Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Ikan Lele Sangkuriang

3 min read

Ikan Lele Sangkuriang – Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan hewan ternak yang satu ini. Lele sudah banyak tersebar di berbagai daerah di negara Indonesia.

Ikan lele termasuk dalam kelompok ikan yang hidup secara nokturnal, lebih aktif pada malam hari, serta menyukai tempat yang teduh dan suka membuat lubang di tanah serta merupakan jenis hewan karnivora.

Ada banyak jenis lele populer yang banyak diketahui masyarakat Indonesia. Salah satunya yaitu Lele Sangkuriang. Simak penjelasan selengkapnya:

Ikan Lele Sangkuriang Paling Populer

Ikan lele sangkuriang, sumber: deweezz.com

Lele bernama sangkuriang merupakan hasil persilangan dari lele lokal dengan lele dumbo. Lele sangkuriang dikenal sejak tahun 1980-an di Indonesia. Nama sangkuriang untuk ikan lele ini diambil dari nama seorang anak Sunda dari cerita mitologi.

Dalam cerita tersebut ada seorang anak yang bernama Sangkuriang, ia berhasrat menikahi ibunya sendiri. Nah, kemungkinan karena hal inilah nama Sangkuriang menjadi nama varietas ikan lele dengan hasil silang balik.

Lele sangkuriang sudah dikenal masyarakat banyak karena keunggulan-keunggulan yang dimilikinya, sehingga membuat popularitas lele sangkuriang menggantikan lele lokal. 

Dan karena keunggulan lele sangkuriang yang lebih banyak daripada kelemahannya, sehingga dari tahun ketahun lele sangkuriang menempati jajaran teratas dari tingkatan ikan paling populer.

Klarifikasi Ikan Lele Sangkuriang

  • Kingdom: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Classis: Pisces
  • Sub classis: Teleostei
  • Ordo: Ostariophusi
  • Subordo: Siluridae
  • Famili: Clarriidae
  • Genus: Clarias
  • Spesies: Clarias sp

Ciri Fisik Lele Sangkuriang

Banyak orang yang kesulitan dalam membedakan ciri-ciri lele dumbo, masamo, phyton, sangkuriang, maupun mutiara.  Jika dilihat sekilas memang seperti tidak ada perbedaannya. 

Namun, apabila dilihat secara jeli dan seksama, kamu pasti akan menemukan ciri fisik yang dapat dibedakan.

Adapun ciri-ciri fisik atau morfologi ikan lele sangkuriang yaitu:

  • Lele sangkuriang memiliki tubuh yang memanjang, lebih panjang dibanding lele dumbo, tetapi tidak lebih panjang dibanding dengan lele mutiara.
  • Kepala lele sangkuriang berbentuk lebih gepeng dibanding lele dumbo, dan memiliki ukuran mulut yang lebih lebar dari lele dumbo.
  • Ukuran kepala sangkuriang yaitu sepertiga dari panjang tubuhnya, dan lebih panjang dari pada jenis lele lain.
  • Memiliki 3 pasang sirip.
  • Kulit lele sangkuriang berwarna hitam kehijauan, terdapat bercak hitam atau putih ketika lele ini sedang stres.

Kelebihan Lele Sangkuriang

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki lele sangkuriang sudah mengalahkan kepopuleran ikan dari lele dumbo. Kelebihan lele sangkuriang yaitu sebagai berikut:

1. Pertumbuhan Cepat

Lele sangkuriang memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat lele jika dibandingkan dengan lele dumbo. Membutuhkan waktu sekitar dua puluh hari untuk mencapai panjang 5-6 cm.

Sedangkan, lele dumbo membutuhkan waktu sekitar 30 hari  hingga 40 hari. Hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat untuk pertumbuhan ikan lele menjadi ikan siap konsumsi. Yaitu sekitar 50 hari. 

Pertumbuhan lele sangkuriang akan lebih cepat bila dipelihara pada daerah yang panas. Untuk membudidayakan lele jenis sangkuriang suhu minimal yaitu 25 derajat celcius.

