Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Manfish

2 min read

Makanan Ikan Manfish – Ikan manfish adalah jenis ikan hias air tawar dengan bentuk yang unik dan beragam warna yang cantik. Sehingga sangat diminati para pecinta ikan hias. Di Indonesia ikan ini dijuluki dengan nama angelfish.

Jika kamu berminat memelihara ikan manfish. Maka perlu kamu perhatikan makanan dan juga tips pemberian makan yang baik dan benar untuk ikan manfish. Dengan tujuan membantu pertumbuhan yang baik dan menjaga kesehatannya.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas makanan terbaik dan tips pemberian makan yang benar untuk ikan manfish sebagai berikut.

Daftar Makanan Ikan Manfish

Supaya ikan manfish peliharaan mu tetap terjaga kesehatannya dan pertumbuhan yang bagus. Maka penting bagi kamu untuk memperhatikan makan terbaik yang akan diberikan untuk ikan manfish peliharaanmu.

Ikan manfish termasuk golongan ikan pemakan segalanya (omnivora) yang bisa memakan tumbuh-tumbuhan maupun makhluk hidup. Kamu bisa memberikan pakan alami dan pakan buatan untuk ikan manfish. Berikan kedua pakan tersebut secara bergantian (selingan).

Apa saja sih makanan terbaik yang bisa diberikan untuk ikan manfish? Nah berikut ini daftar makanan yang bisa diberikan untuk ikan manfish kesayanganmu, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Cacing Sutra

Makanan Ikan manfish

Di kalangan pecinta ikan hias air tawar cacing sutra menjadi salah satu pakan yang populer dan menjadi pakan andalan. Bahkan selain dipakai sebagai pakan, cacing sutra juga bisa digunakan sebagai umpan mancing loh.

Ciri dari cacing sutra hampir sama seperti cacing darah, hanya saja teksturnya lebih halus serta lembut. Untuk mendapatkan umpan ini kamu bisa membelinya di toko ikan hias atau juga bisa mencari sendiri pada kubangan air yang berlumpur.

Jangan lupa untuk mencucinya sampai bersih terlebih dahulu sebelum memberikan pada ikan manfish agar tidak membuat kotor air akuarium.

2. Kutu Air

makanan ikan manfish

Kutu air menjadi salah satu makanan yang disukai ikan manfish terutama bagi anakan ikan manfish, pakan ini sangat bagus untuk pertumbuhannya. Namun, masih sangat jarang orang yang menjual kutu air.

Jadi jika ingin menggunakan umpan ini, kamu bisa mencari sendiri di genangan air atau selokan. Ketikan akan memberikan pakan ini pada ikan manfish, bersihkan dengan mencucinya terlebih dahulu supaya kotoran bekas selokan tidak mengotori air akuarium.

3. Cacing Darah

makanan ikan manfish

Cacing darah adalah jenis pakan alami dengan kandungan nutrisi yang baik serta tinggi sehingga sangat bagus dikonsumsi ikan manfish. Untuk mendapatkan pakan ini kamu bisa menemukannya pada tanah atau batang pohon pisang.

Ciri dari cacing darah yaitu berbentuk panjang dan sedikit transparan sehingga akan terlihat seperti merah darah. Ketika memberikan pekan ini jangan sampai dengan jumlah yang berlebihan, karena sisa dari pakan ini malah akan membuat air akuarium menjadi keruh dan kotor.

4. Pelet

makanan Ikan manfish

Pelet adalah makanan ikan buatan pabrik yang bisa juga dijadikan makanan untuk ikan manfish. Menggunakan pelet sebagai pakan ikan manfish memang simpel dan tidak ribet. Kandungan yang ada didalamnya pun bagus untuk pertumbuhan ikan.

Namun meskipun begitu alangkah baiknya jangan menggunakan pakan ini sebagai pakan utama yang diberikan setiap hari. Karena pakan ini buatan pabrik pastinya tetap ada tambahan bahan kimia walaupun hanya dalam jumlah yang sedikit.

Jadi tetap berikan makanan alami sebagai selingan supaya ikan manfish tidak mudah terkena penyakit dan agar ikan manfish sehat.

5. Hati Sapi

hati sapi

Hati sapi merupakan makanan alami yang bisa diberikan sebagai makanan untuk ikan manfish. Dengan memberikan hati sapi ini bisa menjadi sumber protein untuk ikan manfish. Tetapi pastikan semua lemak yang ada pada hati sapi sudah terbuang semua sebelum diberikan pada ikan manfish.

6. Kacang Rebus

kacang rebus

Kacang rebus merupakan makanan alami ikan manfish dan menjadi sumber nutrisi yang bagus. Sebelum memberikan pakan ini, pisahkan kacang dari kulitnya kemudian potong menjadi bagian kecil-kecil baru direbus terlebih dahulu.

7. Zucchini dan Mentimun

Zucchini dan mentimun

Selain menjadi makanan yang dikonsumsi  manusia, Zucchini dan mentimun juga bisa dikonsumsi ikan manfish sebagai pakan alami. Untuk cara pemberiannya potong menjadi bagian kecil yang sekiranya bisa dimakan ikan manfish.

Tips Pemberian Makan Ikan Manfish

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memberikan makanan pada ikan manfish peliharaanmu. Apa saja hal tersebut? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

  • Buat jadwal yang teratur untuk pemberian makan pada ikan manfish.
  • Beri makan dua sampai tiga kali sehari.
  • Sesuaikan porsi yang diberikan dengan jumlah ikan manfish yang kamu pelihara, jangan memberikan porsi yang berlebihan. Karena makan yang tidak habis malah akan membuat air akuarium menjadi kotor dan keruh.
  • Apabila dalam waktu lima menit makanan yang kamu berikan masih tersisa, segeralah untuk membuang sisanya supaya tidak membuat kotor air akuarium.
  • Jangan umpan untuk memberi selingan makanan pada ikan manfish, bukan hanya pakan buatan saja begitupun sebaliknya.

Nah itu tadi, rekomendasi makanan terbaik dan juga sedikit tips pemberian makan yang benar untuk ikan manfish. Ingat ya jangan sampai salah memilih makanan dan juga hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan makanan bagi ikan manfish.

Supaya ikan manfish peliharaanmu bisa tumbuh dengan baik dan agar terjaga kesehatannya. Semoga dengan artikel diatas bisa membantu kamu dan pembaca yang lainnya. Terimakasih sudah berkunjung pada website kami. Salam Faunanesia.

Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.