Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Cupang

5 min read

Makanan Ikan Cupang

Pemilihan makanan ikan cupang ternyata tidak boleh sembarangan. Karena makanan yang dipilih tersebut harus memiliki kandungan gizi yang baik dan berguna untuk mendukung pertumbuhan si ikan cupang.

Ada faktor lain, bahwa jenis makanan yang dipilih bisa mempengaruhi harga ikan cupang, yang ditentukan dari bentuk tubuh yang bagus dan warna sisik yang indah. Jadi di kalangan peternak cupang atau breeder, pemilihan pakan untuk ikan cupang ada aturannya.

Sebenarnya untuk mencari makanan ikan cupang kamu bisa mencarinya di toko-toko ikan hias atau peternak ikan cupang.

Nah, dari pada penasaran apa saja jenis makanan agar ikan cupang cepat besar dan sehat serta bagus bentuknya dengan warna sisik yang indah ada di ulasan berikut:

Makanan Ikan Cupang Alami Yang Hemat Biaya

Makanan yang bisa diberikan kepada ikan cupang ada 2 kategori yaitu: makanan alami dan pakan buatan pabrik. Saat ini kita akan membahas makanan alami terlebih dahulu, silahkan simak ulasan berikut:

#1. Infusoria

Pakan Ikan Cupang
Infusoria, sumber: shopee.co.id

Infusoria adalah istilah kolektif untuk makhluk air kecil yang ada di kolam air tawar. Hewan kecil yang termasuk dalam kategori kelas protozoa ini merupakan makanan alami ikan hias yang berukuran kecil seperti ikan cupang, dll.

Meskipun termasuk dalam kategori kelas protozoa, infusoria bisa dilihat dengan mata secara langsung dan tampak terlihat seperti bintik putih yang bergerak-gerak. Infusoria berukuran antara 25 micron – 300 micron, jadi bisa diberikan kepada benih ikan.

Untuk menemukan infusoria, cari di dalam air yang mengandung bahan organik, seperti air dari kolam ikan yang berwarna hijau, terutama di tempat-tempat yang sedang mengalami pembusukan berat.

Kamu juga dapat membuatnya sendiri dengan cara:

  1. Rebus kol atau sawi yang sudah layu dan peras untuk mendapatkan sarinya.
  2. Masukkan sari hasil perasan beserta ampas dari kol atau sawi yang diperas ke dalam wadah yang sudah berisi air.
  3. Kemudian, letakkan wadah di tempat yang teduh dan biarkan selama 3 hari.
  4. Setelah didiamkan selama sekitar tiga hari biasanya akan muncul hewan-hewan kecil berwarna keputihan yang merupakan infusoria.

#2. Bayi Ikan Guppy

Makanan Ikan Cupang
Bayi guppy, sumber: www.minapoli.com

Ikan Guppy merupakan salah satu spesies ikan yang cepat berkembang biak. Dan anak dari ikan Guppy alias burayak Guppy memiliki kandungan gizi yang tinggi. Karena itulah burayak Guppy bisa dijadikan sebagai pakan untuk Ikan Cupang.

Kandungan gizi yang tinggi dari burayak Guppy sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya pertumbuhan ikan cupang.

#3. Lalat Buah

Pakan Ikan Cupang
Lalat buah, sumber: pexels.com

Lalat buah yang biasanya bisa ditemukan pada buah-buahan di rumah kamu ternyata bisa dijadikan sebagai pakan untuk ikan cupang. Kenapa? Karena lalat juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bagus untuk pertumbuhan ikan cupang.

Lalat buah juga memiliki zat pigmen yang bisa mencerahkan warna sisik dan sirip ikan cupang sehingga terlihat lebih indah. Untuk cara pemberian lalat sebagai pakan, hilangkan terlebih dahulu bagian kepala lalatnya, kemudian beri ke ikan cupangnya.

Namun, ada juga jenis lalat buah yang tidak bersayap dan sangat cocok diberikan kepada ikan cupang. Bahkan Anda sendiri bisa membudidayakan lalat buah tersebut dalam wadah kecil untuk pakan cupang.

#4. Kutu Air

Makanan Cupang
Kutu air, sumber: www.panenlele.eu.org

Kutu air yang sering disebut dengan kutir bisa dijadikan sebagai alternatif makanan ikan cupang. Kutu air memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga daya tahan anak ikan Cupang serta membantu Cupang untuk mencerahkan warna sisiknya agar lebih menyala.