2. Bertelur Banyak

Lele sangkuriang dapat menghasilkan telur yang lebih banyak serta memiliki kemampuan menetaskan yang tinggi dibanding ikan lele dumbo saat dipijahkan. Produksi telur lele sangkuriang dua kali lipat lebih banyak daripada ikan dumbo. Klik untuk detail tentang cara pemijahan ikan lele.

Begitu pula dengan kemampuan lele Sangkuriang untuk menetaskan telur. Daya tetas lele dumbo cukup tinggi yaitu sekitar 80%, namun lele sangkuriang mengungguli sekitar 90%.

3. Tahan Penyakit

Ketahanan lele sangkuriang terhadap penyakit terbilang tinggi. Hal tersebut sudah terbukti oleh penelitian yang dilakukan Balai Besar Pembangunan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi yang menemukan bakteri Ichthiophthirius sp dan Trichoda sp.

Di kolam budidaya lele sangkuriang, lendir yang ada pada tubuh lele sangkuriang dapat melindunginya dari serangan bakteri dan masih bisa bertahan hidup. Juga lebih baik untuk mencegah lele sangkuriang sakit.

4. Produksi Tinggi

Sebelumnya telah dibahas bahwa tingkat pertumbuhan dan kemampuan bertelur lele sangkuriang yang tinggi tentu ada hubungannya dengan tingkat produktivitas lele sangkuriang.

Kondisi fisik ikan yang siap panen disebabkan kemampuan tumbuh lele sangkuriang yang tinggi. Lele sangkuriang masih unggul pada bagian dibandingkan dengan ikan lele dumbo.

5. Pemeliharaan Mudah

Lele jenis sangkuriang adalah ikan yang mudah pemeliharaannya. Lele sangkuriang merupakan ikan yang tidak membutuh lahan yang luas, hanya dengan portal pun sudah cukup. Hal ini dikarena lele sangkuriang cocok hidup pada daerah yang beriklim panas.

Bahkan untuk membudidayakan lele sangkuriang, tidak perlu memperhatikan keadaan kolam tersebut seperti suhu atau temperatur dan kadar oksigen. Ini dikarenakan lele sangkuriang memiliki kemampuan beradaptasi pada air atau lingkungan baru yang cukup baik. Untuk lebih jelasnya kunjungi cara budidaya ikan lele.

Lele sangkuriang juga termasuk jenis ikan yang cocok dengan jenis pakan apapun, jadi sangat mudah untuk memilih jenis pakan ikan lele ini.

6. Kualitas Bagus

Dari segi nutrisi dan tekstur lele sangkuriang yang padat lebih baik dari jenis ikan lele lainnya. Tidak perlu takut untuk mengkonsumsi lele ini, karena terdapat kandungan omega 3 serta minim kandungan lemak pada lele sangkuriang.

Daging lele sangkuriang juga memiliki rasa yang lebih gurih dan enak jika dibandingkan dengan ikan lele dumbo. Sangat banyak kelebihan pada lele sangkuriang, hingga hampir tidak ditemukan kelemahan. 

Kelemahan Lele Sangkuriang

Namun kelemahan lele sangkuriang hampir sama dengan kelemahan lele pada umumnya yaitu tidak tahan terhadap perubahan pH air. Jika hujan, ada baiknya kolam lele dibersihkan, meskipun akan menghilangkan plankton yang menempel.

Karena air hujan yang bersifat asam bisa berdampak buruk, hingga menyebabkan resiko kematian terhadap lele sangkuriang. Apalagi di daerah perkotaan yang tingkat keasaman air hujannya lebih asam jika dibandingkan dengan daerah pedesaan.

Bahkan di perkotaan, bisa dikatakan hujan yang turun sangat asam. Namun kelemahan tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa pengembangan budidaya lele Sangkuriang akan menguntungkan. Oleh karena itu, apabila kamu ingin membangun usaha pembudidayaan lele kamu bisa memilih lele Sangkuriang.


Demikian artikel tentang pengertian, ciri-ciri fisik, kelebihan dan kelemahan dari lele sangkuriang yang paling populer dibudidayakan di Indonesia.

Semoga dengan artikel ini dapat menambah informasi bagi pembaca. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya. Salam Fauna.

Annisa Jangan membenci sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi teruslah mencoba sampai kamu ahli dan mengguasi bidang itu. Karena semua itu butuh pembiasaan dan kesabaran.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.