Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Jenis Ikan Mas

10 min read

Jenis Ikan Mas

Sekarang ini banyak sekali jenis ikan mas yang dibudidayakan untuk dikonsumsi maupun dipelihara di dalam aquarium untuk dipandang keindahannya.

Secara umum, ikan mas memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan hampir seluruh tubuhnya dipenuhi sisik, tetapi ada sebagian kecil ikan mas yang tubuhnya tidak ditutupi sisik secara penuh.

Namun, ada beberapa jenis ikan mas yang bentuk tubuhnya sangat unik. Jadi silahkan simak ulasan mengenai jenis ikan mas yang dibagi menjadi 2 jenis ikan mas, yaitu ikan mas konsumsi dan ikan mas hias dalam artikel berikut ini:

Ikan Mas Konsumsi

Ikan mas konsumsi merupakan jenis ikan mas yang dibudidayakan untuk dikonsumsi masyarakat, adapun jenis-jenisnya adalah:

#1. Ikan Mas Punten

Jenis ikan mas konsumsi
Ikan mas punten, sumber: www.dictio.id

Dilihat dari namanya, spesies ikan mas ini pertama kali dikembangbiakkan di Desa Punten, Malang, Jawa Timur pada tahun 1933.

Dengan ciri-ciri memiliki tubuh relatif pendek, tetapi punggungnya tinggi dan lebar. Karena itu, badan ikan mas punten terkesan berbentuk bulat pendek (big belly).

Perbandingan panjang dan tinggi badan ikan mas ini adalah 2,4 : 1 (2,4 untuk panjang tubuhnya dan 1 untuk tingginya). Ikan ini memiliki sisik berwarna hijau gelap, matanya menonjol, bersifat jinak dan geraknya lambat.

#2. Ikan Mas Sinyonya atau Putri Yogya

Jenis Ikan Mas Konsumsi
Ikan mas sinyonya, sumber: www.alamikan.com

Tidak diketahui pasti asal-usul nama ikan jenis ini. Menurut rumor, nama “sinyonya” diberikan kepada ikan ini karena ikan mas ini mudah sekali bertelur.

Meskipun ada argumen bahwa ikan mas sinyonya merupakan ikan hasil seleksi yang secara taksonomi yang termasuk dalam spesies Cyprinus Linneaus dan pertama kali ditemukan di daerah Tasikmalaya, Jawa Barat (oleh Khairuman dan Amri) pada tahun 2008.

Tubuhnya berbentuk memanjang (long bodied form). Ikan mas ini berwarna kuning muda seperti warna pada kulit jeruk sitrus dengan mata yang menonjol saat umurnya masih muda dan menjadi sipit ketika mulai tua.

#3. Ikan Mas Taiwan

Jenis Ikan Mas Konsumsi
Ikan mas taiwan, sumber: lahan.co.id

Nama ikan mas taiwan berasal dari dugaan bahwa jenis ikan mas ini berasal dari Taiwan yang kemudian diintroduksi dan dikembangkan di Indonesia.

Ikan mas ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan punggungnya agak membulat seperti busur panah. Ikan mas taiwan ini memiliki warna hijau kekuningan dengan warna kuning kemerahan ujung sirip dubur dan sirip ekornya.

Jenis ikan mas ini sangat peka terhadap makanannya sehingga sering berebut pada saat diberi pakan

#4. Ikan Mas Merah

Jenis Ikan Mas Konsumsi
Ikan mas merah, sumber: lahan.co.id

Banyak orang mengatakan jika ikan mas merah adalah ikan koi. Memang benar kok, karena ikan mas ini termasuk dalam kategori ikan koi karena bentuk tubuhnya yang mirip koi.

Ciri ikan mas ini adalah sisiknya berwarna merah keemasan yang mengkilap. Ikan ini sangat aktif, agak liar dan suka mengaduk-aduk dasar kolam.

Ikan mas merah memiliki bentuk tubuh yang memanjang dengan mata yang menonjol. Dibanding dengan ikan mas sinyonya, punggungnya relatif lebih rendah dan tidak lancip..

