Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Betok

4 min read

Makanan Ikan Betok

Makanan Ikan Betok – Ikan betok merupakan salah satu ikan budidaya yang populer di Indonesia. Ikan ini banyak diminati karena manfaat yang didapat saat mengkonsumsinya. Selain itu, ikan ini juga menjadi salah satu target mancing yang banyak digemari oleh para pemancing.

Sebelum memancing atau membudidayakan ikan ini, tentunya kamu harus mengetahui apa saja makanan ikan betok. Dengan mengetahui jenis makanan untuk ikan ini dengan baik, kamu bisa dengan mudah memancing ikan satu ini di alam liar.

Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menentukan pakan apa saja yang baik untuk budidaya ikan betok. Kali ini faunanesia akan mengulas apa saja jenis pakan yang baik betok. Selengkapnya, yuk simak ulasan yang sudah saya siapkan berikut ini.

Makanan Ikan Betok Alami

Betok, papuyu, betik dan nama ikan betok lainya adalah sejenis ikan yang biasa hidup di air tawar. Ikan betok merupakan ikan pemakan segala atau bisa disebut dengan omnivora. Ikan ini tidak terlalu cocok untuk dijadikan ikan hias.

Namun meski seperti itu, spesies ikan betok menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki potensi yang baik untuk dikembangbiakan. Selain itu, sebagai ikan konsumsi ikan ini menjadi salah satu olahan makanan dengan peluang pasar yang baik.

Karena itulah ikan betok menjadi salah satu jenis ikan yang menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Tapi sebelum itu, untuk kamu yang ingin membudidayakan ikan ini tentunya kamu harus mengetahui pakan apa saja yang bermanfaat untuk ikan betok.

Kamu harus menyediakan pakan dengan nutrisi yang baik, dan tentunya aman untuk ikan ini. Ini karena, pakan yang kamu berikan memiliki peranan penting pada tumbuh kembang dari ikan itu sendiri.

Pakan yang bisa kamu gunakan beragam, ada pakan alami dan buatan. Untuk pakan alami ikan betok sendiri, biasanya berasal dari jenis-jenis makhluk air atau bisa juga tumbuhan yang biasa dimakan oleh ikan betok di habitat aslinya.

Untuk lebih jelasnya, saya sudah siapkan beberapa jenis makanan ikan betok sungai serta manfaat yang didapatkan. Yuk simak ulasan berikut ini tentang pakan ikan alami yang baik untuk ikan betok berikut ini.

Cacing

makanan ikan betok

Cacing menjadi salah satu makanan terbaik untuk hampir semua jenis ikan, dan tentunya termasuk ikan betok. Makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi, bahkan mencapai angka 70% protein ada dalam tubuhnya. Tak heran jika cacing menjadi salah satu makanan terbaik untuk ikan saat ini.

Karena mulutnya cukup kecil, kamu bisa memotong kecil cacing agar memudahkan ikan ini untuk memakan cacing. Atau kamu juga bisa membuat tepung cacing untuk kamu jadikan makanan ikan betok.

Ikan Kecil

Sebagai ikan omnivora, di habitat aslinya ikan betok dewasa bisa memakan ikan-ikan yang berukuran lebih kecil daripada ukuran mulutnya. Jika kamu ingin menggunakan ikan kecil untuk dijadikan pakan, lebih baik sesuaikan dulu dengan mulut dari ikan betok yang ada.

Kamu juga bisa menggunakan ikan kecil untuk dijadikan umpan ikan betok. Karena ikan kecil merupakan pakan sehari-hari untuk ikan betok, pastinya akan sangat efektif jika dijadikan umpan ikan.

Artemia

Artemia merupakan salah satu jenis udang primitif yang hidup di perairan dengan kadar salinitas yang tinggi. Udang ini biasa disebut dengan brine shrimp, ukuranya kecil menjadikannya cocok untuk jadi salah satu makanan ikan.

Artemia menjadi salah satu makanan terbaik untuk ikan, ini karena ikan ini mengandung protein yang cukup tinggi. Karena ukuranya kecil, artemia juga sangat cocok untuk dijadikan makanan anakan/larva betok.

Jangkrik

Makanan ikan betok

Jangkrik sangat cocok untuk menjadi makanan tambahan untuk suplemen ikan betok. Dengan kandungan proteinnya yang tinggi, akan sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi ikan betok. Selain itu, jangkrik juga bisa meningkatkan nafsu makan ikan.

Kroto

Kroto

Kroto atau larva semut ini memang banyak dimanfaatkan untuk dijadikan makanan tambahan hewan peliharaan seperti ikan dan burung. Hewan ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik seperti kandungan proteinnya yang tinggi dan lain-lain.

Selain itu, dengan ukuranya yang kecil pastinya akan memudahkan ikan betok untuk memakan makanan ini. Kamu bisa menggunakan kroto sebagai bahan tambahan untuk membuat pakan racikan.

