Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Ikan Lele Terbesar di Dunia

7 min read

Ikan Lele Terbesar di Dunia

Ikan Lele Terbesar di Dunia – Ikan lele termasuk salah satu jenis ikan yang memiliki kelompok terbanyak yang ada dunia. Sampai saat ini, sudah tercatat lebih dari 3000 spesies ikan lele yang sudah menyebar di seluruh belahan dunia. 

Untuk di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis ikan lele yang populer di kalangan masyarakatnya seperti ikan lele sangkuriang dan lele dumbo. Ikan tersebut dimanfaatkan untuk dibudidayakan dan juga untuk dikonsumsi. 

Tapi dengan Kamu mengunjungi situs ini, artinya kamu sedang mencari informasi tentang ikan lele terbesar di dunia. ikan lele memang termasuk salah satu ikan yang bisa tumbuh dengan ukuran yang besar jika dibandingkan dengan ikan air tawar jenis lain. 

Yuk, simak pembahasan berikut tentang ikan lele terbesar yang ada atau setidaknya pernah tercatat dalam sejarah di dunia ini. 

Ikan Lele Terbesar yang Ada Di Dunia

Ikan lele terbesar di dunia

Kita sudah sangat familiar dengan ikan satu ini, ikan lele memang dapat dijumpai hampir di semua tempat di Indonesia. Ikan yang menjadi salah satu primadona makanan laut ini ternyata memiliki kerabat yang bisa tumbuh menjadi sangat besar. 

Tidak seperti ikan lele biasa yang memiliki rata-rata ukuran tubuh 10-25 cm. Ikan lele yang akan saya bahas adalah beberapa jenis ikan lele yang bisa tumbuh dengan ukuran mencapai 2 meter. 

Di Indonesia pun pernah tercatat ada ikan lele yang bisa tumbuh sampai ukuran 50 cm dengan berat 15 kg pernah ditemukan di Sragen. Tepatnya berada di rumah salah satu peternak lele yang bernama fariz, tepatnya di desa Kadipiro, kecamatan Sambirejo, Sragen.

Nah, dengan begitu tidak menghapus harapanmu untuk memiliki  ikan lele yang berukuran besar. Kamu masih bisa memilikinya dengan merawat dengan baik dan benar jenis ikan lele dumbo seperti diatas. dan dalam jangka waktu beberapa tahun saja kamu pasti memiliki ikan lele dengan ukuran lebih besar (asal jangan dimakan hehe).

Ada beberapa lagi jenis ikan lele yang bisa tumbuh dengan bobot lebih dari 100 pon (45 kg). Pada point berikut ini kami membahas tentang ikan ikan lele yang bisa tumbuh ke ukuran raksasa. 

Jenis Ikan lele Terbesar di Dunia

Seperti yang sudah saya katakan di awal, ada lebih dari 3000 spesies ikan lele yang menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia. Ikan lele bisa dapat beradaptasi hampir disemua jenis perairan yang ada di dunia ini. 

Jenis ikan lele berikut jelas memiliki morfolologi ikan lele yang jelas berbeda dengan ikan lainya. Terutama terlihat jelas pada ukuran ikan lele yang lebih besar.

Biasanya ikan ini memiliki ukuran tubuh normal sekitar 10 cm dengan berat 1-2 kg. Tapi berbeda dari jenis lainnya di beberapa tempat kita bisa menemukan ikan lele dengan ukuran monster. 

Berikut adalah jenis-jenis ikan lele Terbesar yang pernah ada didunia. Ikan berikut merupakan ikan monster yang bobotnya bisa melebihi 100 pon (sekitar 45 kg). 

1. Mekong Giant Catfish (Pangasianodon gigas)

Ikan lele terbesar di dunia

ikan lele terbesar di dunia ini dengan nama latin Pangasianidon gigas ini merupakan kerabat dekat dengan spesies ikan lele hiu (Pangasidae) ini termasuk jenis ikan lele besar yang hampir punah. 

Sama seperti namanya ikan ini berasal dari sungai mekong yang berada di daerah thailand dan berdekatan dengan china. Lele jenis ini biasanya berwarna abu-abu dan putih, ikan lele mekong dewasa hampir tidak memiliki kumis dan gigi yang menyusut seiring dengan bertambahnya umur. 

