Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Mas

5 min read

Makanan Ikan Mas – Ikan mas memiliki daging yang empuk dengan rasa gurih, hal tersebut yang membuat ikan mas banyak dikenal di kalangan masyarakat indonesia.

Sekarang ini sudah banyak yang membudidayakan ikan mas, karena banyak yang membutuhkan ikan mas dan juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis.  Agar budidaya ikan mas berhasil kamu harus memperhatikan pakan yang kamu berikan pada ikan mas kamu.

Sebab untuk membantu perkembangbiakan dan pertumbuhan yang bagus kamu harus memilih pakan terbaik. Bukan hanya itu saja, pakan terbaik juga bisa menghindarkan ikan mas dari penyakit yang membahayakan.

Berikut ini akan kami bahas pakan yang baik untuk membantu pertumbuhan ikan mas. Simak selengkapnya agar kamu tidak salah pilih untuk memberikan pakan pada ikan mas kamu.

Makanan Ikan Mas Alami dengan Protein Tinggi

Pada umumnya yang sudah kita ketahui pakan ikan mas adalah pelet. Namun semakin lama harga pelet kian melambung tinggi. Sehingga para pembudidaya mencari alternatif pakan selain pelet.

nah makanan alami ini bisa dijadikan alternatif. Kenapa makanan alami? Karen makan alami bisa didapatkan dari alam dengan mudah, dan juga harganya lebih murah.

Tenang, jangan khawatir kandungan gizinya tak kalah dengan pelet kok. Bagi kamu yang belum tahu apa saja makan alami untuk ikan mas, simak penjelasan dibawah ini.

1. Cacing Tanah

Gambar cacing tanah, sumber:pixabay.com

Cacing tanah termasuk makanan yang sangat disukai oleh ikan mas. Pakan alami yang paling populer dan sering digunakan para pemancing ataupun pembudidaya. Dan bagi para pemacing biasanya dijadikan sebagai umpan ikan mas.

Kandungan protein yang ada di dalam cacing sangat bagus untuk pertumbuhan ikan mas. Cuci terlebih dahulu sebelum memberikan makanan ini pada ikan mas kamu.

2. Cacing Sutra

Gambar cacing sutra, sumber:pinhome

Cacing sutra merupakan pakan alami dengan kandungan protein yang lebih tinggi dari cacing tanah. Sekitar 45% kandungan protein , bagus untuk pertumbuhan ikan mas.

Ciri yang ada pada cacing curta adalah berwarna merah dengan ukuran tubuh yang kecil serta halus.

Namun perlu diingat sebelum memberikan pakan ini pada ikan mas kamu. Ada baiknya dibersihkan terlebih dahulu, dengan merendam selama 3 hari.

Karena jika tidak dilakukan pembersihan pada cacing sutra dapat membahayakan ikan mas, membawa penyakit bahkan bisa membuat ikan mas mati.

3. Kroto

Gambar kroto, sumber:nestbirdfarms.blogspot.com

Bukan hanya dimanfaatkan sebagai pakan burung saja, kroto juga bisa digunakan sebagai pakan alami yang cocok untuk pakan ikan mas.

karena kandungan protein yang tinggi bisa membantu ikan mas tumbuh besar dengan cepat. Yang dimaksud kroto yaitu telur dari semut rangrang.

Kamu bisa mendapatkan kroto di pohon yang berdaun lebat serta rimbun, dimana ada semut rang rang disana kroto ada. Atau kamu juga bisa membeli di peternakan kroto. Akan tetapi harga kroto masih cukup tinggi

Cara pemberiaanya sangat mudah, kamu bisa langsung memberi kroto ke kolam ikan mas.

4. Ulat Daun Pisang

Gambar ulat daun pisang, sumber: bukalapak

Ulat daun pisang merupakan makanan alami yang mudah didapat dan bergizi tinggi. Ulat daun pisang ini sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan mas karena memiliki nutrisi yang lengkap dan kandungan protein yang tinggi.

Ulat bahkan bisa dijadikan makanan pokok ikan mas. Sangat mudah untuk mendapatkannya, Anda bisa mencari pohon pisang yang daunnya menggulung ke dalam.

Di dalam gulungan daun Anda akan menemukan ulat pisang. Banyak orang juga menggunakan ulat daun pisang untuk umpan ikan mas yang dapat menghasilkan banyak pancing.

