Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Gabus

5 min read

Ikan gabus

Makanan Ikan Gabus – Ikan gabus merupakan salah satu ikan yang paling banyak dibudidayakan karena manfaatnya. Ikan ini bisa dipelihara untuk dijadikan Pembasmi hama di sawah serta bisa dijadikan bahan konsumsi.

Untuk memilih makanan ikan gabus tidak semudah yang kamu kira, Pakan yang kamu berikan harus tepat. Jika tidak, bisa jadi pertumbuhan ikan gabus menjadi sangat lambat dan tentunya ini sangat merugikan bukan?

Jadi untuk membantu kamu menentukan makanan yang tepat, saya sudah siapkan beberapa rekomendasi pakan terbaik untuk gabus. Untuk lebih jelasnya, mari simak kutipan yang sudah saya siapkan berikut ini.

Makanan Ikan Gabus Alami 

Sebagai predator yang ada di air tawar, ikan gabus bisa memakan hampir semua hewan kecil yang dianggap sebagai makanannya. Hal ini memudahkan kamu yang ingin menggunakan pakan alami untuk ikan gabus, karena pakan jenis ini merupakan hewan-hewan yang menjadi mangsanya di habitat aslinya.

Pakan alami memiliki banyak keuntungan bagi ikan gabus, pakan alami dibawah ini merupakan kumpulan hewan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk membantu pertumbuhan dari ikan gabus. Selain itu, pakan alami juga sangat mudah untuk didapatkan.

Kamu bisa mendapatkanya dengan mencarinya langsung di alam atau bisa langsung dengan membelinya di pasar atau tempat lain yang menyediakannya. Jika kamu seorang pembudidaya ikan pastinya sudah tahu dengan jenis pakan berikut ini, apalagi tentang manfaatnya yang berlimpah itu.

Untuk lebih jelasnya, mari baca kutipan makanan alami untuk ikan gabus yang sudah saya rangkum dalam ulasan berikut ini.

1. Kutu Air

Makanan Ikan Arwana

Daphnia atau yang biasa disebut dengan kutu air adalah salah satu makanan untuk benih ikan gabus. Kutu air sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dari anakan ikan gabus. Hewan yang berukuran kecil ini ternyata mengandung lebih dari 40% protein dalam tubuhnya, sangat tinggi bukan.

Selain itu pemberian kutu air yang rutin juga bisa meningkatkan nafsu makan dari benih ikan gabus. Selain itu makanan jenis ini juga dapat dengan mudah didapatkan, kamu bisa membelinya dengan harga murah secara online dan langsung ke penjualnya.

Atau kamu juga bisa membudidayakan sendiri kutu air saat menyiapkan kolam untuk ikan gabus, supaya saat ikan gabus dilepas dikolam kamu tidak perlu memberinya makan selama beberapa saat.

2. Artemia

 

Sama dengan kutu air, artemia juga merupakan pakan yang baik untuk benih ikan gabus. Artemia merupakan sejenis udang primitif yang berukuran sangat kecil, ukurannya juga hanya sekitar 1 cm saja.

Meskipun berukuran sangat kecil, artemia memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah bagi ikan gabus. Hewan yang biasa hidup di perairan pesisir pantai ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Dengan kandungan protein yang tinggi serta asam lemak tak jenuh yang ada pada artemia, tentunya akan membantu mempercepat pertumbuhan benih ikan gabus dan meningkatkan daya imun tubuh ikan.

Jika kamu tertarik untuk memasukan artemia dalam menu makanan ikan gabus yang kamu budidayakan. Lebih baik berikan artemia tidak terlalu sering, cukup berikan 3-4 kali dalam seminggu.

3. Cacing

makanan ikan gabus

Selain digunakan untuk memancing ikan, kamu juga bisa loh menggunakan cacing untuk dijadikan makanan tambahan untuk ikan gabus. Cacing merupakan sumber protein yang baik untuk membantu tumbuh kembang ikan, dan cacing juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghindari beberapa jenis penyakit.

