Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Arwana

5 min read

Makanan Ikan Arwana – Saat memelihara ikan arwana, kamu harus tahu apa saja makanan ikan arwana yang baik. Tentunya selain perawatan yang baik, ikan arwana yang kamu pelihara pastinya membutuhkan asupan/makanan yang bisa memenuhi angka kebutuhan gizi harian pada ikan tersebut.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, makanan yang kamu berikan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan, bentuk, dan perilaku dari ikan arwana. Semakin baik makanan yang kamu berikan, maka semakin baik pula kualitas dari ikan arwana mu.

Nah jika ingin lebih lengkap apa saja makanan terbaik yang bisa kamu berikan pada ikan arwana kesayanganmu. Yuk simak dan pahami ulasan yang sudah saya siapkan berikut ini.

Makanan Alami Ikan Arwana

Pakan alami ikan arwana

Ikan hias yang memiliki harga yang sangat mahal ini merupakan salah satu ikan karnivora. Di habitat aslinya ikan arwana memakan hampir semua makhluk yang lebih kecil seperti ikan kecil, sejenis crustacea, cacing, udang, dan bahkan serangga yang hinggap atau terjatuh dalam air.

Kamu harus cermat dalam memilih makanan ikan yang akan kamu berikan kepada ikan arwana peliharaan mu. Pakan yang kamu gunakan harus memiliki kandungan nutrisi yang banyak untuk mendukung kesehatan tumbuh dan kembang ikan arwana kesayanganmu.

Untuk mempermudah kamu memilih makanan alami untuk ikan arwana, simak ulasan rekomendasi makanan alami yang sudah saya siapkan berikut ini.

1. Cacing

umpan cacing

Seperti yang kita bahas sebelumnya, cacing merupakan pilihan favorit bagi banyak orang. Ini karena hewan ini hampir bisa digunakan untuk makanan atau umpan bagi hampir seluruh jenis ikan yang ada. Ini sebab cacing menjadi makanan ikan arwana biar cepat besar.

Cacing memiliki banyak kandungan protein yang sangat baik untuk ikan arwana, selain protein yang bagu cacing juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh pada ikan arwana. Hal ini lah yang tetap menjadikan cacing sebagai makanan terbaik untuk berbagai macam ikan dan itu termasuk ikan arwana.

2. Jangkrik

Makanan ikan arwana

Setelah cacing, pastinya kita sudah tidak asing dengan hewan yang juga menjadi salah satu makanan ikan yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk ikan arwana. Jangkrik mengandung banyak sekali protein yang bagus untuk pertumbuhan ikan, serta kandungan lemak yang rendah sehingga sehat untuk dikonsumsi ikan arwana.

Gunakan jangkrik sebagai pelengkap makanan atau selingan agar ikan tidak bosan, jangan memberikan terlalu banyak jangkrik karena ikan bisa ketagihan dan tidak mau makan pakan lain yang kamu berikan. Jika ingin memberikan pakan jangkrik kamu bisa memisahkan dulu sayap dan kepala dari jangkrik sebelum memberikannya pada ikan arwana.

3. Kelabang

Makanan ikan kelabang

Sama halnya dengan jangkrik, kamu juga tidak boleh memberikan terlalu banyak kelabang karena bisa menyebabkan kecanduan pada ikan arwana. Meski seperti itu bagus jika kamu tetap menggunakan kelabang sebagai asupan pemenuh nutrisi yang baik untuk ikan arwana.

Kelabang mengandung beta karoten yang merupakan sejenis protein yang baik untuk kulit ikan arwana. Selain memperindah, pakan ini juga bisa menjaga kesehatan kulit ikan dari sejenis jamur atau parasit pengganggu. Untuk penggunaannya kamu cukup berikan 2-3 kali setiap minggunya agar tidak bosan.

4. Cicak

Sebagai ikan karnivora, ikan arwana bisa saja memakan semua hewan yang masuk dalam aquarium tempat nya berada. Kamu bisa mencobanya saat menemukan cicak untuk diberikan kepada ikan arwana. Tapi pastikan dulu kalau ikan tersebut mau atau tidak memakan cicak.

