Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Mujair

5 min read

Makanan Ikan Mujair – Ikan mujair adalah jenis ikan yang biasa dipelihara dan dibudidayakan di indonesia. Banyak masyarakat yang gemar mengkonsumsi Ikan mujair walaupun hanya mempunyai daging yang sedikit tetapi rasa yang manis dan gurih sangat lezat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ikan mujair merupakan ikan budidaya yang memiliki pasar lumayan, dan juga banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Sehingga saat ini banyak orang yang tengah giat melakukan usaha budidaya ikan mujair.

Karena cara perawatannya yang mudah, makanan ikan mujair juga sangat mudah untuk ditemukan dan tentunya tidak memakan banyak biaya sangat menghemat biaya. Apa saja makan yang bisa diberikan untuk ikan mujair? Simak artikel berikut.

Makanan Alami Ikan Mujair

Makanan alami ikan mujair adalah makanan yang berasal dari bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan. Keuntungan dari pakan alami diantaranya adalah, mudah didapat dan harganya murah.

Namun dalam pemberian pakan alami tidak praktis dan lumayan repot. Ada banyak jenis makan alami yang bisa kamu berikan untuk ikan mujair. Apa saja makanan alami untuk ikan mujair? Yuk simak artikel berikut ini.

1. Daun Talas

Daun Talas

Talas adalah salah satu jenis tanaman yang multifungsi, baik dari umbinya maupun daunnya yang bisa dikonsumsi. Bukan hanya dikonsumsi oleh manusia saja, tetapi daun talas juga bisa dikonsumsi oleh ikan mujair.

Manfaat dari pakan daun talas ini yaitu bisa meningkatkan berat badan ikan mujair, serta membuat ikan mujair menjadi lebih besar dan juga lebih gemuk. Oh iya daun talas ini mempunyai ciri khas daun yang sangat lebar dengan bentuk hati.

Cara pemberian pakan ini tidak diberikan secara langsung, melainkan harus dicincang kasar tidak perlu sampai halus terlebih dahulu. Untuk Pemberian daun talas ke ikan mujair bisa dilakukan satu atau dua minggu sekali sebagai menu tambahan ikan.

2. Kayu Apu Dadak

Kayu apu dadak

Tanaman kayu apu dadak atau azolla pinnata adalah sejenis tanaman paku-pakuan atau pakis air. Kamu bisa menjumpai tanaman ini di persawahan yang sering terlihat mengambang. Kayu Apu Dadak memiliki daun yang berbentuk segitiga dan berukuran kecil. Ukurannya sekitar 1-5 cm dan daunnya saling tumpang tindih, tampak bergerombol.

Tanaman ini mampu bersimbiosis dengan  Anabaena azolla atau bakteri biru yang dapat mengikat nitrogen. Azolla pinnata memiliki kemampuan untuk mengelola limbah dalam air dengan sangat baik. Bukan hanya itu saja, Azolla pinnata juga bisa digunakan sebagai pupuk organik untuk sawah oleh para petani.

Kayu apu dadak memiliki kandungan protein yang memungkinkan untuk dijadikan pakan ternak unggas dan ikan. Salah satunya digunakan sebagai pakan ikan mujair. Selain protein, kayu apu juga mengandung kalium dan fosfor yang bisa meningkatkan berat badan ikan mujair dan meningkatkan imun ikan mujair.

3. Kangkung

Kangkung

Kangkung bisa dimanfaatkan sebagai makanan alami ikan Mujair. Tanaman kangkung ini termasuk dalam spesies ipomea aquatica fooo. Mulai dari ikan mujair yang masih kecil hingga ikan mujair dewasa sanal menyuka umpan ini, karena bisa mempercepat pertumbuhan. menggunakan umpan ini akan menghemat biaya pengeluaran karena harga kangkung murah serta mudah didapat di pasar-pasar.

