Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Ikan Lele Albino

6 min read

Ikan lele Albino

Ikan Lele Albino – Kamu pasti tahu dan tentunya sudah kenal dengan ikan lele. Ikan yang bernama latin clarias ini merupakan salah satu ikan yang sangat terkenal di Indonesia. Jenis ikan ini bisa kamu manfaatkan untuk bahan makanan dan dibudidayakan.

Ikan lele juga merupakan ikan dengan jumlah spesies yang paling banyak jumlahnya. Didunia sudah  tercatat lebih dari 3000 spesies yang sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia kecuali antartika.

Tapi bagaimana dengan ikan lele yang ada di Indonesia? Untuk di Indonesia sendiri ada 3 jenis ikan lele yang populer di kalangan masyarakat yaitu Ikan lele dumbo, ikan lele sangkuriang dan ikan lele lokal.

Tapi bagaimana dengan ikan lele albino? Kenapa ikan albino berwarna putih? Dan kenapa ikan albino bisa menjadi populer saat ini dikalangan masyarakat indonesia.

Yuk simak jawabannya di pembahasan yang saya bawa pada postingan ini. Berikut penjelasan lengkap tentang ikan lele albino.

Apa Itu Ikan Lele Albino?

Ikan Lele Albino

Mungkin sebagian dari kamu banyak yang baru tahu tentang lele albino, atau bahkan hanya tahu dari mendengar kabar angin saja. Ikan jenis ini memang bisa dikatakan populer baru-baru ini. Walau nyatanya ikan lele jenis ini sudah ada sejak lama.

Ikan yang masih berkerabat dekat dengan ikan lele lokal ini berasal dari India, Srilanka, Malaysia dan filipina. Ikan yang berasal dari genus Clarias ini memiliki nama lain seperti white catfish, plak du dam dan albino clarias. Di Indonesia ikan ini sering disebut dengan sebutan ikan bule.

Masih belum banyak informasi spesifik tentang ikan satu ini. Tapi jika dilihat dari keberagaman jenis ikan lele yang sangat banyak, tidak heran jika bermunculan banyak jenis lele yang memiliki nama aneh.

Banyak yang mengatakan ikan ini merupakan ikan yang masih satu spesies dengan lele jawa dengan nama latin Clarias batrachus. Jika dilihat dari bentuk fisik sekilas memang tidak ada perbedaan yang signifikan.

Tapi jika menurut saya ikan lele albino ini sama dengan hewan albino lainya. Jika seperti itu berarti jawabanya adalah ikan lele albino adalah satu diantara jutaan ikan lele yang lahir dengan dengan kecacatan sel (pertumbuhan yang berbeda dari umumnya).

Albinisme atau hewan albino biasanya terjadi ketika seekor hewan mewarisi 1 atau lebih  gen yang bermutasi saat dilahirkan. Hal ini menyebabkan terganggunya produksi melanin yang berguna untuk membentuk pigmen warna pada tubuh.

Hal ini ternyata bisa terjadi juga pada ikan lele. Jadi awalnya ikan lele albino hanyalah ikan biasa lalu terjadi reaksi kimia yang sudah saya jelaskan diatas dan lahirlah jenis ikan albino yang sekarang sedang kita bahas.

Ikan lele ini memiliki warna putih karena melanin yang ia miliki rusak yang menyebabkan tidak ada produksi pigmen warna untuk ikan lele (ini hanya statement ku saja ya, boleh dikoreksi).

Ini saja si yang baru kumengerti dari ikan satu ini. Tapi jelasnya ikan ini merupakan ikan yang cukup populer di semua kalangan, Ikan ini bisa dijadikan sebagai ikan hias yang menghiasi aquarium di rumahmu.

Tapi apakah ikan ini hanya bisa dijadikan untuk dijadikan ikan hias saja? Jawabannya adalah tidak. Tentu saja tidak karena memiliki kecenderungan yang hampir sama dengan ikan lele lainya.

Selain dibudidayakan untuk dijadikan ikan hias, ikan lele albino bisa dimakan bisa juga dijadikan olahan makanan yang sama seperti ikan lele lainya. Ikan ini bisa dijadikan olahan masakan yang lezat.

Untuk mengenal lebih jauh tentang lele jenis ini, mari simak poin-poin berikut ini tentang penjelasan lebih spesifik tentang ikan lele jenis ini.

Ciri-ciri Ikan Lele Albino

Ikan lele Albino

Sebagai ikan lele hias  sudah pasti jika ikan lele jenis memiliki ciri khusus yang unik dari pada jenis lele lainya.

Tidak ada perbedaan ciri khusus pada ikan lele jenis albino ini dengan ikan lele lokal lain. Ikan lele albino memiliki bentuk kepala yang lebar dan tubuh yang memanjang seperti torpedo. serta tubuh yang licin tidak ada sisik.