5. Sekam Padi

Gambar sekam padi, sumber:slatic

Ikan mas adalah omnivora, tidak hanya memakan hewan, ikan mas juga bisa memakan banyak jenis makanan. Ikan ini tidak hanya memakan daging, tetapi juga tumbuhan.

Bagi petani ikan mas, dedak padi dapat dijadikan pakan ikan mas agar lebih murah. Dedak padi dicampur terlebih dahulu dengan kotoran sapi, tepung ikan, arang kelapa dan tetes tebu yang kemudian diolah menjadi pelet ikan mas.

Makanan Ikan Mas Organik biar Cepat Besar

Makanan ikan mas organik adalah harus fermentasi dari limbah organik. Dengan membuat pakan organik ini kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya, mampu membantu pertumbuhan dengan cepat, menghemat biaya yang dikeluarkan, serta dapat mengurangi bau pada air kolam ikan mas.

Selain itu pakan organik memiliki rasa yang lebih lezat sehingga sangat disukai ikan mas. Berikut ini beberapa jenis pakan ikan mas organik beserta penjelasannya.

1. Ampas Tahu

Gambar ampas tahu, sumber:www.bebeja

Ampas tahu bisa dijadikan sebagai pakan organik ikan mas, karena terdapat kandungan lemak serta protein yang tinggi cocok dan bagus untuk pertumbuhan ikan mas.

Biaya untuk pakan ampas tahu pun murah meriah.

Cara pemberiannya juga sangat mudah kamu hanya perlu mencuci bersih terlebih dulu, setelah itu remas supaya teksturnya menjadi lebih padat.

Jangan langsung memberikan ampas tahu dengan porsi yang banyak sekaligus, tapi coba berikan sedikit dulu dan lihat reaksi ikan mas tersebut.

2. Tepung Ikan

Gambar tepung ikan, sumber:medium.com

Tepung ikan terbuat dari bahan dasar ikan yang dihaluskan dan sudah dikeringkan, jadi teksturnya sangat lembut dan halus.

Tepung ikan ini sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan mas. Tetapi, jika akan digunakan sebagai pakan ikan mas harus di campur dengan bahan yang lainnya.

3. Kotoran Ternak

Jangan salah kotoran ternak juga bisa digunakan sebagai pakan ikan mas lo. Karena terdapat kandungan lemak , protein, karbohidrat, dan berbagi senyawa organik lainnya.

Sekarang ini sudah banyak para pembudidaya yang menggunakan kotoran hewan untuk pembuatan pelet.

Kotoran hewan ternak yang bisa digunakan yaitu kotoran sapi, kotoran kambing, kotoran ayam, kotoran kerbau, kotoran puyuh serta kotoran kelinci.

Namun kamu tidak bisa langsung memberikan kotoran hewan untuk ikan mas. Kamu harus menguraikan terlebih dahulu.

Dibutuhkan unsur hara berupa nitrogen untuk menguraikannya. Dalam proses ini juga membutuhkan jasad renik sebagai penambah unsur nitrogen.

Para peternak ikan sudah banyak yang memanfaatkan kotoran hewan untuk dijadikan pelet. Tetapi harus diolah secara akurat serta diberi zat tambahan. Contoh cara pembuatan pakan ikan mas, sebagai berikut:

Bahan-bahan:

  • Air
  • Gula merah
  • Bekatul/dedak
  • Dedaunan
  • EM-4
  • Drum/bak terpal/bak semen
  • Kotoran ternak (kotoran ayam atau kambing)

Langkah-langkah pembuatan:

  • Pertama siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat pakan.
  • Larutkan gula merah dengan air, lalu tambahkan EM-4 dengan perbandingan 1 liter air : 20 ml EM-4.
  • Masukkan kotoran ternak, bekatul, dan dedaunan.
  • Masukkan larutan gula merah yang telah dibuat, aduk hingga merata.
  • Tutup wadah dengan rapat menggunakan plasting hingga wadah/bak jadi kedap udara.
  • Diamkan hingga 7 hari.
  • Setelah 7 hari lakukan pengadukan, lalu wadah ditutup kembali.
  • Setelah fermentasi selesai, yaitu selama 14 hari, pakan bisa langsung digunakan.

4. Dedak

Sumber dedak, sumber:shopee.co

Dedak merupakan hasil dari pengolahan gabah yang sudah tidak digunakan sebagai konsumsi manusia lagi, sehingga dedak tidak memiliki daya guna yang berarti.

Nutrisi yang terkandung dalam dedak sangat melimpah cocok dijadikan pakan ikan mas, nutrisi tersebut meliputi lemak, protein, serat halus serta serat kasar. Itu sangat bermanfaat membantu pertumbuhan ikan mas.

