Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Nila

6 min read

Makanan Ikan Nila

Makanan Ikan Nila – Untuk kamu yang ingin membudidayakan ikan nila, kamu harus tahu dulu ilmu tentang ikan nila. Terutama pada point makanan ikan nila apa yang akan kamu gunakan, kamu wajib mengetahui makanan apa saja yang boleh diberi dan dimakan ikan nila.

Dengan tahu ilmunya, setidaknya kamu bisa mengerti dasar dasar untuk memelihara ikan satu ini. Seperti yang kamu lakukan sekarang saat ini, kamu mencari informasi pasti tentang makanan terbaik untuk usaha budidaya ikan nila di rumahmu.

Nah, pilihanmu tepat sekali. Yuk simak ulasan berikut tentang makanan yang baik dan tentunya sehat untuk ikan nila.

Hal Penting Sebelum Memilih Pakan Ikan Nila

Makanan Ikan Nila
Sumber: Pintarpet.com

Kamu harus memperhatikan pemberian pola makan ikan nila mu. Berikan ikan nila makan yang cukup dan perhatikan juga nutrisi yang diperlukan untuk membantu pertumbuhan dari ikan lele.

Gunakan satu jenis pakan untuk ikan nila mu, baru diganti saat ikan sudah terlihat tidak mau makan pakan yang kamu berikan. Untuk menghindari resiko penyakit pada ikan nila kamu boleh mencampurkan vitamin ikan ke makanan yang kamu berikan.

Dalam budidaya ikan nila, makanan adalah faktor terpenting yang menunjang hidup ikan yang akan/sedang kamu budidayakan. Dan untuk menentukan makanan yang tepat kamu harus mengerti sekilas karakteristik dan kebiasaan ikan nila.

Ikan nila merupakan ikan air tawar yang bisa dengan mudah beradaptasi dengan habitat baru seperti kolam dan empang. Ikan ini juga memiliki alur perkembangbiakan yang cukup cepat. dan Ikan nila juga salah satu jenis ikan omnivora.

Seperti yang saya sebutkan barusan, menjelaskan bahwa ikan nila itu merupakan ikan yang sangat mudah dipelihara. Asal mengerti caranya dan penting makanan nya sehat dan terkontrol.

Nah untuk makanan ikan nila di alam liar yang sehat, berikut ini saya sudah siapkan beberapa rekomendasi pakan ikan nila yang bisa kamu gunakan untuk usaha budidaya ikan yang akan kamu jalani.

Pakan Alami Untuk Makanan Ikan Nila

Makanan Ikan Nila
Sumber : infoikan.com

Seperti namanya, pakan alami ini merupakan jenis makanan yang berasal dari alam. Makanan ikan ini bisa berupa tumbuhan atau hewan. Pakan jenis ini banyak diminati karena merupakan alternatif makanan murah untuk budidaya ikan nila.

Selain murah, pakan jenis ini juga sangat mudah didapat. Kamu bisa mencari beberapa pakan alami berikut disekitar rumah kamu atau juga dengan membelinya di pasar karena murah.

Dari segi nutrisi, Pakan alami memiliki keunggulan pada kandungan gizi yang baik untuk kesehatan ikan nila. Untuk penggunaanya juga tidak ribet kamu hanya perlu membentuk nya dalam potongan kecil atau bisa juga dengan langsung memberikannya secara utuh.

Berikut makanan alami yang bisa kamu gunakan untuk pakan ikan nila.

1. Plankton dan Fitoplankton

Saat akan memulai untuk membudidayakan ikan nila, kamu harus memberi makanan ikan nila baru menetas berupa plankton. Untuk membuat kolam dengan isi plankton, masukan pupuk kkamung ke dalam kolam yang bersih dan diamkan selama beberapa hari.

Pertumbuhan plankton biasanya bisa diindikasikan dengan perubahan warna pada kolam. Plankton ini sangat penting untuk menjadi pakan ikan nila yang masih dalam bentuk bibit.

Plankton memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang akan sangat membantu dalam mempercepat pertumbuhan bibit nila. Dengan tumbuhnya plankton, bisa mengindikasikan kalau kolam yang akan kamu gunakan itu aman untuk ikan nila.

2. Daun Singkong

Makanan Ikan Nila

Daun singkong bisa dijadikan salah satu alternatif pakan untuk ikan nila. Singkong ini bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah, apalagi jika kamu atau tetanggamu yang memiliki kebun singkong. Kamu bisa mendapatkanya secara percuma.

Untuk memberikan makan ikan nila dengan daun singkong, kamu harus memotong daun singkong sampai daun berbentuk kecil (dicacah).

3. Ampas Kelapa

Makanan Ikan Nila

Saat kamu membuat santan pastinya kamu menghasilkan ampas kelapa yang tidak akan bisa dimanfaatkan lagi. Ampas kelapa akan menjadi limbah dan tentunya kamu buang.

