Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Koi

5 min read

Makanan Ikan Koi

Pemilihan makanan ikan koi merupakan faktor terpenting agar ikan koi kamu bisa hidup sehat dan cantik.

Apa itu ikan koi? Ikan ini merupakan salah satu ikan hias yang paling menarik dan menghibur untuk dipelihara karena banyak alasan.

Mereka cantik, menyenangkan untuk ditonton dan sangat aktif. Karena itulah kamu harus merawatnya dengan cara memberikan makanan yang tepat untuk pertumbuhan fisik dan warnanya.

Perlu kamu ketahui bahwa makanan ikan koi terbuat dari 2 jenis bahan, yaitu hewani dan nabati (tumbuhan).

Jadi, apa saja pakan yang bisa diberikan kepada ikan koi dari 2 jenis bahan tersebut? Silahkan simak artikel berikut ini:

Makanan Ikan Koi Alami Dari Hewan

Seperti yang telah disebutkan diatas tadi, bahwa makanan ikan koi ada yang berasal dari hewan.

Jadi apa yang kita bahas dalam bab ini adalah hewan-hewan serta hasil hewan yang bisa digunakan sebagai makanan ikan koi.

#1. Cacing Sutra

Makanan Ikan Koi
Cacing sutra, sumber: ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com

Alternatif pertama untuk pemilihan makanan untuk ikan koi adalah cacing sutra. Sebab, cacing sutra mempunyai protein yang mengandung asam amino. Dan koi membutuhkan asam amino tersebut untuk menghasilkan sel telur dan sperma yang berkualitas.

Karena bila ikan koi kekurangan protein, maka bisa saja ikan koi yang kamu pelihara akan terhambat pertumbuhannya yang menyebabkan deformasi tulang belakang pada ikan koi.

Untuk menemukan cacing ini, kamu bisa mencarinya di perairan seperti selokan atau got dan sungai. Jika tak mau kotor untuk mendapatkan cacing sutra, cukup beli ke toko atau membudidaya cacing ini sendiri.

#2. Cacing Darah

Makanan Ikan Koi
Cacing darah, sumber: pixabay.com

Larva dari lalat pengusir hama yang sering disebut dengan cacing darah alias bloodworms, ternyata bisa dijadikan sebagai pakan ikan koi.

Cacing ini mengandung zat besi, protein, lemak dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan ikan koi, sehingga cacing darah sering dijadikan sebagai makanan utama ikan koi.

Di alam liar, cacing darah sering ditemukan bersama dengan cacing sutra. Jika kamu tidak dapat menemukan cacing darah di alam liar, kamu juga dapat membelinya di toko ikan hias dalam bentuk gel atau kering.

#3. Udang

Makanan Ikan Koi
Udang, sumber: pixabay.com

Udang ternyata bisa dijadikan sebagai pakan alternatif ikan koi. Hal itu disebabkan oleh udang yang memiliki kandungan zat yang bernama chromatophores. Sebuah zat yang bisa merangsang pigmen warna dari ikan koi menjadi lebih cerah.

Karena, bila ikan koi peliharaanmu kekurangan chromatophores, maka warna koi akan berubah menjadi albino atau berwarna putih. Untuk mencegah itu terjadi, berikan udang kepada ikan koi 2 kali sehari dengan ukuran 1⁄40 berat badan ikan.

#4. Kutu Air

Makanan Ikan Koi
Kutu air, sumber: panenlele.eu.org

Kutu air yang sering disebut dengan kutir bisa dijadikan sebagai alternatif makanan ikan koi. Kutu air memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga daya tahan ikan serta membantu untuk merangsang pigmen warna, sehingga sisiknya lebih menyala.

Namun, karena kandungan lemaknya yang rendah, kamu perlu mencampurkan pemberian pakan kutu air dengan pakan lainnya untuk membantu pertumbuhan ikan koi.

Nah, untuk pemilihan kutu air harus hati-hati, karena ada suatu jenis kutu air yang bisa membahayakan nyawa anak ikan koi.

Kutu air jet namanya, bila dimakan bisa menggerogoti perut anakan ikan koi yang masih rentan sampai mati.

#5. Kuning Telur

Makanan Ikan Koi
Kuning telur, sumber: pixabay.com

Kuning telur merupakan salah satu makanan rekomendasi kami untuk diberikan kepada ikan koi. Karena bagian kuning dari telur ini memiliki kandungan vitamin yang baik dibutuhkan oleh ikan koi, sebut saja vitamin B, B6, B-12, A, D, E, K, dan Folat.

Biasanya, hanya anakan ikan koi saja yang diberikan kuning telur, dengan tujuan agar mereka lebih sehat, kuat dan juga cepat pertumbuhannya.

#6. Jangkrik

Makanan Ikan Koi
Jangkrik, sumber: pixabay.com

Ternyata, koi cukup senang dengan serangga bernama jangkrik ini. Konon, jangkrik dipercaya bisa membantu memperindah sisik ikan koi dan mempercepat pertumbuhan ikan koi.

Karena itulah, jangkrik juga terpilih sebagai pilihan makanan koi yang populer di kalangan kolektor ikan koi.

#7. Jentik Nyamuk

Makanan Ikan Koi
Jentik nyamuk, sumber: pexels.com

Jentik nyamuk merupakan makanan berprotein dan lemak yang tinggi yang cocok bagi anak ikan koi untuk mendukung pertumbuhannya.

Jangan gunakan jentik liar secara sembarang sebagai pakan meskipun mudah kita temukan di genangan air, karena jentik liar bisa mengandung bakteri jahat yang bisa membawa penyakit untuk ikan koi.

