Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Ikan Lele Hias 

5 min read

Ikan Lele Hias – Mungkin sebelumnya kamu belum mengerti kalau ada ikan lele yang bisa dijadikan ikan hias (sama hehe). Setelah saya pelajari lebih ternyata banyak sekali jenis lele yang menarik yang ada di dunia ini.

Sebelum ini kamu mengetik kata kunci Ikan lele hias yang disertai dengan pertanyaan “memangnya ada ikan lele yang bisa dijadikan ikan hias?” Dan mengklik postingan saya satu ini.

Jawabanya ada, ada beberapa jenis lele yang tidak hanya dibudidayakan untuk bahan makanan atau ikan lele liar yang biasa kamu pancing di sungai. Kenyataannya ada juga jenis ikan lele dengan ciri khas khusus yang unik.

Tepat sekali kamu memilih mengunjungi situs ini, karena pada postingan kali ini saya akan membahas tentang beberapa jenis ikan lele yang bisa dijadikan sebagai ikan hias yang akan mengisi akuarium di rumahmu.

yuk simak ulasan yang saya tulis kali ini tentang beberapa jenis ikan lele yang cocok untuk kamu peliharaan di rumahmu.

Jenis Ikan Lele Hias Aquarium di Rumahmu

ikan lele hias
Sumber gambar: nakamaaquatics.id

Ikan lele yang dijadikan ikan hias biasanya memiliki ciri khusus tersendiri. Ada beberapa jenis ikan lele yang memiliki corak, warna, serta bentuk tubuh unik yang beragam.

Menjadikan daya tarik tersendiri bagi orang dan salah satunya mungkin kamu yang saat ini sedang membaca postingan ini. Selain karena keunikannya, ikan lele  hias banyak diminati karena seperti yang kita tahu ikan lele bisa dibilang sebagai ikan yang tahan banting.

Hal ini memudahkan orang untuk memelihara ikan lele yang yang akan dijadikan sebagai peliharaan di rumahnya. Dengan Keunggulan yang dimiliki oleh lele jenis ini seperti ciri khas yang dimiliki serta perawatan yang mudah.

Membuat ikan lele hias Aquarium menjadi pilihan yang tepat untuk orang yang ingin memelihara ikan tanpa banyak ribet. Karena ikan lele hias inilah solusinya. Berikut beberapa jenis ikan lele hias yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menghias akuarium atau kolam dirumahmu.

1. Upside Down Catfish

ikan lele hias
Sumber gambar: azgardens.com

Ikan yang biasa disebut dengan ikan lele terbalik (Synodontis nigriventris) memiliki keunikan pada cara berenang nya yang terbalik. Ikan ini juga sering disebut dengan sebutan ikan lele terbalik berbintik.

hewan air yang berasal dari daerah afrika ini memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil. Bahkan untuk ukuran dewasa nya, ikan ini hanya bisa tumbuh sampai ukuran 4 inch atau sekitar 10 cm. Ini bisa dibilang lebih kecil jika dibandingkan dengan kerabat nya sesama lele.

Ikan ini memiliki ciri khusus seperti memiliki mata besar, sirip yang sirip yang berada di perut dan punggungnya, 2 cabang ekor besar. dan dilengkapi dengan 3 pasang sungut di kepalanya.

Ikan lele ini memiliki warna tubuh gelap pada bagian bawah yang dapat menyamarkan diri saat berenang terbalik. Lele jenis ini juga memiliki corak warna bintik bintik gelap pada bagian atas tubuhnya yang disertai dengan duri tajam untuk pertahanan diri.

jenis Ikan ini cocok dijadikan sebagai ikan hias karena ikan ini bisa dibilang cukup ramah. Ikan ini juga memiliki gaya berenang yang lucu yang bisa membuat kamu gemas dengan tingkahnya.

2. Bumblebee catfish

Ikan lele hias
Sumber gambar: pinterest.com

Ikan dengan nama latin Microglanis iheringi ini memiliki corak warna yang unik yang berbentuk bentuk menyerupai garis yang berwarna hitam dan kuning tak beraturan dari atas kebawah bagian tubuh menjadi ciri khas untuk ikan lele bumblebee.

jenis ikan lele ini memiliki bentuk tubuh yang hampir sama dengan ikan lele lainya. Ikan lele Bumblebee hidup di perairan air tawar ini bisa dipelihara dengan mudah bahkan untuk pemula pun bisa memeliharanya.

