Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Guppy

6 min read

Makanan Ikan Guppy – Memberikan makanan yang berkualitas tinggi untuk ikan guppy kesayanganmu sangatlah penting, namun ingat jangan sampai memberikan makan berlebihan karena itu akan berdapak buruk bagi kesehatan bahkan membuat ikan guppy peliharaanmu mati.

Selain memilih makanan terbaik untuk ikan guppt kesayanganmu, kamu juga perlu mengetahui tips dalam memberikan makan sesuai dengan usia ikan guppy.

Simak penjelasan selengkapnya, sebagai berikut.

Daftar Makanan Terbaik Ikan Guppy

Apa aja sih makanan yang bisa untuk mendorong pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mempertahankan keindahan warna ikan guppy?

Mari simak pembahasan selengkapnya mengenai makanan-makanan terbaik untuk ikan guppy sebagai berikut.

1. Cacing sutra

cacing sutra
Gambar cacing sutra, sumber:

Cacing sutra termasuk pakan yang disukai ikan guppy serta bagus untuk pertumbuhan, dikarenakan terdapat kadar protein yang tinggi. Bisa didapatkan dengan harga yang murah lo.

Kamu juga bisa menemukannya di sungai-sungai kecil atau saluran got yang terdapat banyak humusnya. Namun, kamu perlu mengkarantina cacing terlebih dahulu jika akan memberi pakan cacing hasil tangkapan sendiri.

Perlu diingat sebelum memberikan pakan ini, pastikan selalu mengecek kebersihannya terlebih dahulu. Karena Kebersihan pakan sangat penting.

2. Microworm

microworm
Gambar microworm, sumber: bukalapak.com

Microworm mempunyai ciri khas warna putih dengan bentuk yang kecil. Kandungan protein yang terdapat di microworm terbilang tinggi bagus dikonsumsi bagi ikan guppy.

Bukan hanya itu saja, juga terdapat kandungan-kandungan lain, seperti asam organik, gilicogen, lipids, dan lain sebagainya yang sangat baik sebagai penambah kebutuhan nutrisi ikan guppy.

Kamu bisa sangat mudah mendapatkan pakan ini. Karena pakan ini sudah banyak tersedia di toko ofline maupun toko online.

3. Grindal Worm

Grindal Worm
Gambar grindal worm, sumber: djoglofish.blogspot.com

Grindal worm memiliki warna dan bentuk yang sama dengan microworm, yang menjadi perbedaan adalah ukuran grindal worm yang lebih besar dari ukuran microworm.

Grindal worm cocok dikonsumsi guppy karena kandungan nutrisi grindal worm yang tak kalah dibanding microworm. Kamu bisa mendapatkan makanan guppy ini di toko online dengan harga sekitar Rp.30.000 saja.

4. Artemia

Artemia
Gambar artemia, sumber: lalaukan.com

Artemia juga dikenal dengan sebutan Brine Shrimp, karena pada dasarnya pakan ini tergolong dalam family udang. Artemia atau Brine Shrimp ini juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk Guppy Aqua Friends. Pun juga termasuk dalam salah satu makanan favorit ikan Guppy dan berbagai jenis ikan hias lainnya.

5. Jentik Nyamuk

Jentik Nyamuk
Gambar jentik nyamuk, sumber: tokopedia

Banyak masyarakat yang menyebut jentik nyamuk dengan sebutan encuk. Encuk ini bisa dijadikan sebagai makanan alami ikan hias, salah satunya ialah ikan guppy ini.

Pakan alami ini mempunyai kandungan yang bagus dan cocok untuk pertumbuhan ikan guppy. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan encuk sangatlah mudah bukan. Namun sayangnya pakan ini tidak bisa bertahan lama karena proses metamorfosis menjadi nyamuk.

6. Blood Worm

Bloodworm
Gambar bloodworm, sumber: fishinformer.com

Blood worm atau cacing merah merupakan larva nyamuk Chironomus, yang jika dilihat sekilas akan terlihat seperti sekumpulan cacing yang bergerombol dengan warna merahnya.

Blood worm sangat cocok dikonsumsi ikan guppy sebagai pakan tambahan, kandungan yang ada sangat bagus untuk membantu pertumbuhan ikan guppy. Kandungan tersebut diantaranya ada lemak sebesar 10% dan kadar protein yang cukup tinggi yaitu 62,5%.

7. Daphnia Magna

Daphnia magna mempunyai kandungan rendah lemak, air, serta protein. Dengan adanya berbagai kandungan tersebut  cocok untuk dikonsumsi sebagai pakan tambahan untuk ikan guppy, kandungan itu bisa membantu menjaga keindahan serta pesona ikan guppy.