Pakan jenis ini sangat mudah didapatkan, kamu bisa mencarinya di sekitar rumahmu atau membelinya dengan harga yang murah. Untuk menggunakan nya lebih baik kamu keringkan dulu cacing, lalu potong menjadi beberapa bagian kecil agar ikan mudah memakan nya dan tidak habis terlalu banyak.

Kamu bisa menggunakan cacing tanah, cacing sutra, dan sejenis cacing lainya. Berikan pakan cacing seperlunya saja, sebagai makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian ikan gabus.

4. Ikan Rucah

Selanjutnya kamu bisa menggunakan ikan kecil atau ikan sisa hasil tangkapan nelayan yang tidak terpakai (rucah). Meskipun ikan sisa yang tidak terpakai tapi tetap saja ini merupakan ikan yang laut biasanya yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Ikan kecil merupakan makanan ikan gabus di alam liar.

Pakan ini sangat baik untuk ikan gabus dan juga dompetmu, selain kandungan nutrisi yang baik harganya pun murah. Kamu bisa mendapatkan di pasar atau di tempat pelelangan ikan. Kamu juga bisa menjadikan ini menjadi pakan harian, kamu cukup memotong nya menjadi kecil dan makanan pun siap untuk dihidangkan.

5. Bekicot/Keong SawahMakanan Ikan

 

Meski sering dianggap sebagai hama bagi tanaman, bekicot dan keong sawah ternyata memiliki manfaat yang baik untuk ikan gabus. Keduanya sama-sama memiliki kandungan protein yang tinggi, dan saat di habitat aslinya ikan ini memang memakan keong sawah dan bekicot.

Bekicot biasanya mudah kamu dapatkan saat musim penghujan tiba, pada masa ini jumlah bekicot akan meningkat pesat. Dan kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan makanan tambahan untuk ikan gabus.

Sedangkan untuk keong sawah, seperti namanya kamu bisa mencarinya pada lumpur dan batang pada yang ada di sawah. Hewan ini memang hama bagi tumbuhan padi, jadi jika kamu menggunakan pakan ini,  artinya kamu sudah membantu petani untuk mengurangi hama yang mengancam.

6. Udang

udang

Seperti yang kita tahu, udang mengandung banyak sekali kandungan gizi yang baik untuk kesehatan ikan gabus. Udang memiliki kandungan protein yang tinggi serta dilengkapi dengan lemak tak jenuh serta vitamin dan beberapa mineral.

Kualitas udang yang tinggi, juga sebanding dengan harganya. Karena itu, kamu bisa menggunakan udang sebagai makanan tambahan yang berfungsi sebagai suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan gabus.

7. Daging

Makanan Ikan Gabus

Sebagai ikan karnivora, tentunya ikan gabus akan sangat suka jika diberi dengan makanan yang berupa sejenis daging. Kamu pastinya sudah mengetahui jika daging adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan protein yang melimpah.

Jika kamu ada ayam yang mati atau sisa daging yang tak terpakai, kamu masih bisa mengolahnya lagi dan memanfaatkannya untuk makanan ikan gabus dewasa. Kamu bisa merebusnya lalu langsung memberikan ke ikan gabus secara utuh, atau kamu juga bisa memotongnya menjadi potongan daging kecil.

8. Kroto

Kroto

Pakan jenis ini juga salah satu jenis makanan yang paling banyak digunakan untuk makan hampir semua jenis hewan, dari burung bahkan sampai ikan. Untuk ikan gabus sendiri, kroto atau telur semut ini mengandung protein yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan dari ikan gabus.

Jenis makanan ini cocok untuk dijadikan makanan tambahan tinggi protein. Ikan ini bisa kamu cari di tempat yang ada sarang semutnya, atau bisa juga dengan membelinya pada toko penyedia kebutuhan ternak.

