Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Botia

4 min read

Makanan Ikan Botia – Ikan botia merupakan salah satu ikan hias yang populer hampir di semua kalangan di Indonesia. Ikan kecil ini memiliki ciri unik yang terdapat pada warna dan corak tubuhnya.

Ikan ini merupakan salah satu ikan asli Indonesia yang ditemukan di perairan air tawar kalimantan. Sebelum memelihara ikan botia, tentunya kamu tahu apa saja makanan ikan botia yang baik.

Ini karena makanan ikan merupakan terpenting dalam memelihara ikan. Semakin baik makanan yang kamu berikan,  semakin baik pula manfaat yang didapat oleh ikan.

Nah, untuk membantu kamu memilih pakan ikan botia yang baik. Yuk simak rekomendasi makanan ikan botia terbaik dengan nutrisi lengkap yang sudah saya siapkan berikut ini.

Makanan Ikan Botia Alami

Di Habitat aslinya ikan botia merupakan salah satu omnivora atau pemakan segala. Ikan ini bisa memakan berbagai makhluk kecil yang ada di dasar air, selain itu ikan botia juga memakan daun-daun tak bertulang di air.

Selain itu ikan ini juga tak jarang dijumpai memakan serangga yang jatuh diatas permukaan air. Jika dilihat dari kata sebelumnya, ikan ini bisa memakan hampir semua jenis hewan atau tumbuhan berukuran kecil yang pas dengan bukaan mulutnya.

Tetapi, untuk kamu yang ingin memelihara ikan botia di aquarium sebagai ikan hias. Tentunya pakan yang dibutuhkan akan sedikit berbeda daripada pakan asli ikan ini di habitatnya.

Berbeda dengan habitat aslinya yang memiliki sumber makanan yang melimpah, jika di aquarium kamu harus menentukan makanan apa yang akan kamu gunakan. Kamu harus memilih makanan yang baik untuk menunjang hidup dari ikan botia.

Ikan ini membutuhkan nutrisi yang cukup untuk hidup. Nah kamu bisa menggunakan pakan alami untuk ikan peliharaan mu. Pakan alami ini tidak terlalu berbeda jauh dengan pakan asli di habitatnya.

Bedanya hanya pakan alami dipilih memang karena manfaat yang didapatkan oleh ikan. Untuk mendapatkan jenis pakan ini juga tidak terlalu sulit, seperti namanya ini merupakan pakan alami jadi kamu bisa mencarinya sendiri (jika mau).

Jika kamu ingin menggunakan jenis pakan alami, saya sudah siapkan beberapa rekomendasi jenis makanan apa saja yang bisa kamu gunakan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan yang sudah saya siapkan berikut ini.

1. Cacing

Makanan Ikan Botia

Cacing memang makanan terbaik untuk hampir semua jenis ikan peliharaan. Banyak sekali para penghobi yang menggunakan cacing untuk dijadikan makanan utama atau tambahan untuk ikan peliharaan.

Dan itu termasuk ikan botia, cacing bisa kamu gunakan untuk dijadikan makanan ikan botia. Apalagi, dengan kandungan hampir 70% protein hewani yang ada pada cacing. Tentunya akan sangat baik untuk pertumbuhan ikan botia.

Banyak cacing yang bisa kamu gunakan untuk kamu jadikan makanan ikan botia. Kamu bisa menggunakan cacing tanah,  bloodworm (cacing darah), serta cacing tubifex (cacing sutra). Semua cacing tersebut  bagus untuk kamu gunakan sebagai makanan ikan.

2. Udang

makanan ikan

Selain cacing kamu juga bisa menggunakan udang yang juga menjadi salah satu makhluk air yang menjadi salah satu pakan terbaik untuk ikan peliharaan. Terutama untuk ikan hias yang memiliki warna-warna cerah seperti ikan botia.

Dengan kandungan protein yang tinggi pada udang, akan sangat baik sekali untuk pertumbuhan ikan botia. Selain itu, udang juga mengandung karoten yang berfungsi untuk merangsang warna pada tubuh ikan dan mencerahkan warnanya.

3. Artemia

Untuk kamu yang ingin memelihara ikan botia dari benihnya, tentunya kamu membutuhkan makanan yang cocok. Ini karena, anakan ikan botia membutuhkan nutrisi yang banyak. Serta anakan botia membutuhkan makanan yang pas untuk ukuran mulutnya yang kecil.

Nah karena ini lah artemia menjadi salah satu jenis makanan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk anakan ikan. Dengan ukuranya yang sangat kecil, serta kandungan nutrisinya yang melimpah sangat baik untuk dijadikan pakan ikan botia anakan.

4. Sayur

Makanan Ikan alami

Sebagai ikan omnivora, kamu juga bisa menambahkan beberapa macam jenis sayur dalam menu makanan harian dari ikan botia peliharaanmu. Kamu bisa menggunakan selada, kacang polong, bayam, dan beberapa jenis sayuran lainya.

Tapi sebelum memberikan sayuran pada ikan peliharaan, kamu perlu memotong kecil sayuran yang akan kamu gunakan. Kamu juga bisa merebusnya, ini bertujuan untuk mempermudah ikan untuk memakan sayuran yang kamu berikan.