Bagi yang belum tahu daphnia magna ini bukan berasal dari  negara Indonesia, melainkan berasal dari Amerika. Namun para peternak indonesia sudah banyak yang mengembangkan daphnia magna ini. Jadi apabila ingin menggunakan pakan ini, kamu bisa membelinya di toko dengan harga sekitar Rp.10.000

8. Kutu Air

pakan alami Kutu air merupakan produk lokal yang mempunyai kandungan protein sekitar 66% paling tinggi dibanding pakan yang lain dan juga kandungan lemaknya rendah sangat bagus untuk pakan ikan guppy kesayanganmu.

jika kamu ingin menggunakan pekan ini kamu bisa mencari di daerah sungai dengan aliran air yang tenang atau persawahan. Namun kamu juga bisa membelinya di toko dengan harga Rp.10.000.

9. Vinegar Eel

Vinegar eel atau belut cuka merupakan pakan guppy dengan sumber protein (50%) serta lemak (20%). Namun, alangkah baiknya kamu tidak memberikan pakan ini terlalu sering.

Karena vinegar eel atau belut cuka di ternak atau dikembangkan menggunakan media cuka.

Sebenarnya pakan ini mudah untuk dibudidayakan, tetapi aroma cukanya terlalu kuat yang menjadi kelemahan pakan ini. Jika ingin menggunakan pakan ini, kamu bisa membelinya di toko marketplace online dengan harga sekitar Rp.30.000.

10. Kuning telur

Terdapat kandungan lemak tinggi yang ada pada Kuning telur, dan juga ada kandungan protein yang baik serta mengandung natrium, kalium, dan vitamin seperti A, C, D, B-12, mineral seperti kalsium, besi, dan magnesium.

Kuning telur ini lebih cocok dikonsumsi oleh anakan ikan guppy, jadi ikan dewasa pun boleh diberi pakan ini namun, tidak boleh memakannya dalam jumlah tinggi.

Sebelum memberi kuning telur harus direbus kemudian dihancurkan hingga menjadi pasta baru bisa diberikan pada ikan. Ingat berikan dalam jumlah rendah, jangan memberikan terlalu banyak karena makanan ini bisa sangat mencemari air.

11. Hati sapi

Hati sapi ini cocok untuk dikonsumsi anakan ikan guppy (burayak). Terdapat lemak yang tinggi dalam hati sapi sehingga tidak dianjurkan untuk ikan guppy dewasa.

Untuk memberikan makanan ini bersihkan terlebih dahulu lemaknya, kemudian potong kecil-kecil menggunakan pisau atau juga bisa menggunakan blender. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik kamu bisa mencampurkan dengan wortel, bubuk Spirulina, kuning telur yang direbus atau udang.

12. Pelet Ikan Guppy

selain pakan alami yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga bisa memberikan pakan komersial berupa pellet. Pellet ini sangat bagus sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi ikan guppy agar pertumbuhannya cepat dan bagus.Karena makanan alami hanya sebagai pakan selingan saja.

Berikut ini rekomendasi pakan komersial yang cocok untuk ikan guppy kesayangan kamu, simak penjelasan berikut

a. Hikari Tropical Fancy Guppy

hikari tropical fancy guppy
Gambar hikari tropical fancy guppy, sumber: trobosaqua.com

Pellet guppy merk hikari tropical fancy harga pasarannya sekitar Rp.35.000 dengan ukuran 22 gram. Pellet ini memiliki keunggulan yang sangat bagus untuk membantu pertumbuhan ikan guppy anakan hingga ikan guppy dewasa.

b. Ocean free Super guppy

ocean free super guppy
Gambar ocean free super guppy, sumber: qoo10.sg

Pellet merk Ocean Free Super Guppy ini sudah populer serta baik untuk dijadikan sebagai pakan sehari-hari di kalangan pecinta ikan hias, dan juga banyak memelihara guppy dan memberikan pakan merk ini untuk ikan guppy peliharaannya.

c. Palet sayuran (veggie pallets)

Palet sayuran (veggie pallets) merupakan makanan lain yang wajib kamu pilih sebagai menu makan ikan guppy. Kandungan yang terdapat di palet sayuran diantaranya ada sayuran hijau seperti alga, plankton, dan spirulina.

Pakan ini kaya akan vitamin yaitu, ada vitamin B, C, D, dan E serta mengandung kalsium dan zat besi. Tablet Spirulina membantu guppy melawan infeksi kulit dan bisa membantu  menumbuhkan sirip dan ekor yang lebih sehat. Berkat kandungan pigmen karotenoid alami pada pakan ini akan bisa membantu meningkatkan warna ikan guppy.