Dedak cocok untuk pakan beberapa jenis ikan mas seperti ikan mas lokal, ikan mas punten serta ikan mas taiwan.

5. Probiotik (Pupuk Hayati Bioboost)

Bioboost yang lebih dikenal sebagai pupuk hayati atau probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memiliki manfaat dan memberikan efek yang baik bagi makhluk hidup lainnya. Probiotik sangat cocok untuk pakan ikan mas karena memberikan efek kesehatan yang baik.

Resep Makanan Ikan Mas Buatan

Selain menggunakan pakan alami dan pakan organik, kamu juga bisa membuat sendiri. Beberapa resep yang pakan ikan mas yang bisa kamu coba sebagai berikut.

1. Larutan Emulsi

Kamu juga bisa membuat pakan buatan untuk ikan mas selain pakan alami dan organik, ini biasanya disebut dengan emulsi.

Bahan bahan yang digunakan untuk membuat emulsi, antara lain:

  • Telur ayam
  • Tepung kedelai
  • Tepung sagu
  • Vitamin 1:1
  • Air matang 200ml

Langkah-langkah pembuatan:

  • Yang pertama larutkan telur ayam lalu direbus dengan 200 ml air matang.
  • Tambahkan 5 gr tepung kedelai.
  • Tambahkan 1 gram vitamin.
  • Aduk semua bahan yang sudah dimasukan dalam satu wadah , kemudian aduk sampai tercampur rata.
  • Setelah itu panaskan supaya emulsi terbentuk.

Makanan buatan ini bisa kamu berikan untuk ikan mas yang masih berusia 5 sampai 21 hari, ikan mas yang bentuknya masih benih. Emulsi 1 kg paea digunakan kurang lebih 5 hari, dengan aturan pemakaian 6 sampai 8 kali pemberian pakan-sehari.

Untuk cara pemberiannya cukup dengan menyemprotkan emulsi ke permukaan air, sangatlah mudah bukan. Simpan emulsi ke dalam lemari es agar bisa lebih tahan lama.

2. Larutan Suspensi

Untuk membuat larutan suspensi bahan-bahan yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • 20 gr kedelai
  • Air secukupnya
  • Kuning telur itik

Langkah-langkah pembuatannya:

  • Pertama rebus kedelai sebanyak 20 gr hingga matang, tujuan kedelai direbus untuk menghambat zat tubuh pada kedelai.
  • setelah itu haluskan kedelai yang sudah direbus dan tambahkan air secukupnya.
  • Kemudian disaring menggunakan kain yang halus. 
  • Ambil kuning telur itik lalu lakukan hal yang sama seperti diatas.
  • Campurkan larutan kacang kedelai dan larutan kuning telur , aduk sampai tercampur rata.
  • Larutan suspense biasakan diberikan kepada anak ikan mas.

3. Roti Kukus

Untuk bahan bahan yang digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Telur itik
  • Tepung ikan
  • Tepung susu
  • Tepung terigu
  • Air
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Tetrasiklin
  • Vitamin A+D-pleks
  • Zat kalsidol

Langkah langkah pembuatannya:

  • Pertama kocok telur itik sampai berbuih dan merata.
  • Kemudian tambahkan tepung ikan, tepung susu dan tepung terigu sedikit demi sedikit.
  • Beri air secukupnya secara perlahan, lalu aduk sampai tercampur rata sampai menjadi adonan.
  • Kukus adonan selama 30 menit, tunggu hingga matang. Kemudian diamkan menggunakan kipas angin sampai dingin.
  • Halus kan vitamin C dan vitamin B, lalu beri tambahan tetrasiklin tanpa kapsul.
  • Setelah itu, tambahkan vitamin A+D-pleks Dan zat kalsidol.
  • Roti yang sudah dingin tadi dibentuk menjadi gumpalan berukuran kecil-kecil. Dan diberi olesan zat nutrisi dan vitamin yang dibuat tadi.

Simpan pakan ikan berupa roti kukus di dalam kulkas supaya bisa bertahan selama 3 hari.


Jadi gimana sudah menemukan pakan yang cocok dan yang akan kamu pilih untuk ikan mas kamu? Jangan sampai salah pilih, karena akan membahayakan kesehatan ikan mas kamu.

Demikian artikel mengenai makanan ikan mas alami, organik, dan buatan. Semoga bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi makanan ikan mas. Terimakasih.

Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.