Lele mekong raksasa ini merupakan ikan omnivora, ikan ini biasa memakan plankton dan alga. tidak jarang juga ikan ini menjadi ikan yang kanibal, Tetapi tetap makanan utama ikan ini adalah jenis plankton dan alga. 

Ikan ini yang pernah tercatat di guiness book record sebagai ikan air tawar terbesar ini Diklaim oleh IUCN sebagai ikan yang sangat terancam punah. Hal ini diakibatkan oleh eksploitasi berlebihan dan rusaknya habitat alami mereka. 

2. Wels Catfish (Silurus glanis)

Ikan Lele Terbesar di Dunia

Makhluk air yang biasa disebut juga dengan sebutan sheatfish ini merupakan salah satu spesies ikan lele besar. Ikan ini berasal dari eropa tepatnya pada perairan laut baltik, laut kaspia dan laut laut hitam. 

Sekarang ikan ini bisa ditemukan hampir di semua perairan eropa bahkan sudah menyebar ke kazakhtan serta perairan china dan yunani. Ikan lele wels masih termasuk jenis ikan air tawar. 

Ikan ini memiliki bentuk kepala besar yang dilengkapi dengan barisan gigi kecil. Terdapat juga 2 kumis panjang di mulut bagian atas mulutnya dan 4 sungut kecil pada bagian bawah.  Ikan yang aktif di malam hari ini sangat bergantung dengan kemampuan indra penciuman dan sensor mereka. 

Lele wels ini memiliki warna tubuh yang beragam yang disesuaikan dengan lingkungan hidupnya, biasanya berwarna coklat hingga putih. Ikan lele wels ini memiliki tekstur tubuh sangat berlendir seperti belut. 

Ikan lele ini termasuk ikan yang bisa tumbuh dengan ukuran lebih dari 2 m. Lele raksasa ini merupakan hewan omnivora, biasanya mereka memakan makanan berjenis annelida, gastropoda, crustacea, bahkan ikan ini juga bisa memakan hewan seperti katak tikus dan lain sebagainya. 

3. Lau-Lau (Brachyplatystoma Filamentosum)

Ikan Lele Terbesar di Dunia

Lau lau atau dikenal juga dengan piraiba ini juga termasuk dalam spesies ikan lele terbesar yang pernah ada. Jenis ikan Omnivora ini berasal dari perairan amerika. Ikan ini merupakan salah satu predator ganas dan sampai hewan seperti kucing, anjing bahkan sesama lele ditemukan dalam perutnya. 

Ikan yang banyak ditemukan pada sungai amazon ini memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dibanding dengan ikan lainya. Memiliki warna tubuh Abu-abu pada punggung serta dilengkapi sirip adiposa besar pada tubuhnya. 

4. Goonch Catfish (Bagarius bagarius)

Ikan Lele Terbesar di Dunia

Goonch catfish atau yang biasa dikenal dengan devil catfish atau ikan lele setan. Ikan ini berasal di perairan asia selatan dan lebih banyak terlihat di perairan india. Ikan omnivora ini merupakan salah satu predator perairan india. 

Monter air tawar satu ini diduga pernah melakukan penyerangan terhadap manusia di sungai mahakali india. Dengan bentuk tubuh ramping dan ukuran seperti monster, ikan ini bisa menjadi predator yang mengerikan. 

5. Redtail Catfish (Phractocephalus hemioliopterus)

Ikan lele terbesar di dunia

Sebelumnya saya sudah membahas ikan ini pada postingan tentang ikan lele hias. Ternyata ikan cantik ini bisa tumbuh menjadi seukuran raksasa.

ikan lele terbesar di dunia di sungai amazon yang memiliki ciri khusus ekor dan sirip berwarna merah, dan kepala lebar yang dilengkapi dengan sepasang sungut pada setiap rahang. Redtail catfish ini bergantung pada sungut nya sebagai indera penciuman nya.

Predator ikan tawar ini memakan hampir semua jenis daging dari yang hidup sampai yang berbentuk bangkai. Saat dipelihara di aquarium ikan ini bisa memakan sesama ikan hias. makhluk air tawar ini berasal dari perairan di Amerika Selatan.