Meskipun tidak terlalu spesial, tapi karena keberadaan cicak cukup banyak apalagi hewan ini cukup mudah dicari. Cicak memiliki daging yang banyak, cicak juga bisa berfungsi menjaga keagresifan alami dari ikan arwana yang merupakan hewan karnivora.

5. Udang

udang

Untuk para pembudidaya ikan hias, udang memanglah menjadi pakan/suplemen wajib yang bisa digunakan. Terutama ketika membudidayakan berbagai macam ikan hias seperti ikan cupang, louhan, peacock bass, dan ikan hias lain yang memiliki ciri khas warna yang mencolok lainnya.

Ini menjadikan udang sebagai makanan ikan arwana agar warnanya bagus, dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Udang mengandung kandungan protein yang baik untuk pertumbuhan serta menjaga kesehatan ikan dari berbagai macam penyakit. Udang juga mengandung banyak pigmen warna yang bisa mencerahkan kulit dari ikan hias yang kamu pelihara.

6. Kecoa

Hewan yang biasa dianggap hewan yang menakutkan ini(saya juga hehe) ternyata bisa kamu gunakan untuk makanan ikan arwana. Kecoa memiliki kandungan protein yang melimpah tubuhnya. Selain itu kecoa juga bisa kamu gunakan untuk suplemen penambah nafsu makan.

Sama halnya dengan jangkrik dan kelabang, kamu jangan memberikan terlalu banyak kecoa pada ikan arwana. Cukup berikan saat ikan arwana mu terlihat sudah kurang tertarik untuk makan, kecoa memiliki bau khas yang bisa menarik nafsu makan dari ikan arwana.

7. Katak

Seperti halnya cicak, kodok bisa kamu jadikan salah satu makanan yang ditujukan untuk menjaga keagresifan ikan arwana sebagai ikan karnivora. kodok juga memiliki banyak daging yang bisa membantu memenuhi kebutuhan protein yang baik untuk kesehatan.

Sebelum menggunakan kodok sebagai pakan arwana, pastikan dulu ukuran kodok yang kamu gunakan sudah pas dengan mulut ikan arwana. Jika kodok yang kamu gunakan ikan arwana bisa jadi tidak memakannya.

8. Maggot

Maggot juga bisa jadi alternatif untuk menggantikan penggunaan makanan biasa agar ikan bosan dengan pakan lainnya. Pakan jenis ini sangat baik untuk makanan ikan arwana kecil, maggot mengandung banyak protein yang sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang ada pada ikan arwana yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

9. Ikan kecil

Ikan kecil merupakan salah satu makanan alami yang biasa terdapat pada habitat asli dari ikan arwana. Dengan memberikan ikan kecil kamu bisa menguatkan insting alami ikan arwana sebagai ikan karnivora. Insting ini sangat penting bagi ikan arwana karena dengan insting sebagai pemangsa, nafsu dari ikan ini akan selalu terjaga.

10. Ulat Hongkong

Makanan ikan arwana

 

Sama halnya dengan maggot ulat hongkong juga bisa kamu gunakan sebagai pelengkap makanan ikan arwana. Jenis makanan ini sangat baik untuk ikan arwana karena kandungan gizi nya yang baik, harga dari umpan ini pun bisa dibilang cukup murah.

Tapi jangan ingat meskipun harganya murah, jangan terlalu banyak menggunakan ulat hongkong pada ikan arwana. Karena ulat hongkong memiliki senyawa kimia yang terdapat dalam tubuhnya yang bisa berdampak pada sistem pencernaanya.

11. Artemia

Makanan ikan arwana

Hewan ini merupakan semacam udang renik ini memiliki ukuran sangat kecil, Sejenis udang ini memiliki manfaat yang banyak terutama untuk membantu proses tumbuh dan kembang pada ikan arwana. Artemia memiliki banyak protein dan beberapa mineral yang mampu mempercepat metabolisme dari ikan arwana agar bisa tumbuh dengan lebih baik.

Pelet Terbaik Untuk Ikan Arwana

Selain jenis makanan alami yang bisa kamu gunakan untuk pakan ikan arwana, kamu juga bisa menggunakan pelet dengan kandungan gizi yang tinggi. Pakan pelet memiliki keunggulan dalam segi nutrisi yang lebih lengkap guna mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi harian ikan arwana.