13. Sayuran

Sayur-sayuran juga bisa dijadikan sebagai pakan ikan guppy, apalagi kandungan vitamin serta serat dalam sayur sagat bagus untuk membantu pertumbuhan serta menjaga keindahan ikan guppy.

Sayuran apa aja sih yang cocok dan bisa digunakan sebagai pakan ikan guppy? Simak ulasan di bawah ini.

a. Bayam

bayam
Gambar bayam, sumber: okezone.com

Pakan Guppy berbahan dasar bayan ini bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan ikan sama halnya jika dikonsumsi manusia. kandungan Folat, magnesium serta vitamin A, dan vitamin C, yang cocok dijadikan alternatif pakan untuk menjaga kesehatan ikan guppy.

Untuk memberikan pakan bayam ini kamu bisa menggunakan dua cara. Yang pertama kamu bisa memberikan langsung bayam mentah dengan memotong menjadi bagian kecil-kecil. Kedua jika kamu ingin memudahkan ikan guppy untuk mencerna pakan bayam, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu.

b. Selada

 selada
Gambar selada, sumber: kompas.com

Selada sangat bagus untuk pakan ikan guppy kesayanganmu, karena terdapat kandungan vitamin A,C, dan K yang dipercaya baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dan dapat menjaga pesona serta keindahan warna ikan guppy.

Sebelum memberikan pakan ini kamu harus memotong menjadi bagian yang kecil-kecil, bertujuan untuk memudahkan ikan guppy saat memakan pakan selada ini.

c. Mentimun

mentimun
Gambar mentimun, sumber: akamaized.net

Mentimun dikenal serta sudah dipercaya sebagai sayuran atau buah yang kaya akan vitamin B, C dan K. apalagi terdapat berbagai berbagai vitamin B, mulai dari B1, B2, B3, B5, dan juga B9. yang dimana kandungan vitamin tersebut sangat baik untuk kesehatan ikan guppy kesayanganmu.

sebelum memberikan pakan ini, kamu perlu mencuci lalu membersihkan bijinya terlebih dahulu, kemudian potong sampa menjadi bagian kecil-kecil.

d. Wortel

wortel
Gambar wortel, sumber: kompas.com

Wortel dipercaya bisa menjaga keindahan warna ikan guppy, karena memiliki kandungan vitamin A dan karotennya yang sangat tinggi. Namun bukan hanya itu saja, juga ada kalimun serta beberapa vitamin seperti Vitamin B6 dan K1.

Pakan ini tidak bisa langsung diberikan pakan ikan guppy. untuk memberikan pakan ini kamu harus memotong sampai menjadi kecil-kecil kemudian direbus wortel terlebih dahulu sampai menjadi sedikit lunak. Nah barulah kamu bisa memberikan pakan ini.

Tips Memberi Pakan Anakan Ikan Guppy

Pemberian pakan untuk anakan ikan guppy ada tips khususnya, yaitu pada anakan ikan guppy yang berusia dua minggu. Nah pada usia ini kamu perlu memperhatikan beberapa hal ketika memberi pakan. Berikut penjelasannya.

  1. Cukup beri makan 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore, karena porsi makan anakan guppy tidaklah banyak.
  2. Kamu bisa memberi pakan kuning telur yang sudah direbus pada anakan guppy yang menginjak dua minggu.
  3. Bisa juga diberi pakan kutu air yang sudah disaring.

Tips Memberi Pakan Ikan Guppy Dewasa

Perlu atur pola makan pada ikan guppy, karena ikan ini dikenal sebagai ikan yang makannya teratur dengan porsi yang sedikit. Kamu bisa memberikan makanan berupa pelet untuk makanan pokoknya , sayur dan juga pakan alami sebagai makanan pelengkap nya.

Nah simak tips pemberian makan, sebagai berikut:

  1. Pilih pelet terbaik yang cocok dengan kandungan nutrisi yang baik untuk ikan guppy.
  2. Beri makan dengan porsi sedikit-sedikit, namun juga sesuaikan dengan jumlah ikan yang kamu pelihara. Cukup memberi makan 2-3 kali sehari.
  3. Beri pakan tambahan seperti sayuran dan pakan alami, seminggu cukup 3 kali saja.
  4. Jangan terlalu berlebihan ketika memberi pakan karena dapat berpengaruh terhadap kebersihan aquarium.

Nah itu tadi penjelasan makanan terbaik beserta tips pemberian pakan yang sesuai dengan usia ikan guppy. Jangan sampai salah ya dalam memberikan makan ikan guppy kesayanganmu. Terimakasih telah mengunjungi artikel kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Faunanesia.

Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.