Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Oscar

4 min read

Makanan Ikan Oscar

Dalam memberikan makanan ikan oscar, tentu kita perlu memperhatikan kebutuhan asupan asupan ikan oscar dalam makanan yang akan diberikan tersebut.

Dengan begitu, kesehatan dan pertumbuhan si oscar akan berjalan dengan baik dan lancar.

Maka dari itu, kita perlu memilih dengan benar makanan yang akan diberikan untuk ikan oscar.

Dalam habitat aslinya, ikan oscar suka memakan ikan-ikan kecil atau serangga air. Namun, bagaimana jika kita memeliharanya di dalam aquarium? Makanan apa yang harus diberikan?

Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan mengulas berbagai jenis makanan ikan oscar yang tepat yang mengandung nutrisi tinggi.

Nah, silahkan baca artikel dibawah ini:

Makanan Ikan Oscar Agar Cepat Besar

Seperti yang tertulis di atas, disini kami akan membahas macam-macam makanan ikan oscar yang alami dan buatan.

Semua jenis makanan yang akan disebutkan nanti, merupakan makanan yang cocok untuk ikan oscar karena semua makanan tersebut mengandung nutrisi dan zat-zat yang mendukung pertumbuhan ikan dan warnanya.

Nah, gak usah lama-lama, silahkan simak ulasan berikut ini:

#1. Cacing Sutra

Makanan Ikan Oscar
Cacing sutra, sumber: pinhome.id

Cacing sutra merupakan makanan yang cocok untuk ikan oscar karena mengandung banyak nutrisi. Kandungannya meliputi karbohidrat, kalsium, protein, lemak, serat kasar dan vitamin.

Cacing sutra juga cocok untuk dijadikan sebagai pakan anakan ikan karena bentuk dan teksturnya lembut dan tipis.

#2. Kutu Air

Makanan Ikan Oscar
Kutu air, sumber: panenlele.eu.org

Kutu air atau Daphnia merupakan pakan alami yang bisa dijadikan salah satu pakan anak-anak ikan oscar.

Kutu air yang memiliki kandungan protein yang tinggi, cukup untuk mendukung pertumbuhannya untuk menjadi besar.

Selain itu, pemberian kutu air kepada ikan oscar secara rutin dapat meningkatkan nafsu makannya.

Selain itu makanan jenis ini juga dapat dengan mudah didapatkan, kamu bisa membelinya dengan harga murah secara online atau langsung ke penjual/tokonya.

#3. Ulat

Makanan Ikan Oscar
Ulat hongkong, sumber: jogjagarden.com

Selain digunakan sebagai pakan burung, ternyata ulat juga dapat dijadikan sebagai pakan ikan oscar.

Ulat mengandung lemak dan protein yang tinggi mampu membantu pertumbuhan ikan oscar.

Selain mengurangi populasi ulat karena hewan ini merupakan hama pertanian, pemberian ulat kepada ikan oscar merupakan pemanfaatan hama.

#4. Platy Coral

Makanan Ikan Oscar
Ikan platy coral, sumber: coralgerava.com

Jenis ikan hias platy coral ini juga bisa jadi makanan ikan oscar agar warnanya bagus. Secara umum keturunan ikan hias platy yang dihasilkan pasti lebih buruk dari induknya, sehingga nilai jualnya sangat rendah.

Karena itulah, anak berkualitas buruk itu yang dijadikan sebagai pakan.

#5. Udang Rebon

Makanan Ikan Oscar
Udang rebon, sumber: infoikan.com

Untuk para pembudidaya ikan oscar, udang menjadi pakan yang biasa digunakan. Udang mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan serta menjaga kesehatan ikan dari berbagai macam penyakit.

Selain protein, udang juga mengandung zat karoten yang dapat mencerahkan kulit dari ikan hias yang kamu pelihara.

#6. Jangkrik

Makanan Ikan Oscar
Jangkrik, sumber: pixabay.com

Jangkrik memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan sebagai makanan ikan oscar agar cepat besar. Selain itu, jangkrik juga bisa meningkatkan nafsu makan ikan oscar.

#7. Kelabang

Makanan Ikan Oscar
Kelabang atau scolopendra, sumber: pixabay.com

Kelabang atau lipan juga sering disebut sebagai kaki seribu yang memiliki racun dan sering menyerang manusia, ternyata bisa digunakan sebagai pakan ikan oscar.

Lipan yang digunakan sebagai pakan tidak akan menjadi media penularan penyakit, berbeda dengan beberapa jenis hewan kecil lainnya yang berpotensi membawa penyakit.

Banyak yang menyebutkan lipan merupakan pakan favorit untuk ikan hias. Hal itu disebabkan oleh lipan yang memiliki zat yang dapat meningkatkan kecerahan warna tubuh ikan.

Lipan yang dijual di toko ikan hias biasanya sudah dikeluarkan racunnya, sehingga aman diberikan kepada ikan.

#8. Anakan Ikan atau Ikan Kecil

Makanan Ikan Oscar
Ikan kecil, sumber: syaharafish.com

Anakan ikan atau ikan kecil yang diberikan kepada ikan oscar bisa dari jenis ikan apa saja, tapi yang paling sering dipakai adalah anak ikan mas, karena mudah didapat.

Memberikan pakan jenis ini mampu meningkatkan nafsu makan dan dapat mempertahankan insting berburu dari ikan oscar.

#9. Jentik Nyamuk

Makanan Ikan Oscar
Jentik nyamuk, sumber: pexels.com

Jentik atau larva nyamuk yang mengganggu pemandangan lingkungan ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ikan oscar.

Selain itu, pakan jenis ini dapat ditemukan dengan mudah di selokan, kolam, rawa, dan genangan air lainnya.

