Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Gurame

4 min read

Makanan Ikan Gurame

Ikan gurame adalah salah satu spesies ikan budidaya yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pertumbuhannya, sehingga perlu makanan ikan gurame yang tepat, agar cepat pertumbuhannya.

Karena, faktor pemberian makanan atau asupan protein nabati dan hewani yang seimbang ini sangat penting untuk menyuplai nutrisi agar bisa mendukung pertumbuhan ikan gurame.

Masa pertumbuhan ikan gurame dipercepat untuk memenuhi permintaan masyarakat akan ikan gurame semakin meningkat pesat.

Jadi apa saja makanan ikan gurame yang bisa mempercepat pertumbuhan gurame? Ada makanan dari bahan nabati dan hewani serta makanan buatan pabrik. Jadi, silahkan simak artikel berikut ini:

Makanan Ikan Gurame dari Bahan Nabati

Makanan nabati adalah pakan yang terbuat dari bahan-bahan hasil tumbuhan. Berikut pakan yang termasuk makanan nabati:

#1. Dedak Bekatul

Makanan Ikan Gurame
Dedak, sumber: www.ilmuternak.com

Dedak dan bekatul juga bisa dijadikan sebagai makanan gurame. Dedak merupakan lapisan bagian luar sedangkan bekatul merupakan lapisan bagian dalam butir padi, jadi bekatul lebih halus daripada dedak, dan keduanya merupakan limbah hasil penggilingan padi.

Secara umum, dedak dan bekatul biasa digunakan sebagai bahan makanan untuk unggas. Namun sekarang telah diketahui bahwa dedak dan bekatul bisa digunakan sebagai bahan makanan ikan gurame biar cepat besar.

#2. Jagung Rebus

Makanan Ikan Gurame
Jagung rebus, sumber: cookpad.com

Jagung rebus merupakan salah satu makanan untuk ikan gurame. Kenapa? Karena jagung rebus bisa mempersingkat waktu pemijahan dari faktor kecepatan kematangan “gonad”.

Rumus mempersingkat kematangan telur “gonad” dari usia 45-60 hari menjadi 25-30 hari adalah beri jagung rebus sebanyak 3%-5% dari total berat badan ikan gurame setiap harinya.

Cara pemberian dilakukan dengan menempatkan jagung rebus di anyaman bambu yang berukuran 0,5 x 0,5 meter. Kemudian tenggelamkan anyaman berisi jagung tersebut kedalam air dengan kedalaman sekitar 15 cm di tempat berkumpulnya ikan gurame.

#3. Ampas Tahu

Makanan Ikan Gurame
sumber: www.hipwee.com

Makanan nabati lainnya yang bisa dijadikan sebagai pakan gurame adalah ampas tahu. Ampas tahu cocok dijadikan sebagai pakan alternatif ikan gurame, karena ampas ini mengandung protein yang tinggi.

Tinggi kandungan protein ampas tahu sebanyak 33-42% dan kadar lemak sebanyak 18-22%. Tingginya protein yang dikandung bisa memenuhi kebutuhan untuk mendukung pertumbuhan ikan gurame.

Karena bentuk ampas tahu encer, campurkan dengan dedak agar bisa diberikan pada ikan gurame.

#4. Daun Pepaya

Makanan Ikan Gurame
Sumber: prsoloraya.pikiran-rakyat.com

Yaps, sebagai ikan omnivora. Ikan gurame tentu bisa memakan makanan seperti daun dan tumbuhan lainnya. Salah satu adalah daun pepaya. Daun pepaya dipercaya bisa menambah imunitas atau daya tahan tubuh pada ikan gurame.

Imunitas itulah yang membuat ikan lele menjadi lebih sehat dan tahan dengan serangan penyakit. Selain untuk imunitas, daun pepaya juga memiliki kandungan gizi yang berlimpah. Daun pepaya juga mudah ditemukan dilingkungan sekitar kita.

#5. Daun Sente

Makanan Ikan Gurame
Daun sente, sumber: youtube.com

Apabila kolam yang kamu gunakan adalah kolam tanah, maka akan banyak sekali tumbuhan yang tumbuh di dekatnya, tumbuhan itu disebut sebagai tanaman sente. Sedang pakan ikan gurame yang akan kita bahas adalah daun sente.

Daun sente ini dipercaya oleh para peternak ikan gurame sebagai salah satu makanan ikan tersebut. Daun ini sendiri sering disebut dengan daun talas, karena bentuknya melebar dan batangnya tebal, namun lunak.

Pemberian daun ini sebagai pakan ikan gurame dilakukan dengan memisahkan daun dari batangnya. Untuk daun sente sendiri kamu bisa memberikannya langsung secara utuh, namun batangnya harus dipotong-potong tipis terlebih dahulu kemudian baru diberikan.

#6. Daun Singkong

Makanan Ikan Gurame
Daun singkong, sumber: pixabay.com

Sama halnya seperti daun pepaya, daun singkong juga bisa dijadikan salah satu makanan alternatif untuk ikan gurame. Daun singkong sangat mudah ditemukan, karena singkong bisa hidup dalam kondisi apapun, jadi hampir setiap daerah ada yang menanam singkong.

Adapun kandungan nutrisi yang ada dalam daun singkong meliputi protein berkisar 23,42%, serat kasar 15,80%, lemak 6,31%, zat anti nutrisi HCN 550±620 ppm pada daun singkong yang masih muda dan 400±530 pada daun singkong yang tua.