#5. Ikan Mas Majalaya

Ikan mas ini dinamakan “majalaya” karena ditemukan dan dikembangkan pertama kali di daerah Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ikan mas jenis konsumsi ini memiliki sisik yang berwarna hijau keabu-abuan dan agak gelap di bagian tepinya, dengan warna kekuningan pada bagian bawah insang dan di bagian bawah sirip ekor. Warna sisik ikan ini semakin gelap saat ke arah punggung.

Keunggulan dari jenis ikan mas konsumsi yang bernama majalaya, yaitu pertumbuhan yang relatif cepat, tahan dari infeksi bakteri Aeromonas hydrophila, rasanya lezat dan gurih, dan tersebar luas di Indonesia.

#6. Ikan Mas Yamato

Jenis Ikan Mas Konsumsi
Ikan mas yamato, sumber: bacaterus.com

Jenis ikan mas konsumsi yang bernama yamato ini kurang populer di Indonesia. Namun, di daerah Asia Timur seperti di Cina dan Jepang, ikan mas yamato ini banyak orang yang membudidayakannya.

Ikan mas yamato memiliki bentuk tubuh yang memanjang dengan warna sisik hijau kecoklatan. Ikan mas yamato memiliki kelebihan dapat hidup di perairan yang dingin maupun hangat.

#7. Ikan Mas Lokal

Ikan mas lokal sebenarnya belum bisa dikategorikan sebagai salah satu dari spesies/jenis ikan mas. Meski demikian, jenis ikan mas konsumsi yang banyak ditemukan dan dibudidayakan oleh para peternak ikan di Indonesia malah ikan mas lokal ini.

Ikan mas lokal memiliki kombinasi warna tubuh yang beragam, namun warna-warna tersebut sudah ada di beberapa jenis ikan mas lainnya. Umumnya, ikan mas lokal memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan mata agak menonjol.

Kemunculan ikan mas lokal ini diduga akibat perkawinan silang yang tidak terkontrol dari semua jenis-jenis ikan mas yang ada di Indonesia.

#8. Ikan Mas Rajadanu

Jenis Ikan Mas Konsumsi
Ikan mas rajadanu, sumber: lalaukan.com

Ikan mas rajadanu merupakan hasil dari perkembangan dari IPPTP Mataram yang bekerjasama dengan Balitkanwar (Balai Penelitian Perikanan Air Tawar) Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Rajadanu termasuk bangsa (ordo) Cypriniformes, sub bangsa Cyprinidae, suku (family) Cyprinidae, sub suku Cyprinidae, marga (genus) Cyprinus dan jenis (species) Cyprinus carpio, strain Rajadanu.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang dengan perbandingan panjang total dan tinggi badan sekitar 3,5 : 1. Tubuh bagian punggung memiliki warna hijau keabu-abuan, semakin ke perut warna sisik semakin memutih dan sampai di perutnya sisik berwarna putih.

Ikan Mas Rajadanu termasuk hewan air tawar pemakan segala (omnivora). Dia bisa memakan jasad hewan atau tanaman yang tumbuh di dasar air di habitatnya, serta hewan kecil seperti cacing dan siput serta beberapa jenis serangga.

Ikan Mas Hias

Ikan Mas Hias merupakan kategori jenis ikan mas yang dipelihara di kolam maupun aquarium dengan tujuan dilihat keindahan bentuk tubuhnya. Jenis ikan mas hias ada di artikel berikut ini:

#1. Ikan Mas Kumpay

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas kumpay, sumber: youtobe.com

Ikan mas kumpay sangat populer sebagai ikan hias di Indonesia. Meski laju pertumbuhannya tergolong lambat, tapi banyak orang yang senang memeliharanya. Para pecinta ikan hias tersebut tertarik dengan kecantikan dan pesona ikan ini.

Daya tariknya berasal dari ciri khas ikan mas kumpay, yaitu sirip dan ekornya yang panjang dan berumbai-rumbai sehingga tampak memukau mata ketika ikan sedang bergerak.

Warna sisiknya sangat beragam antara warna merah, kuning, putih dan hijau gelap dengan tambahan bintik-bintik hitam.