4. Lumut

Umpan lumut

Makanan alami ikan mujair alami yang selanjutnya yaitu lumut. Pakan yang satu ini sangat mudah didapatkan, karena lumut akan tumbuh ditempat-tempat yang lembab. Jadi lumut seringkali muncul di kolam ikan mujair bukan? Apabila keberadaan lumut di kolam tidak terlalu mengganggu, biarkan saja dan bisa menjadi pakan tambahan.

Ikan mujair sangat menyukai lumut, karena menggunakan pakan lumut yang bisa tumbuh dengan sendiri sehingga akan menghemat biaya pengeluaran. Namun, jangan memberikan pakan lumut dalam jumlah yang terlalu banyak karena akan membuat kolam menjadi kotor yang menghambat pertumbuhan ikan.

5. Pisang

Umpan Pisang

Pisang adalah buah yang memiliki kandungan potasium sehingga sangat baik dijadikan pakan untuk ikan mujair. Namun sayangnya jika terlalu lama didalam air pisang akan cepat terurai, sehingga kolam akan menjadi keruh dan kotor. Jadi kamu bisa tidak bisa menggunakan pakan ini untuk sehari-hari.

6. Artemia

Umpan artemia

Artemia adalah hewan air yang mempunyai ukuran tubuh yang sangat kecil sekitar 1-2 cm dengan berat sekitar 10 miligram per ekornya. Namun meski ukurannya sangat kecil, artemia ini kaya akan kandungan gizi, yaitu protein dan lemak yang tinggi.

Dengan kandungan yang dimiliki artemia ini kamu bisa menggunakannya untuk pakan ikan mujair, lebih cocok untuk anakan ikan mujair sehingga pertumbuhannya akan semakin cepat. Apalagi bagi ikan mujair yang baru menetas.

7. Cacing Tanah

umpan cacing

Cacing tanah yang seringkali digunakan untuk umpan mancing, juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk ikan mujair loh. Kandungan lemak dan protein yang terdapat pada cacing tanah baik untuk pertumbuhan ikan mujair.

Selain itu, kandungan mineral yang dimiliki cacing tanah bisa mencapai hingga 60 persen sehingga ikan mujair gemar mengkonsumsi pakan ini.

8. Kecambah

Umpan Kecambah

Kecambah adalah makanan alami yang bisa kamu berikan untuk ikan mujair, kecambah memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah untuk dikonsumsi ikan. Namun jika ingin lebih memudahkan lagi kamu bisa rebus terlebih dahulu sehingga teksturnya akan lebih empuk.

Dengan merebus kecambah trlrbih dahulu juga bisa mengurangi kolam kotor dan keruh ketika menggunakan umpan ini. Untuk mendapatkan umpan ini kamu bisa membelinya di pasar.

9. Tumbuhan Hijau

Tumbuhan hiaju

Tumbuhan daun hijau yang bisa dijadikan sebagai makanan bagi ikan mujair selai daun talas, ada daun singkon dan daun pepaya. Dengan menggunakan paXssskan ini tentu akan sangat menghemat biaya pengeluaran. sebelum memberikan paka ini alangkah baiknya kamu cuci terlebih dahulu agar terbebas dari pestisida.

10. Nasi

Umapn nasi

Nasi mempunyai kandungan karbohidrat dan sangat bagus untuk membantu pertumbuhan ikan mujair. Namun sayangnya nasi tidak memiliki kandungan protein dan lemak, jadi jika menggunakan pekan ini  kamu bisa menambahkan dengan bahan lain seperti  dedak atau sisa makanan lainya. Tetapi sisa nasi ini akan membuat kolam menjadi kotor dan berminyak.

11. Dedak

umpan dedak

Dedak bisa dijadikan sebagai pakan untuk ikan mujair, terlebih bagi ikan mujair yang masih kecil pakan ini sangatlah cocok. Jika pemberian pakan ini dilakukan secara teratur, maka mempercepat pertumbuhan ikan mujair.

Sama seperti nasi, karbohidrat yang terkandung di dalam dedak ini sangat tinggi ditambah harga dari dedak sangat murah serta bisa dengan mudah ditemukan di warung-warung.

