Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Buntal

4 min read

Makanan Ikan Buntal

Makanan Ikan Buntal – Ikan buntal merupakan salah satu jenis ikan karnivora yang hidup di perairan air asin. Ikan ini dikenal karena keunikan pada tubuhnya. Seperti namanya ikan ini bisa merubah bentuk tubuhnya menjadi seperti balon.

Karena kemampuan uniknya ikan ini sering dijadikan ikan hias aquarium. Untuk kamu yang ingin memelihara ikan buntal di aquarium. Ketahui dulu apa saja makanan yang baik untuk dijadikan makanan ikan Buntal.

Agar ikan Buntal yang kamu pelihara hidup dengan baik, tentunya kamu harus memberikan makanan terbaik sesuai dengan kebutuhan dari ikan buntal yang kamu pelihara.

Nah dari pada bingung memilih makanan ikan buntal apa saja. Yuk langsung saja simak ulasan yang sudah saya siapkan berikut ini.

Makanan Ikan Buntal Alami

Makanan Ikan Buntal

Pakan alami untuk ikan buntal merupakan jenis pakan ikan buntal yang sesuai dengan kondisi tubuh dan habitat aslinya di alam liar. Nah sebelum membahas makanan lebih dalam saya akan sedikit menjelaskan tentang ikan buntal.

Seperti yang sudah saya katakan di atas, ikan buntal merupakan salah satu ikan karnivora air asin dan air payau. Ikan ini sudah dikenal di banyak tempat di Indonesia, bahkan sampai ke negara di asia lainnya.

Karena keunikan pada tubuhnya yang bisa melembung, menjadikan orang tertarik untuk memeliharanya. Selain itu, di Jepang ikan buntal juga dimakan lo!.

Meskipun beracun fugu/ikan buntal dimasak dengan cara tertentu oleh chef yang benar-benar ahli dalam memasak ikan buntal.

Nah untuk makanan ikan buntal saat di habitat aslinya adalah ikan-ikan kecil, kerang, dan lain-lain. Sebagai ikan karnivora tentunya ikan ini dilengkapi dengan serangkaian gigi tajam yang bisa terus tumbuh.

Gigi ini lah yang sering digunakan untuk memangsa makhluk air lain. Dan perlu kamu tahu juga. Gigi ikan buntal bisa tumbuh memanjang, bahkan bisa membahayakan bagi ikan ini.

Karena itulah, ikan ini sering mengunyah hewan hewan dengan cangkang yang keras untuk mengikis sendiri agar giginya tidak tumbuh terlalu panjang.

Untuk makanan alami yang bisa kamu gunakan beragam, ikan buntal bisa memakan hampir semua jenis ikan kecil yang ia tangkap dengan giginya yang tajam.

Tapi meski seperti itu, kamu tetap harus memilih makanan yang baik agar ikan peliharaan mu bisa hidup dengan baik di kolam aquarium rumahmu.

Nah untuk itu saya sudah siapkan beberapa rekomendasi pakan ikan buntal yang baik untuk ikan buntal. Yuk simak kutipan yang sudah saya siapkan berikut ini.

1. Ikan Kecil

Makanan ikan buntal

Di habitat aslinya ikan buntal memangsa ikan-ikan kecil sebagai makanan utama. Meskipun lambat, ikan buntal memiliki serangkai gigi tajam yang mematikan untuk ikan. Jika ada ikan yang sedang tidak beruntung, ikan buntal akan menangkap ikan tersebut dengan gigi tajamnya.

Nah untuk kamu yang memeliharanya di kolam aquarium, kamu harus memilih tankmate yang berukuran sama atau lebih besar. Hal ini bertujuan untuk menekan ke agresivitas dari ikan buntal. Tentunya kamu tidak mau kan ikan peliharaan mu habis dimakan ikan buntal.

Dan kamu jangan sekali-kali mencampur ikan buntal dengan ikan hias yang memiliki sirip panjang. Dengan gigi ikan buntal yang tajam, tentunya bisa dengan mudah untuk ikan buntal mengoyak sirip ikan tersebut. Dan pastinya kamu tidak ingin itu terjadi dengan ikan peliharaan.

2. Udang

makanan ikan

Selain ikan kecil, udang juga bisa kamu gunakan sebagai pakan tambahan untuk ikan buntal. Selain udang memang salah satu makanan alami di habitat asli ikan buntal. Udang juga baik untuk dikonsumsi karena kandungan protein hewani nya yang tinggi.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, tentunya sangat baik untuk membantu tumbuh dan kembang dari ikan buntal. Selain itu udang juga bermanfaat untuk memicu munculnya warna pada ikan buntal hias dan menambah nafsu makan.

3. Kerang & Siput

Makanan Ikan Buntal

Seperti yang sudah saya katakan tentang rangkaian gigi ikan buntal yang bisa tumbuh memanjang. Tentunya ikan ini membutuhkan cara agar gigi yang ia miliki tidak membahayakan dirinya sendiri.