#2. Ikan Mas Kaca

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas kaca, sumber: wikipedia

Ternyata tidak semua jenis ikan itu memiliki sisik yang menutupi di sekujur tubuhnya, loh! Seperti ikan mas kaca ini, tidak semua bagian tubuhnya ditutupi sisik. Karena itulah mengapa ikan mas ini bisa disebut dengan sebutan “kaca”.

Tubuh yang tidak tertutupi dengan sisik akan terlihat sangat bening mirip kaca, bahkan tulangnya bisa dilihat secara langsung dengan mata. Sisik yang tumbuh di sepanjang gurat sisi (linea lateralis) dan di sekitar pangkal siripnya cenderung berwarna putih mengkilap. Dan sisik-sisik tersebut bervariasi ukurannya / tidak seragam, keren kan?

#3. Ikan Mas Koi

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas koi, sumber: pixabay.com

Ikan mas koi atau yang lebih populer disebut koi (saja) ini berasal dari Jepang. Mulai dikenal dan mulai disukai masyarakat di Indonesia sekitar tahun 1980.

Bentuk badannya bulat memanjang. Warna sisiknya sangat bervariasi, ada kuning, merah menyala, putih, hitam atau kombinasi dari warna-warna tersebut.

Para pecinta ikan mas umumnya menyukai ikan koi jenis bastar karena warna dan pola totolnya yang indah dan menarik serta unik. Bukan hanya itu saja, ikan koi disukai orang karena gerakannya lambat dan cukup jinak.

Ikan koi memiliki beragam nama yang disesuaikan dengan pola dan warna tubuhnya, misalnya platinum nishikigoi, shusui nishikigoi, shusi nishikigoi, kohaku nishikigoi, dan taishosanshoku nishikigoi.

#4. Ikan Mas Umum / Common goldfish

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas umum, sumber: wikipedia

Ikan mas umum adalah jenis ikan mas koki yang tidak memiliki perbedaan lain dengan ikan mas Prusia, selain warna dan bentuknya. Ikan mas ini adalah hasil dari ikan mas liar yang dijinakkan dan merupakan kerabat dekat ikan koi.

Sebagian besar varietas ikan mas hias berasal dari jenis ini. Ikan mas koki umum memiliki warna tubuh dari warna merah, oranye, merah/putih, putih/hitam, kuning/putih, biru, abu-abu/coklat, hijau zaitun, kuning, putih dan hitam, dengan variasi yang paling umum adalah oranye.

Namun, kecerahan, durasi, komposisi dan kejernihan warna dapat menjadi indikasi status kesehatan ikan Mas Koki jenis ini.

#5. Mata Teleskop / Telescope

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas mata teleskop, sumber: wikipedia

Telescope / Demekin adalah jenis ikan mas yang ditandai dengan matanya yang menonjol. Ikan mas jenis ini pertama kali dikembangkan pada awal 1700-an di Cina. Ikan ini juga dikenal dengan nama ikan mas bola dunia (globe eye goldfish) / mata naga (dragon eye goldfish).

Ikan ini memiliki tubuh yang agak bulat serta sirip dan ekor yang panjang. Ikan mas teleskop memiliki tubuh dengan warna merah, merah-putih, hitam-putih, coklat, biru, lavender, kirin, coklat-biru dan hitam.

Dari jenis ikan mas teleskop itu sendiri sudah ada variannya, yaitu:

  • Moor Hitam / Black Telescope
  • Moor Panda / Panda Telescope
  • White Telescope

#6. Mata Gelembung / Bubble Eye

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas mata gelembung, sumber: wikipedia

Ikan Mas Bubble Eye adalah varian kecil  dari ikan mas fancy yang ditandai dengan mata mengarah keatas dan dibawahnya terdapat dua kantung mata berisi cairan.

Gelembung kantungnya cukup halus, jadi ikan harus disimpan secara terpisah dari jenis ikan yang riuh/liar, serta dekorasi aquarium yang tajam. Meskipun gelembung akan tumbuh kembali jika tertusuk, cedera dapat membuat ikan rentan terhadap infeksi.

