Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Neon Tetra

3 min read

Makanan Ikan Neon Tetra

Makanan Ikan Neon Tetra – Ikan neon tetra merupakan salah satu jenis ikan hias favorit untuk para pecinta aquascape. Dengan ciri khas warna pada tubuhnya yang terang menyala, tak heran jika ikan kecil & imut ini banyak dijadikan peliharaan untuk menghias aquarium.

Untuk kamu yang ingin memelihara ikan, tentunya kamu harus tau makanan yang baik untuk ikan neon tetra. Ini karena ikan neon tetra membutuhkan asupan dengan nutrisi yang lengkap untuk memenuhi angka kebutuhan gizi yang berguna untuk menunjang hidupnya.

Nah pastinya kamu makin ingin tahu apa saja makanan ikan neon tetra yang memiliki asupan nutrisi yang baik untuk ikan neon tetra. Untuk itu, yuk simak ulasan tentang makanan ikan tetra peliharaan terbaik yang sudah saya siapkan berikut ini.

Makanan Ikan Neon Tetra Di Aquarium

Makanan Ikan Neon Tetra

Ikan hias kecil dengan warna eksotis ini merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari perairan amazon. Ukurannya cukup kecil, hanya sekitar 3-5 cm saja. Meski seperti itu, ikan ini memiliki ciri khas yakni pada tubuhnya yang berwarna terang.

Ikan ini merupakan omnivora atau pemakan segala. Di habitat aslinya ikan ini bisa memakan organisme kecil yang ada di perairan habitatnya berada. Ikan ini juga cukup mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Makanan untuk ikan ini pun beragam, tidak terlalu sulit untuk menentukan makanan untuk ikan omnivora. Untuk kamu yang ingin memelihara ikan neon tetra. Tentunya kamu harus mengetahui apa saja makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ikan ini.

Ini karena ikan ini membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk menunjang kehidupannya. Karena tingkat mortalitasnya yang tinggi ikan harus mendapat asupan nutrisi yang tepat. Kamu memang harus memperhatikan sungguh-sungguh untuk asupan yang kamu berikan untuk ikan ini.

Semakin baik kualitas makanan yang kamu berikan, semakin besar pula manfaat yang didapat oleh ikan peliharaan.

Nah untuk kamu yang ingin menggunakan makanan alami, kamu bisa mencoba beberapa makanan alami yang sudah saya siapkan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak kutipan tentang pakan alami ikan neon tetra yang wajib kamu coba berikut ini.

Larva serangga

Makanan Ikan Neon Tetra

Larva serangga sangat baik untuk dijadikan pakan ikan neon tetra di aquarium, terutama untuk mempercepat pertumbuhan ikan peliharaan. Ikan neon tetra memang cenderung memakan serangga serangga kecil, dan kamu juga bisa memanfaatkan larva nya.

Untuk larva serangga yang bisa kamu gunakan adalah maggot, jentik-jentik nyamuk, dan kroto. Larva serangga menjadi makanan yang baik untuk ikan, ini karena kandungan protein nya yang tinggi baik untuk kesehatan tumbuh kembang dari ikan peliharaan mu.

Cacing

Lalu ada cacing yang bisa kamu pilih untuk dijadikan pakan ikan neon. Cacing memang sering digunakan untuk dijadikan makanan hampir semua jenis ikan.

Dengan kandungan protein lebih dari 70% dalam tubuhnya, tentunya jenis makanan akan sangat membantu dalam masa pertumbuhan ikan. Tak heran jika cacing menjadi makanan terbaik untuk ikan.

Untuk cacing yang bisa kamu pilih, kamu bisa menggunakan cacing sutra atau cacing darah. kedua cacing tersebut sama sama baik dan perlu kamu coba memberikannya terhadap ikan peliharaanmu.

Wafer Alga

Makanan Ikan Neon Tetra

Sebagai ikan omnivora, alga menjadi salah satu makanan ikan ini saat di habitat aslinya. Dan perlu kamu ketahui, ternyata alga memiliki kandungan nutrisi bahkan menjadi sumber protein tinggi yang baik untuk ikan yang memakannya.

Artemia

Dan terakhir ada artemia atau udang renik yang hidup di perairan air asin dangkal. Artemia mengandung protein yang tinggi yang tentunya baik untuk dikonsumsi ikan ini. Selain itu, artemia juga bisa mempercerah warna dari ikan neon agar terlihat semakin bersinar.