Tubuhnya yang lonjong dilengkapi dengan sirip punggung yang terhubung dengan ekor. dan ada juga sepasang sirip pada bagian belakang kepala dan bawah perutnya.

Pada bagian kepala ikan ini memiliki sepasang mata kecil serta mulut yang lebar. Ikan lele albino juga dilengkapi dengan 1 pasang sungut panjang pada rahang atas dan 1 pasang lagi pada rahang bagian bawah.

Sungutnya berfungsi sebagai sensor bau dan peraba yang sangat penting digunakan untuk berburu atau melihat keadaan sekitar. Untuk pertahanan diri ikan lele albino juga dilengkapi dengan 1 pasang patil yang ada pada sirip dadanya.

Karakteristik Ikan Lele Albino

Ikan Lele Albino

Karena bentuknya yang seperti torpedo ikan ini bisa dengan mudah bergerak dengan lincah dan bahkan sampai meloncat keluar dari permukaan air, Ikan yang biasa nya hidup di perairan air tawar ini memiliki karakter yang cukup aktif.

Ikan lele ini memiliki alat pernafasan berupa deretan membran berlipat berisi kapiler. Alat pernapasan ini disebut organ arboresen yang terletak tepat di sebelah insang bagian atas.

Organ pernafasan ini sangat berguna untuk menunjang daya hidup ikan lele dimanapun ia berada. Karena organ ini juga ikan lele menjadi salah satu ikan yang dapat bertahan hidup dalam segala kondisi air, bahkan bisa bertahan diluar air dalam jangka waktu tertentu.

jika dilihat dari bentuk dan rupa fisiknya, ikan ini bisa dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu Ikan lele albino belang, ikan lele albino tompel/berbintik dan juga ikan lele albino jumbo.

Ikan albino belang memiliki kombinasi warna antara hitam dan putih, dengan motif belang yang beragam ikan ini cocok untuk dipilih menjadi ikan penghias aquarium dirumahmu. Ikan ini memiliki berbagai memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan motif dan usianya.

Kalau yang bermotif tompel atau berbintik bedanya hanya pada seberapa banyak warna hitam pada ikan tubuh ikan lele.

Seperti namanya ikan lele albino dumbo ini memiliki tubuh yang besar layaknya ikan lele dumbo biasanya. Untuk harga ikan lele albino terbesar bisa berbeda sesuai dengan jenis, motif dan ukuranya.

Distribusi dan Habitat Ikan Lele Albino

Lele bisa hidup hampir di semua perairan di dunia, Ikan ini bisa ditemukan di berbagai macam perairan seperti sungai, danau, rawa, hingga perairan air tawar. Bahkan ikan lele bisa hidup diperairan yang sedikit kadar oksigen seperti sungai lumpur atau bisa juga saluran pembuangan,

Ikan ini berasal dari kawasan asia seperti India, Srilanka, malaysia dan filipina lalu menyebar hampir ke seluruh kawasan asia. Tidak heran jika ikan lele jenis ini bisa menyebar ke banyak tempat.

Tidak sama dengan jenis hewan albino lainya yang rata-rata sudah masuk dalam kategori ikan langka. Hal ini disebabkan hewan albino memiliki warna yang mencolok yang menyebabkan hewan ini rawan untuk dimangsa predator.

Perbedaan yang jelas juga menyebabkan mereka kesulitan untuk berkembang biak. Hal ini merupakan salah satu faktor kepunahan yang terjadi pada suatu spesies hewan.

Tapi berbeda dengan hewan albino lainya, lele albino memiliki kemampuan bertahan dengan baik. Seperti ikan lele biasanya yang bersifat invasif, Ikan ini bisa berkembang biak dan  tumbuh dengan cepat serta kemampuan adaptasi yang sangat baik.

Kelebihan Ikan Lele Albino

Ada beberapa kelebihan dari ikan lele albino yang perlu kamu ketahui. berikut beberapa kelebihan lele albino yang bisa saya sampaikan.

1. Menjadi Bisnis yang Menjanjikan

Seperti yang kita tahu kalau ikan lele jenis ini merupakan ikan yang cocok dijadikan sebagai ikan hias rumahan. Hal Menjadikan budidaya lele albino sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Harga bibit lele albino bisa memiliki perbandingan harga yang lebih besar 3x lipat dibanding dengan harga bibit ikan lele yang biasa kita makan. Jika harga bibit lele lokal per ekor hanya 200.- berbeda dengan lele albino yang harganya bisa sampai 500-1000 lebih.

Bahkan harga ikan lele jenis ini bisa mencapai puluhan sampai ratusan ribu tergantung dari ukuran dan motif nya. apalagi jika ikan sudah masuk kontes atau semacamnya.