6. Blue Catfish (Ictalurus furcatus)

Ikan lele Terbesar di Dunia

Ikan yang berasal dari Amerika ini memiliki masa hidup yang cukup lama dibanding yaitu 20 tahun lamanya. Ikan raksasa satu ini memiliki ciri khas warna biru pada seluruh tubuh, tubuh yang berat serat memiliki punuk di punggung.

Predator yang rakus ini, ia memakan semua jenis makanan yang ia tangkap. Ikan ini juga memiliki kemampuan yang mendukung nya untuk bertahan hidup pada semua kondisi air. 

Karena kemampuan bertahan hidup nya yang baik ikan ini bisa berkembang biak dengan cepat dengan tingkat kematian yang kecil. Hal ini menyebabkan meledaknya populasi ikan ini. Tentunya ini menjadi ancaman untuk penghuni sungai lainya sampai bisa disebut hama pada kawasan sungai mississippi dan teluk chesapeake.

7. Flathead Catfish (Pylodictis olivaris)

Ikan lele Terbesar di Dunia

Ikan yang memiliki nama lain seperti mudcat atau shovelhead ini merupakan ikan lele yang termasuk spesies ikan lele besar. Ikan ini hidup di perairan air tawar di daerah amerika utara.

Flathead catfish merupakan satu-satunya spesies Pylodictis yang masih tersisa. Ikan lele kepala datar ini bisa tumbuh dengan berat mencapai 56 kg yang menjadikan nya ikan terbesar setelah ikan lele biru.

Ikan ini menjadi salah satu target mancing yang menggiurkan untuk para pemancing air tawar profesional. Dengan badan besar nya yang menjadi tantangan tersendiri bagi para pemancing profesional untuk mendapatkan nya.

Untuk memelihara ikan lele berukuran besar memang cukup sulit. Hal ini dikarenakan ikan lele jenis ini bisa dibilang cukup langka atau bisa juga habitatnya yang berbeda. Tapi untuk di Indonesia sendiri kamu masih bisa memiliki ikan yang berukuran besar.

Yaps jawaban nya adalah ikan lele dumbo, dengan membudidayakan nya dengan baik kamu bisa memiliki ikan dengan ukuran yang sangat besar dibanding lele lokal. Tapi sebelum Itu, Kamu harus tahu dulu bagaimana cara budidaya ikan lele yang baik agar usaha mu berhasil.

Catatan Sejarah Ikan Lele Terbesar yang Pernah Ditemukan di Dunia

Didunia ini terdapat banyak sekali kejadian atau suatu hal yang bisa saja terjadi dan benar benar ada. Bahkan sampai ada yang membuat buku rekor dunia seperti guinnes world record.

Organisasi yang membuat buku rekor dunia ini mencatat semua hal seperti benda terbesar, terkecil, benda-benda unik dan berbagai macam penghargaan lain. 

Hal ini juga berpengaruh untuk ikan lele, pernah tercatat dalam sejarah ada ikan lele yang menjadi ikan air tawar terbesar. Ikan yang hidup dan bisa tumbuh sebesar monster ini mampu masuk dalam buku rekor dunia. 

Berikut akan saya rangkum Ikan-ikan terbesar yang pernah terlihat atau pernah ditangkap dari berbagai penjuru dunia. Hampir semua ikan lele ini terdaftar sebagai rekor dunia untuk spesiesnya dalam Basis Data Rekor Dunia International Game Fish Association (IGFA). 

#7. Flathead Catfish (Pylodictis olivaris)

Ikan lele Terbesar

Di peringkat ke 7, ada ikan kepala datar atau biasa disebut dengan flathead catfish dengan nama latin Pylodictis olivaris. Dalam sejarah ikan ini pernah ditemukan dengan berat mencapai 55 kg dengan ukuran 1,5 m. 

Ikan ini ditangkap oleh ken paulie pada tahun 19 Mei 1998 di Reservoir Elk City, Kansas,  AS. 

#6. Redtail Catfish (Phractocephalus hemioliopterus)

Ikan lele terbesar di dunia
Sumber; largest.org

Lalu di peringkat 6 dimiliki oleh ikan lele ekor merah dengan nama latin Phractocephalus hemioliopterus. Dalam rekor sejarah ikan lele ekor merah pernah ditemukan dengan berat sampai 56 kg dan dengan panjang 1.4 m. 

