagi hampir semua ikan. Ini karena jumlah udang cukup melimpah di habitat aslinya, sehingga mudah untuk menemukannya.

Plankton

 

Bagi beberapa jenis ikan pari, plankton menjadi salah jenis sumber energi dan protein yang baik untuk menunjang kehidupan ikan pari. Jenis ikan pari manta menjadikan plankton sebagai makanan utama, ikan pari ini menyaring plankton di air (filter feeder).

Makanan Ikan Pari Untuk Peliharaan

Selain di alam liar, ternyata ikan pari ada juga lo yang bisa dimanfaatkan sebagai ikan hias. Ada beberapa jenis ikan pari yang memiliki keunikan tersendiri yang menjadikannya cocok untuk dipelihara di aquarium.

Untuk ikan pari yang bisa dijadikan ikan hias biasanya seperti ikan pari jenis tiger river stingray, ocellate stingray, giant freshwater stingray, dan beberapa jenis ikan pari lainnya.

Untuk makanan dari ikan pari yang dipelihara pun hampir sama dengan makanannya di alam liar habitatnya. Ikan ini masih bisa diberi makanan alami berupa ikan-ikan kecil, udang, kerang, dan beberapa jenis hewan lain.

Selain pakan alami, kamu juga bisa memberikan pakan buatan berupa pelet kepada ikan pari yang kamu pelihara. Ada beberapa pakan buatan yang baik untuk ikan pari peliharaanmu.

Malahan bisa dibilang lebih baik menggunakan pakan buatan sebagai pakan utama bagi ikan pari. Ini karena menggunakan pakan buatan berupa pelet dinilai lebih efektif dan mudah daripada menggunakan pakan alami.

Nah untuk mengetahui makanan ikan apa saja yang bisa kamu gunakan untuk ikan peliharaan di rumah. Yuk baca beberapa rekomendasi makanan ikan pari peliharaan berikut ini.

Makanan Alami Ikan Pari Peliharaan

Kamu bisa menggunakan pakan alami untuk menjadi makanan tambahan bagi ikan pari. Untuk makanan yang bisa kamu pilih bisa kamu sesuaikan dengan makanan alami ikan pari diatas.

Kamu bisa menggunakan ikan kecil, udang, dan lainnya. Untuk menambah asupan dari ikan pari kamu juga bisa menambahkan cacing yang memang terbukti baik untuk ikan. Cacing sendiri baik karena kurang lebih 70% dari tubuhnya terdiri dari protein.

Pemberian pakan alami sangat berguna untuk ikan pari, pakan alami bisa membantu ikan pari untuk menambah nafsu makan. Selain itu, makanan alami juga mengandung nutrisi yang baik untuk ikan pari.

Pelet Makanan Ikan Pari

Selain menggunakan makanan alami untuk pari yang kamu pelihara, kamu bisa juga menggunakan pakan buatan seperti pelet dan semacamnya.  Pelet sangat baik untuk digunakan sebagai makanan utama pengganti makanan alami.

Penggunaan pelet dinilai lebih baik karena pelet terbuat dengan komposisi yang baik, nutrisi yang dimiliki juga lebih lengkap. Selain itu dengan menggunakan pakan pelet kamu juga bisa menghemat dana yang kamu butuhkan untuk makanan ikan.

Penutup

Ikan pari menjadi salah satu ikan terbesar yang ada di laut, ikan ini merupakan salah satu daya tarik bagi para penyelam yang merupakan pecinta alam bawah laut. Dengan bentuk nya yang lebar dan pipih, ikan pari terlihat bisa berenang seperti terbang layaknya burung.

Makanan dari ikan pari sendiri beragam, ditentukan sesuai dengan jenis dan karakteristik dari ikan pari itu sendiri. Ikan pari pun juga bisa dipelihara di kolam. Untuk makanannya tentunya kamu harus memilih makanan yang baik untuk ikan yang kamu pelihara.

Sekian yang bisa saya sampaikan, maaf untuk kesalahan apapun dalam postingan kali ini. Kamu bisa memberikan masukan berupa kritik dan saran di kolom komentar. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat, dan terima kasih sudah membaca di faunanesia.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.