Gelembung dapat merugikan ikan karena ikan bubble eye bukan perenang yang handal, saat berenang kepalanya terombang-ambing di ketinggian yang lebih rendah daripada tubuhnya.

#7. Mata Langit / Celestial Eye

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mata langit, sumber: www.nationalgeographic.com

Celestial adalah ikan mas yang memiliki tubuh berbentuk memanjang mirip dengan Bubble Eye. Ikan hias Mata Langit atau Choten gan memiliki ekor ganda dan sepasang mata teleskopik yang mengarah ke atas.

Ikan ini memiliki sisik metalik berwarna dengan nuansa oranye (disebut ‘merah’ oleh peternak), merah dan putih. Celestial dengan sisik nacreous telah ditemukan, tetapi jarang terlihat.

#8. Ryukin / Ryukin

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas ryukin, sumber: wikipedia

Ryukin adalah jenis ikan mas yang indah dan menarik dengan kepala runcing dan memiliki punuk yang menonjol di bagian belakang kepala. Ini mungkin bersirip panjang atau bersirip pendek dengan ekor tiga atau empat kali lipat.

Sirip punggung tinggi sedangkan sirip ekor umumnya dua kali lebih panjang dari tubuhnya. Sirip ekor mungkin juga memiliki tiga atau empat lobus. Ryukin memiliki tubuh berwarna merah tua, merah-putih, putih, perak, biru, hitam, orange, abu-abu lavender dan metalik.

#9. Ikan Mas Ekor kipas / Fantail Goldfish

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas ekor kipas, sumber: wikipedia

The Fantail adalah ikan mas yang memiliki tubuh memanjang, sirip punggung tinggi, ekornya empat kali lipat panjangnya tubuh dan tidak ada punuk bahu. Ikan ini merupakan varian dari Ryukin dan relatif umum di negara-negara barat.

Siripnya kurang berkembang dibandingkan Ryukin. Ikan ini memiliki sirip dubur dan ekor ganda, karena sirip dubur dan ekornya terbagi menjadi dua bagian yang serasi.

Meskipun umumnya dianggap sebagai ikan mas yang kuat, Fantails bisa rentan terhadap suhu air yang rendah dalam waktu lama. Memelihara Fantails di akuarium membutuhkan suhu ideal 73 hingga 74 derajat Fahrenheit.

#10. Ikan Mas Kepala Singa / Lionhead Goldfish

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas kepala singa, sumber: wikipedia

Ikan Mas ini memiliki tudung atau pertumbuhan kepala dan pipi gemuk yang mirip kepala singa memberi mereka penampilan wajah yang mirip dengan anak anjing.

Perkembangan tudung dapat bervariasi tetapi lebih menonjol pada pria. Tudung biasanya membutuhkan waktu satu tahun untuk berkembang pada benih yang masih muda. Lionhead jantan dewasa secara berkala merontokkan sebagian dari pertumbuhan kepala mereka.

Lionhead dapat tumbuh hingga 6 inch (15 cm) panjangnya (termasuk sirip) dan memiliki sisik berwarna metalik, nacreous atau matte, orange, merah, putih, merah-putih, biru, hitam, hitam-putih, hitam-merah, alami, dan coklat.

#11. Oranda / Oranda

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas oranda, sumber: wikipedia

Karena pertumbuhan daging di bagian atas kepala dan sisi wajahnya, oranda telah menjadi salah satu ikan mas yang paling populer. Pertumbuhan kepala digambarkan sebagai “wen” oleh aquarists Cina.

Oranda adalah ikan mas bersisik metalik atau matte yang penampilannya mirip dengan Veiltail. Ia memiliki tubuh yang besar, panjang dan ekor empat kali lipat dari panjang tubuhnya.

Jenis ikan mas koki oranda ini memiliki tubuh dengan berbagai warna paling sering oranye, merah, merah-putih, merah-hitam, hitam, biru, coklat, perunggu, putih atau perak, hitam-putih (berwarna panda) dan merah-hitam-putih (tiga warna).