Baiknya, jentik nyamuk liar dicuci dahulu sebelum diberikan sebagai pakan. Namun, jika masih khawatir akan adanya penyakit dalam jentik liar ini, sebaiknya budidayakan jentik nyamuk sendiri.

#10. Cacing Darah

Makanan Ikan Nemo
Cacing darah, sumber: pixabay.com

Cacing darah mirip cacing tapi bukan cacing,karena bloodworm adalah bagian dari larva lalat midge fly (Chironomidae).

Kekhasan cacing darah yang berwarna merah cerah disebabkan oleh kandungan hemoglobin yang tinggi didalam tubuhnya.

Karena itulah, cacing darah menjadi makanan ikan oscar agar warnanya bagus untuk mencerahkan batikan warna oscar yang masih muda. Untuk menemukannya, tinggal beli di toko ikan hias maupun toko online.

#11. Pelet Ikan

Makanan Ikan Oscar
Gambar Pelet

Makanan ikan oscar satu ini sangat berkualitas tinggi, karena oleh pabrik telah terjamin kandungan karbohidrat, protein, dan kalsium.

Semua kandungan nutrisi tersebut baik untuk pertumbuhan ikan oscar. Kekurangan dari makanan ikan oscar ini yang merupakan pelet yang berkualitas baik yaitu memiliki harga yang mahal.

Tetapi itu semua kembali kepada pemiliknya, jika ikan oscar yang kita pelihara ingin memiliki harga jual mahal dan cantik tentu tidak masalah memberikan pelet dengan harga mahal.

Adapun jenis-jenis pelet buatan pabrik dan harganya ada di bawah ini:

a). Hikari Growth Sinking

Harga: Rp 175.000/1 kg.

Pellet buatan ini cukup unik, karena pelet ini dibuat dari bahan-bahan alami meliputi buah alpukat, bawang putih, dan juga Wheat Germ Oil.

Kandungan protein dalam pellet ini cukup tinggi, sekitar 40%. Selain itu, Hikari Growth Sinking juga mengandung probiotik yang bagus untuk perkembangan ikan.

b). Tetra Bits Complete

Harga: kurang lebih Rp 30.000 (30 gram).

Tetra Bits masuk dalam salah satu jenis pakan hias terbaik dan berkualitas tinggi. Kandungan nutrisi didalamnya telah disesuaikan dengan kebutuhan dari ikan Oscar oleh produsennya.

Dalam pelet buatan ini mengandung vitamin dan trace elemen. Khususnya Vitamin C, sangat bagus untuk menjaga daya tahan dan kesehatan ikan oscar peliharaan kalian.

c). Akari Maggot Pro

Harga: Rp 17.500 – Rp 25.000 (tergantung ukuran).

Akari Maggot Pro merupakan merek yang populer karena harganya yang terjangkau bagi kalangan bawah dan menengah.

Selain itu, kandungan nutrisi protein dalam merk ini cukup bagus, yaitu sebanyak 45%. Sehingga cocok untuk dijadikan sebagai pakan semua ikan hias predator, termasuk ikan Oscar.

d). Bio Top

Harga: Rp 25.000 – Rp 35.000 (tergantung jenis dan ukuran)

Bio Top merupakan salah satu merk pakan ikan yang cukup populer, karena bisa membantu mengatasi masalah pada nafsu makan ikan dan ketergantungan terhadap pakan alami.

Kandungan nutrisi dalam pakan Bio Top cukup bagus, karena mengandung asam amino dan juga protein, yang mana kedua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan.

Selain itu, Bio Top juga tersedia dalam beberapa varian, seperti cacing kering dan ulat hongkong kering, sehingga hal ini akan sangat memudahkan kita karena praktis.

e). Aquafin Natural Fish Food

Harga: Rp 60.000,00

Merk pakan satu ini terbuat dari bahan yang mengandung krill di dalamnya, sehingga sangat bagus untuk menambah nafsu makan dari ikan Oscar.

Bahan krill yang mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak dapat membantu diet dari ikan Oscar peliharaan kalian jika diberikan secara harian.

f). Vibra Bites

Harga: Rp 5.000 (5 gram).

Pellet dari Vibra Bites merupakan pelet bertipe Very Slow Sinking, yang berarti pakan ini tidak mudah tenggelam dalam air.

Vibra Bites juga mampu untuk membantu dalam mencerahkan corak warna ikan Oscar. Kandungan nutrisi dalam Vibra Bites juga tak kalah bagus dengan merk lainnya.

Pelet ini kaya akan protein, karoten dan juga vitamin sehingga cocok untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan oscar kalian.

g). GS-18 Royal Red

Harga: Rp 35.000 (100 gram).

Jika kalian ingin mengembangkan corak warna dari ikan oscar, maka GS-18 Royal Red bisa menjadi pilihan untuk pakan harian.

Karena, jenis pakan ini mengandung ekstrak minyak nabati yang dapat membantu merawat kulit ikat dan juga mengandung karoten yang cukup tinggi sehingga cocok untuk mengembangkan warna ikan.

Selain itu, Royal Red juga mengandung omega 3 dan omega 9, serta berbagai Vitamin lainnya yang sangat cocok untuk menjaga daya tahan dan kesehatan ikan Oscar sehari-hari.

Penutup

Baik, mungkin itu saja pembahasan kita mengenai makanan ikan oscar. Jika ada pertanyaan seputar makanan ikan Oscar, jangan ragu untuk komen di kolom komentar yah.

Author juga dengan senang hati menerima berbagai saran, kritik ataupun masukan dari kalian. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjawab permasalahan kalian.

Terima kasih.

Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.