Tapi sebelum kamu buang, lebih baik kamu lemparkan saja ampas kelapa ke kolam ikan nila untuk dijadikan pakan ikan nila. Apakah ikan nila mau? Jawabannya iya, ikan nila sebagai ikan omnivora juga mau memakan ampas kelapa yang kamu berikan.

4. Azolla Pinnata

Makanan Ikan Lele

Kamu mungkin belum kenal dengan tumbuhan ini, azolla pinnata ini merupakan sejenis tumbuhan paku air yang berukuran kecil. Tumbuhan paku yang mengambang ini bisa mengikat nitrogen langsung dari udara dan bersimbiosis dengan bakteri biru.

Untuk fungsinya tumbuhan ini sangat baik jika dimanfaatkan untuk pupuk hijau dan juga makanan ikan nila kecil. Tumbuhan paku ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang baik untuk ikan.

5. Daun Talas

Makanan ikan

Daun talas juga bisa digunakan sebagai alternatif pakan untuk ikan nila.Tumbuhan talas sangat mudah ditemukan, bahkan bisa kamu temukan daun ini tumbuh liar di kebun sekitar rumah kamu.

Sebelum memberi makan ikan nila dengan daun talas, kamu harus bersihkan dulu daun sampai bersih. lalu daun tadi kamu potong kecil-kecil disesuaikan dengan mulut ikan.

6. Kangkung

Makanan ikan nila

Sayuran yang merupakan favorit banyak orang ini (termasuk saya juga hehe), ternyata bisa digunakan untuk pakan yang baik untuk hewan ternak. Kamu bisa memberi ikan nila di rumahmu dengan kangkung.

Kangkung memiliki kandungan zat besi yang baik untuk membantu pertumbuhan sel dalam tubuh ikan. Disarankan menanam sendiri kangkung di rumah untuk memastikan keamanan kangkung tersebut.

7. Lumut

Makanan Ikan

Ikan nila juga bisa memakan tumbuhan alga atau yang biasa kita sebut lumut. Jika ingin mencoba lumut untuk pakan ikan nila. Kamu harus mencarinya di sungai, biasanya lumut ada di bagian tepian sungai atau bisa juga di celah celah batu.

8. Sisa Sayuran

Makanan Ikan Nila

Untuk sisa sayuran kamu bisa mendapatkanya di pasar, kamu bisa meminta atau membelinya langsung ke penjual nya. Pakan jenis ini merupakan alternatif paling bagus untuk kamu yang ingin membangun peternakan organik.

Penting untuk diingat, sayur yang dipakai adalah sayur yang belum terjual apalagi terbaik dan kondisinya masih bisa dibilang layak.

9. Maggot

Makanan ikan nila

Maggot atau larva lalat ini bisa kamu jadikan sebagai suplemen penyuplai protein bagi ikan nila. Kamu bisa mendapatkan maggot dengan membelinya di toko peternakan atau bisa juga dengan melakukan pembiakan sendiri.

10. Lemna SP

Makanan Ikan Nila

Lemna juga merupakan salah satu tumbuhan yang baik untuk digunakan sebagai pakan ikan nila. Tumbuhan ini memiliki kandungan protein dan  mineral yang baik untuk membantu pertumbuhan dari ikan nila.

Lemna ini merupakan tumbuhan yang memiliki masa hidup yang singkat, hanya 10 hari. untuk penggunaan nya kamu bisa memilih untuk menggunakannya dalam  keadaan kering atau basah.

Tumbuhan ini sebagian besar bagian tubuhnya berisi air, karena banyaknya air dalam tubuhnya. Kamu bisa menemukan perbedaan besar saat membandingkan berat lemna saat basah dan kering.

11. Wolffia

Makanan Ikan Nila

Hampir sama seperti lemna tumbuhan yang merupakan jenis bunga terkecil di dunia ini juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ikan nila. Tapi kamu juga harus berhati hati saat memberi kan tumbuhan ini ke ikan mu.

Karena cepatnya perkembang biakan dari tumbuhan wolffia ini bisa mengganggu ekosistem dari kolam bahkan bisa menghalangi sinar matahari masuk ke kolam.

12. Kroto

Larva semut atau yang biasa disebut juga dengan istilah kroto ini menjadi salah satu makanan kegemaran dari ikan nila. Ikan ini akan sangat lahap memakan kroto yang kamu berikan.

Meskipun kamu harus menyiapkan budget lebih untuk mendapatkannya. Tapi ini sebanding dengan khasiat yang kamu dapatkan berupa kandungan nutrisi yang baik terutama proteinnya yang banyak.