2. Ikan yang Bisa Beradaptasi Dengan Cepat

Seperti ikan lele lainya, lele albino merupakan ikan yang bisa bertahan dengan di berbagai macam kondisi. Bahkan ikan ini bisa tetap hidup di tempat seperti got dan tempat pembuangan air.

Karena hal ini juga adalah salah satu alasan ikan lele bisa dijumpai hampir di seluruh belahan bumi.

3. Perawatan yang Mudah

Bibit ikan lele albino bisa kamu pelihara dengan sangat mudah. Selain karena kemampuan adaptasi nya yang luar biasa, ikan ini juga mampu tumbuh dan berkembang biak dengan cepat.

Untuk makanannya, jenis lele ini termasuk dalam golongan hewan omnivora. Ikan ini bisa makan hampir segala jenis pakan seperti sayur-sayuran, daging hewan lain dan juga pelet.

Bahkan ada peternak ikan lele yang memberi makan kotoran kepada ikan lele nya. Kalau bisa kamu jangan ya hehe. Hal ini bisa bisa berdampak buruk bagi lele nya dan bisa jadi bagi yang mengkonsumsinya.

4. Ikan yang Ramah

Ikan ini bisa dibilang ramah karena ikan ini bisa di satukan dengan ikan lain di dalam satu akuarium. Tapi itu masih berlaku jika kamu memberi makan ikan ini sesuai dengan kebutuhannya. Kalau sampai tidak ya lihat saja apa yang akan terjadi hehe.

Kekurangan Ikan Lele Albino

Selain kelebihan pastinya akan ada yang namanya kekurangan (tidak ada makhluk yang sempurna kecuali sang pencipta…eaa).  Ikan yang satu ini memiliki beberapa kekurangan seperti berikut.

1. Bisa Menjadi Agresif

Lele albino memang lah ikan yang ramah dan bisa hidup layaknya ikan hias lainya. Ikan ini bisa hidup dengan damai dengan ikan ini selama kamu memberinya makan dengan baik dan tidak membiarkan nya kelaparan (Penting).

Karena jika hal itu terjadi, ikan lele bisa menjadi ikan agresif yang bisa memakan sesama ikan akuarium. Meskipun ikan hias, ikan lele masih memiliki insting alami untuk bertahan hidup.

Jika seperti itu, ikan ini bisa menjadi predator di aquarium yang memakan semua ikan hias yang kamu punya, Ngeri pastinya, makanya penting untuk kamu terus memperhatikan pola perilaku ikan lele kecilmu dirumah.

2. Ikan yang Hyperaktif

Ikan yang memiliki bentuk tubuh seperti torpedo ini memiliki pergerakan yang sangat lincah. Tak heran jika hewan ini bisa bergerak dengan cepat di area aquarium bahkan bisa sampai loncat keluar aquarium.

Pastinya sangat tidak menyenangkan jika kamu melihat ikan hias kesayanganmu sudah terbujur kaku di lantai. Oleh karena itu kamu bisa meminimalisir resiko dengan menutup aquarium untuk mencegah dia meloncat keluar.

3. Menghabiskan Banyak Makanan/Rakus

Seperti ikan lele lainya, makanan ikan lele albino termasuk dalam golongan ikan omnivora. Untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatanya, tentunya kamu harus rajin-rajin memberinya makan.

Untuk dipelihara biasanya biasanya ikan ini membutuhkan pakan berupa pelet dengan kandungan gizi yang baik. sedangkan untuk membeli pakan pelet ikan yang bagus, maka kamu juga harus menyiapkan uang lebih untuk mendapatkanya.

Jika kamu tertarik membudidayakan lele albino, kamu harus baca cara budidaya ikan lele untuk mengetahui dasar dari cara pembudidayaan lele yang benar. Dengan ilmu yang benar pastinya kamu bisa menjadi pembudidaya lele yang hebat.

Penutup

Nah, seperti yang kita bahas di atas tentang ikan lele albino. Ikan cantik dengan warna khas putih ini bisa menjadi alternatif yang baik untuk penghias aquarium di rumahmu. Perawatan nya cukup mudah, selama kamu mengerti kamu pasti bisa.

Nah sekian dari postingan saya kali ini, semoga postingan kali ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat mempermudah apapun yang sedang kamu kerjakan.

Maaf jika ada salah kata, pada tulisan ini saya juga menuliskan pendapat yang saya. Dan kamu tentunya juga boleh untuk memberi masukan berupa saran atau kritik pada kolom komentar. Hal ini sangat membantu saya untuk terus mengembangkan website ini.

Terima kasih sudah berkunjung di situs web kami, ikuti situs web ini untuk info menarik lainya dan selamat membaca.

Haqe chalid Bukan masalah siapa yang benar atau siapa yang salah, Tapi apa yang benar dan apa yang salah.

Makanan Ikan Red Devil

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Sili

Haqe chalid
3 min read

Makanan Ikan Piranha

Haqe chalid
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.