Pelet terbuat dari beberapa bahan pilihan dan dibuat sesuai komposisi yang baik serta mengandung kandungan nutrisi yang lengkap seperti protein, vitamin, dan semacamnya. Ada juga pelet yang khusus dibuat untuk membuat ikan arwana memiliki badan cantik atau bisa juga memiliki badan yang besar.

Untuk lebih jelasnya, sudah saya siapkan beberapa rekomendasi pakan pelet terbaik untuk ikan arwana yang bisa kamu gunakan.

1. Tetra Arowana

Makanan ikan Arwana

Tetra Arowana adalah salah satu pelet terbaik yang bisa kamu berikan kepada ikan arwana peliharaanmu di rumah. Pelet ini merupakan pelet buatan pabrik yang berasal dari ekstrak hewan udang dan krill. Meskipun harganya terbilang mahal, pelet ini memiliki kandungan nutrisi yang seimbang dan tentunya sangat baik untuk ikan arwana.

Pelet arowana memiliki kandungan protein tinggi yang dapat membantu proses tumbuh dan kembang dari ikan arwana. Selain itu, pelet ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh ikan dan mempercerah kulit/sisik dari ikan arwana. Pelet ini sudah terbukti aman dan terjamin mutunya.

2. Inch Gold – Large Arowana

Inch Gold – Large Arowana merupakan pakan pelet yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Dengan menggunakan pelet ini pasti kebutuhan protein dari ikan arwana pasti akan terpenuhi, terutama untuk ikan arwana yang masih dalam masa pertumbuhan.

Harga perkilo dari pelet ini adalah 230.000, produk ini hanya menyediakan pakan ukuran 1 kg. Kamu bisa membelinya di toko hewan peliharaan atau bisa pesan langsung membeli online di marketplace. Meski harganya agak mahal, tapi kualitas pakan nya juga bukan main.

3. Akari Maggot Pro

Akari Maggot Pro merupakan pelet yang harganya relatif murah dibanding pelet lainya. Walau murah pelet ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi seperti halnya maggot yang sudah saya jelaskan diatas.

Kandungan protein mencapai angka 45% yang pastinya menjadikan pelet ini menjadi rekomendasi untuk mu yang lagi ingin berhemat. Untuk ukuran yang tersedia memang hanya berkisar 100 gram, jadi tidak terlalu banyak.

4. Bio Top

Bio Top merupakan pakan yang hampir sama dengan akari maggot pro tapi lebih mahal dan lebih kecil. Karena umpan ini berupa maggot, bio top ini sangat cocok untuk kamu jadikan pelet untuk ikan arwana dan berbagai jenis ikan hias lainya.

5. Divi Super Pellet

Divi Super Pellet merupakan pelet yang terdiri dari komposisi bahan alami seperti telur, udang dan cumi-cumi. Pelet ini mengandung protein yang cukup tinggi, yang menjadikan jenis pelet ini sangat cocok untuk semua jenis ikan arwana.

Selain kandungan protein yang tinggi, pelet jenis ini juga mengandung pigmen yang bisa membantu pembentukan pigmen warna yang membuat warna dari ikan arwana lebih cerah.

Penutup

Beberapa jenis makanan ikan arwana diatas merupakan jenis makanan yang saya rekomendasikan karena saya rasa pakan di atas sangat baik untuk ikan arwana. Kamu bisa menggunakan jenis pakan lainnya jika kamu mengetahui makanan yang lebih baik.

Kualitas pakan yang kamu berikan akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang dari ikan arwana, Semakin baik pakan yang kamu berikan, semakin baik pula hasilnya bagi ikan arwana kesayanganmu.

Demikian yang bisa saya sampaikan, jika kamu punya jenis makanan yang kamu rasa lebih baik, kamu boleh berbagi lewat kolom komentar. Kamu juga boleh memberi masukan berupa kritik dan saran dengan tujuan membantu membangun situs ini menjadi lebih baik.

Untuk kesalahan dalam bentuk apapun pada tulisan diatas saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih sudah mengunjungi halaman ini dan sudah membacanya, semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk kamu.

 

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.