Pakan Alternatif Untuk Makanan Ikan Nila

Makanan Ikan Nila

selain pakan alami, kamu juga bisa juga membuat olahan yang bisa kamu jadikan untuk ikan nila yang kamu budidayakan. Umpan olahan banyak digunakan untuk makanan ikan nila karena kandungan nutrisi nya dinilai lebih seimbang dan banyak dibanding dengan pakan ikan alami.

Biasanya pakan olahan terdiri dari satu atau lebih bahan makanan yang bisa digunakan untuk pakan ikan nila. Terkadang pembuatan nya pun juga memperhatikan komposisi dari kandungan gizi dari pakan olahan yang sedang dibuat.

Karena kualitasnya yang terjamin, beberapa jenis makanan ini bisa memiliki harga jual yang tinggi. Berikut ini beberapa jenis pakan olahan untuk ikan nila yang biasa digunakan oleh para peternak ikan nila.

1. Dedak

Makanan Ikan Nila

Dedak ini biasa nya berasal dari gilingan jagung atau nasi yang biasa digunakan sebagai makanan ternak dan nasi jagung. Umpan ini juga baik jika digunakan sebagai makanan ikan nila.

Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk ikan nila. Kamu bisa memberikan pakan ikan ini dengan cara menaburkan nya keseluruh kolam ikan nila.

2. Pelet

Makanan Ikan Lele

Pelet ikan biasanya terdiri bahan-bahan pilihan yang diolah menjadi satu komposisi dengan memperhitungkan kandungan nutrisi pada setiap bahan. Biasanya pelet yang seperti ini merupakan pelet yang dibuat dengan teknologi pabrik dan biasanya berharga mahal.

Selain pelet jadi seperti yang baru saya jelaskan, kamu juga bisa membuat pelet sendiri dengan mudah. Kamu bisa membuat makanan ikan nila sesuai dengan kemauanmu sendiri.

Biasanya pelet seperti terdiri ini dari beberapa bahan seperti pelet pabrik, jagung, campuran sayur, daging dan lain sebagainya.

Orang membuat pakan olahan campur ini bertujuan untuk memperkecil biaya yang dibutuhkan saat menggunakan pelet sebagai bahan makanan ikan.

3. Tepung Cacing

Makanan Ikan Nila

Tepung cacing merupakan olahan yang terbuat dari cacing yang dikeringkan (sampai benar-benar kering) lalu digiling sampai halus. Kamu bisa menyajikan makanan ini secara langsung atau bisa juga dijadikan sebagai  bahan campuran pelet.

4. Tepung Bekicot atau Keong Emas

Makanan Ikan Nila

Bekicot juga bisa kamu jadikan seperti tepung cacing. Kamu hanya perlu membersihkan daging bekicot, rebus sampai matang, lalu dikeringkan sampai kering. Dan setelah kering bisa kamu giling sampai bentuknya berubah menjadi seperti tepung.

5. Tepung Ikan Rucah

MAkanan nila

Ikan rucah juga bisa menjadi pakan dalam bentuk tepung ikan. Kamu hanya perlu merebus ikan lalu mengeringkan ikannya sampai kering. Setelah kering ikan bisa kamu giling sampai halus, untuk cara penyajianya kamu bisa memberikan makan secara langsung atau bisa juga sebagai bahan tambahan pelet buatan.

6. Sisa Nasi

Makanan nila

Dari pada membuang nasi yang tidak termakan, kamu masih bisa menggunakan nasi itu untuk hal yang lebih berguna. Misalnya seperti untuk pakan ikan nila mu. Atau bisa juga kamu gunakan untuk campuran pelet ikan.

7. Sisa Roti

makanan nila

Kamu bisa membeli roti yang tidak terjual tapi sudah lewat masa kadaluarsa nya untuk dijadikan sebagai makanan nila. Roti ini bisa juga kamu olah dengan menghaluskan roti sampai berbentuk seperti tepung lalu kamu jadikan bahan untuk pelet ikan.

Penutup

Makanan ikan nila sangat penting untuk ikan nila, terutama pada masa pertumbuhan. Ikan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik jika makanan yang kamu berikan itu adalah makanan yang berkualitas.

Kamu tidak perlu membeli pakan yang mahal untuk mendapatkan pakan yang baik, kamu bisa membuatnya sendiri. Dengan membuat pelet yang terdiri dari beberapa bahan yang sudah saya jelaskan diatas dan mendapatkan pakan yang baik tetapi harganya lebih terjangkau.

Nah sepertinya sudah sampai disini dulu pembahasan saya kali ini. Untuk kesalahan kata dan ejaan yang ada saya meminta maaf sebesar-besarnya. Kamu juga boleh memberi masukan untuk situs kami dengan memberikan komentar berupa saran atau kritik.

Dan, jika kamu rasa konten kali ini bermanfaat kamu bisa membagikan halaman ini ke teman-temanmu.

Terima kasih karena telah membaca postingan saya kali ini, semoga konten kali bisa bermanfaat.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.