Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Louhan

5 min read

Makanan Ikan Louhan – Ikan louhan merupakan salah satu primadona ikan hias yang ada di Indonesia. Seperti yang kita tahu, ikan hias yang memiliki jenong dan corak warna yang sangat cantik dan tentunya harga yang dibandroll untuk ikan ini juga sangat mahal.

Tetapi semua keindahan dan tingginya harga yang dimiliki ikan louhan, itu semua tergantung dari kualitas makanan yang diberikan kepada ikan louhan. Semakin tinggi kualitas pakan yang kamu berikan untuk ikan louhan milikmu, semakin tinggi pula kualitas ikan louhan yang kamu miliki.

Karena itu, mari simak ulasan yang sudah saya siapkan tentang makanan ikan louhan terbaik yang harus kamu ketahui berikut ini.

Pakan Terbaik Untuk Ikan Louhan

Ikan louhan

Ikan louhan adalah ikan yang bisa memakan hampir setiap jenis makanan yang dia anggap makanan. Ini artinya, Pakan yang kamu berikan pasti akan dimakan olehnya. Namun untuk memperoleh hasil yang baik kamu harus mengetahui makanan yang baik bagi louhan.

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, makanan yang kamu berikan adalah faktor yang paling penting untuk pertumbuhan ikan louhan. Semua bentuk keindahan pada ikan louhan bisa ada karena didukung oleh nutrisi yang baik pada makanan yang kamu berikan.

Untuk makanan nya sendiri dibagi menjadi 2 jenis pakan, yaitu pakan alami dan pelet. Kamu bisa menggunakan kedua, pokoknya yang terpenting dan harus kamu perhatikan adalah nutrisi yang ada dalam pakan yang kamu berikan pada ikan louhan.

Untuk lebih jelasnya, mari simak jenis makanan ikan louhan terbaik apa saja yang baik untuk ikan louhan kesayanganmu berikut ini.

Pakan Alami untuk Ikan Louhan

Makanan Alami Ikan Louhan

Untuk kamu yang ingin menggunakan pakan alami untuk ikan louhan kesayanganmu. Kamu harus tau bahwa memilih pakan alami untuk ikan louhan dapat dilihat dari sifat dan kebiasaan ikan louhan di habitat aslinya.

Sebagai ikan omnivora atau pemakan segala, ikan louhan bisa makan makanan kecil beberapa serangga, ikan kecil, dan hewan air kecil lainya. Memang mudah jika dilihat dari kebiasaan louhan. Tapi tetap pakan yang kamu berikan harus tetap lah berkualitas.

Untuk mempermudah kamu memilih pakan alami yang baik untuk ikan mu. Mari simak beberapa rekomendasi pakan alami yang bisa kamu gunakan dan tentunya baik untuk ikan louhan.

1. Artemia

Artemia

 

Artemia adalah jenis udang primitif yang memiliki ukuran yang sangat kecil, hanya sekitar 1-2 cm saja. Udang ini hidup pada perairan dengan tingkat salinitas yang tinggi seperti pada pesisir pantai.

Artemia sangat cocok untuk dijadikan makanan ikan louhan kecil di rumahmu. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti protein tinggi, asam lemak tak jenuh, beberapa jenis asam amino esensial, enzim, vitamin C, dan mineral.

2. Kutu air

Kutu air banyak dibudidayakan untuk dijadikan makanan untuk benih ikan. Kandungan protein yang melimpah pada kutu air sangat membantu benih ikan untuk tumbuh dengan baik. Kutu air yang bisa kamu gunakan adalah kutu air jenis daphnia dan moina.

3. Jentik nyamuk

jentik-jentik

 

Kamu juga bisa menjadikan jentik nyamuk sebagai pakan louhan, Jentik nyamuk bisa menjadi makanan yang berfungsi sebagai sumber nutrisi yang baik bagi ikan louhan. Jentik nyamuk memiliki lebih dari 50% kandungan protein dan nutrisi pendukung lainya.

Kandungan protein yang tinggi sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan dari ikan louhan. Makanan ini pun dapat dicari dengan mudah, kamu bisa mencarinya pada genangan air tempat nyamuk bertelur atau bisa dengan membelinya.