Pelet Makanan Ikan Neon Tetra

Makanan Ikan Neon Tetra

Selain pakan alami, kamu juga bisa menggunakan makanan ikan neon tetra buatan. Makanan jenis ini merupakan makanan yang terdiri dari beberapa bahan pilihan yang dicampur untuk dijadikan makanan.

Pakan ini berupa pelet, biasanya pakan ini diproduksi oleh pabrikan dan bisa juga dibuat sendiri secara manual. Banyak keuntungan dan manfaat yang terkandung dalam pakan alami.

Diantaranya adalah nutrisi yang terkandung dalam pakan dan akses yang mudah untuk mendapatkan ikan ini. Karena kandungan nutrisinya yang lebih lengkap, pakan buatan dinilai lebih efektif untuk dijadikan makanan utama dari ikan.

Kandungan ini berasal dari bahan-bahan alami yang digunakan seperti dedak, jagung, ikan, beberapa serangga, dan beberapa jenis makanan lain sesuai kebutuhan. Tak jarang juga makanan buatan yang sudah disertai dengan vitamin untuk mengoptimalkan asupan yang diberikan pada ikan.

Selain kandungan nutrisi nya yang melimpah, pakan ini juga cukup mudah untuk didapatkan. Banyak toko hewan peliharaan atau pun toko ikan hias yang menyediakan pakan buatan untuk ikan neon tetra.

Untuk harganya sendiri beragam, bisa dilihat dari kualitas makanan yang akan dibeli. Jika kamu ingin menggunakan makanan ikan neon tetra. Lebih baik kamu menggunakan pelet apung, karena pelet ini lebih ramah lingkungan.

Untuk jenis pelet yang bisa kamu gunakan terserah, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu punya. Nah untuk membantumu memilih pelet yang tepat, saya sudah siapkan beberapa rekomendasi pelet yang baik untuk kamu gunakan.

Semua bisa kamu lihat pada list pelet berikut ini:

  1. Tetra Bits Complete
  2. Extera Gold Complete
  3. PK-Bit
  4. Hikari Micro Pellets
  5. Microvits
  6. Akari Tropical
  7. Inch Gold Growth
  8. Spirulina Tablets
  9. Algae Wafer

Tips Pemberian Makanan Ikan Neon Tetra

Kamu juga tidak boleh asal dalam pemberian makanan ikan neon tetra. Tentukan dulu jenis pakan yang akan kamu gunakan sesuai dengan usia ikan neon tetra peliharaan mu.

Jika kamu memelihara ikan yang masih kecil (burayak), maka lebih cocok jika kamu memberikan kutu air dan cacing sutra untuk dijadikan makanan ikan. Dan baru jika sudah cukup besar dan dikira membutuhkan makanan yang lebih banyak.

Kamu bisa menggunakan makanan alami atau buatan yang sudah saya bahas diatas. Jangan berlebihan dalam memberikan pakan, karena bisa berdampak pada kesehatan ikan neon peliharaanmu.

Selain itu, dengan memberikan makanan secara berlebihan juga bisa membuat kolam menjadi kotor dengan sisa makanan sebagai polutan di air. Kamu bisa memberikan makan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Selain itu, gunakan menu makanan yang bervariasi agar ikan tidak mudah bosan dan nafsu makannya selalu terjaga. Lalu untuk mengoptimalkan nutrisi yang didapat oleh ikan.

Kamu bisa menggunakan kedua jenis makanan diatas, digunakan secara bergantian. Serta kamu harus konsisten dalam memilih waktu makan ikan.

Penutup

Nah sekian yang bisa saya sampaikan tentang makanan ikan neon tetra. Sudah kita ketahui jika makanan yang kamu pilih untuk ikan hias peliharaan akan sangat berpengaruh dengan ikan yang kamu pelihara.

Gunakan pakan dengan kualitas terbaik untuk ikan peliharaan kesayanganmu di rumah. Semakin baik pakan yang kamu berikan, maka semakin besar pula manfaat yang didapat oleh ikan peliharaan.

Saya mohon maaf jika ada salah dalam bentuk apapun dalam tulisan ini. Kamu juga bisa memberikan kami masukan berupa kritik dan saran pada kolom komentar. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung dan membaca di faunanesia.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.