Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Belida

3 min read

Makanan Ikan Belida – Ikan belida termasuk ikan yang terancam punah karena eksploitasi berlebihan. Karena ini juga, ikan belida memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Membuatnya menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Dengan membudidayakan ikan belida, selain untuk bisnis kamu juga bisa membantu menambah populasi dari ikan yang terancam punah satu ini. Dan saat membudidayakan ikan ini, tentunya kamu mengenal lebih dekat ikan ini.

Kamu harus tau apa saja yang dibutuhkan untuk memelihara ikan ini, terutama untuk makanan. Kamu harus memberikan makanan yang tepat jika ingin sukses dalam memelihara ikan belida.

Dan kamu sudah tidak perlu bingung lagi dalam memilih pakan untuk ikan peliharaanmu, saya sudah siapkan semua disini. Yuk simak rekomendasi makanan terbaik untuk ikan belida yang harus kamu ketahui berikut ini.

Makanan Ikan Belida Alami

Di habitat aslinya ikan belida dikenal sebagai ikan pemakan daging atau biasa disebut dengan karnivora. Dengan mulut nya yang besar, ikan belida dapat memakan hampir memakan semua makhluk air yang lebih kecil seperti ikan dan udang.

Untuk makanan nya sendiri bisa beragam, makanan alami nya saja bisa mencakup berbagai macam jenis makhluk hidup air dan beberapa tumbuhan. Kamu juga tidak akan terlalu pusing untuk menentukan makanan apa yang cocok untuk dijadikan makanan ikan belida.

Yang perlu kamu perhatikan adalah jenis makanan apa yang akan kamu gunakan dan ukuran dari pakan ikan tersebut. Perhatikan juga kandungan nutrisi dari pakan yang akan kamu gunakan untuk makanan ikan ini.

Kamu juga harus memilih jenis makanan terbaik untuk ikan ini, semakin baik pakan yang kamu gunakan maka akan semakin baik pula manfaat untuk ikan belida yang kamu pelihara.

Ikan belida juga membutuhkan nutrisi seperti protein dan nutrisi tambahan lainya untuk membantu proses tumbuh kembang dari ikan belida. Karena itu dengan dalam membudidayakan ikan belida. Pilihan makanan yang kamu pilih akan sangat menentukan.

Dan kamu juga tidak perlu khawatir dalam memilih makanan untuk ikan ini. Karena kamu sudah berkunjung, yuk simak beberapa rekomendasi makanan ikan belida terbaik yang harus kamu coba berikut ini.

1. Cacing

Makanan Ikan Belida

Cacing menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk makanan ikan belida. Hewan memang salah satu hewan yang sering dijadikan makanan untuk hampir semua jenis ikan.

Dengan kandungan protein nya yang tinggi dan manfaatnya yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh ikan belida. Tak heran jika cacing tetap menjadi yang terbaik karena paling sering digunakan karena manfaatnya.

2. Artemia

Artemia

Untuk kamu yang memelihara ikan belida mulai dari kecil, menggunakan pakan artemia merupakan pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan. Seperti yang kita tahu artemia merupakan sejenis udang yang berukuran kecil.

Meski ukurannya kecil, tetapi jenis udang ini juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Tentunya ini sangat baik untuk membantu tumbuh kembang dari anak ikan belida yang masih dalam masa pertumbuhan.

3. Udang

MAKANAN IKAN BELIDA

Jika sejenis udang kecil seperti artemia bisa kamu gunakan, tentunya udang biasanya kita jumpai pastinya juga bisa kamu jadikan pakan untuk ikan belida. Malah udang juga menjadi salah satu makanan alami ikan yang biasa dimakan saat masih di habitat aslinya.

Udang sangat baik untuk perkembangan dari ikan belida, ini karena udang mengandung kandungan protein yang tinggi. Udang bisa kamu jadikan makanan tambahan sebagai suplemen.

4. Jangkrik

Jangkrik

Kamu juga bisa menggunakan serangga untuk dijadikan makanan ikan, dan serangga yang paling sering digunakan adalah jangkrik. Jangkrik merupakan serangga yang sering dijadikan umpan pancing ini ternyata memiliki manfaat yang besar untuk ikan.