3. Asian Stone Catfish

makanan ikan lele
Sumber gambar: Pinterest.com

Asian stone catfish atau yang biasa disebut dengan lele batu asia, dan lele ngengat ini menjadi salah satu lele yang digemari oleh banyak orang. meski harganya yang berbanding terbalik dengan ukuranya, ikan ini tetap menjadi favorit karena bentuknya yang unik.

Ikan yang berasal dari perairan asia ini bisa memiliki bentuk kecil dengan  bentuk yang hampir menyerupai jangkar. Ikan ini bisa tumbuh dengan ukuran mencapai 5 cm.

Asian stone catfish juga memiliki warna coklat yang disertai dengan pola bintik-bintik berwarna abu-abu. Ikan ini termasuk jenis ikan yang pemalu, biasanya dia hidup atau tinggal di dasar kolam atau akuarium.

4. Yellow Catfish

ikan lele hias
Sumber gambar: asahi.com

Seperti namanya ikan ini memiliki ciri tubuh berwarna kuning terang pada seluruh bagian tubuhnya. Ikan dengan nama ilmiah Horabagrus brachysoma merupakan ikan yang berjenis omnivora.

Ikan yang berwarna terang ini bisa tumbuh dengan ukuran yang lebih besar daripada jenis ikan lele hias kuning lainya. Dia bisa hidup dengan memakan berbagai jenis makanan seperti tumbuhan dan serangga.

Ikan ini cocok untuk di pelihara di aquarium saat ukuranya masih kecil. Untuk perawatanya sendiri bisa dibilang cukup mudah cukup dengan berikan makan secara teratur ikan ini tidak akan menjadi agresif dan memakan teman di aquariumnya.

5. Glass Catfish

ikan lele hias
Sumber gambar: azgardens.com

glass catfish atau juga bisa disebut dengan ikan lele hantu ini merupakan ikan hias yang cocok untuk menghiasi aquarium dirumah kamu. Ikan ini memiliki ciri khas seperti tubuh yang hampir transparan seperti kaca.

lele bertubuh mungil ini hidup dengan berkelompok dan biasa hidup dan beraktivitas pada perairan air tawar dekat dengan bebatuan.

Ikan ini ini mudah untuk dipelihara, cukup dengan diberi makan secara teratur dan jangan lupa kalau ikan ini juga ikan yang hidup secara berkelompok. jadi jangan beli ikan ini dalam bentuk satuan.

6. Driftwood Catfish

Ikan Lele Hias
Sumber gambar: Azgardens

Driftwood catfish atau yang biasa disebut ikan lele kayu apung merupakan salah satu ikan dengan harga jual yang cukup terjangkau. Ikan ini memiliki diminati karena memiliki pola berbentuk bintik dengan warna hitam dan putih di tubuhnya.

Ikan yang berasal dari panama ini merupakan ikan pencinta damai yang bisa dicampur dengan ikan lainya seperti cichlid dan ikan lainnya. Tapi kamu harus tetap berhati hati karena ikan ini masih bisa memakan ikan yang lebih kecil darinya.

7. Striped Raphael Catfish

Ikan Hias Lele
Sumber gambar: fishinabox.co.nz

Seperti nama nya ikan Striped raphael catfish lele ini memiliki motif yang menarik pada tubuhnya. Ikan ini memiliki motif garis putih pada tubuh bagian sampingnya  dari kepala sampai ekornya.

Striped raphael catfish lebih suka beraktivitas menghabiskan waktu di dasar air sama seperti ikan lele lainya. Ikan ini bisa tumbuh sampai ukuran 20 cm dan ikan sejenis ini sangat cocok jika dipelihara pada kolam ikan dihalaman maupun di aquarium.

8. Ikan lele albino

Ikan Lele Hias
Sumber gambar: id.deposithphotos.com

Ikan lele albino memiliki struktur tubuh yang hampir sama dengan ikan lele dumbo yang biasa kita temui biasanya. Bedanya hanya terletak pada warnanya yang putih polos. Ikan ini bisa kamu dapatkan di penjual ikan lele hias albino ataupun penjual ikan hias.

 

9. Otocinclus Catfish

Ikan Lele Hias
Sumber gambar: aquariumbreeder.com

Ikan lele otocinclus ini juga dikenal dengan ikan lele pemakan alga. Sesuai dengan nama nya ikan jenis ini memang ikan pemakan tumbuhan (herbivora). Berbeda dengan kerabat sesama lele yang omnivora ikan ini lebih mudah merawatnya.