#12. Ikan Mas Sisik Mutiara / Pearlscale Goldfish

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas sisik mutiara, sumber: wikipedia

Ikan Mas Sisik Mutiara atau chinshurin dalam Bahasa Jepang adalah ikan mas bertubuh seperti bola golf yang ditutupi sisik-sisik kecil seperti mutiara dan dengan sirip serupa varietas Ekor Kipas.

Sisik mutiara bisa mencapai panjang 8 inci dan tumbuh sebesar jeruk. Pearlscale juga dapat dikenal sebagai Ping Pong Pearlscale dan Golfball Pearlscale .

#13. Ikan Mas Pompom / Pompom Goldfish

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas pompom, sumber: wikipedia

Ikan Mas Pompom memiliki bentuk tubuh dan sirip yang mirip dengan Lionhead dan Oranda tetapi bukan tumbuh kepala, namun tumbuh di hidung.

Tingkat pertumbuhan hidung, yang merupakan pembesaran septum hidung, berbeda dari satu pompom dengan ikan mas pompom lainnya. Kulit yang tumbuh di sekitar lubang hidung pompom ini dikembangkan melalui pembiakan selektif.

#14. Shubunkin / Shubunkin

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas shubunkin, sumber: wikipedia

Ikan Mas Shubunkin adalah ikan mas berekor tunggal dengan sisik nacreous dan pola dari 3 warna yang dikenal sebagai calico. Ikan Mas Shubunkin berasal dari Jepang.

Shubunkin dikembangkan oleh Yoshigoro Akiyama dengan menyilangkan ikan mas mata teleskop Calico dengan ikan mas komet dan ikan mas biasa.

Shubunkin mirip dengan ikan mas biasa dan ikan mas komet dalam penampilan. Mereka pertama kali dibiakkan di Jepang, dari persilangan ikan mas mata teleskop calico (Demekins), ikan mas komet dan ikan mas biasa c.1900.

Ikan ini memiliki tubuh ramping dengan sirip yang berkembang baik dan rata. Namun, Shubunkin adalah ikan mas calico, mereka memiliki sisik nacreous memiliki warna antara merah, putih, biru, abu-abu dan hitam, biasanya meluas ke sirip Shubunkins.

#15. Ranchu / Ranchu

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas ranchu, sumber: wikipedia

Ikan Mas Ranchu ini merupakan hasil pengembangan dari ikan mas Lionhead. Ranchu sendiri memiliki tubuh berbentuk telur dan perut yang lebar dengan perbandingan lebar dan panjangnya adalah 5/8 hingga 3/4. Ikan mas ini tidak memiliki sirip punggung.

Bagian belakang membulat, tidak rata seperti kepala singa. Area pangkal ekor melengkung tajam ke bawah untuk bertemu dengan ekor. Tangkai ekornya lebar. Ekor ranchu bertemu dengan pangkal ekor pada sudut 45 derajat, memberi ikan gerakan berenang yang unik.

Ranchus mungkin datang dalam warna orange, merah, putih, merah-putih, biru, hitam, hitam-putih, hitam-merah, alami, dan coklat. Skala dapat berupa logam, nacreous (calico) atau matte. Ranchus dengan tubuh kuning pucat dan kepala merah cerah jarang terjadi.

#16. Ikan Mas Ekor Cadar / Veiltail Goldfish

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas ekor cadar, sumber: wikipedia

Veiltail memiliki tubuh berbentuk mirip Ryukin yang bulat tapi dimodifikasi, meskipun tanpa karakteristik ‘punuk’ punggung Ryukin. Ciri khas dari ikan ini adalah ekor ganda panjang dan anggun yang bermata persegi dan tidak bercabang / ada lekukan di antara lobusnya.

Ia juga memiliki sirip punggung yang tinggi, menonjol dan berkembang dengan baik. Sirip dubur berpasangan dan cukup berkembang dengan baik.

Istilah ‘veiltail‘ umumnya dan secara keliru diterapkan pada setiap ikan mas yang menampilkan ekor panjang, tetapi veiltail yang sebenarnya harus memiliki semua karakteristik yang dijelaskan di atas.