Karena itulah budidayakan jentik sendiri yang sehat dan aman untuk diberikan kepada ikan koi.

Caranya, cukup sediakan wadah dan isi dengan air yang agak kotor, kemudian letakkan di tempat teduh dan nyamuk akan bertelur didalamnya.

Telur itu menetas menjadi jentik, yang harus segera diberikan kepada anak koi sebelum jentiknya tumbuh menjadi nyamuk.

#8. Bekicot

Makanan Ikan
Bekicot, sumber: pexels.com

Jarang yang tahu bahwa bekicot/siput yang sering kita jumpai di kebun bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pakan ikan koi.

Hewan dengan nama latin Achatina fulica memiliki kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan koi.

Kandungan nutrisi dalam bekicot antara lain, protein, asam lemak dan zat besi yang sangat baik pengaruhnya untuk ikan koi.

Sebelum memberikan bekicot pada koi, sebaiknya buang dulu cangkangnya, dengan cara memecahkannya atau merebusnya selama 15-20 menit untuk diambil dagingnya.

Kemudian daging tanpa cangkang tersebut dicacah menjadi kecil dan digiling dengan penggilingan daging, dan berikan kepada ikan koi milikmu.

#9. Brine shrimp (udang air asin)

Makanan Ikan Koi
Udang air asin, sumber: pixabay.com

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan koi ini adalah hewan omnivora, yang akan memakan apa saja yang kita berikan.

Seperti halnya dengan manusia, hewan omnivora membutuhkan protein yang cukup pada makanan mereka.

Udang air asin merupakan pilihan tepat karena memiliki kandungan nutrisi yang lumayan tinggi.

Karena, kandungan protein dalam udang jenis ini sangat dibutuhkan oleh ikan koi yang baru menetas untuk mendorong pertumbuhan mereka, sementara koi dewasa membutuhkan protein ketika metabolisme mereka sedang cepat dan sangat aktif di musim panas.

Makanan Ikan Koi Alami Dari Tumbuhan

Setelah membahas makanan dari hewani, dalam bab ini kita akan membahas makanan ikan koi dari nabati / tumbuhan.

Mari simak ulasan berikut tentang tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai pakan ikan koi:

#1. Kangkung atau Bayam

Makanan Ikan Koi
Kangkung dan bayam, sumber: gayakeren.id

Sayuran bayam dan kangkung merupakan jenis sayuran yang baik untuk dijadikan sebagai makanan ikan koi.

Dua macam sayuran ini mengandung pigmen warna merah yakni astaxanthin serta pigmen warna kuning yang bernama lutein.

Pigmen-pigmen tersebut dapat mencerahkan warna pada sisik ikan koi terutama pigmen lutein.

Karena, dalam kedua sayuran tersebut, kandungan pigmen lutein ini jauh lebih tinggi daripada pigmen astaxanthin.

Nah, selain mengandung pigmen yang tinggi, kedua sayuran ini memiliki kandungan serat yang tinggi.

Kandungan serat yang tinggi dapat membantu sistem pencernaan ikan untuk bekerja dengan lebih baik.

Hal itu bisa dilihat dari kotoran yang dikeluarkan ikan koi. Apabila kotoran yang keluar berbentuk berbentuk padat dan besar, maka itu tanda bahwa sistem pencernaan ikan koi sedang baik.

Namun jika koi kurang sehat, kotoran yang dihasilkan akan tampak seperti berlendir. Sistem pencernaan koi yang buruk, akan menambah resiko kematian pada ikan koi.

Karena, pencernaan yang buruk nafsu makan ikan koi berkurang yang menyebabkan daya tahan tubuh melemah sehingga mudah terserang penyakit.

#2. Ganggang

Makanan Ikan Koi
Ganggang, sumber: rahasiabelajar.com

Tanaman ganggang hijau biasa kita temukan di bagian dasar kolam ternyata berguna sebagai pakan yang bisa meningkatkan pigmentasi warna ikan koi.

Pakan alami ini juga mengandung banyak karoten yang bermanfaat dalam memenuhi nutrisi ikan koi. Namun, karoten yang terlalu banyak, malah mengakibatkan warna putih milik ikan koi bisa menghilang.

Karena itulah, pemberian ganggang hijau juga perlu diatur untuk mempertahankan warna putih yang ada pada ikan koi agar tidak hilang.

#3. Selada Air

Makanan Ikan Koi
Selada air, sumber: kompas.com

Mirip bayam dan kangkung, selada air merupakan salah satu sayuran yang mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu sistem pencernaan ikan koi.

Namun, pemberian selada air harus diatur, cukup satu kali saja dalam seminggu, karena selada air bukan makanan utama ikan koi.

#4. Daun Kelor

Makanan Ikan Koi
Daun kelor, sumber: pixabay.com

Secara umum, daun kelor dikenal memiliki kandungan gizi yang baik. Maka tak ada salahnya bila kamu menjadikan daun kelor sebagai pakan untuk ikan koi.

Cara mendapatkannya pun mudah sebab daun kelor banyak ditemukan di sekitar pekarangan rumah atau sawah.

Menanam tanaman kelor sendiri pun sangat mudah, kamu hanya perlu mematahkan dahannya, lalu tancapkan ke tanah atau arang yang ditaruh dalam pot.

Penutup

Demikian artikel kami tentang makanan ikan koi yang baik untuk pertumbuhannya dan bisa memperindah warnanya dari bahan hewani dan nabati. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini, dan mohon maaf bila ada kesalahan informasi, karena itulah kami para penulis minta tolong untuk pemberian saran dan kritik untuk memperbaiki website kami ini. Salam Faunanesia.

Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.