Namun, karena kandungan lemaknya yang rendah, kamu perlu memvariasikan pemberian pakan kutu air dengan pakan lainnya untuk membantu pertumbuhan ikan Cupang.

Sebenarnya semua jenis kutu air bisa dijadikan sebagai makanan untuk ikan cupang, kecuali kutu air jet. Karena, kutu air jet yang dimakan bisa menggerogoti perut burayak ikan cupang yang masih rentan sampai mati.

#5. Makanan Ikan Cupang Kuning Telur

Pakan Ikan Cupang
Kuning telur, sumber: pixabay.com

Kuning telur mengandung protein yang tinggi bisa dijadikan sebagai makanan ikan cupang. Telur yang digunakan bisa menggunakan telur apa saja (telur ayam, puyuh, bebek, dll).

Untuk pemberian makanan jenis ini, kamu bisa melakukan cara:

  1. Kukus atau rebus telur yang telah disiapkan sampai matang.
  2. Kupas dan ambil kuning telurnya saja.
  3. Kemudian remas kuning telurnya dengan kain maupun dengan tangan.
  4. Masukkan remasan dari kuning telur ke dalam aquarium.

Pastikan untuk tidak memberikan kuning telur kepada cupang terlalu banyak, karena akan membuat keruh air dan mempengaruhi kesehatan ikan.

#6. Udang Air Asin

Makanan Ikan Cupang
Udang air asin, sumber: pixabay.com

Rekomendasi pakan ikan cupang selanjutnya adalah udang. Udang yang memiliki kandungan pigmen yang mampu mempercantik warna ikan cupang, jadi udang sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan ikan cupang

Cupang hanya perlu kamu beri daging udang. Daging yang diberikan harus dicacah kecil-kecil terlebih dahulu agar bisa masuk ke mulut ikan cupang.

#7. Artemia

Makanan Ikan Cupangg
Artemia, sumber: pexels.com

Artemia adalah sejenis udang kecil yang hidup di laut dan dikenal juga dengan nama brine shrimp. Karena ukurannya yang kecil serta memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sering digunakan sebagai pakan berbagai jenis ikan, termasuk Ikan Cupang.

Protein dari artemia ini sangat baik untuk pertumbuhan anak ikan cupang yang masih rentan. Sebelum artemia diberikan pada cupang, bilas dulu, agar kadar garamnya berkurang dan tidak mengganggu keseimbangan asupan garam yang perlu dikonsumsi oleh cupang.

#8. Jentik Nyamuk

Makanan Ikan Cupang
Jentik nyamuk, sumber: pexels.com

Jentik nyamuk merupakan makanan berprotein dan lemak yang tinggi yang cocok bagi cupang kecil untuk mendukung pertumbuhannya.

Jentik nyamuk memang mudah ditemukan di lingkungan sekitar seperti di selokan atau genangan air. Tapi jangan gunakan jentik liar secara sembarang sebagai pakan, karena jentik liar bisa mengandung bakteri jahat yang bisa membawa penyakit untuk ikan cupang.

Jika kamu memilih untuk membudidayakan jentik. Cukup sediakan ember dan isi dengan air yang kotor, kemudian letakkan di tempat teduh dan nyamuk akan bertelur didalamnya. Segera berikan jentik nyamuk pada cupang sebelum jentik bertumbuh menjadi nyamuk.

#9. Cacing Sutra

Makanan Ikan Cupang
Cacing sutra, sumber: ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com

Cacing sutra merupakan salah satu alternatif pakan untuk ikan cupang. Jenis cacing satu ini dapat kamu temukan di perairan seperti selokan atau got dan sungai. Jika tak mau kotor untuk mendapatkan cacing sutra, cukup beli ke toko atau membudidaya cacing ini sendiri.

Karena kandungan proteinnya lebih sedikit dibandingkan makanan cupang yang lain, kamu hanya dapat memberikan jenis makanan ini ke ikan cupang sebanyak dua kali sehari dan ditambah jenis pakan lainnya.

#10. Vinegar Eel

Makanan Ikan Cupang
Vinegar eel, sumber: merekbagus.co.id

Walaupun menjadi salah satu jenis belut, ukuran dari pakan ikan cupang yang satu ini sangatlah kecil sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Belut jenis ini merupakan makanan ikan cupang agar ganas.

Pakan alami ikan cupang ini sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan bayi ikan cupang. Bagi yang ingin membudidayakan vinegar eel pun cukup mudah dengan bantuan cuka apel.