Makanan Buatan Ikan Mujair

Makanan buatan ikan mujair adalah makanan yang dibuat oleh manusia dari berbagai macam bahan baku dengan kandungan gizi tinggi. Dalam pembuatan pakan ini disesuaikan dengan kebutuhan ikan dan sangat memperhatikan ukuran dan sifat ikan.

Pakan buatan dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk mengantisipasi apabila terjadi kekurangan pakan alami, karena kontinuitas produksinya yang tidak dapat dipastikan. Dengan membuat pakan buatan ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan makanan ikan.

Ada beberapa jenis makanan ikan buatan yang bisa diberikan untuk ikan mujair. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Pelet Bekicot

Bentuk dan tekstur bekicot terkadang bisa membuat sebagian orang merasa geli, apalagi dengan lendirnya. Walaupun begitu tetap saja bekicot ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, dan cocok untuk diolah dalam bentuk pelet.

Seperti halnya pelet cacing, pembuatan pelet ini juga membutuhkan beberapa bahan tambahan. Bahan tambahan tersebut antara lain jagung giling, dedak, ampas tahu dan tepung kedelai yang tentunya memiliki nilai gizi yang tinggi.

2. Pelet Sayuran

Sebenarnya pelet ikan mujair tidak mahal, namun jika bisa membuat pelet sendiri di rumah akan lebih hemat. Selain bisa menghemat biaya, kamu juga tahu bahan apa saja yang ada di dalamnya dan apakah bahannya bagus atau tidak.

Cara yang bagus untuk dicoba adalah dengan menggunakan sayuran berdaun hijau dalam bentuk campuran pelet. Beberapa sayuran seperti selada, daun talas, daun singkong dan daun bayam juga akan sangat bermanfaat bagi ikan.

3. Pelet Cacing Tanah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cacing tanah ini mengandung lemak dan protein yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan mujair. Selain memberi cacing tanah mentah, kamu juga bisa membuat campuran cacing dengan beberapa bahan sehingga menjadi pelet sebagai pakan ikan mujair.

Pelet berbahan baku utama cacing ini bisa dibuat dengan beberapa bahan campuran lain. Bahan-bahan tersebut antara lain tepung terigu, telur ayam, tepung kanji dan dedak. Dengan bahan yang sudah dipertimbangkan tersebut berguna untuk mempercepat pertumbuhan ikan mujair.

Tips Pemberian Makan Ikan Mujair yang Paling Tepat

Setelah mengetahui jenis-jenis makanan terbaik untuk ikan mujair. Supaya hasil peliharaanmu memuaskan ada baiknya kamu juga perlu mengetahui tips dalam memberikan makanan yang tepat bagi ikan mujair.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain adalah:

  • Pemberian makan harus dilakukan secara rutin yaitu sehari sebanyak 3 kali, tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan ikan mujair.
  • Pilih waktu yang tepat
  • Perhatikan porsi yang diberikan pada ikan mujair, karena jika asal memberikan tanpa memperhatikan posisinya akan membuat ikan mujair menjadi kelaparan atau kegendutan karena kekenyangan. Perkiraan untuk besaran dan banyakan dari makanan ini sendiri adalah  1 hingga 2 kg pelet untuk populasi 400 – 500 ekor benih ikan mujair.
  • Perhatikan juga keseimbangan gizi yang dimilikinya yakni 30% lemak, 15% karbohidrat, dan 28% protein.

Ternyata memang banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih makanan ikan mujair dan dalam pemberiannya. Jadi perhatikan dengan baik dan jangan asal-asalan dalam memberikan makan pada ikan mujair, supaya ikan bisa tumbuh sehat dan kuat.


Demikian artikel mengenai makanan ikan mujair alami, makanan buatan ikan mujair, dan tips pemberian makan ikan yang paling tepat. Dengan memperhatikal hal-hal tersebut akan membantu pertumbuan ikan mujair dan menjaga kesehatan ikan. Jangan sampai salah pilih makan ya.

Terimaksih sudah berkunjung pada website kami, semoga dengan artikel ini bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi pemberian makan dan jenis makanan yang bagus. Sampai jumpa Salam Faunanesia.

Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.