9. Jangkrik

Jangkrik

Sama halnya dengan kroto, jangkrik juga menjadi salah satu makanan hewan peliharaan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Di Habitat aslinya ikan gabus sering memakan jangkrik yang jatuh ke air, selain itu jangkrik juga sering dimanfaatkan untuk umpan mancing.

Jangkrik memiliki aroma khas yang melekat pada dirinya, lebih tepatnya pada cairan yang menjadi isi perutnya. Aroma khas yang dimiliki jangkrik ini bisa meningkatkan nafsu makan dari ikan gabus.

Makanan Buatan Ikan Gabus

Selain jenis makanan alami, ada juga makanan buatan yang bisa kamu gunakan untuk makanan ikan gabus. Makanan jenis ini biasanya dijadikan sebagai pakan utama karena kandungan nutrisi nya lebih stabil serta harganya yang murah.

Dibanding dengan jenis pakan alami (dari segi ke efisiensinya), pakan buatan merupakan alternatif terbaik yang bisa kamu gunakan. Alasanya karena ikan ini cukup mudah untuk didapat, kamu bisa mendapatkannya dengan membeli atau membuatnya sendiri.

Berbeda dengan pakan alami yang harus repot-repot mencarinya terlebih dulu, serta keterbatasan jumlah pakan yang tentunya akan menguras isi dompet terlalu banyak jika digunakan berlebih. Karena memang seharusnya pakan ini tidak digunakan sebagai pakan harian.

Berikut ini sudah saya siapkan untuk kamu, rekomendasi jenis makanan buatan untuk ikan gabus yang bisa kamu gunakan untuk makanan ikan gabus.

1. Pelet Pabrik Untuk Makanan Ikan Gabus

makanan Ikan Gabus

Dalam membudidayakan ikan gabus kebanyakan para peternak ikan menggunakan pelet sebagai makanan ikan gabus peliharaan. Ini karena pelet dinilai lebih praktis dan murah dibanding pakan jenis lain, pelet bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan si peternak ikan.

Untuk mencari nya pun mudah, banyak toko penyedia kebutuhan ternak yang menjual pelet. Biasanya pelet dijual perkilo, tapi ada juga perusahaan yang menyediakan pelet yang sudah dikemas rapih.

Pelet memang biasa digunakan untuk makanan sehari-hari. Tapi kandungan nutrisi yang ada pada pelet biasanya memang bisa dikatakan kurang. Inilah penyebab kenapa pentingnya pakan tambahan sebagai penunjang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian pada ikan.

2. Pakan Pelet Ikan Gabus Buatan Sendiri

Kamu juga bisa membuat pelet sendiri, tentunya dengan komposisi yang kamu buat sendiri juga. Dibanding pelet murah yang dibuat oleh pabrik, tentu saja pelet buatan sendiri lebih bagus. Walau perlu proses dan biaya lebih untuk membuatnya, itu bukan masalah selama ikan gabus yang kamu pelihara bisa tumbuh dengan baik.

Biasanya pelet terbuat dari bahan dedak, ampas tahu, dan semacamnya kamu bebas memilih. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti tepung ikan, vitamin atau bahan lainya sebagai pelengkap nutrisi untuk pakan buatan mu.

Penutup

Untuk memelihara ikan gabus, memang sangat penting untuk memperhatikan jenis makanan yang kamu berikan. Dengan makanan yang baik yang kamu berikan, tentunya akan menghasilkan dampak yang baik juga untuk ikan gabus yang kamu budidayakan.

Pemberian makanan yang tepat akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan dari ikan gabus. Jika kamu asal memberi makan tanpa memperhitungkan asupan gizi untuk ikan gabus, malah bisa jadi itu lah penyebab ikan yang kamu pelihara tumbuh dalam waktu yang lebih lambat.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk kamu yang akan membudidayakan ikan gabus. jika ada salah dalam bentuk apapun saya mohon minta maaf, dan terima kasih sudah mengunjungi halaman ini.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.