#11. Microworms

Makanan Ikan Cupang
Microworms, sumber: davidwiththefish.com

Pakan yang direkomendasikan bagi yang memiliki anakan ikan cupang usia 3 hari sampai 10 hari adalah microworm. Microworm merupakan nematoda yang mengandung asam karena proses fermentasi.

Disebut dengan istilah tersebut karena hewan ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Dengan ukurannya yang begitu kecil membuat microworms cocok untuk dijadikan sebagai pakan ikan cupang yang masih bayi.

Dan microworm sendiri memiliki kandungan nutrisi yang bisa mendukung pertumbuhan anak ikan cupang, diantaranya sebagai berikut:

  • Protein 48%
  • Lipids 21%
  • Glycogen 7%
  • Asam Organik 1%
  • Air 23%

Untuk membudidayakan microworm sebenarnya tidaklah sulit, kamu hanya perlu beli sampel microworm di toko ikan hias, kemudian tempatkan microworm tersebut ke dalam toples.

Masukkan sedikit remah-remah roti tawar di dalam toplesnya. Kemudian, biarkan microworms berkembang biak dengan sendirinya.

#12. Cacing Darah

Makanan Cupang
Cacing darah, sumber: pixabay.com

Larva dari lalat pengusir hama yang sering disebut dengan cacing darah alias bloodworms, bisa dijadikan sebagai pakan ikan cupang karena cacing ini mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat mencerahkan warna sisik ikan cupang.

Di alam, cacing darah sering ditemukan bersama dengan cacing sutra. Jika kamu tidak dapat menemukan cacing darah di alam liar, kamu juga dapat membelinya di toko ikan hias dalam bentuk gel atau kering.

#13. Ikan Salmon dan Ikan Haring

Sebagian besar pakan ikan cupang adalah serangga, tetapi kamu juga dapat memberikan makanan yang berasal dari ikan salmon dan ikan haring.

Karena ikan salmon dan ikan haring memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, hindari terlalu banyak memberikan daging ikan salmon maupun haring sebagai pakan untuk ikan cupang. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keseimbangan gizi untuk pertumbuhan ikan cupang.

Makanan Ikan Cupang Pelet Buatan Pabrik

Setelah kita membahas makanan alami, mari kita bahas juga pakan buatan pabrik yang bisa diberikan kepada ikan cupang di pembahasan berikut ini:

1. Pelet Aqualife Betta S2

Pelet ikan cupang bermerk aqualife betta ini merupakan produk buatan pabrik asli Indonesia alias produk lokal.

Pelet ini dibuat dengan bahan-bahan berkualitas yang tinggi dengan vitamin-vitamin yang lengkap untuk menjaga daya tahan ikan cupang agar tidak mudah terserang penyakit serta menambah beta carotene untuk meningkatkan kecerahan warna pada ikan cupang.

2. Pelet MeM

Pelet MeM merupakan pelet khusus ikan cupang yang diimpor dari negara Belgia. Pelet ini bagus sekali untuk pertumbuhan dan warna ikan serta pelet ini mempunyai ukuran yang berbeda bahkan ada ukuran yang kecil sekali untuk burayak yang masih berumur 1 bulan.

Jadi karena faktor- faktor itulah pelet MeM menjadi cukup populer di kalangan penggemar ikan cupang.

3. Pelet Atison’s Betta Pro

Pelet ikan cupang atisons betta pro merupakan pelet buatan perusahaan Ocean Nutrition yang ada di negara USA yang diimpor ke Indonesia.

Ocean Nutrition mengklaim bahwa pelet ikan cupangnya, dibuat dengan bahan kualitas tinggi untuk pertumbuhan ikan cupang serta warna ikan cupang. Jadi pelet ini memiliki harga yang lumayan mahal.

4. Pelet Monster Pro 03

Pelet ikan cupang buatan lokal lainnya yaitu pelet monster 03. Pelet ini diklaim dapat meningkatkan warna pada ikan cupang dav bisa mendukung pertumbuhan ikan cupang.

Selain itu, pelet ini juga dapat mematangkan telur serta sperma ikan sehingga cocok juga digunakan untuk pakan utama saat beternak ikan cupang.


Demikian ulasan mengenai makanan ikan cupang alami dan pakan buatan pabrik yang mudah ditemukan. Semoga artikel ini membantu kamu dalam memilih pakan untuk ikan cupang peliharaan mu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.