Ikan ini sama sekali tidak agresif, jadi ikan ini cocok untuk mengisi akuarium yang sama dengan ikan lain yang bukan sejenis. Disarankan untuk memelihara ikan ini secara berkelompok.

Ikan ini termasuk jenis ikan lele terkecil pada spesiesnya, ukuran terbesar yang pernah diketahui hanya sekitar 2 inchi untuk ukuran dewasa. Ikan ini memiliki motif yang hampir sama dengan ikan lele raphael bergaris tapi dalam versi yang lebih kecil.

10. Ikan lele Pictus

Ikan Lele Hias
Sumber gambar: pinterest.com

Ikan yang memiliki motif seperti macan tutul ini menjadi rekomendasi yang paling baik untuk dijadikan sebagai ikan peliharaan di rumahmu. Selain motif nya yang menarik, ikan ini sangat mudah untuk dipelihara.

Ikan ini merupakan ikan omnivora yang bisa menerima hampir semua jenis pakan yang diberikan. Ikan lele pictus ini bisa tumbuh sampai dengan ukuran sekitar 14 cm. Jenis ikan lele satu ini juga memiliki masa hidup yang lebih lama dari ikan lele biasa.

11. Corydora catfish

Ikan Lele Hias
Sumber gambar: practicalfishkeeping.co.uk

Ikan lele cory ini juga menjadi salah satu ikan lele yang memiliki banyak peminatnya. Ikan ini memiliki kerabat dekat (Corydoras). Dengan jenis yang beragam serta motif dan ciri khas  pada setiap jenis ikan cory ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta hewan air.

ada beberapa jenis ikan cory yang ada contohnya seperti ikan Bandit catfish (bandit cory), pkamu cory, skunk cory, dan three striped corydoras.

12. Red Tail Catfish

Ikan Lele Hias
Sumber gambar; icalofish.com

Ikan lele jenis ini adalah ikan yang paling agresif jika dibandingkan dengan jenis ikan lele yang digunakan untuk ikan hias lainya. hal ini meningkatkan tingkat kesulitan dalam hal perawatan ikan. Red Tail Catfish bisa menjadi predator utama dalam akuarium mu.

Ikan ini tetap diminati oleh banyak orang terutama orang yang sudah berpengalaman dalam merawat ikan. Ikan ini memiliki tingkat kesulitan berbeda yang menjadi tantangan tersendiri bagi pecinta hewan.

Perlu kamu tahu juga, Red tail catfish yang merupakan salah satu jenis ikan hias ini juga menjadi salah satu ikan lele terbesar di dunia yang pernah pernah ada dengan ukuran yang mencapai hampir 1 meter.

 13. Bristlenose Catfish

Ikan Lele Hias
Sumber gambar: pinterest.com

Ikan yang juga dikenal dengan Bristlenose pleco termasuk dalam spesies ikan lele yang ukuran tubuhnya relatif kecil. Ikan yang memiliki ciri khusus seperti banyak sungut di area sekitar mulutnya.

makhluk menggemaskan ini merupakan hewan omnivora yang sangat bersahabat jika diletakan pada akuarium. Ikan ini  bisa memakan alga dan pelet yang memudahkan kamu untuk melakukan perawatan terhadap ikan ini.

Jika kamu ingin merawat atau memelihara ikan hias kamu harus tau dulu bagaimana cara budidaya ikan lele yang baik dan benar. Untuk memudahkan kamu untuk merawat ikan lele hias diatas.

Penutup

Masih banyak lagi jenis ikan lele yang tentu saja menarik untuk dibahas lebih dalam. Diatas sudah kami rangkum beberapa jenis ikan hias lele yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilih jenis ikan lele hias yang akan kamu jadikan hewan peliharaan.

Ikan lele hias yang paling bagus bisa dijadikan alternatif pilihan ikan hias yang akan melengkapi ekosistem dalam aquarium dirumahmu. Ikan lele memiliki beragam jenis yang dengan ciri khas unik tersendiri.

Selain karena keberagamannya  ikan hias lele juga memiliki harga yang lebih murah daripada jenis ikan hias lainya. Perawatanya pun tidak sulit karena hampir semua jenis ikan lele merupakan jenis ikan omnivora.

Sekian postingan ini saya sampaikan, semoga postingan kali ini bisa membantu kamu dalam mencari referensi ikan hias yang cocok dengan selera kamu.

Kami mohon bantuannya dengan memberikan masukan berupa saran ataupun kritik yang membantu meningkatkan kualitas dari konten situs kami.

Atas bantuanya kami sangat berterima kasih dan selamat membaca.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.