Nah karena itu ikan buntal sering mengunyah dan memakan kerang atau pun siput yang memiliki cangkang keras. Cangkang keras ini sangat berguna untuk mengikis gigi ikan buntal yang sudah tumbuh terlalu panjang.

4. Kepiting

Di habitat aslinya, kepiting juga menjadi salah satu mangsa untuk ikan buntal. Meskipun kepiting memiliki cangkang yang melapisi tubuhnya.

Tentu saja itu bukan masalah untuk gigi tajam yang dimiliki ikan buntal. Bisa dengan mudah ikan buntal mengunyah dan menghancurkan cangkang kepiting.

5. Cacing

Sebagai makhluk hidup, ikan buntal membutuhkan asupan yang baik untuk tumbuh dan berkembang biak. Dan untuk itu ikan buntal membutuhkan makanan dengan nutrisi tinggi.

Nah, sudah kita ketahui bahwa cacing menjadi salah satu makanan ikan terbaik yang bisa kamu gunakan. Dengan kandungan 70% protein pada tubuhnya, tak heran jika cacing telah digunakan sebagai makanan hampir setiap ikan peliharaan.

Tentunya ini juga berlaku untuk ikan buntal, cacing merupakan makanan yang baik untuk ikan ini. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis cacing seperti cacing sutra dan cacing darah.

6. Serangga

Makanan Ikan Buntal

Dan terakhir, saya merekomendasikan beberapa jenis serangga seperti jangkrik, belalang, laron dan semacamnya. Serangga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk ikan buntal.

Dengan kandungan protein yang tinggi, mengkonsumsi serangga bisa membantu mempercepat proses tumbuh dan kembang ikan buntal.

Pelet Untuk Makanan Ikan Buntal

Selain menggunakan makanan alami tentu saja kamu bisa menggunakan pakan buatan untuk makanan ikan buntal. Kamu bisa menggunakan makanan buatan untuk menggantikan penggunaan pakan alami.

Bahkan jika digunakan untuk ikan peliharaan, pakan jenis ini dinilai lebih efektif. Pakan buatan memiliki manfaat yang baik bahkan bisa lebih baik dari pada pakan alami. Dari pada pakan alami yang banyak mengandung protein dan lemak saja.

Pakan alami mengandung kandungan nutrisi yang lebih lengkap. Untuk harganya sendiri, bisa dibilang menggunakan pelet untuk makanan sehari-hari bisa lebih hemat daripada menggunakan pakan alami.

Nah sudah terlihat dari segi biaya yang dibutuhkan saja sudah berbeda. Tapi bukan berarti, pakan alami itu buruk dan pakan buatan baik ya. Semua ada nilai tambah dan kurangnya masing-masing. Jika pakan alami lebih murah, itu karena kualitas pada makanannya.

Kamu bisa menggunakan pelet biasa untuk dijadikan pakan ikan buntal. Nah untuk melengkapi asupan ikan buntal yang baik. Kamu tetap membutuhkan makanan alami seperti ikan kecil, cacing, dan udang sebagai makanan tambahan.

Makanan alami memiliki kandungan nutrisi yang lebih komplek, selain itu makanan alami juga bisa menambah kekebalan tubuh dan nafsu makan pada ikan buntal.

Nah jika membaca, berarti kamu sudah mengerti makanan seperti apa yang bisa kamu berikan untuk ikan fugu/buntal peliharaanmu.

Untuk yang bisa kamu gunakan untuk makanan ikan buntal beragam. Mendapatkannya pun mudah, banyak toko ikan hias yang sudah menyediakan pelet untuk ikan hias yang baik untuk ikan buntal.

Namun biasanya, ikan buntal yang baru kamu pelihara membutuhkan pembiasaan. Butuh beberapa waktu untuk ikan buntal bisa makan seperti biasa. Ini karena ikan buntal sedang membiasakan diri dengan lingkungan baru.

Dalam masa ini, yang perlu kamu lakukan memberi makan dengan konsisten. Dari waktu pemberian makan, kamu bisa memberikan makan sebanyak 2-3 kali sehari (pagi-sore). Dan makanan yang bisa kamu gunakan bisa disesuaikan dengan umur ikan.

Penutup

Ikan buntal menjadi salah satu ikan yang populer di Indonesia sebagai ikan hias aquarium, ikan ini memiliki keunikan pada tubuhnya yang bisa mengembang seperti balon di dalam air. Hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan buntal.

Nah karena itu, berilah makanan terbaik untuk ikan yang kamu pelihara. Hal ini bertujuan agar ikan peliharaanmu tumbuh dengan baik dan sehat. Semakin baik makanan yang kamu berikan, semakin baik pula manfaat yang diterima oleh ikan peliharaanmu.

Sekian yang bisa saya sampaikan tentang makanan ikan buntal. Jika ada salah dalam bentuk apapun saya minta maaf. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, dan terima kasih telah membaca di faunanesia.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.