Ikan ini ditemukan di sungai Amazon di Brazil pada 3 April 2010 oleh Gilberto Fernandes. Ikan ini tercatat dalam sejarah menjadi ikan lele terbesar ke-6 di atas ikan lele kepala datar.

#5. Blue Catfish (Ictalurus furcatus)

Ikan lele terbesar di dunia
Sumber: largest.org

Di peringkat 5 ada ikan lele biru, ikan dengan nama latin Ictalurus furcatus ini tercatat dalam sejarah IGFA menjadi ikan salah satu ikan terbesar. Ikan berwarna biru ini pernah ditemukan dengan berat sampai 64,86 kg dan dengan panjang 1,45 m. 

Ikan ini ditangkap pada tanggal 18 juni 2011 di Danau Kerr, Virginia,  AS. Rekor ini didapatkan oleh orang yang bernama Richard Nicholas Anderson. Awal nya Nicholas ingin memelihara ikan tangkapan tersebut tapi ikan tadi tetap saja mati.

#4. Goonch Devil Catfish (Bagarius bagarius)

Ikan lele Terbesar di dunia
Sumber: largest.org

Di posisi ke-4 ada Ikan goonch atau bisa juga dengan goonch devil catfish. Ikan ini tercatat menjadi salah satu ikan terbesar setelah seorang pria bernama Jakub Vagner menangkap ikan ini pada 6 Maret 2009. 

Ikan yang ditangkap oleh vagner pernah tercatat memiliki berat 75 kg dengan panjang 1,57 m. Selain ikan lele iblis vagner yang merupakan pemancing profesional telah menangkap ikan raksasa lainya seperti arapaima (130 kg) dan lele wels (110 kg). 

#3. Wels Catfish (Silurus glanis)

Ikan lele terbesar di dunia
Sumber: largest.org

Di peringkat 3 diisi oleh ikan wels. Ikan lele yang ditangkap oleh nelayan asal Italia bernama Dino Ferrari menduduki posisi ketiga untuk kategori ikan lele Terbesar di dunia. 

Ikan lele dengan berat 127 kg dan panjang 2,67 m ini ditangkap di Po Delta Italia pada tahun 2015. Ferrari memutuskan untuk melepasakan ikan itu kembali setelh susah payah selama 40 menit bertarung dengan ikan lele raksasa ini. 

#2. Lau-Lau/Brachyplatystoma Filamentosum

Ikan Lele Terbesar di Duni
Sumber: largest.org

Ikan yang biasa disebut dengan sebutan lau-lau atau piraiba ini ditemukan oleh Jorge Masullo de Aguiar. Dengan berat 155 kg dan panjang yang mencapai 2 meter menjadikan ikan lele jenis ini menjadi ikan lele terbesar ke-2 di dunia yang pernah ditemukan. 

Spesies asli dari amerika selatan ini ditangkap Rio solimoes Brazil pada tanggal 29 mei 2009, Ikan ini merupakan salah satu predator air tawar yang terbesar. 

#1. Mekong Giant Catfish (Pangasianodon gigas)

Ikan Lele Terbesar di Dunia
Sumber: largest.org

Dan di Posisi pertama ditempati oleh “Mekong Giant Catfish” yang bisa juga masuk dalam buku rekor dunia guinnes menjadi ikan air tawar terbesar yang pernah ditemukan. 

Ikan asli dari cekungan mekong Thailand ini ditemukan oleh para nelayan setempat dengan berat 293 kg dan panjang 2,7 m ditangkap pada tahun 2005. Ikan ini tergolong spesies ikan yang sangat terancam punah. 

Akhir Kata

Nah barusan sudah saya sampaikan tentang bahasan singkat tentang jenis jenis ikan lele terbesar di dunia. Berbeda dengan ikan lele yang biasa kita jumpai ada beberapa jenis ikan lele yang mampu bertahan hidup dengan jangka waktu yang sangat lama serta bisa tumbuh dengan ukuran seperti monster.

Sekian pembahasan saya kali ini tentang ikan lele terbesar yang ada di dunia. jika ada kesalahan anda boleh memberi saran ataupun kritik langsung pada komen atau bisa langsung hubungi email official kami. 

Kami mengucapkan terima kasih untuk kamu yang sudah mengunjungi situs web kami. semoga postingan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu Dan selamat membaca. 

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.