5. Daging

Makanan Ikan botia

Selain sayur-sayuran kamu bisa menggunakan daging untuk pakan tambahan ikan botia. Dengan kandungan protein pada daging pastinya sangat baik untuk kesehatan tumbuh dan kembang pada ikan botia.

Kamu bisa menggunakan daging ayam, jeroan, dan ikan yang sudah dicincang untuk pakan ikan botia. Ikan ini pasti akan memakan makanan yang kamu berikan, dengan aroma daging yang kuat juga dapat merangsang nafsu makan ikan.

6. Serangga

Perlu kamu tahu, ada beberapa jenis serangga yang baik untuk dijadikan makanan tambahan untuk ikan hias peliharaan. Serangga yang bisa kamu gunakan adalah jangkrik dan beberapa serangga kecil lain.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan larva dari serangga seperti maggot dan kroto. Serangga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk dijadikan makanan ikan botia. Salah satu manfaat dari serangga adalah kandungan protein yang tinggi.

Makanan Ikan Botia Buatan

Makanan Ikan
Pelet, sumber: shoope

Selain pakan alami, kamu juga bisa menggunakan pakan buatan yang biasanya berupa pelet olahan pabrikan atau rumahan. Malah pakan buatan bisa menjadi salah satu pakan yang baik untuk dijadikan makanan utama untuk ikan hias peliharaan satu ini.

Pastinya kamu tahu, jika pakan buatan seperti pelet memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan lebih seimbang daripada pakan alami yang cenderung memiliki protein hewani saja.

Selain itu, pakan jenis ini memang didesain khusus untuk dijadikan makanan ikan hias seperti ikan botia dan jenis ikan hias lainya. Tidak hanya berguna untuk menunjang tumbuh kembang yang baik. Bahkan ada juga pakan buatan yang berfungsi untuk mempercerah warna pada tubuh ikan.

Pakan buatan biasanya terbuat dari berbagai macam bahan, dari bahan alami sampai yang diberi dengan bahan kimia seperti vitamin dan semacamnya. Memang banyak sekali jenis pakan buatan yang bisa kamu gunakan untuk makanan ikan botia.

Untuk harganya sendiri juga beragam, ada pelet yang biasa digunakan untuk ikan hias yang berharga  murah. Namun ada juga pelet khusus yang memiliki fungsi  dan kandungan nutrisi yang berbeda dari pakan biasanya.

Kamu bisa memilih mana saja yang akan kamu gunakan, yang terpenting adalah sesuaikan dulu dengan kebutuhanmu dan budget yang kamu miliki.

Nah, dari pada bingung memilih. Saya sudah siapkan beberapa rekomendasi pelet makanan ikan botia terbaik yang bisa kamu gunakan.

Berikut ini pakan pelet yang baik untuk kamu coba:

  • Pelet Premium 88 Predator
  • Asahi Feed
  • Hikari Sinking Wafers
  • Mizuho Goldfish
  • Akari Superfeed
  • Akari Premium Maxi Cichlid

Tips Memberi Makanan Ikan Botia

Makanan Ikan Botia

Tentunya kamu ingin melihat ikan yang kamu pelihara bisa tumbuh sehat dan menjadi ikan yang cantik. Nah karena itu, kamu harus memberikan pakan yang baik untuk ikan yang kamu pelihara.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, semakin baik makanan yang kamu berikan maka akan semakin baik pula manfaat yang didapat oleh ikan botia peliharaanmu. Ikan botia membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk hidup.

Bisa dibilang ikan ini cukup rakus karena bisa memakan hampir semua jenis makanan yang ia anggap makanan. Lalu, kamu harus memperhatikan ikan saat makan. Jika ikan terlihat tidak menyentuh makanan yang kamu berikan.

Bisa jadi ikan peliharaan mu sedang bosan, lebih baik jika kamu mengganti menu makanannya. Kamu bisa menggunakan pakan alami dan pakan buatan secara bergantian. Selain itu, menambah asupan vitamin agar asupan nutrisi nya bisa terpenuhi.

Serta menggunakan makanan tambahan biasanya berupa suplemen atau makanan alami dengan nutrisi tinggi seperti udang yang berfungsi untuk mempercerah kulit ikan botia.

Selain nutrisi, ingat kamu juga harus memperhatikan dan selalu menjaga kebersihan kolam. Biasanya sisa-sisa makanan yang kamu berikan bisa membuat keruh kolam. Ini akan berpengaruh pada kesehatan ikan dan bahkan bisa menyebabkan stress yang bisa berdampak buruk pada ikan, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Penutup

Memang banyak sekali yang harus diperhatikan saat memelihara ikan botia. Dari segi kandungan nutrisi yang terkandung di dalam makanan, sampai kebersihan makanan pun harus selalu terjaga. Tapi ini memang harus dilakukan jika kamu memang ingin ikan peliharaan mu sehat.

Dan ku tegaskan sekali lagi, jika makanan yang kamu pilih akan sangat berpengaruh dengan hidup ikan mu.  Semakin baik pakan ikan yang kamu pilih, maka semakin baik pula manfaat yang akan didapatkan oleh ikan hias peliharaan.

Sekian yang bisa saya sampaikan, jika saya ada salah dalam bentuk apapun pada tulisan kali ini saya mohon maaf. Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin tahu apa saja makanan ikan botia. Serta terima kasih karena sudah mengunjungi dan membaca di faunanesia.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.