Jangkrik memiliki kandungan protein yang baik untuk ikan belida, apalagi untuk ikan yang masih dalam pertumbuhan. Selain itu jangkrik juga bisa membantu menambah nafsu makan ikan.

5. Katak

Katak juga bisa kamu jadikan pakan selanjutnya untuk ikan belida. Jenis hewan ini sangat cocok untuk ikan belida yang sudah dewasa, dengan mulut besarnya pasti bisa dengan mudah melahap katak.

Katak bisa berguna untuk menjaga insting alami predator dari ikan belida, dengan begitu nafsu makan dari ikan ini bisa terjaga seperti di habitat aslinya.

6. Ikan

makanan ikan belida

Saya juga merekomendasikan ikan sebagai makanan utama bagi ikan ini. Dengan menggunakan ikan kecil yang memang makanan asli dari ikan belida, tentunya kamu tidak perlu repot mencarinya.

Kamu hanya perlu membeli ikan kecil, atau kamu juga bisa memelihara nya sendiri untuk di stok makanan ikan.

Pelet Untuk Makanan Ikan Belida

makanan racikan

Kamu juga bisa menggunakan pelet buatan untuk kamu jadikan makanan ikan belida. Memang agak sulit, tapi bukan berarti tidak bisa. Ikan belida harus diberi pembiasaan saat memberikan pelet.

Kamu bisa mencobanya dengan sedikit demi sedikit mengurangi konsumsi makanan alami dan menggantinya dengan pelet yang akan kamu gunakan. Tapi selalu ingat untuk melakukan ini secara bertahap sampai ikan ini benar-benar memakan pelet yang kamu berikan.

Jangan langsung mengganti makanan alami dengan pelet, ini beresiko tinggi bisa membuat ikan belida menjadi stres. Jika sudah stres ikan malah menjadi tidak mau makan dan akhirnya berakibat fatal, bahkan bisa jadi ikan mati.

Setelah memastikan ikan benar-benar biasa memakan pelet, kamu sudah bisa menggunakan pelet untuk pakan ikan belida. Kamu sudah bisa menjadikan pelet sebagai makanan utama yang diselingi dengan pakan alami.

Tentunya dengan syarat pelet yang kamu gunakan juga memiliki kandungan nutrisi yang baik. Untuk jenis pelet yang akan kamu gunakan kamu bisa tanyakan langsung dengan penjual pakannya.

Tips pemberian Makanan Ikan Belida

makanan ikan belida

Saat memberikan makan ikan ini tentunya kamu harus memperhatikan nutrisi yang ada di dalamnya. Terserah jenis makanan apapun yang akan kamu gunakan, mau itu makanan alami atau pelet. Kamu harus tetap memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya.

Kandungan nutrisi dalam makanan yang kamu gunakan akan sangat berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang dan kesehatan ikan. Kamu tentunya ingin kan ikan yang kamu pelihara bisa tumbuh dengan sehat.

Selain memilih makanan kamu juga harus mengenal karakteristik dari ikan ini. Ikan belida suka berada di dalam perairan dangkal yang terdapat sumber makanan nya. Ikan belida biasanya kepermukaan sesekali untuk mencari makanan.

Kamu bisa menggunakan kedua jenis pakan secara bergantian, selain lebih murah cara ini juga bisa jadi saling melengkapi nutrisi. Tentunya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari ikan belida.

 Penutup

Saat memelihara ikan belida tentunya kamu harus memperhatikan semua terkait dengan ikan ini. Seperti halnya dengan kebersihan aquarium/kolam, ph air, dan yang paling penting adalah jenis makanan ikan belida yang kamu gunakan.

Semakin baik jenis makanan yang kamu pilih, ikan yang kamu pelihara pastinya bisa tumbuh lebih optimal. Mungkin kamu punya jenis pakan lain untuk ikan belida, kamu boleh membagikannya ke saya.

Semoga postingan ini bermanfaat, jika ada salah dalam bentuk apapun saya mohon maaf. Kamu juga bisa memberikan masukan dalam bentuk kritik atau saran. Sekian yang bisa saya sampaikan, terima kasih telah berkunjung dan membaca di faunanesia.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.