4. Cacing

umpan cacing

Seperti yang kita tahu, cacing merupakan salah satu jenis pakan yang paling sering dipakai untuk budidaya ikan. Cacing bisa dijadikan makanan dengan kandungan nutrisi tinggi yang sangat baik untuk tumbuh kembang dari ikan.

Manfaat cacing sangat banyak, diantaranya adalah kandungan protein tinggi, mineral, vitamin yang baik untuk ikan louhan. Cacing juga bermanfaat untuk menjaga ketahanan tubuh dari ikan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

5. Jangkrik

Jangkrik

Hewan satu ini juga bisa dijadikan alternatif makanan yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan pakan ikan. jangkrik memiliki banyak nutrisi seperti protein yang berguna untuk mempercepat masa pertumbuhan dari ikan louhan.

Tapi penting untuk kamu ingat, gunakan jangkrik sebagai pakan tambahan atau variasi pakan untuk ikan louhan agar tidak bosan. Jangan memberikan jangkrik terlalu banyak pada ikan louhan karena akan berpengaruh dengan warna tubuh dari louhan.

6. Udang

Umpan Ikan

Selanjutnya ada udang makanan ikan louhan untuk warna, Hewan satu ini sangat bermanfaat untuk membentuk warna pada ikan louhan. Hal ini dikarenakan udang memiliki kandungan karoten yang baik dan berguna mencerahkan ikan warna ikan hia.

Protein yang ada pada udang sangat baik untuk membantu pertumbuhan ikan louhan karena tinggi protein, mineral seperti yodium dan kalsium dan asam lemak omega 3 yang baik untuk pertumbuhan ikan yang satu ini.

7. Ikan cakalang

Makanan Ikan Louhan

Sama seperti ikan lain, ikan cakalang mengandung kandungan protein yang cukup tinggi, serta beberapa mineral yang mampu menjaga kesehatan bagi ikan louhan. Ikan cakalang juga sangat baik untuk membantu menjaga ketahanan tubuh dari ikan louhan.

8. EPA Salmon

Seperti yang kita tahu kalau ikan salmon merupakan salah satu ikan yang menjadi sumber protein dan lemak yang baik untuk membantu proses tumbuh kembang ikan. EPA merupakan kependekan dari eicosapentaenoic acid, EPA adalah sejenis omega 3.

9. Kelabang

Apa kalian baru tahu kalau kelabang yang sering dianggap sebagai hewan yang menakutkan ini ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan ikan.Kelabang memiliki kandungan protein dan zat besi yang dapat membantu pertumbuhan ikan louhan.

Makanan Buatan Ikan Louhan Terbaik

Selain pakan alami yang sudah kita bahas di atas, kamu juga bisa menggunakan makanan buatan untuk dijadikan makanan untuk ikan louhan. Pakan jenis ini lebih mudah didapat, apalagi untuk kamu yang malas untuk mencari pakan louhan alami.

Pakan buatan juga dinilai lebih efektif karena memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dari pakan alami. Kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan langsung membeli di toko peternakan atau khusus ikan.

Nah untuk mempermudah kamu untuk memilih pelet terbaik untuk ikan louhan, saya sudah siapkan beberapa rekomendasi pelet dengan kualitas tinggi dengan harga murah. Untuk selengkapnya bisa kamu simak ulasan berikut ini,.

1. Pelet Akari Premium Red Louhan

Makanan Ikan Louhan

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan pelet ikan merk akari, apalagi jika kamu adalah pecinta ikan. Akari memang memiliki banyak jenis produk dengan berbagai kegunaan pula. Akari juga menyediakan pelet untuk ikan louhan yang memiliki kualitas bagus.

Pelet akari premium red louhan ini sengaja dibuat khusus untuk ikan louhan. Pakan ini sangat mengandung nutrisi penting yang berperan untuk merawat kesehatan dan memperindah sisik ikan louhan, terutama louhan yang berwarna merah.

2. Pelet Ikan Black Hikari Un

Pakan Ikan Louhan

Jenis pelet ini merupakan pelet dengan kualitas terbaik, jika kamu menginginkan sesuatu yang terbaik untuk ikan louhan milikmu maka pelet ini lah pilihan terbaik untuk kamu pilih. Namun, seperti kualitasnya yang tinggi, harga dari pelet ini juga sama tinggi dengan kualitasnya.