Karena adanya zat HCN yang bisa meracuni ikan di dalam daun singkong, jangan beri daun singkong yang terlalu banyak kepada ikan gurame walaupun singkong merupakan makanan ikan gurame supaya cepat besar.

#7. Daun Sawi Putih

Makanan Ikan Gurame
Daun sawi putih, sumber: pixabay.com

Sawi putih dalam bahasa latin dinamakan Brassica pekinensia L, termasuk sayuran daun yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Secara fisik, limbah sawi putih mudah busuk karena memiliki kadar air tinggi, jadi limbah sawi putih sering dibuang begitu saja tanpa diolah sehingga bisa mempengaruhi kondisi lingkungan sekitar.

Namun secara kimiawi limbah sayur ini mengandung protein, serta vitamin dan mineral relatif tinggi. Karena itulah, limbah ini bisa dijadikan sebagai pakan ikan gurame, selain sebagai pemanfaatan limbah tapi juga mengurangi pencemaran lingkungan.

Adapun kandungan nutrisi limbah sawi putih meliputi:

  • BK 89,78 persen
  • Protein 26,33 persen
  • Lemak 2.84 persen
  • Abu 20,22 persen
  • Serat kasar 16,79 persen
  • BETN 23,60 persen
  • Gross energi 3247 Kkal/kg

Hasil Analisa Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pakan, IPB. 2016.

Makanan Ikan Gurame dari Bahan Hewani

Makanan ikan gurame yang akan kita bahas merupakan makanan yang dibuat dari bahan hewan. Jadi apa saja pakan dari bahan hewani? Silahkan simak ulasan berikut ini:

#1. Maggot

Makanan Ikan Gurame
Maggot, sumber: pixabay.com

Ya, hewan kecil bernama belatung atau larva lalat yang lebih dikenal dengan maggot lalat ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bisa dijadikan pakan alternatif ikan gurame.

Kandungan proteinnya yang sangat tinggi dapat meningkatkan tingkat metabolisme pada ikan, sehingga ikan dapat tumbuh dengan cepat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Cara membudidayakan maggot:

  1. Siapkan bahan berupa: ember, daun pisang, ampas tahu, sisa ikan asin dan sedikit kotoran ayam.
  2. Campurkan semua bahan tersebut dalam ember berisi air bersih dan aduk-aduk sampai rata.
  3. Tutuplah memakai daun pisang kering agar lalat mau bertelur di ember.
  4. Kemudian, simpan ember tersebut di dalam tempat teduh.
  5. Biarkan sampai 3 minggu. Nanti setelah 3 minggu, kamu akan melihat adanya belatung dalam ember.
  6. Berikan makanan pada belatung setelah 37 hari berlalu sejak lalat bertelur.

Untuk mendapatkan 30 kg belatung, kamu membutuhkan sebanyak 50 kg bahan baku dasar. Namun, jangan lama-lama dalam menyimpan belatung agar tidak menjadi lalat.

#2. Bekicot

Makanan Ikan Gurame
Bekicot, sumber: pixabay.com

Siapa sangka hewan moluska yang sering kita jumpai di kebun bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pakan ikan gurame.

Hewan dengan nama latin Achatina Fulica memiliki kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan gurame.

Kandungan nutrisi dalam bekicot antara lain, protein mencapai 60 % (menyamai tepung ikan) dan asam lemak yang dibutuhkan sebagai sumber energi bagi ikan.

Sebelum memberikan bekicot kepada gurame, sebaiknya keluarkan dulu daging dari cangkangnya, dengan cara memecahkannya atau merebusnya selama 15-20 menit. Kemudian daging dicacah menjadi kecil dan digiling dengan penggilingan daging.

#3. Cacing Tanah

Makanan Ikan Gurame
Cacing tanah (nightcrawlers), sumber: pixabay.com

Cacing tanah merupakan makanan ikan gurame di alam liar untuk memberi pakan kepada gurame yang kamu budidaya.

Karena hewan yang hidup di dalam tanah ini merupakan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan lele dan bisa meningkatkan ketahanan imun untuk ikan lele.

Kamu bisa mendapatkan cacing dengan cara mencarinya di alam liar di sekitar rumah kamu. Cacing biasa biasa ditemukan ditanah yang lembab seperti got atau semacamnya.

Makanan Ikan Gurame Buatan Pabrik

Selain dari alam liar, kamu juga bisa menggunakan pakan hasil olahan pabrik yang telah terjamin kandungan gizinya yang disebut dengan nama “pelet”.

√ Pelet

Makanan Ikan Gurame
Pelet, sumber: dayaternak.com

Makanan ikan gurame yang pertama adalah pelet buatan pabrik yang mengandung protein hewani sebesar 25% sampai dengan 30%. Pelet sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu pelet apung dan pelet tenggelam.

Pilih pelet terapung sebagai pakan ikan gurame, karena gurame merupakan ikan yang sering mencari makanan di permukaan air, jadi hal tersebut dilakukan untuk memudahkan ikan saat memakannya.

Namun, kamu juga harus memperhatikan kandungan nutrisi di dalam pelet, karena hal itu akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan ikan gurame. Selain itu, pemilihan pelet juga harus memperhatikan ukuran peletnya, agar bisa masuk kedalam mulut ikan gurame.


Demikian artikel kami yang berisi informasi tentang makanan ikan gurame. Semoga bisa menjadi referensi saat mau memilih jenis makanan yang akan diberikan kepada ikan gurame yang sedang dibudidayakan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.