Kerudung tersedia dalam banyak warna dan mungkin memiliki sisik metalik atau nacreous. Mereka bukan perenang yang baik tetapi dapat dipelihara dengan ikan mas mewah lainnya. Veiltail tidak akan bisa hidup dalam suhu di bawah 55 °F (13 °C).

#17. Ikan Mas Ekor Kupu-kupu / Butterfly tail Goldfish

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas ekor kupu-kupu, sumber: wikipedia

Ikan mas ekor kupu-kupu adalah bentuk varian dari ikan mas teleskop dengan mata menonjol dan paling baik dilihat dari atas. Meskipun variasi ikan ini biasanya berasal dari variasi mata teleskop, ekor kupu-kupu mungkin merupakan varietas ikan mas lainnya seperti ryukin dan oranda.

Penyebaran ekor yang indah sekitar 180 derajat tetapi beberapa mungkin terkulai ke bawah pada suatu sudut karena berat sirip ekor yang panjang.

Dengan meningkatnya popularitas kupu-kupu ekor moor, telah ada upaya untuk membedakan berbagai jenis ekor kupu-kupu seperti kupu-kupu faery, kupu-kupu shuan shu (ekor sisir Cina), kupu-kupu delta dan kupu-kupu ekor trapezium.

#18. Ikan Mas Meteor / Meteor goldfish

Jenis Ikan Mas Hias
Ilustrasi ikan mas meteor, sumber: wikipedia

Ikan mas Meteor adalah ikan mas paling langka di dunia. Ikan mas tanpa ekor ini diduga telah dikembangkan oleh peternak ikan mas selama akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20.

Ikan mas meteor tidak memiliki sirip ekor, tetapi memiliki sirip dubur yang tumbuh panjang di posisi sirip ekor. Sirip lain dari ikan mas meteor memanjang dan ikan ini bisa berenang dengan baik meskipun tidak memiliki ekor.

Karena tidak ada foto dari breed tersebut, Bristol Aquarists’ Society telah menyarankan bahwa ikan mas meteor mungkin hanya rumor.

#19. Shukin Goldfish

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas shukin, sumber: www.pinterest.cl

Shukin memiliki tubuh yang berbentuk seperti Ranchu tapi lebih panjang. Namun ikan ini juga memiliki ekor yang panjang seperti Oranda. Shukin memiliki tubuh berwarna merah, putih, biru dan perak.

#20. Ikan Mas Insang Keriting / Curled-gill Goldfish

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas insang keriting, sumber: wikipedia

Ikan mas jenis ini merupakan varian dari Ryukin. Ikan mas koki ini, memiliki tubuh mirip Ryukin dengan ekor berbentuk kipas bercabang dengan sirip panjang bulat, warnanya biasanya orange metalik.

#21. Tosakin / Tosakin

Jenis Ikan Mas Hias
Ikan mas tosakin, sumber: wikipedia

Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan Fantail lainnya, sirip ekornya terbuka dan menyebar rata dan lebar secara horizontal dengan ujung depan membalik ke bawah sekali atau bahkan dua kali.

Karena ekornya yang besar dan lebar, Tosakin adalah perenang yang lemah dan bahkan kikuk yang mengharuskannya disimpan di air yang tenang tanpa arus yang kuat.

Tosakin sering dianggap sebagai ikan yang lemah karena perkawinan sedarah, namun kenyataannya sama kuatnya dengan kebanyakan jenis ikan mas hias lainnya.

Tosakin berwarna merah metalik, merah dan putih atau “tidak berwarna” besi-hitam. Tosakin tumbuh lambat dibandingkan dengan kebanyakan jenis ikan mas mewah lainnya dengan panjang maksimum yang dapat dicapai sekitar delapan inci.


Demikian artikel mengenai jenis ikan mas, semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu serta wawasan untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Mukhammad Fathqi Apabila kau telah berusaha dengan keras dan gagal, penyesalan karena gagal itu akan cepat berlalu. Berbeda dengan penyesalan ketika kamu tidak berani mencobanya

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.