Ulat Bambu

Sama seperti cacing dan kroto, ulat bambu menjadi salah satu makanan yang paling sering digunakan untuk dijadikan makanan hewan peliharaan. Ulat bambu mengandung protein yang tinggi, sangat baik untuk pertumbuhan dari ikan betok.

Duckweed (lemna sp)

Makanan Ikan Nila

Duckweed adalah tanaman air yang kaya akan nutrisi, Tumbuhan ini memiliki konsentrasi tinggi mineral dan pigmen. Tidak hanya itu, duckweed juga mengandung beta karoten dan xantofil. menyediakan sumber yang kaya vitamin A dan B untuk ikan.

Kamu bisa mengolah duckweed menjadikan tepung duckweed suplemen yang sangat hewan untuk ikan seperti betok dan hewan lainnya. Dan kamu juga bisa langsung menanam tumbuhan ini langsung di kolam ikan betok.

Nasi Sisa

Kamu juga bisa memanfaatkan nasi sisa yang ada di rumahmu untuk dijadikan makanan ikan ini daripada harus terbuang sia-sia. Yang terpenting jangan terlalu sering memberikannya karena ikan bisa bosan.

Untuk kandungan nutrisi dari nasi sendiri, sudah kita ketahui jika nasi merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Terutama untuk ikan, karbohidrat bisa menjadi sumber energi tambahan.

Makanan Ikan Betok Buatan

Makanan Ikan Betok

Selain pakan alami, kamu juga bisa menggunakan makanan ikan buatan. Pakan buatan memiliki berbagai keunggulan, diantaranya seperti manfaat yang didapatkan dan harganya yang lebih murah.

Karena hal ini, bisa dibilang pakan buatan lebih baik untuk dijadikan pakan harian untuk ikan betok daripada pakan alami. Pakan buatan memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dari pakan buatan.

Pakan buatan biasanya terdiri dari bahan-bahan yang dipilih dan sudah diperhitungkan kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Dengan nutrisi yang lebih lengkap tentunya akan sangat membantu untuk memenuhi angka kebutuhan gizi harian untuk ikan betok.

Selain itu, kamu bisa dengan mudah mendapatkan jenis pakan ini. Karena sudah banyak toko perlengkapan ternak atau toko hewan yang menyediakan. Selain pakan buatan pabrik yang baru kita bahas, kamu juga bisa loh membuat pakan buatan sendiri.

Kamu bisa membuat sendiri pakan yang akan kamu gunakan dengan mudah dan bisa jadi lebih murah. Selain itu, kita bisa menentukan bahan bahan makanan apa saja yang akan kamu pakai untuk dijadikan pakan buatanmu sendiri.

Untuk bahan yang bisa kamu gunakan beragam, kamu bisa membuat pakan yang berasal dari bahan alami seperti tepung ikan, cacing, dedak, semacamnya. Atau kamu juga bisa menambahkan vitamin dan suplemen tambahan lain, yang penting sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

Makanan Ikan Betok Anakan

Ikan betok memang mudah untuk bereproduksi, namun masalahnya ada pada anakan/larvanya. Anakan ikan betok memiliki tingkat mortalitas (tingkat kematian) yang cukup tinggi. Ini bisa saja disebabkan oleh keterbatasan makanan yang cocok untuk anakan/larva.

Dan ikan anakan ikan juga bermasalah dengan bukaan mulut ikan yang kecil, karena ini lah yang menyebabkan betok yang berumur kurang dari 30 hari memiliki persentase hidup yang rendah.

Selain itu, anakan ikan juga butuh banyak sekali makanan dengan nutrisi yang tinggi untuk menunjang hidupnya. Banyak pengkajian yang sudah dilakukan oleh para peneliti untuk menemukan makanan yang cocok untuk anakan larva/ikan betok.

Untuk saat ini ada beberapa makhluk hidup yang dijadikan pakan ikanĀ  ini seperti plankton, artemia, dan kutu air.

Penutup

Jika kamu ingin menjadi pembudidaya ikan betok, tentu saja kamu harus memperhatikan makanan yang kamu berikan untuk ikan betok. Tidak seperti ikan betok di alam liar yang makanan nya sudah tersedia bebas, untuk memelihara ikan ini tentunya kamu harus menyediakan sendiri makanan yang dibutuhkan.

Kamu harus memberikan makanan terbaik untuk ikan betok yang kamu budidayakan. Semakin baik pakan yang kamu berikan, semakin besar juga manfaat yang didapat oleh ikan betok yang kamu pelihara.

Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin membudidayakan atau juga bisa untuk memancing ikan betok. Saya mohon maaf jika ada salah kata, terima kasih sudah berkunjung dan membaca di faunanesia.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.