Dibandroll dengan harga kurang lebih 120.000-an, Umpan ini tetaplah banyak peminatnya. Kandungan pelet ini sangat lengkap, dan tentunya sangat baik untuk ikan louhan. Dengan segudang manfaat, tak heran jika pelet jenis ini memiliki harga yang mahal.

3. Pelet Okiko Platinum Head Huncher

Seperti namanya, tipe pelet apung ini merupakan pelet yang berfungsi sebagai sumber nutrisi yang berguna untuk membentuk benjolan pada kepalanya. Jika kamu ingin jenong dari ikan louhan milikmu cepat terbentuk maka pelet ini lah pilihan terbaik untukmu.

4. Pelet Tetra Louhan

Sama dengan akari, salah satu brand pakan terkenal tetra juga membuat produk pakan untuk ikan louhan. Pelet dari tetra ini mengandung banyak sekali nutrisi yang berguna untuk mendukung proses tumbuh kembang ikan louhan.

Selain bagus untuk tumbuh kembang, pelet tetra juga baik untuk kesehatan sisik dan meningkatkan keindahan warna merah pada tubuhnya.

5. Pelet Louhan 9.9

9.9 adalah salah satu brand asal thailand yang juga memproduksi pakan berkualitas untuk ikan louhan. Ada dua produk yang dikenal, dan kedua nya juga memiliki kegunaan yang berbeda antara satu sama lain. Ada yang berfungsi untuk menumbuhkan jenong dan aa yang fungsinya mempercerah warna saja.

6. Pelet Louhan JDL

Pakan ikan louhan yang berupa pelet keluaran dari JDL ini juga salah satu pelet terbaik untuk louhan. Ada 2 jenis pelet JDL yang diproduksi dan keduanya diformulasikan untuk fungsi yang berbeda.

Yang pertama ada JDL Basy Prosper untuk ikan louhan yang masih kecil agar tidak rentan terkena penyakit. Untuk JDL head platinum berfungsi pada louhan dewasa untuk membantu pertumbuhan jenong yang ada pada kepalanya.

7. Pelet JE

Makanan Ikan Louhan

Pelet JE merupakan pelet yang memang dikhususkan untuk makanan ikan louhan. Makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Dan tentunya pelet satu ini sangat direkomendasikan untukmu yang menggunakan pelet sebagai pakan louhan mu.

Ada 5 jenis pelet JE yang ada dipasaran contohnya seperti berikut:

a. Pelet JE Burayak (untuk benih ikan louhan)

b. Pelet JE Color (pelet khusus untuk memperindah warna)

c. Pelet JE Gold dan Head (untuk membantu pertumbuhan jenong)

d. Pelet JE Extra Red (Khusus untuk Louhan yang berwarna merah)

Tips Memberi Makan Ikan Louhan

Saat ingin memberi makan ikan louhan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti:

  • Memilih makanan terbaik untuk ikan louhan yang kamu miliki, semakin baik pakan ikan yang kamu berikan semakin baik pula kualitas ikan louhanmu.
  • Jangan memberi makan louhan terlalu banyak karena ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mental ikan dan membuat kotor aquarium.
  • Perhatikan pola perilaku ikan saat kamu beri makan, jika ikan terlihat tidak menyentuh makanan nya bisa jadi ikan louhan sedang terkena stres.
  • Ikan louhan yang sakit terkadang juga tidak mau makan.
  • Beri makan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
  • Jangan sampai telat saat memberi makan ikan, kamu harus konsisten dalam pemberian pakan.

Penutup

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, makanan yang kamu berikan pada ikan mu akan sangat berpengaruh pada ikan yang kamu miliki. Dengan makanan yang baik akan menghasilkan ikan louhan yang indah dan tentunya akan berharga sangat mahal.

Sekian yang sudah saya sampaikan tentang makanan ikan nila yang bisa saya sampaikan. jika ada kesalahan dalam bentuk apapun saya memohon maaf sebesar besarnya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga postingan kali ini bermanfaat.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.